officialgarasiAvatar border
TS
officialgarasi
Punya Kendaraan, Kamu Wajib Cek 4 Cairan Ini !
Berlibur maupun mudik ke luar kota dengan kendaraan pribadi roda empat memang sudah menjadi tradisi warga Indonesia sejak dahulu. Puluhan hingga beratus-ratus kilometer rela mereka tempuh untuk bertemu dengan orang tua, sanak saudara di kampung halaman masing-masing. Sudah tentu perjalanan panjang tersebut membuat kita lelah dan lupa untuk melakukan pengecekan mobil pada beberapa komponen penting agar kendaraan selalu prima ketika akan digunakan dalam beraktivitas sehari-hari.

Dilansir dari Auto2000, ada 4 cairan di kendaraan yang wajib kita lakukan saat pengecekan mobil secara rutin karena cairan tersebut memiliki fungsi yang krusial dalam komponen-komponen kendaraan. Keempat cairan tersebut adalah oli mesin, minyak rem, radiator, dan wiper.

Oli mesin

Saat pengecekan mobil, yang perlu dilihat adalah cairan oli mesin. Memegang peranan  penting di setiap kendaraan karena tugas utama dari oli mesin sendiri adalah menjadi pelumas disaat mesin bekerja dengan suhu yang cukup tinggi. Kita dapat melakukan pengecekan mobil dimulai dari cairan oli mesin dengan cara mengecek stick oli yang terletak di ruang mesin kendaraan. Jika oli masih dalam posisi di tengah stick oli, berarti oli dalam mesin kendaraan kita masih normal dan tidak perlu untuk menambahkan cairan oli. Apabila posisinya di bawah, bahkan kering sama sekali segera bawa lakukan pengisian oli karena jika tetap digunakan akan berakibat fatal. Kamu juga bisa membaca Oli Mesin Mobil Punya Peranan Penting! Simak Penjelasannya


Minyak rem

Walaupun minyak rem memiliki umur yang bisa dibilang lama, jangan ragu untuk melakukan pengecekan mobil seperti cairan yang satu ini. Karena pengereman merupakan komponen terpenting ketika kita berkendara. Saat pengecekan mobil, cukup dengan melihat ketinggian minyak rem pada tabung master silinder yang biasanya di posisikan di belakang ruang mesin. Terdapat tulisan max dan min pada dinding master rem yang berfungsi untuk mengukur ketinggian minyak rem. 

Pada kendaraan normal, permukaan cairan minyak rem berada di posisi tengah tabung master rem, jika permukaan minyak rem hampir menyentuh batas ketinggian terendah, segara isi kembali dengan cairan minyak rem yang sesuai dengan aturan kendaraan masing-masing. Kamu juga bisa membaca Minyak Rem Tidak Pernah Diganti, Ini Dampak Yang Akan Terjadi.


Saat pengecekan mobil, apabila pengisian minyak rem sudah dilakukan tetapi dirasa tetap dirasa kurang maksimal ketika melakukan pengereman, coba lakukan pengecekan mobil pada bagian kaliper rem, kampas rem atau cairan minyak rem yang kotor agar kembali bekerja sepenuhnya.

Periksa radiator wajib

Pada saat pengecekan mobil, pemeriksaan radiator itu wajib karena radiator jadi salah satu hal yang penting untuk selalu di cek. Jika saat pengecekan mobil bagian radiator tidak di cek, wasallam pastinya Sahabat akan keluar uang yang banyak untuk perawatan kendaraan.

Terlebih untuk Sahabat yang menggunakan mobil yang tidak lagi muda atau mobil bekas, saat mengecek mobil pastikan harus mengganti motor radiator ya. Karena motor radiator yang sudah lebih dari 3 tahun itu lebih beresiko mengalami kerusakan, dan bisa menyebabkan kerusakan lainnya pada kendaraan Sahabat.


ontoh, saat terjadi kemacetan, motor fan harus kerja extra dan jika tiba-tiba mati akan berdampak fatal baik ke AC atau ke mesin, Karena motor radiator, kondensor AC dan radiator jelas komponen yang masih terkait dengan AC. Karena, tugas motor fan adalah mendinginkan radiator dan kondensor AC mobil.

Jika salah satu mati, suhu kondensor dan radiator akan naik dan akan menyebabkan overheating. Kalau suhunya sudah tinggi, AC mobil tidak akan bisa bekerja. Hasilnya dampak ke part AC yang menyebabkan kebocoran, serta kompressor akan macet, biaya perbaikan sangat mahal.

Nah jangan sampai lupa juga untuk melakukan pengecekan pada coolant atau air radiator ya, dan disarankan untuk menggunakan atau memilih coolant standar pabrikan. Jangan menggunakan air mineral biasa karena suhu mesin akan cepat panas.

Untuk mengecek air radiator saat pengecekan mobil, lakukan dengan cara membuka tutup radiator lalu melihat kedalam tabung reservoir apakah air didalamnya masih cukup atau sudah berkurang. Jika air dalam tabung reservoir sudah berkurang, alangkah baiknya segera isi dengan cairan pendingin khusus radiator. Kamu juga bisa membaca Begini Cara Pilih Radiator Coolant yang Tepat

Air wiper

Ketika pengecekan mobil, beberapa orang mungkin sering lupa untuk mengisi cairan dalam satu komponen ini, ya cairan wiper/pembersih kaca yang terletak di mobil bagian depan dan belakang. Penglihatan yang buruk ditambah dengan kaca yang kotor tentunya akan mengurangi visibilitas selama berkendara dan dapat mengakibatkan kecelakaan. Kamu juga bisa membaca Inilah Penyebab Air Wiper Tidak Keluar.

Saat pengecekan mobil, cairan dalam wiper seharusnya di isi dengan cairan pembersih khusus karena cairan pembersih khusus mampu menyapu bersih kotoran seperti minyak, debu dan kotoran lainnya di kaca. Saat ini cairan khusus pembersih wiper yang beredar di pasaran sudah memiliki zat-zat yang dapat mencegah timbulnya lumut pada kaca, selang pembersih kaca hingga tabung pengisian sehingga kaca selalu terlindungi dengan aman.


Nah jika Sahabat bingung dimana tempat terbaik untuk melakukan pengecekan mobil seperti diatas, Sahabat bisa melakukannya di Garasi.id. Selain itu, selama masa periode 1 Desember 2019 sampai 31 Januari 2020. Untuk kamu yang ingin melakukan perawatan mobil, Selama Promo GASPOL (Garasi.id Promo Online) kamu akan mendapatkan diskon sebesar 12% setiap pembelian Promo Jasa dan Servis dengan total potongan hingga Rp. 500.000,-. Mulai dari penggantian oli, spooring balancing, tune up atau perawatan mobil dengan jasa coating dan detailing, pemasangan kaca film, pelapisan jok, hingga cuci mobil bisa kamu dapatkan di Garasi.id.

Untuk info lebih lanjut, Sahabat bisa menghubungi Officer Garasi.id atau Chat WA langsung di +62-817-0250-888 atau email di clara@garasi.id. Masih banyak kejutan lainnya yang menanti kamu di Garasi.id, buruan sebelum kehabisan! Selamat memanjakan mobil kesayanganmu ya Sahabat. 


Sumber :Garasi.id
ewaneyla99
nona212
tien212700
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.9K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.