Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
561
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3e5d03f4ae2f0c7462a696/inilah-enaknya-jadi-orang-arab-saudi
Thread ini dibuat berdasarkan penelitian dan pengalaman langsung beberapa temen dan saudara-saudara gua yang kebetulan pernah lama tinggal di Saudi Arabia. Ada yang 3 tahun, 5 tahun, bahkan ada yang sampe 20 tahun lebih. Maka secara otomatis mereka tentunya sangat faham dengan kultur dan segala tetek bengek negara Arab Saudi.
Lapor Hansip
08-02-2020 14:02

Inilah Enaknya Jadi Orang Arab Saudi

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Quote:
Inilah Enaknya Jadi Orang Arab Saudi

Thread ini dibuat berdasarkan penelitian dan pengalaman langsung beberapa temen dan saudara-saudara gua yang kebetulan pernah lama tinggal di Saudi Arabia.

Ada yang 3 tahun, 5 tahun, bahkan ada yang sampe 20 tahun lebih. Maka secara otomatis mereka tentunya sangat faham dengan kultur dan segala tetek bengek negara Arab Saudi.

Tapi gua juga berusaha untuk mencari kebenaran informasi lain terkait dengan pengalaman mereka. Beberapa informasi tersebut gua dapatkan dari berbagai macam sumber berita. Sebut saja misalnya The Guardian, Washington Post, BBC, www.dw.com, dan lain-lain.

Jadi gini, menurut cerita dan pengalaman temen dan saudara gua, mereka mengatakan.....

"tinggal di Arab Saudi itu aslinya enak banget".

Mereka yang bukan warga negara Arab saja mengakui bahwa hidup di Arab itu emang enak.....Terutama bagi warga aslinya.

Terlepas dari segala problematika sebuah negara, Berikut ini adalah beberapa hal enaknya jadi warga negara Arab Saudi............emoticon-Ngacir


1. Di Arab Saudi susah nyari orang susah (blangsak)

Inilah Enaknya Jadi Orang Arab Saudi

Percaya gak percaya lu harus percaya, kalo di Arab Saudi itu nyaris gak ada orang susah. Itulah makanya pemerintah kerajaan Arab Saudi gak pernah bikin program BLT, RASKIN, atau PKH. Apalagi sampe nempelin stiker atau plang "INI KELUARGA KISMIN" seperti yang terjadi di negara nganu yang katanya kaya dengan segala sumber daya alamnya.

Dari beberapa sumber berita yang gua baca memang ada sedikit 'kemiskinan' di beberapa titik di wilayah Saudi Arabia. Tapi kemiskinan disana berbeda dengan miskinnya orang dari negara nganu.

Masih menurut temen gua nih, yang udah belasan tahun tinggal di Arab Saudi (hampir semua wilayah dia faham). Dia bilang......

"agak susah nyari orang susah di Arab Saudi"

"15 tahun di Arab, gua gak pernah liat ada orang Arab Saudi asli yang jadi gelandangan, tukang rongsok, tukang parkir, pak ogah, jambret, atau pemulung yang hidup cuma buat makan doang"

"Para janda, anak yatim, dan pengangguran hidupnya dijamin oleh pemerintah kerajaan"

"Rata-rata mereka digaji sebesar 5 jutaan juta perbulan"


Kalo pun ada kemiskinan atau dianggap miskin, maka semiskin-miskinnya orang Arab, mereka masih sanggup beli mobil (mobil baru loh, bukan mobil bekas atau odong-odong).

Gebleknya lagi, semiskin-miskinnya orang Arab khususnya di wilayah Jeddah, Riyadh, Mekkah dan Madinah, di pinggir rumah mereka pasti nangkring mobil sekelas Pajero, Fortuner, Camry, Civic, GMC, Ford, hingga Mercedes Benz.

Bukan mobil semilyar umat seperti merek papanza atau nengnia yang angsurannya gak kelar-kelar......



Malah temen gua juga bilang "semiskin-miskinnya orang Arab Saudi, mustahil mereka tinggal di kolong jembatan, di pinggir-pinggir kali kumuh, atau jadi gelandangan seperti di negara nganu...."

Intinya, di Arab Saudi itu tidak ada ketimpangan berlebihan antara orang kaya dengan orang miskin seperti di negara sonoh. Lain cerita kalo dibandingkan dengan kekayaan keluarga raja dan pangeran.....

Sonoh itu mana sih ? Ya sonoh! Sonoh yang onoh? Iya, sonohan dikit dah...emoticon-Bingung

Nih Videonya :




2. Susah nyari tukang maling

Inilah Enaknya Jadi Orang Arab Saudi

Beda banget dengan negara nganu yang kriminalitasnya tinggi banget. Negara nganu itu dimana dan siapa?

Ya negara nganu itulah.....Sebuah negara yang katanya mengaku makmur lagi sejahtera tapi isinya kebanyakan maling. Mulai dari pejabat negara sampe rakyat jelata doyan banget jadi maling.

Di Arab Saudi agak aneh, disana susah nyari orang tukang maling. Itulah makanya menurut cerita dan pengalaman temen-temen gua disana. Orang Arab kalo nyimpen mobil atau motor bisa dimana aja bebas tanpa khawatir kehilangan.

Jadi wajar kalo Arab Saudi masuk sebagai salah satu negara di Timur Tengah yang minim kriminalitas.

Lu mau nyimpen kendaraan di pasar 7 hari 7 malam dengan kuncinya sekalian mustahil dicolong orang.

Dan asal lo tau aja nih! Mobilnya orang Arab itu bukan mobil ecek-ecek yang suka dipamerin di medsos sampe berbulan bulan.....

Kata temen gua nih, mobil orang Arab itu rata-rata adalah mobil yang biasa dipake oleh orang-orang dari negara nganu yang mengaku paling sultan.

Buat kebanyakan orang Arab, punya mobil BMW X7, BMW 330i, 630i, berbagai Mercedez Benz, Audi A8, Range Rover, Camaro, Lexus, Bentley, GMC, atau Ferarri itu adalah hal yang lumrah. Biasa banget........



Sebut saja namanya kang Dadang, dia salah satu sahabat baik gua yang sudah 8 tahun tinggal di Riyadh, Jeddah, Mekah, dan berbagai kota lainnya.

Menurut dia nih, selama hampir 5 tahun lebih tinggal di Arab Saudi, gak pernah sekalipun nemuin ada orang digebukin gara-gara ngebegal motor, nyolong hp, nyolong makanan, ngegarong rumah, ngejambret perhiasan, apalagi kelas ecek-ecek kaya maling sendal atau malakin orang.....

Kalopun ada dipastikan pelakunya bukan warga asli Arab Saudi. Biasanya mereka adalah para imigran (gelap) seperti Bangladesh, Pakistan, Yaman, India, Filipina, atau beberapa negara dari Afrika (macam Sudan, Somalia, Nigeria, dll). Itupun gak ada yang sampe digebukin.....

Orang Arab itu rata-rata tajir semua bray. Hidup mereka makmur asli. Bukan makmur slogan doang! Lagian ngeri juga bray nyolong di Arab Saudi, ketauan tangan lu putus.

Berarti di Arab Saudi sama sekali gak ada orang miskin? Ada banget! Tapi kalo indikator kemiskinan yang dipakai adalah standar Indonesia, maka jelas jawabannya TIDAK ADA!

Tapi katanya, ada juga tuh pengemis atau tuna wisma? Diakui masih ada! Tapi mereka bukan asli orang Arab Saudi. Dan jumlahnya pun masih bisa dihitung dengan jari. Jauh sekali jika dibandingkan dengan jumlah gelandangan atau pengemis di negara nganu....

emoticon-DP


3. Bisa beli kendaraan mewah dengan harga murah



Enaknya jadi orang Arab Saudi, mereka bisa beli kendaraan apapun dengan harga yang relatif murah (gak beda jauh dengan harga dari negara asalnya).

Apalagi kalo beli kendaraan bekas dengan kondisi yang nyaris sempurna. Sebagai contoh mobil Mercedez Benz ML500 tahun 2017, di Arab Saudi cuma dihargai 260 juta perak doang. Nissan 370Z tahun 2014 cuma 290 juta, Jaguar XE tahun 2017 cuman 320 juta, atau Audi A8 tahun 2016 cuman 170 juta.

Begitu juga dengan harga moge, motor merek ngondek CBR 1100 Fireblade baru yang kalo di negara nganu bisa tembus 700 jutaan, di Arab Saudi cuma 200 juta perak tanpa pajak tahunan. Bebas poooool!

Lu ngimpi pengen kebeli mobil papanzah atau ngayila buat dipamerin ke tetangga? di negara nganu bisa aja nyicil dengan riba edan-edanan. Kata temen gua nih, di Arab, mobil kelas gituan mah dilepehin bray......

Orang Arab itu emang gila kalo urusan dunia otomotif. Lecet dikit aja nih, atau penyok doang, eh busyet udah dibuangin bray gak dipake lagi......

Beda ama di negara nganu yang katanya punya tambang emas dan gas alam paling gede sedunia, kalo sasis belum belah dua atau mesinnya jebol, ampe bangkotan bakalan terus dipake.....emoticon-Amazed

Nih bukti videonya sangat lengkap :




3. Di Arab gak ada polantas korup



Selama lu tinggal di negara nganu, apa lu pernah ditilang polisi? Hayo, pasti lu ngajak damai kan? Atau polisinya minta duit sekian (biasanya gocap sampe 200 rebu) biar STNK atau SIM lo gak ditahan?

Di Arab Saudi, hal menjijikan seperti itu hampir tidak mungkin terjadi. Kenapa? Ya karena polisi di sana hidupnya udah pada makmur dan bener kerjanya.

Kembali ke persoalan tilang menilang kendaraan. Semisal lu ngebut di jalanan melebihi batas kecepatan yang ditentukan, secara otomatis mobil lo bakalan direkam oleh speed gun atau kamera CCTV. Dan dalam waktu kurang dari 15 menit akan ada SMS atau pemberitahuan kalo lu ditilang sekian-sekian.....

Contoh lain misalnya, lo markir mobil sembarangan, polantas di Arab itu gak perlu ribet berantem ngadu otot atau adu bacot seperti di negara nganu. Cukup dikunci bannya lalu di foto nomor polisi kendaraan lo. Dan dalam hitungan menit bakalan muncul pemberitahuan tilang melalui SMS yang dikirim ke nomor hp lo.

Jadi gak ada itu istilah kompromi, tawar menawar atau suap menyuap seperti yang lazim terjadi di negara nganu yang katanya mengaku negara paling berbudaya, paling beradab, dan paling paling lainnya......


4. Di Arab Saudi jalan tol itu 100% gratis

Inilah Enaknya Jadi Orang Arab Saudi

Yang ini hampir semua orang di dunia tau kalo masuk jalan tol di seluruh wilayah Arab Saudi itu gratis (khususnya di kota besar seperti Jeddah).

emoticon-Leh Uga

Enak bener kata temen gua mah, udah beli kendaraannya murah, BBM juga murah gila-gilaan, masuk jalan tol pun digratisin juga....Kurang apa coba?



Oh iya hampir lupa, kalo jalanan di Saudi Arabia itu semuanya adalah jalan tol. Dan semuanya GRATIS!


5. Sekolah dari TK sampe Kuliah 100% gratis (digaji pulak)

Inilah Enaknya Jadi Orang Arab Saudi

Beda banget ama negara nganu, di Arab Saudi, entah dari zaman kapan yang namanya sekolah atau kuliah itu 100% gratis gak ada pungutan 1 sen pun. Mau lu sekaya sultan kek, atau semiskin orang-orang di negara nganu semua diperlakukan sama. Mau yang bodoh atau yang jenius semua sama, GRATIS!



Yang kuliah di negaranya aja digaji minimal 2.5 juta hingga 3.5 juta perbulan. Termasuk pemberian fasilitas asrama dan lain-lain.

Terutama buat mereka yang mau kuliah di luar negeri pasti diistimewakan. Bahkan untuk jurusan tertentu setiap mahasiswanya digaji dan dijamin kehidupannya oleh kerajaan Arab Saudi.

Sekadar informasi aja nih, rata-rata kebanyakan mahasiswa asal Arab Saudi itu kuliahnya di Amerika atau Eropa (khususnyan Jerman) .


6. 100% rumah sakit pemerintah gratis

Inilah Enaknya Jadi Orang Arab Saudi

Dari sekian banyak teman gua yang pernah tinggal lama di Arab Saudi, semua sepakat mengatakan bahwa berobat di rumah sakit milik pemerintah itu 100% Gratis.

Bagi warga lokal, mereka tidak perlu ikut program BPJS yang harus bayar iuran tiap bulan. Gak perlu juga minta SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu).

Cukup tunjukan KTP, maka akan dilayani sepenuh hati oleh para dokter yang kebanyakan berasal dari Jerman, Perancis, dan Canada. Termasuk juga dokter dan perawat dari Indonesia.....




Fasilitas rumah sakitnya bagaimana? Jangan ditanya semua serba modern dan canggih.



7. Bisa naik haji tiap tahun gratis

Inilah Enaknya Jadi Orang Arab Saudi


Kalo yang ini enak versi gua! Khususnya bagi warga negara Arab Saudi yang beragama Islam. Enaknya itu karena bisa naik haji tiap tahun tanpa harus ngantri quota bertahun-tahun....

emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga


Dan sebagai penutup gua cuma mau bilang......

Media terkadang memang paling suka memainkan drama untuk mendiskreditkan negara tertentu. Apalagi kalo dibaca sama jagoan kibort dari negara nganu yang emang dari lahir sudah ditakdirkan menjadi manusia pendengki dan terkutuk.....

Tapi gua beruntung karena gua bisa ngobrol secara detail dengan banyak orang yang pernah lama tinggal di Saudi Arabia. Termasuk juga menonton hampir semua video tentang seluk beluk Arab Saudi.

Artinya gua jauh lebih percaya dengan kesaksian serta pengalaman langsung dari banyak orang yang gua kenal baik. Daripada cuma baca dari berita abal-abal atau informasi sampah yang isinya cuma katanya dan katanya.....

Dan Alhamdulillah, walau cuma 12 hari tinggal di Mekah dan Madinah, gua sendiri membuktikan secara langsung. Ternyata memang benar, bahwa dalam banyak hal jadi warga negara Saudi Arabia itu sebetulnya enak......

emoticon-Leh Uga







Oleh : davinof 2020 @kaskus


Source of Pictures : Google Images

Source of Video : YouTube


Diubah oleh davinof
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 83 lainnya memberi reputasi
74
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 23
Inilah Enaknya Jadi Orang Arab Saudi
16-02-2020 09:48
Saking enaknya jadi warga Saudi nih emoticon-Wakaka
Inilah Enaknya Jadi Orang Arab Saudi
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Inilah Enaknya Jadi Orang Arab Saudi
16-02-2020 09:49
Quote:Original Posted By v3r.
Iya padahal ladang emas Papua adalah yg terbesar di dunia yg dilimpahkan Tuhan kepada orang2 pribumi Papua yg dikatain orang pribumi Indo sebagai monyet dan kafir krestod.
Tapi tambang itu malah dijualin sama muslim2 pribumi Indo ke Amerika karena mereka gak punya teknologi yg efektif utk dapat mengeruk dgn cepat emas2 tsb.


Fakta bro, nggak ada yg menyangkal pendapat elo
emoticon-Cool

Kalau soal teknologi, kan bisa bayar orang yang bisa, memang mereka malas aja ngelola, toh yg tanda tangan di atas kertas dapat uang dari kontrak senilai milayaran dollar
Diubah oleh maverick4ever
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Limzzz770 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Inilah Enaknya Jadi Orang Arab Saudi
16-02-2020 09:49
ya gimana ya dr pendapatan negaranya aja udh beda. disana sda berlimpah dan lengelolaannya jg baik sih, makanya gak heran klo warganya jg makmur..
Dan mereka jg bisa bebas melihara binatang2 yg klo diindo sih binatang buas dan dilindungi. Macem singa, harimau kek gt. Ya wlwpn kadangkala mereka jg nerkam tuannya sendiri sih. Namanya jg naluri emoticon-Ngakak
Diubah oleh siangpenat
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan davinof memberi reputasi
2 0
2
Inilah Enaknya Jadi Orang Arab Saudi
16-02-2020 09:50
wahh enak
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan davinof memberi reputasi
2 0
2
Inilah Enaknya Jadi Orang Arab Saudi
16-02-2020 09:51
Hmm

TS taukah kena MBS calon raja saudi buka bioskop, membuka pariwisata, invest sana sini, yg mana mungkin melanggar budaya saudi bahkan mungkin beberapa mazhab agama

Karna utopia yg sekarang soon or later akan berakhir

Minyak tidak selamanya ngucur terus, soon saudi adalah negara kapitalis terbuka, karna pilihannya keras kepala atau mati

MBS itu visioner banget klo saya nilai, he is not stupid

Diubah oleh kiryu06
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan davinof memberi reputasi
2 0
2
Inilah Enaknya Jadi Orang Arab Saudi
16-02-2020 09:52
Quote:Original Posted By Pazonda95
Btw ane masih bingung kenapa di arab saudi
mobil kebanyakan toyota land cruiser sama sedan
dan
jarang motor


mereka pd gapunya duit receh buat beli motor gan emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Pazonda95 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Inilah Enaknya Jadi Orang Arab Saudi
16-02-2020 09:53
enaknya bisa nyiksa + merkosa tkw, tp ga terjerat hukum disana
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Inilah Enaknya Jadi Orang Arab Saudi
16-02-2020 09:54
Kalo di negara nganu, klub mobil LCGC aja berasa klub Lambo 😂
profile-picture
profile-picture
davinof dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Inilah Enaknya Jadi Orang Arab Saudi
16-02-2020 09:54
enak bener itu rumah sakit gratis n pendidikan gratis
profile-picture
profile-picture
davinof dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Inilah Enaknya Jadi Orang Arab Saudi
16-02-2020 09:55
Quote:Original Posted By siangpenat
mereka pd gapunya duit receh buat beli motor gan emoticon-Ngakak


Saat di sini orang2 pada maling recehan dengan menjadi pasukan nasibungkus, pasukan nasikotak, pasukan nasiuduk, pasukan tumpeng, buzzer, dll orang sono gada uang receh jadi belinya RANGE ROVER

Bikin baper nasbung dan nastak aja trit ini. Kerja keras nasbung dan nastak selama setahun sama dengan pengangguran orang arab selama 1 bulan
emoticon-Ngakak
Diubah oleh maverick4ever
profile-picture
profile-picture
profile-picture
davinof dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Inilah Enaknya Jadi Orang Arab Saudi
16-02-2020 09:56
tapi saya sebagai WNI masih enak tinggal dimari bang,
walau ya harus mengelus dada,

semoga aja Indonesia bisa makmur seperti yang abang deskripsikan di thread ini,

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Limzzz770 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Inilah Enaknya Jadi Orang Arab Saudi
16-02-2020 09:56
Quote:Original Posted By mutid
Dan warganya juga penuh toleransi, ga kayak warga negara nganu yg teriak haram haram melulu sedangkan warga arab lakuin hal yg berkebalikan sama warga nganu emoticon-Hammer2


tp gan disana itu jg susah loh sebenernya, apalagi utk cew. Disana cew mah gaboleh nyetir kendaraan sendiri, cew jg gabisa kerja jika itu lingkupnya utk laki jd macem belom ada emansipasi gt, naik transportasi umum jg gaboleh. Ya wlwpn bbrp mgkn dr skrg agak longgaran dikit sih emang
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Inilah Enaknya Jadi Orang Arab Saudi
16-02-2020 09:57
Negara nganu! emoticon-Big Grin insting ane berkata pasti negara itu emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
davinof dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Inilah Enaknya Jadi Orang Arab Saudi
16-02-2020 10:00
jalan tol dibiayai pemerintah namanya jalan negara pengguna lewat Gratis
jalan dibiayai uang perusahaan namanya jalan tol/jalan berbisnis pengguna wajib bayar
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Inilah Enaknya Jadi Orang Arab Saudi
16-02-2020 10:00
Quote:Original Posted By siangpenat
tp gan disana itu jg susah loh sebenernya, apalagi utk cew. Disana cew mah gaboleh nyetir kendaraan sendiri, cew jg gabisa kerja jika itu lingkupnya utk laki jd macem belom ada emansipasi gt, naik transportasi umum jg gaboleh. Ya wlwpn bbrp mgkn dr skrg agak longgaran dikit sih emang


Di sono nggak ada emak2 bawa matik dong malahan
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
liee dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Inilah Enaknya Jadi Orang Arab Saudi
16-02-2020 10:01
daaaavv...

tumben bener bikin trit 'pemancing' gini..

hahaha, udah jenuh ya, isinya komen di Kaskus, 'nganu' semua.

ane sih capek ngeladenin.. emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Inilah Enaknya Jadi Orang Arab Saudi
16-02-2020 10:01
Quote:Original Posted By davinof
Reserved for blangsak........


Jadi org arab,, (entah beneran keturunan arab,, atau arab2an disini sangat dihargai) bhkan disanjung2 bak MANUSIA STNGAH DEWA... emoticon-Embarrassment


Quote:Original Posted By napelogitu
Adakah yg bisa memberi pencerahan, negara nganu yg dimaksud ts itu dimana?

Saya koq curiga jangan jangan itu negara.......

emoticon-DP


indonesia... emoticon-Embarrassment


Quote:Original Posted By bingsunyata
Kalau tidak suka dengan apa yang ada di Indonesia, bisa pindah kesana ...
Lagi promosi khilafah ? Dengan umpan kekayaan ?


Mang DAVINOF,,, bukanlah seorg kaskuser kadrun ataupun nasbung follower khilafah,,, sprti yg anda fikir mas... emoticon-Embarrassment
Diubah oleh kakekane.cell
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Inilah Enaknya Jadi Orang Arab Saudi
16-02-2020 10:02
Quote:Original Posted By maverick4ever
Saat di sini orang2 pada maling recehan dengan menjadi pasukan nasibungkus, pasukan nasikotak, pasukan nasiuduk, pasukan tumpeng, buzzer, dll orang sono gada uang receh jadi belinya RANGE ROVER

Bikin baper nasbung dan nastak aja trit ini. Kerja keras nasbung dan nastak selama setahun sama dengan pengangguran orang arab selama 1 bulan
emoticon-Ngakak


wkwk sedih ya gan. Ya gimana ya gan emg org arab jg kursnya tinggi dibanding indo. Neg mereka jg sda nya luar biasa, dan pinternya mereka jg mampu mengelola dg baik. Nambah devisa neg jg kan, dan hidup rakyatnya jg makmur emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
davinof dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Inilah Enaknya Jadi Orang Arab Saudi
16-02-2020 10:03
Quote:Original Posted By maverick4ever
Di sono nggak ada emak2 bawa matik dong malahan
emoticon-Ngakak


kagak ada gan emak2 pakek daster batik ngelilingin kang sayur tiap pagi
Dah gak jamannya emoticon-Wakaka
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Inilah Enaknya Jadi Orang Arab Saudi
16-02-2020 10:03
klo denger cerita kawan dan kerabat.....

yg mahal katanya harga air.....

lalu denger cerita kawan cewek.... katanya kejadian ad yg langsung pegang tangannya gtu katanya ngajakin nikah...... wadaw ya... emoticon-Ngacir


dan katanya pedagang jg suka nebak" kita datang dari negara mana... dan suka ga percaya karena tampang kita jg walau sudah d blg dr mana.... emoticon-Ngacir



btw... bs jg ini alasan yg blg mau pulang tp ga pulang"..... padahal sudah d blg bebas untuk pulang...... emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
davinof dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Halaman 8 dari 23
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia