hayosayasiapa
TS
hayosayasiapa
Sista Ibu Menyusui? Sudah Lakukan Tips Ini Agar Produksi ASI-mu Meningkat Belum Sis?

Menjadi seorang ibu bukanlah suatu hal yang mudah Sis. Awalnya Sista hanya mengurus diri sendiri, kemudian hadirlah seorang suami yang harus Sista urus, serta segala urusan rumah tangga lainnya yang harus diselesaikan dengan baik seperti kebersihan, makan, dan masih banyak hal lainnya. Setelah itu, Sista akan kehadiran angota keluarga baru, yaitu buah hati yang harus Sista urus dengan baik.

Mengurus buah hati bukanlah hal yang mudah, Sista harus bisa memenuhi segala macam kebutuhannya, salah satunya adalah nutrisi. Nutrisi merupakan suatu hal yang sangat penting dan berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya Sis. Cara yang bisa dilakukan seorang ibu untuk memenuhi nutrisi sang bayi adalah melalui ASI yang diberikan. Hanya dengan ASI, nutrisi bayi usia 0-6 bulan bisa terpenuhi. Walaupun di usia > 6 bulan, bayi sudah diberikan makanan lainnya, tapi ASI tetap diberikan hingga sang bayi kurang lebih berusia 2 tahun.

Agar nutrisi bayi dari ASI dapat terpenuhi selama 2 tahun, maka Sista sebagai ibu harus bisa memastikan bahwa produksi ASI-mu selalu lancar atau bahkan meningkat. Berdasarkan satu artikel yang ane baca, ada beberapa cara nih yang bisa Sista lakukan untuk meningkatkan produksi ASI-mu. Kira-kira apa ya?




Beri ASI Setiap 2 Jam Sekali



Agar produksi ASI semakin banyak, yang harus Sista lakukan adalah rajin-rajin memberikan ASI kepada buah hatimu Sis. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya hormon oksitosin yang diproduksi akibat rangsangan yang terjadi ketika sang bayi sedang menyusu. Sehingga muncullah konsep supply dan demand.



Beri ASI dari Kedua Payudara



Agar produksi ASI dari kedua payudara sama-sama banyak, Sista harus menyusui sang buah hati bergantian dari kedua payudara ya Sis. Karena jika hanya dari salah satu payudara, payudara Sista yang satunya akan terasa nyeri dan bisa berakibat pada radang payudara Sis.



Pompa ASImu



Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa ada konsep supply and demand, maka lebih baik pompa ASImu Sis. Hal ini dilakukan agar Payudaramu kosong dan dapat diproduksi lagi dan untuk menghindari radang payudara akibat rasa sakit yang dihasilkan. Biasanya memompa ASI dilakukan oleh seorang wanita karir yang tidak bisa memberikan ASInya secara langsung. Kalau Sista adalah ibu yang selalu ada di sebelah bayimu, lebih baik berikan ASInya secara langsung ya.



Istirahat yang Cukup dan Hindari Stress



Ternyata kondisi Sista sebagai Ibu sangat mempengaruhi produksi ASI loh. Jika Sista tidur dengan cukup, tidak terlalu lelah, dan tidak stress, akan membuat produksi ASImu lancar Sis. Jadi jangan lupa istirahat ya!



Konsumsi Makanan Bergizi



Selain kondisi Sista sebagai Ibu, ternyata makanan yang Sista konsumsi juga berpengaruh loh. Lebih baik konsumsi makanan yang dapat meningkatkan ASI ya Sis, seperti daun katuk, kacang hijau, dan bayam.



Pijat Oksitosin



Hal lain yang bisa Sista lakukan adalah pijat untuk merangsang produksinya hormon oksitosin atau pijat oksitosin yang berfungsi merangsang produksi ASI. Pijat ini dilakukan pada bagian kanan dan kiri tulang belakang Sista.




Itu dia Sis tips yang bisa Sista lakukan agar produksi ASImu meningkat!
Sista sudah melakukan tips yang mana aja nih?
Apakah tips ini bekerja efektif?
Atau Sista punya cara lain yang lebih efektif?



SUMBER
Diubah oleh hayosayasiapa 04-04-2019 08:09
kumaniaksGimi96makola
makola dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.1K
20
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & Parenting
icon
4.1KThread4.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.