Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
123
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e476d20f4ae2f612123410e/psikolog-barat-beberapa-penyebab-rasa-rendah-diri-akut-dan-antisipasi-sederhananya
Pernahkah merasa down? Tentang apa saja. Pasti pernah. Namanya juga manusia, dan perasaan seperti ini juga lumrah, manusiawi, dan perihal normal. Selanjutnya, ada kalanya kita merasa tidak ada apa-apanya daripada seseorang di seberang sana, bahasa sederhananya mulai membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Masih normal dan manusiawi.
Lapor Hansip
15-02-2020 11:01

Psikolog Barat: Beberapa Penyebab Rasa Rendah Diri Akut dan Antisipasi Sederhananya

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Pernahkah merasa down? Tentang apa saja. Pasti pernah. Namanya juga manusia, dan perasaan seperti ini juga lumrah, manusiawi, dan perihal normal. Selanjutnya, ada kalanya kita merasa tidak ada apa-apanya daripada seseorang di seberang sana, bahasa sederhananya mulai membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Masih normal dan manusiawi.

Tapi jika perasaan ini berkelanjutan, secara konstan menghantui hidup, pada titik tertentu kita mulai menyakiti diri sendiri, dan secara langsung maupun tidak bisa menyakiti orang lain karena perasaan tersebut, para psikolog ternama mengatakan, mungkin seseorang itu mempunyai inferiority complex.

Psikolog Barat: Beberapa Penyebab Rasa Rendah Diri Akut dan Antisipasi Sederhananya
Merasa sedih, tidak berharga, rendah diri, merupakan perilaku normal, tapi kalau sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, cara berpikir,bisa menyakiti diri sendiri dan orang lain sekitar, ada yang perlu diwaspadai, sumber gambar daily.jstor.org

Everyday health pernah menyebut, banyak dari orang yang membandingkan diri sendiri dengan teman sebayanya, kemudian merasa rendah diri, karena teman sebaya tersebut mencapai level tertentu yang belum bisa dicapai oleh seseorang tersebut.

Bagi orang yang normal, pencapaian seseorang di seberang sana dapat menjadi pemacu agar dia mau berusaha, melakukan yang lebih baik lagi, dijadikan sebagai pemacu diri untuk berintropeksi dan mengusahakan sesuatu yang positif agar terjadi perubahan dirinya.

Lain lagi dengan orang yang kecenderungan ada inferiority complex di mindset nya, dia bisa terbenam dalam rasa keputusasaan, prestasi dalam kehidupan juga bisa menurun karena muncul ketidak kepercayaan diri, dan pada titik tertentu berikutnya, jelas fakta seperti ini berbahaya untuk kehidupannya.

Padahal, bahan yang mengganggu pikirannya ini hanyalah sesuatu yang sederhana, baik sesuai realita, ataupun hanya berangkat dari imaginary, sekelumit imajinasi, delusi, berangkat dari prediksi.

Alana Barlia, seorang psikolog dari New York, menyebut inferiority complex yang dialami seseorang bisa berangkat dari beberapa hal, salah satunya karena kebiasaan lingkungan waktu dia masih kecil, misalnya waktu dia masih kecil dibesarkan di keluarga yang terbiasa komunikasi "negatif" daripada kalimat-kalimat verbal yang konotasi positif dan bisa support psikis sang anak.

Psikolog Barat: Beberapa Penyebab Rasa Rendah Diri Akut dan Antisipasi Sederhananya
Makin muda umur seorang anak, otaknya gampang banget menyerap segala fenomena sosial di sekitar, bahkan bahasa verbal sederhana pun langsung menancap di pikirannya, ada kemungkinan hingga dewasa, sumber gambar exploringyourmind.com

Faktor keluarga ini bisa orang tua, saudara kandung yang lebih tua, kembaran, saudara-saudara lain, dimana sering kali secara verbal pemilihan kosakata nya lebih menanamkan stereotip di pikiran sang anak yang mengandung makna negatif, kata-kata yang bisa menumbuhkan sekelumit perasaan seperti "saya tak berharga", orang lain lebih mampu daripada saya, saya tidak kreatif, saya pasti tidak bisa melakukannya, saya lebih rendah daripada orang lain, dan sederet mindset lain yang menunjukkan ketidakmampuan dirinya dalam beberapa bidang.

Misalnya pada anak kembar, salah satu anak rajin, berprestasi di sekolah, lalu yang satunya belum begitu bisa mencapai level seperti anak yang pertama, padahal mereka kembar dan seumuran pastinya, tapi karena kondisi keluarga suka membandingkan, dan banyak mempersalahkan salah satu anak yang yang kurang bisa berprestasi seperti anak satunya tersebut, identik dengan pemilihan kosakata verbal yang cenderung malah merusak psikis, bisa jadi si anak ini akan menyalahkan dirinya, menyalahkan ketidakmampuannya, akhirnya pada waktu dewasa karena terbiasa dengan menyalahkan dirinya dan yakin bahwa dia tidak mampu seperti orang lain, dia menjadi minim prestasi, kurang percaya diri, pada level tertentu suka putus asa.

Kamu nggak bisa ya nilainya matematika bagus seperti kakakmu? Gimana sih kamu harus lebih rajin belajar!

Si anu, anak tetangga kita, dia bisa mendapatkan rangking 4 di sekolahnya, kamu masa cuma ranking 28? Mama nggak suka kamu seperti ini, Mama malu, percuma Mama kasih uang jajan kamu sebulan satu juta.

Kalau makan dihabisin, lihat itu adik kamu, kalau makan selalu bersih, kamu dibilangin kok nggak bisa, kamu pasti nggak bakalan bisa jadi orang sukses.

Kalau pada masa kecilnya sudah tertanam stereotip, berangkat dari sejuta kosa kata berkonotasi negatif di pikiran, kebayang kan bagaimana nanti ketika dia sudah dewasa? Kata-kata yang sejenis seperti di atas, dikonsumsi secara rutin, hari ke hari bulan ke bulan tahun ke tahun. Makanya para pakar psikolog setuju, faktor eksternal yang bisa menggiring seseorang mempunyai sindrom ini terutama dari keluarga, minimal dari orang-orang terdekat. Beberapa pakar psikolog setuju, ada masa otak anak kecil bener-bener pure, dan harus dijauhkan dari mengkonsumsi hal yang negatif, sekitar umur dibawah 6 tahun.

Seperti kita saja,siapa tahu pernah mengalami kejadian yang menyakitkan waktu kecil, atau menyeramkan, bisa ingat hingga dewasa bahkan menjadi trauma tersendiri.

Ada kemungkinan faktor yang kedua kenapa seseorang bisa mengidap penyakit 'kejiwaan' ini. Bisa jadi disorder ini datang waktu kita sudah dewasa, lepas dari umur anak-anak, karena suatu momentum besar yang sudah dilewati, tapi ada clash di sana, misalnya seperti kita memasang target, lalu karena suatu kondisi yang unpredictable target itu gagal, padahal kurang satu langkah sedikit lagi kita bisa mendapatkannya.

Psikolog Barat: Beberapa Penyebab Rasa Rendah Diri Akut dan Antisipasi Sederhananya
Stress melulu dalam jangka waktu yang lumayan, berakumulasi pada kemungkinan merasa rendah diri berkelanjutan, sumber gambar eventbrite.co.uk

Misalnya gagal dalam meraih pekerjaan yang diinginkan, bisa jadi seorang remaja yang tidak lulus sekolah, dan orang-orang yang merasa susah untuk bergaul di dunia sosial.

Seseorang mengeluh karena mencari pekerjaan kesana kemari belum dapat juga, pada level orang normal, dia bisa berusaha terus meskipun agak down, bahkan mencoba usaha kecil seperti bisnis. Bagi sebagian kecil orang, bisa dihitung jari, momentum semacam ini mampu memberikan rasa putus asa pada hatinya, saya tidak bisa mencari kerja, tidak ada yang mau sama saya, rasa putus asa ini bisa menggiringnya ke perilaku lain yang negatif.

Seorang anak yang gagal lulus sekolah, tanpa ada support dari orang tuanya untuk bangkit dari kubangan kesalahan tersebut, maupun dukungan dari teman di lingkar sosialnya, bisa jadi dia putus asa, merasa rendah diri, merasa tidak mampu melakukan ini dan itu, takut mencoba sesuatu yang positif karena sudah terbayang bayang kegagalan, kisi-kisi macam ini harus di support agar tidak menghantui kehidupan dia melulu.

Bisa jadi seorang pebisnis, kala berbisnis ini dan itu gagal terus, kalau orang normal pasti akan selalu mencoba, instropeksi dan menempuh hal baru, berdasarkan wacana yang dia gali, beda dengan orang yang mempunyai sindrom di atas, dia bisa meringkuk di pojokan kamar, dihantui perasaan "saya tidak akan pernah bisa berbisnis karena gagal terus".

Faktor ketiga, orang dengan sindrom ini bisa terjadi ketika dia dalam kondisi physical defect, alias ada kekurangan dalam segi fisik, bisa diidentikkan dengan cacat tubuh. Orang yang tidak mempunyai tangan di bagian kirinya, memang sejak lahir, bisa jadi dia bangkit, membuat banyak prestasi, cuek terhadap kekurangannya, meskipun awalnya berat tapi lama-lama terbiasa, akhirnya mengukir prestasi.

Psikolog Barat: Beberapa Penyebab Rasa Rendah Diri Akut dan Antisipasi Sederhananya
Mempunyai cacat fungsional tubuh seperti memegang pedang, dia bisa melukai diri kita sendiri atau bisa digunakan untuk defensif, pemacu semangat hidup, agar survive di kehidupan, sumber gambar whatweseee.com

Berbeda dengan orang lain yang mempunyai kondisi sama, tapi dengan kekurangannya itu membuat dia rendah diri, merasa tidak mampu seperti orang lain, pada level parah membuatnya putus asa. Bisa tergambar kan bagaimana nantinya orang seperti ini? Kasihan. Belum apa-apa sudah merasa tidak mampu, diberi pembelajaran untuk mengukir prestasi belum apa-apa sudah termaktub pikiran saya tidak akan bisa.

Physical defect tidak hanya itu saja, termasuk orang yang memang kesulitan berbicara, entah lidahnya kenapa, dia juga bisa mengalami dua sisi seperti yang orang tidak punya tangan tersebut, satu sisi ada orang yang bisa bangkit, sisi lainnya ada orang yang bisa merasa rendah diri dan berputus asa dalam hidup.

Tapi tidak hanya cacat tubuh,bisa saja orang yang wajahnya berjerawat banyak banget, akhirnya tidak percaya diri di kehidupan sosial, malah berimbas kepada pembentukan kepribadian yang "enggan tampil di publik", jika dibiarkan malah kontribusi sifat rendah diri.

Faktor keempat, kondisi seseorang yang yang mengidap sindrom seperti ini bisa disebabkan karena dia lahir di kondisi sosial disadvantage. Misalnya seseorang yang lahir di keluarga sangat miskin, atau lahir di lingkungan yang melakukan diskriminasi terhadap ras tertentu, atau secara kode etik sosial dia terlahir di suatu masyarakat yang melakukan diskriminasi juga terhadap gender tertentu.

Jadi orang miskin bisa minder kepada orang lain yang dianggap level di atasnya. Jika sebagian orang menjadikan apa perbedaan ini sebagai alat untuk membangkitkan kemampuan diri, bisa jadi sebagian kecil orang malah terpuruk, menganggap nasib tidak bisa dirubah, terkungkung dengan rasa putus asa.

Kalau masalah ras mungkin pernah dialami oleh beberapa orang negro di Amerika di mana dulu pernah ada momen orang berkulit hitam benar-benar didiskriminasi oleh kebanyakan orang asli berkulit putih di sana. Tidak mendapat pelayanan kelayakan pendidikan, posisi politik seperti orang lain, dan sejuta diskriminasi lain.

Masalah gender, bisa dilihat pada kehidupan masyarakat Arab pada zaman dahulu, di mana sebelum diutusnya the last prophet, mempunyai anak wanita merupakan aib, keluarga bisa mengubur hidup-hidup anak yang baru lahir jika berkelamin wanita. Adapun yang sedikit dibiarkan hidup, misalnya karena strata sosial keluarga yang menyelamatkan hidupnya, diskriminasi besar-besaran pasti terjadi mengingat jenis kelaminnya wanita.

Psikolog Barat: Beberapa Penyebab Rasa Rendah Diri Akut dan Antisipasi Sederhananya
kalau tantangan zaman sekarang misalnya seorang ibu, yang notabene wanita, jika kode etik sosial masyarakatnya lebih cenderung terbiasa dengan wanita di rumah, entah ini di negara tertentu atau daerah tertentu, kemudian sang wanita terpaksa berkarir di luar, psikis dia akan mendapat tekanan, mungkin zaman milenial ini sudah biasa, tapi berpuluh tahun lalu tidak sama seperti sekarang keadaannya, sama seperti struktur masyarakat, baik stereotip yang berkembang, dan kebijakan pemimpin kala itu, sumber gambar anationofmoms.com

Seperti juga pada masa Firaun, ada masa dimana seluruh bayi laki-laki dibunuh, karena sang raja memimpikan penggulingan kekuasaan oleh seseorang yang lahir di daerah tersebut.

Contoh lain bisa jadi seorang laki-laki yang lahir di antara kaum Amazon, kalau di televisi digambarkan kaum Amazon kan cewek semua. Aduh serius amat sih bacanya.

Nggak melulu di zaman dahulu, seperti sekarang pun, ada komunitas suatu negara tertentu yang masih menganggap tabu wanita bekerja diluar, dan yang senada. Kalo wanita normal mungkin bisa cuek dan tetap melakukan aktivitas seperti biasanya, beda dengan seseorang yang mempunyai sedikit indikasi sindrom di atas, bisa menjadi rendah diri, hingga putus asa.

Kita hanya perlu memahami bahwa setiap manusia terlahir dengan keadaan yang unik mempunyai karakter dan tipikal nya masing-masing. Tidak bisa kita sama ratakan. Karena main cause alias kontribusi terbesar seseorang dengan sindrom seperti ini adalah keluarga dan berbagai verbal negatifnya, harapannya kita nanti kalau misalkan suatu hari membina keluarga dan mempunyai anak, kita harus ekstra berhati-hati dalam meluncurkan verbal ke anak apalagi ketika dia usia sangat muda.

Misalkan harus menyalahkan, kita tidak menyalahkan orang tapi bisa kita salahkan perilakunya. Misalkan anak masih suka ngompol padahal usianya sudah agak besar, kita salahkan ngompolnya, bukan orang yang melakukan, verbal yang kita komunikasikan bisa verbal solutif, meminimalisir bener verbal yang negatif. Intonasi serta pemilihan kosakata juga wajib diperhatikan. Ya sudah kalau gitu besok-besok sebelum tidur pipis dulu ya.

Bagi beberapa orang, merasa tidak mampu tersebut bisa diusir dengan konsisten mempelajari skill yang baru, mendalami hobi yang mungkin bisa diarahkan agar produktif.

Pada kebanyakan kasus di barat sana, rasa rendah diri akut bisa digilas dengan bekerja keras mengusir mindset tersebut dari dalam kepala. Bisa dengan bentuk social support, dukungan sosial dari keluarga, kolega, teman, dan beberapa pihak lain.

Dari sini kita bisa tergugah untuk lebih sensitif terhadap lingkungan sekitar, terutama lingkar pertemanan kita, siapa tahu ada orang yang terindikasi seperti sindrom di atas, bisa kita luangkan waktu tenaga sedikit pikiran untuk membantu dia, sebagai bentuk social support.

Atau mungkin pemacu bagi diri sendiri jika kita pernah merasakan hal yang sama. Paling tidak memang manusia adalah makhluk sosial, membutuhkan aktualisasi diri dan ingin merasa dihargai, tapi yang tidak kalah penting, paling tidak mental kita termasuk mental yang kuat, ada halangan apapun di depan harus bisa kita lewatin, tenang aja, ada yang maha Mengetahui, tugas kita berikhtiar, berusaha semampu mungkin, untuk hasil pasti akan senada dengan usaha yang telah kita keluarkan.

Semoga bermanfaat dan bisa ambil wacana dari sini,tetap semangat dan mari kita lebih sensitif lagi terhadap lingkungan sekitar kita.

Psikolog Barat: Beberapa Penyebab Rasa Rendah Diri Akut dan Antisipasi Sederhananya






Sumber
Di sini.
Di sini.







profile-picture
profile-picture
profile-picture
crashtr dan 25 lainnya memberi reputasi
24
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 6
Psikolog Barat: Beberapa Penyebab Rasa Rendah Diri Akut dan Antisipasi Sederhananya
18-02-2020 13:47
lebih baik saran ane mulai untuk saling mengapresiasi
profile-picture
onee643 memberi reputasi
1 0
1
Psikolog Barat: Beberapa Penyebab Rasa Rendah Diri Akut dan Antisipasi Sederhananya
18-02-2020 13:54
gitu ye gan
nice sharenye ye
profile-picture
onee643 memberi reputasi
1 0
1
Psikolog Barat: Beberapa Penyebab Rasa Rendah Diri Akut dan Antisipasi Sederhananya
18-02-2020 14:08
waduuuh panjang ini thread wkwkwkwkwkw.. balom ampe abis udah ngantuk.. but thanku gan infonya.. jadi ngerti sedikit sedikit ilmu psikologi
profile-picture
onee643 memberi reputasi
1 0
1
Psikolog Barat: Beberapa Penyebab Rasa Rendah Diri Akut dan Antisipasi Sederhananya
18-02-2020 14:09
intinya mah yaaa hidup jangan terlalu dibawa pusing gaesss.. enjoyyyy ahahahahhaa.. hidup cuma sementara, jangan baper baper wkwkwk
profile-picture
onee643 memberi reputasi
1 0
1
Psikolog Barat: Beberapa Penyebab Rasa Rendah Diri Akut dan Antisipasi Sederhananya
18-02-2020 14:09
Quote:Original Posted By apefras11
dan yg bahaya itu adalah membandingkan, ketika seseorang mulai membandingkan maka kelemahan pun akan muncul dan itulah yg membuat orang merasa dirinya paling lemah


itulaaah perlunya terkadang manusia harus melihat ke bawah jangan selalu melihat ke atas.. biar pandai bersyukur
profile-picture
onee643 memberi reputasi
1 0
1
Psikolog Barat: Beberapa Penyebab Rasa Rendah Diri Akut dan Antisipasi Sederhananya
18-02-2020 14:11
Quote:Original Posted By antomulyo
Tetap yg utama dikeluarga, dr penyebab maupun penyelesaiannya, terus lingkungan sekitarnya

Selalu komunikasikan apapun itu, bjdayakan mendengarkn salah satu yg lagi ngomong dan jgn memengkal omongan. Selalu memberi nilai yg baik, dan ketika berbuat salah gunakan kata² yg baik dan mencoba mengurai masalah itu bisa terjadi


bener bangeett.. karenaa keluarga adalah sosialisasi pertama dalam hidup.. jadi apa yang terbentuk oleh anak sebagian besar bisa dikatakan cerminan dari orang tuanya
profile-picture
profile-picture
onee643 dan antomulyo memberi reputasi
2 0
2
Psikolog Barat: Beberapa Penyebab Rasa Rendah Diri Akut dan Antisipasi Sederhananya
18-02-2020 14:12
Quote:Original Posted By mrs.ynee
Ane gan rendah diri. Banget malah. Makanya gada yg mau temenan sma ane. Soalnya gada untungnya berteman sma yg pesimis dan rendah dri emoticon-Mewek ane nyadar dri koq.
Ane bgni krna kluarga jg sih. Meski mereka gatau yg mereka lakukan itu bikin orang jd bgni. Klo ngmg ke mereka psti blg nya ane terlalu sensitif, cerita ke temen jg di blg terlalu baper kali lu. emoticon-Ngakak udah ane gak mau crta2 lg smnjak itu. Biar pendam sndri


waduuh kalo menurut ane bahaya gan mendam sendiri... perlu ada temen yang menurut agan bisa nerima agan apa adanyaa..
profile-picture
onee643 memberi reputasi
1 0
1
Psikolog Barat: Beberapa Penyebab Rasa Rendah Diri Akut dan Antisipasi Sederhananya
18-02-2020 14:12
Quote:Original Posted By Betjanda
Nah... Faktor utama ya keluarga sih..


yupp benerrr.. karena keluarga adalah sosialisasi yang pertama ya kaaaan
profile-picture
onee643 memberi reputasi
1 0
1
Psikolog Barat: Beberapa Penyebab Rasa Rendah Diri Akut dan Antisipasi Sederhananya
18-02-2020 14:12
faktor lingkungan .....
profile-picture
onee643 memberi reputasi
1 0
1
Psikolog Barat: Beberapa Penyebab Rasa Rendah Diri Akut dan Antisipasi Sederhananya
18-02-2020 14:13
Quote:Original Posted By yugeel
peran orang tua menurut ane emang penting banget sihh, harus diajarin tentang tanggung jawab dan cari solusi


yuupp benarr.. berani tanggung jawab dan mencari solusi. karena apapun tindakan yang dilakukan anak harus dia berani tanggung jawab. enyah lah orang tua yang kalo anaknya salah tetep dibelain. haduuu gimanaaa gede nya kalo kayak gitu
profile-picture
onee643 memberi reputasi
1 0
1
Psikolog Barat: Beberapa Penyebab Rasa Rendah Diri Akut dan Antisipasi Sederhananya
18-02-2020 14:14
Quote:Original Posted By apefras11
lebih baik saran ane mulai untuk saling mengapresiasi


iyaah benerr.. dan kalau ngasih kritik ke orang lain coba laaahh dimulai dari memberi semangat duluu, dan kasih saran kritik yang membangun, jangan yang menjatuhkan
profile-picture
onee643 memberi reputasi
1 0
1
Psikolog Barat: Beberapa Penyebab Rasa Rendah Diri Akut dan Antisipasi Sederhananya
18-02-2020 14:15
Quote:Original Posted By kacangpanda
Emang keluarga sih yg kayanya paling berperan dalam membentuk kepribadian minder ini. Buat bahan pembelajaran buat ane besok kalo berkeluarga emoticon-Matabelo


iyaaah pelajaran penting untuk semua orang tua dan semua yang punya keluarga. ternyata berat yaaahh membina keluarga tuuh uhuhuu
profile-picture
onee643 memberi reputasi
1 0
1
Psikolog Barat: Beberapa Penyebab Rasa Rendah Diri Akut dan Antisipasi Sederhananya
18-02-2020 14:16
Quote:Original Posted By GeGe93
faktor lingkungan .....


tepaaatttt sekaleee
profile-picture
onee643 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Psikolog Barat: Beberapa Penyebab Rasa Rendah Diri Akut dan Antisipasi Sederhananya
18-02-2020 14:22
bener sih anak klo masih bersih, ngikut aja apa yang dia lihat, contoh anak ane, kebiasaan ane itu begini, kadang dia suka nurutin gtu. emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
onee643 memberi reputasi
1 0
1
Psikolog Barat: Beberapa Penyebab Rasa Rendah Diri Akut dan Antisipasi Sederhananya
18-02-2020 14:35
ku juga ngalamin ini, masalah ini sering terjadi di usia2 20-28 tahun. kayak ane misalnya, kesana kemari gak dapet kerjaan baru sampe setahun, akhirnya jadi ngojek, tapi masih di biayain kuliah S2 sama nyokap, yang lain udah nikah ane masih melajang sampe sekarang. terkadang itu tampolan buat ane dan merasa iri di saat temen2 udah keluar dari sifat anak2 ane masih doyan nonton anime sesekali.
profile-picture
onee643 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Psikolog Barat: Beberapa Penyebab Rasa Rendah Diri Akut dan Antisipasi Sederhananya
18-02-2020 14:45
berarti peran orang tua sangat berpengaruh dong?
profile-picture
onee643 memberi reputasi
1 0
1
Psikolog Barat: Beberapa Penyebab Rasa Rendah Diri Akut dan Antisipasi Sederhananya
18-02-2020 14:53
nice trit braiii
profile-picture
onee643 memberi reputasi
1 0
1
Psikolog Barat: Beberapa Penyebab Rasa Rendah Diri Akut dan Antisipasi Sederhananya
18-02-2020 15:03
pentingnya pendidikan dari orang tua, sampai saat ini pun saya masih mengalami rasa rendah diri walaupun sudah belajar untuk bersikap masa bodo dengan semua itu. hal ini tidak terlepas dari orang tua saya saat itu selalu membandingkan, itu lo temenmu si A bisa dapet nilai bagus padahal nda les, itu lo si B bla bla bla. walaupun maksudnya baik, tapi anak menerimanya berbeda.
profile-picture
onee643 memberi reputasi
1 0
1
Psikolog Barat: Beberapa Penyebab Rasa Rendah Diri Akut dan Antisipasi Sederhananya
18-02-2020 15:10
niat bener yg bikin thread gini, mau ngasih cendol tapi belum ISO.

emoticon-Cendol Gan
profile-picture
onee643 memberi reputasi
1 0
1
Psikolog Barat: Beberapa Penyebab Rasa Rendah Diri Akut dan Antisipasi Sederhananya
18-02-2020 15:27
saking panjangnya tau tau ane dah di kolom komentaremoticon-Peace
profile-picture
onee643 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 2 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia