News
Batal
KATEGORI
link has been copied
86
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4a43570577a915f47a8ace/pedagang-tradisional-vs-perda-kawasan-tanpa-rokok-kota-bogor
Sedang viral polemik tentang larangan memajang rokok bagi pedagang. Larangan tersebut secara gamblang tercantum pada Peraturan Daerah (Perda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Kota Bogor Nomor 10 Tahun 2018.
Lapor Hansip
17-02-2020 14:40

Pedagang Tradisional vs Perda Kawasan Tanpa Rokok Kota Bogor

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Sebenarnya Kota Bogor tuh selalu meninggalkan banyak cerita menarik. Mulai dari banyaknya cewek-cewek berparas cantik yang berseliweran di Bogor Botanical Gardens, sampai kisah menggairahkan yang seringkali terjadi di kawasan puncak. Pokoknya Bogor tuh selalu ada sisi spesialnya deh. emoticon-Genit

Akan tetapi gak selamanya Bogor memuat cerita yang menyenangkan Gan. Contohnya seperti yang baru terjadi belakangan ini, yaitu polemik tentang larangan memajang rokok bagi pedagang. Larangan tersebut secara gamblang tercantum pada Peraturan Daerah (Perda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Kota Bogor Nomor 10 Tahun 2018. Sebenarnya sih Perda KTR ini udah lama terbit, tapi baru-baru ini viral lagi. Mungkin karena sangat mengurangi omset pedagang kali ya karena gak bisa nge-display dagangan rokoknya tersebut.

Kalau gw coba telaah lagi, sebenarnya terdapat beberapa hal yang rancu dari Perda KTR Bogor. Misalnya seperti larangan pemajangan produk rokok di toko ritel hingga kelontong, padahal Pemerintah Pusat aja mengizinkan pedagang memajang produk rokok loh. emoticon-Embarrassment

Pedagang Tradisional vs Perda Kawasan Tanpa Rokok Kota Bogor



Selain itu kalau melihat Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bogor dari industri hasil tembakau bisa dibilang tinggi juga Gan. Tercatat di sepanjang tahun 2019 aja Kota Bogor menerima pendapatan sebesar 43,6 miliar rupiah dari industri tembakau.

Walaupun pendapatan Kota Bogor dari industri hasil tembakau terbilang besar, bukan berarti pemerintah Kota Bogor memberikan akses yang mudah bagi perokok. Malahan di Kota Bogor tuh sekarang ini sulit banget untuk mendapatkan ruang bagi perokok. Hampir semua tempat di Kota Bogor ditetapkan menjadi Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Pedagang Tradisional vs Perda Kawasan Tanpa Rokok Kota Bogor



Sontak, pedagang kecil yang juga berjualan rokok gak terima dengan kondisi ini. Pedagang tradisional di Bogor bahkan mengajukan gugatan Perda KTR Kota Bogor Nomor 10 Tahun 2018 ke Mahkamah Agung. Dan, movement dari pedagang ini menarik simpati banyak orang.

Sekadar saran untuk pemerintah Kota Bogor, seharusnya dalam membuat kebijakan KTR harus mempertimbangkan banyak aspek. Paling minimal harus mementingkan aspek keadilan, transparansi, dan partisipasi publik. Setelah aspek-aspek tersebut terpenuhi barulah suatu kebijakan—seperti KTR—bisa disahkan.

Nah, kalau melihat realita yang ada seperti sekarang sih jelas banget ada aspek yang belum terpenuhi. Dengan adanya gugatan dari masyarakat saja sudah terlihat kalau Perda KTR Kota Bogor belum memenuhi aspek partisipasi publik.

Masa iya pedagang di Bogor jualan rokok sampai harus ditutup pake gorden karena peraturan ini. Padahal harusnya kebijakan dari pemerintah tuh memudahkan masyarakat kecil. Bukan malah merugikannya. emoticon-Amazed

Pedagang Tradisional vs Perda Kawasan Tanpa Rokok Kota Bogor



Quote:Referensi:
1. Pedagang Gugat Perda KTR di Kota Bogor (Bisnis.com)

2. Pengamat: Perda KTR Bogor harusnya penuhi aspek partisipasi publik (Kontan.co.id)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anasabila dan 12 lainnya memberi reputasi
11
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 4
Pedagang Tradisional vs Perda Kawasan Tanpa Rokok Kota Bogor
17-02-2020 16:56
di balik itu semua ada pihak yang sedang menangis karena hilangnya mata perncaharian
Jasa Interior
Kontraktor interior
Jasa interior Murah
Interior Design Minimalist
Kontraktor interior terbaik
0 0
0
Pedagang Tradisional vs Perda Kawasan Tanpa Rokok Kota Bogor
17-02-2020 16:57
Tanya walkotnya tuh

Sjw akut kan emoticon-Ngakak
0 0
0
Pedagang Tradisional vs Perda Kawasan Tanpa Rokok Kota Bogor
17-02-2020 16:59
Quote:Original Posted By pearlnet
Kawasan tanpa rokok tuh seharusnya melarang orang merokok di kawasan itu, bukan melarang orang menjualnya juga. Skrg rokok kan bukan barang/zat terlarang, kenapa ngak boleh menjualnya selama punya izin? Orang mau beli rokok dimana saja ya terserah asalkan tidak merokok di kawasan terlarang.

emoticon-Bingung


Setuju om
0 0
0
Pedagang Tradisional vs Perda Kawasan Tanpa Rokok Kota Bogor
17-02-2020 17:02
Emang unik ya
0 0
0
Pedagang Tradisional vs Perda Kawasan Tanpa Rokok Kota Bogor
17-02-2020 17:04
kasihan kang ujang, bikin perda kok gk mikiri masyarakatnya.
0 0
0
Pedagang Tradisional vs Perda Kawasan Tanpa Rokok Kota Bogor
17-02-2020 17:25
Hidup sehat tanpa rokok
0 0
0
Pedagang Tradisional vs Perda Kawasan Tanpa Rokok Kota Bogor
17-02-2020 17:28
Quote:Original Posted By MrJeffBezos
ga ada yg berani tutup pabriknya, pajak rokok termasuk terbesar
untung besar pemerintah dari pajak rokok


justru lucu gak sih gan? Pajak rokok emg gede dan sangat menguntungkan pmrnth. Otomatis gak brani kan nutup pabrik rokok karna jg bakal berimbas ke pengangguran jg bakalan banyak sih. Tp anehnya pmrnth selalu naikin harga rokok, belom lagi banyak kawasan tidak boleh ngerokok. Macem org labil gt, masya dipersulit dg rokok tp gak brani nutup pabriknya jg emoticon-Thinkingemoticon-Thinking
0 0
0
Pedagang Tradisional vs Perda Kawasan Tanpa Rokok Kota Bogor
17-02-2020 17:29
Tutup sumbernya aja berani gak emoticon-Stick Out Tongue
Diubah oleh uusDK
0 0
0
Pedagang Tradisional vs Perda Kawasan Tanpa Rokok Kota Bogor
17-02-2020 17:31
Quote:Original Posted By antomulyo
Jelas ga berani, banyak jg beasiswa, sporsor olah raga jg dr rokok emoticon-Big Grin


nah iya .. beasiswa dr prshn rokok dimana2, belom lg pajak mereka jg gede, sponsor olahraga dr rokok jg bejibun, tenaga kerja jg banyak diserap dr pabrik rokok, org org kaya indo jg banyak dr pengusaha ini. Pmrnth dilema jg sebenernya .. bikin aturan macem2 mempersempit rokok tp gak bakalan brani nutup pabriknyaemoticon-Ngakak
profile-picture
antomulyo memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Pedagang Tradisional vs Perda Kawasan Tanpa Rokok Kota Bogor
17-02-2020 17:40
Quote:Original Posted By lubangkaca
nah iya .. beasiswa dr prshn rokok dimana2, belom lg pajak mereka jg gede, sponsor olahraga dr rokok jg bejibun, tenaga kerja jg banyak diserap dr pabrik rokok, org org kaya indo jg banyak dr pengusaha ini. Pmrnth dilema jg sebenernya .. bikin aturan macem2 mempersempit rokok tp gak bakalan brani nutup pabriknyaemoticon-Ngakak


Beraninya ama yg kelas teri emoticon-Big Grin
0 0
0
Pedagang Tradisional vs Perda Kawasan Tanpa Rokok Kota Bogor
17-02-2020 17:58
penegakanya kek apa sih ini, kadang skeptis sama peraturan peraturan kek gini. kalau kedapatan orang merokok paling juga kena teguran doang.
0 0
0
Pedagang Tradisional vs Perda Kawasan Tanpa Rokok Kota Bogor
17-02-2020 18:00
Djarum aja sekalian ditutup emoticon-Ngakak
0 0
0
Pedagang Tradisional vs Perda Kawasan Tanpa Rokok Kota Bogor
17-02-2020 18:04
Pro kontra nih klo begini jadinya emoticon-Hansip emoticon-Hansip
0 0
0
Pedagang Tradisional vs Perda Kawasan Tanpa Rokok Kota Bogor
17-02-2020 18:16
Perlakuan terhadap rokok sama kayak perlakuan terhadap kantong plastik. Semua peraturan hanya mengincar ke end user, bukan ke produsennya.
0 0
0
Pedagang Tradisional vs Perda Kawasan Tanpa Rokok Kota Bogor
17-02-2020 18:21
Gw cm bs blg prihatin emoticon-Embarrassment
0 0
0
Pedagang Tradisional vs Perda Kawasan Tanpa Rokok Kota Bogor
17-02-2020 18:50
Quote:Original Posted By lubangkaca
justru lucu gak sih gan? Pajak rokok emg gede dan sangat menguntungkan pmrnth. Otomatis gak brani kan nutup pabrik rokok karna jg bakal berimbas ke pengangguran jg bakalan banyak sih. Tp anehnya pmrnth selalu naikin harga rokok, belom lagi banyak kawasan tidak boleh ngerokok. Macem org labil gt, masya dipersulit dg rokok tp gak brani nutup pabriknya jg emoticon-Thinkingemoticon-Thinking


Area kawasan tidak boleh ngerokok biasanya yg ber AC, wajar aja sih

Klo mau ngerokok di parkiran mol aja

mana berani tutup pabriknya, karyawan pabrik otomatis nganggur, kan banyak banget tuh karyawannya
profile-picture
lou.fei memberi reputasi
1 0
1
Pedagang Tradisional vs Perda Kawasan Tanpa Rokok Kota Bogor
17-02-2020 19:06
Dilarang merokok bukan berarti tidak boleh jualan rokok kan. Harusnya pedagang aman. Siapa tau yang beli mau ngerokok di kamar mandi pribadiemoticon-Ngacir
0 0
0
Pedagang Tradisional vs Perda Kawasan Tanpa Rokok Kota Bogor
17-02-2020 19:10
Muga-muga aja ada solusi buat para pedagang tersebut emoticon-Matabelo
0 0
0
Pedagang Tradisional vs Perda Kawasan Tanpa Rokok Kota Bogor
17-02-2020 19:15
Matiin rejeki orang nih kaya gini. Dagang rokok buat nyambung hidup malah dilarang emoticon-Matabelo
0 0
0
Halaman 2 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia