RetnoQr3nAvatar border
TS
RetnoQr3n
Membangun Daya Pikir, Tips Ini Bisa Dipraktekan Ketika Berbicara dengan Anak
Tips Berbicara Untuk Membangun Daya Pikir Anak
 
Dokumentasi Pribadi

  

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya untuk hidup jauh lebih baik dibandingkan dirinya sendiri. Alasan ini merupakan salah satu penyebab seringkali, orang tua berbicara pada anak yang sifatnya tendensius. Seolah-olah orang tua berhak secara mutlak menentukan yang benar dan salah pada diri anak.
 
Sayangnya, seringkali dalam menentukan benar atau salah tersebut didasarkan pada pengalaman masa lalu. Maka sengaja atau tidak sengaja terlontar kalimat, “Waktu mama masih kecil ....” atau “Dulu mama ....”
 
Tidak ada yang salah dari tujuan orang tua tersebut untuk mengingatkan anaknya atau membentengi anaknya agar tidak mengalami kesalahan yang sama seperti dirinya di masa lalu.
 
Akan tetapi, setiap anak dilahirkan dengan kondisi dan zaman yang berbeda-beda. Tidak bisa kita sebagai orang tua menyamakan antara zaman sebelum ada televisi dengan zaman sekarang. Ketika hand phone dan peralatan canggih lainnya mudah digapai anak-anak.
 
Untuk menghadapi dan mengarahkan anak-anakitu perlu cara dan teknik yang tepat, yang membuat mereka bisa berpikir sendiri, mana yang salah dan benar. Mana yang boleh dilakukan dan tidak. Jangan sampai cara kita berbicara, justru malah mendikte mereka, menyebabkan daya pikir mereka tidak berkembang.
 
Karena salah satu tujuan mengasuh anak adalah mengajarkan kepada anak-anak cara berpikir sendiri dan berperilaku sesuai dengan pedoman moral yang telah ditanamkan orang tua. (Daniel Goleman)
 
Berikut Tips ketika berbicara pada anak :

1.      Tunjukkan empati dan pahami pendapat orang lain

Ketika berbicara dengan anak, tunjukkanlah empati pada mereka. Dengarkan apa yang mereka bicarakan dan pahami pendapat mereka. Ini bisa berpengaruh pada kepercayaan diri anak dalam mengemukakan pikirannya.
 
2.      Memberikan teladan

Anak belajar dari bagaimana cara orang tua menyelesaikan masalah.  Orang tua bisa mengajarkannya sesuatu dengan memberikan teladan. Cara ini lebih efektif dibandingkan dengan memberitahukan apa yang harus dilakukan kepada anak.
 
Memberi anak-anak kesempatan mengetahui pikiran orang dewasa akan mengajarkan kepada mereka bahwa memiliki perasaan negatif, bingung, dan tidak mendapat solusi sempurna adalah hal yang biasa.
 
3.      Mengungkapkan Kembali

Ketika seorang anak marah dan berkata kasar, apa yang kita lakukan?
Apakah langsung mengomel di depannya dan mengatakan apa yang dikatakannya salah?
Hal tersebut malah akan membuat seorang anak semakin kesal. Karena emosi anak masih belum stabil. Bahkan mungkin ia tidak mengerti bagaimana harus mengungkapkannya.

Maka tugas kita mengulangi dan menerjemahkan perasaan mereka dengan bahasa yang lembut. Sehingga mereka sadar apa yang sedang dialami.
 
Contoh :
Anak : “Dasar, Kaka Jelek.”
Ibu : “Wah, sepertinya adik sedang kesal dengan kaka, ya?”
 
Dialog ini akan mengantarkan pada dialog lainnya dimana anak diharapkan mampu mengungkapkan perasaannya. Kemudian dengan itu, orang tua dapat memberikan arahan bagaimana ia harus bertindak.
 
4.      Ajukan Pertanyaan

Ada empat jenis pertanyaan :
Pertanyaan kausal
Contoh : “Mengapa kau memukulnya?”

Pertanyaan Pilihan Ganda
Contoh : “Apakah kau memukulnya karena dia mengambil mainanmu, merebut makananmu, atau iseng?”

Pertanyaan Benar Salah
Contoh : “Apakah kau memukulnya atau tidak?”

Pertanyaan Terbuka
Contoh : “Apa yang terjadi antara kalian?”
 
Teknik sederhana yang paling ampuh dalam mengajukan pertanyaan pada anak adalah jenis pertanyaan terbuka. jenis ini membuat anak cepat berpikir jawabannya dan tidak merasa menjadi tertuduh atau pun didikte orang tua.
 
Okeh, cukup sekian dulu tips dari ane. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Sumber : Buku Cara Efketif Mengasuh Anak dengan EQ : Maurice J. Elias, dkk
 
Salam Hangat,
Retno Qren (RetnoQr3n)


Diubah oleh RetnoQr3n 05-07-2019 05:57
makola
trifatoyah
kudanil.la
kudanil.la dan 41 lainnya memberi reputasi
42
4.2K
123
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & Parenting
icon
4.1KThread4.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.