• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Viral! Lele Barbie Berwarna Pink Banyak Di Minati, Berminat Ternak Ga Nih Gan?

c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Viral! Lele Barbie Berwarna Pink Banyak Di Minati, Berminat Ternak Ga Nih Gan?




Wahhh, lele yang dikembang biakkan di Jepara ini telah banyak menyita perhatian. Disebut lele barbie karena berwarna pink, namun perjuangan menciptakan lele ini ternyata tak mudah.

Seorang warga Jepara yang bernama Udin awalnya ingin beternak lele jenis baru, ia tak ingin lele berwarna Albino dan juga hitam. Tapi ingin menciptakan warna tersendiri tanpa harus nikah silang, dan tetap pada genetik lele yang bisa di konsumsi ternyata usaha Udin pun tak sia-sia. Dari tahun 2017 ia mencoba hasilnya baru bisa dilihat pada tahun 2020.



Bayangkan 3 tahun prosesnya, setidaknya ini menunjukkan ada anak bangsa yang cerdas dan inovatif tapi semua itu butuh proses bukan simsalabim jadi.

Bagaimana cara Udin membuat warna lele jenis baru? Bahannya adalah lele dumbo yang berwarna asli hitam namun disini pakan yang diberikan kepada indukan yang berbeda, selama eksperiment total kocek yang sudah dikeluarkan pun tak tanggung-tanggung sudah habis perkiraan 50 juta rupiah.



Rekayasa hormon yang berasal dari pakan inilah akhirnya muncul variant lele dumbo dengan warna baru, jadi genetiknya tetap lele dumbo hanya saja karakter dan warna menjadi berbeda. Untuk mendapatkan warna pink Udin membeli indukan yang berkualitas dari lele dumbonya.

Dan diberikan pakan dengan kadar serat yang tinggi, memang cukup berbeda dari pakan ikan pada umumnya. Sepertinya Udin telah mempelajari untuk mengubah pigmen pada hewan maka yang harus dilakukan adalah merubah pakan.

Hingga Zat klorofil yang biasa diberikan pada makanan ikan air tawar berupa dedaunan dihilangkan serta yang ditingkatkan adalah pakan dengan kadar protein yang tinggi. Maka dedaunan tersebut di fermentasi terlebih dahulu, hingga berubah menjadi warna oranye.



Namun sebelum rekayasa genetik yang dilakukan Udin memang ada jenis lele putih atau disebut lele albino, namun tidak dikonsumsi seperti lele pada umumnya lebih banyak di kembangkan menjadi ikan hias. Bahkan ikan lele ini diberi nama latin Clarias batrachus, dan harganya cukup mahal dibandingkan lele biasa.

Lalu bagaimana dengan eksperiment Udin yang menjadikan lele dumbo dengan warna jenis baru? Apakah akan ada juga lele Sangkuriang pink? Bila jenis lele yang biasa di konsumsi ini berwarna pink, maka harga lele warna pink bisa lebih murah nantinya. Tidak hanya untuk hiasan saja namun bisa dimakan karena rasanya juga nikmat.



Apa kamu ada yang tertarik untuk membudidayakan lele warna pink, disebut lele barbie? Salam lur, saya c4punk see u next thread.





emoticon-I Love Indonesia

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
referensi : klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star





GIF



Diubah oleh c4punk1950... 16-02-2020 23:57
Kaskus Support 15sebelahblog4iinch
4iinch dan 25 lainnya memberi reputasi
24
19.4K
225
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.