Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
233
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3d859188b3cb023d6b6749/setelah-diterbitkan-kemenhub-mungkinkah-sim-berlaku-seumur-hidup
Anggota DPR RI Komisi V telah menggaungkan tentang penerbitan SIM, STNK dan BPKB oleh Kemenhub. Kemudian suasana menjadi ramai. Terkait usulan untuk merevisi isi Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).
Lapor Hansip
07-02-2020 22:43

Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?

Past Hot Thread
icon-verified-thread

Anggota DPR RI Komisi V telah menggaungkan tentang penerbitan SIM, STNK dan BPKB oleh Kemenhub. Kemudian suasana menjadi ramai. Terkait usulan untuk merevisi isi Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Sesuai dengan ketentuan yang ada bahwa, SIM adalah bukti legalitas yang diberikan negara kepada warganya, bahwa pemegang SIM itu sudah memiliki kompetensi menggunakan kendaraan di jalan raya dan memahami tentang keselamatan dirinya maupun orang lain.

Artinya siapa pun yang telah memiliki SIM berarti telah memiliki kompetensi kemampuan berkendara di jalan raya. Sekali lagi, yang bersangkutan telah memiliki kompetensi menggunakan kendaraan di jalan raya.

Berbicara tentang kompetensi, maka makna kompetensi sendiri adalah suatu hal yang dikaitkan dengan kemampuan, pengetahuan/wawasan, dan sikap yang dijadikan suatu pedoman dalam melakukan tanggung jawab pekerjaan.

Kalau kompetensi yang dimaksud adalah kompetensi berkendara dalam bahasa sederhanya, pemilik SIM telah mampu menggunakan kendaraannya di jalan umum. Termasuk di antaranya penguasaan terhadap rambu-rambu lalu lintas.

Saya coba membandingkan dengan KTP, padahal mungkin saja penduduk tersebut tetap saja berlaku yang namanya KTP seumur hidup. Padahal bisa saja yang bersangkutan pindah tempat tinggal. Tetap saja KTP berlaku seumur hidup.

Sementara pemegang SIM berkaitan langsung dengan kompetensi, tidak terkait dengan hal lainnya. Mereka yang sudah memiliki sim mengendarai motor, maka motor apa pun boleh dikendarainya di jalan raya.

Ketika menyangkut masalah kompetensi atau kemampuan berkendara seseorang yang telah layak dan dalam kesehariannya adalah mengendarai motor, mungkinkah kompetensi atau kemampuannya lenyap? Sepertinya tidak sama sekali. Jadi alasan memperbaharui SIM setiap 5 tahun adalah untuk mengecek kompetensi pengendaranya mungkin layak dipertanyakan.

Berbeda halnya ketika SIM berpungsi sebagai pajak pemakai, seperti halnya STNK pajak kendaraannya. Kalau SIM adalah bukti bahwa pemengangnya sudah layak mengendarai kendaraan di jalan umum, maka bisa saja diusulkan agar SIM berlaku seumur hidup.

Mumpung wacana Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) akan direvisi, alangkah baiknya kalau SIM berlakunya tidak 5 tahun. Melainkan berlaku seumur hidup.

Untuk memperpanjang SIM yang belum kedaluwarsa sekarang banyak mengalami kemajuan. Memperpanjang SIM sudah bisa dilakukan di Mall kota provinsi dan kotamadya.

Namun untuk pengurusan SIM yang telah kedaluwarsa, prosesnya adalah seperti pembuatan SIM baru dengan serangkaian tes tertulis dan tes kendaraan yang memerlukan waktu yang tidak sebentar. Juga antrian panjang, bagaimana jika SIM berlaku seumur hidup juga dimasukkan dalam revisi nanti.

Namanya juga berharap, jika dipertimbangkan pasti banyak warga masyarakat yang jauh dari kota kabupaten, mereka yang ada di pelosok desa dan kecamatan tidak perlu repot lagi mengurus SIM kendaraan bermotornya. Semoga.***

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
risemeupbitch dan 21 lainnya memberi reputasi
18
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 11
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
15-02-2020 22:15
kita tunggu saja realisasinya
profile-picture
profile-picture
Surobledhek746 dan ciptawan memberi reputasi
2 0
2
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
15-02-2020 22:23
Salah satu hal yg g pikirkan dari dulu...baru sekarang dibahas n wacana lagi...payah deh...
profile-picture
profile-picture
Surobledhek746 dan ciptawan memberi reputasi
2 0
2
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
15-02-2020 22:25
Semogaaa
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
0 1
-1
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
15-02-2020 22:37
Sim A sim C semua hasil tes murni.
no ngulang no calo
emoticon-Cool
Suruh diperpanjang oke
Suruh seumur idup boleh
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
Surobledhek746 dan ciptawan memberi reputasi
2 0
2
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
15-02-2020 22:40
Di protes abis2an deh ma coklat

Itu duit sehari bisa kali ratusan juta per samsat cuma buat urusan sim stnk.. masa iya dilepas bgitu aja emoticon-Big Grin
Diubah oleh Leemazu
profile-picture
profile-picture
Surobledhek746 dan ciptawan memberi reputasi
2 0
2
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
15-02-2020 22:46
mending seumur hidup biar ga ribet ngurus berkalaemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
Surobledhek746 dan ciptawan memberi reputasi
2 0
2
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
15-02-2020 22:49
ane ga masalah siihhh sama kartu apapun itu yang masa berlakunya seumur hidup... namun... kepada para petugas... tolong banget laaahh bantu ane pas pengambilan foto yang cakep gituuu.... kan maluuu kalo hasilnya jelek... karena foro KTP seumur hidup ane fotonya jelek bangeeettt.... mau diulang juga ga bisa emoticon-Frown emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
Surobledhek746 dan ciptawan memberi reputasi
2 0
2
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
15-02-2020 22:51
Intinya harus sabar kl pake mobil/motor gua liat pengendara kl diprapatan yg udah ga ada yg jaga, apalagi pas macet,,, ga motor mobil kayaknya semua uda kayak kagak bisa bawa mobil yg benar
Diubah oleh richwyn
profile-picture
profile-picture
Surobledhek746 dan ciptawan memberi reputasi
2 0
2
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
15-02-2020 23:04
sim ga bisa berlaku seumur hidup gan, karena spt ente bilang, sim itu kompetensi

kompetensi menurun umumnya :
1. semakin tua orang/usia
2. cacat yg timbul dikemudian hari
dsbnya

jd ane malah lebih setuju kl sim spt skrg

emoticon-Cendol Gan
Diubah oleh venom123
profile-picture
profile-picture
Surobledhek746 dan ciptawan memberi reputasi
2 0
2
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
15-02-2020 23:13
kalau ane gak setuju si sim seumir hidup. pengendara motor emang harus diuji berkala. karena mereka kan berkendara di jalan, kalau kemampuan berkendaranga menurun nanti bisa membahayakan orang lain di jalan...
profile-picture
profile-picture
Surobledhek746 dan ciptawan memberi reputasi
2 0
2
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
15-02-2020 23:24
yang paling penting gak ada calo SIM yg umumnya adalah "perpanjangan" orang dalam... siapapun operatornya yg penting amanah.... nggak kayak sekarang 🙁
profile-picture
profile-picture
Surobledhek746 dan ciptawan memberi reputasi
2 0
2
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
15-02-2020 23:30
kalo seumur hidup berarti gak ada pemasukan dong
profile-picture
profile-picture
Surobledhek746 dan ciptawan memberi reputasi
2 0
2
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
15-02-2020 23:46
SIM seumur hidup ?

Dah liat kebanyakan bawa kendaraan dimari gimana ? Itu yg masih perpanjang 5thn sekali...

Bikin SIM juga bisa lewat jalur pintas, sepehaman ane rata2 bikin SIM krn dah bisa bawa kendaraan tapi gak ngerti gimana berlalu lintas.

Ada yg belajar lalin pas dah punya SIM, ada yg mulai memperbaiki cara berlalu lintas...tapi paling brapa persen.

Belum lagi pikiran yg nabrak dah pasti salah...

Banyak dah pengalaman konyol ane pas bawa motor or mobil...
profile-picture
profile-picture
Surobledhek746 dan ciptawan memberi reputasi
2 0
2
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
16-02-2020 00:19
Semoga aja terealisasikan, dan yang terpenting sih kemudahan proses pembuatan SIM dan gaperlu nembak2 sampe ratusan ribu segala. Biar pengendara punya etika, tata krama yang baik dijalananemoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
Surobledhek746 dan ciptawan memberi reputasi
2 0
2
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
16-02-2020 01:27
semoga terlaksana....rebet banget dah memperpanjang nya antrian nya berjam~jam'...
profile-picture
profile-picture
Surobledhek746 dan ciptawan memberi reputasi
2 0
2
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
16-02-2020 02:02
sorry, designnya jelek bgt emoticon-Frown
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
1 0
1
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
16-02-2020 02:49
sim bwat apaemoticon-Bingung
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
1 0
1
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
16-02-2020 04:17
kalo bisa id card (ktp) sama sim (driving license) jadi satu aja kaya negara2 lain dan seumur hidup inginnya
0 0
0
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
16-02-2020 04:26
Quote:Original Posted By Zekrom26


Jadi malu soalnya dulu saya SIM nembak


Quote:Original Posted By Mbendholndholit
Lebih poseng lagi bikin sim b1
Mana harus lulus tes simulator yg ngulang 10X pun gal bakal lulus dan ane yakin instrukturnya pun gak bakal bisa..
Karna kebanyakan yg bikin sim ini utk kerja dan harus punya maka apapun caranya ditempuh ..ujung 2 nya tambah biaya deh...nasib..emoticon-Blue Guy Bata (S)


Sepertinya tdk semua samsat Ada fasilitas simulatornya,
Atau mungkin gw yg kurang update.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
16-02-2020 05:35
apakah akan di korupsi lagi seperti E KTP ?
emoticon-Traveller
0 0
0
Halaman 8 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia