Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
233
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3d859188b3cb023d6b6749/setelah-diterbitkan-kemenhub-mungkinkah-sim-berlaku-seumur-hidup
Anggota DPR RI Komisi V telah menggaungkan tentang penerbitan SIM, STNK dan BPKB oleh Kemenhub. Kemudian suasana menjadi ramai. Terkait usulan untuk merevisi isi Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).
Lapor Hansip
07-02-2020 22:43

Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?

Past Hot Thread
icon-verified-thread

Anggota DPR RI Komisi V telah menggaungkan tentang penerbitan SIM, STNK dan BPKB oleh Kemenhub. Kemudian suasana menjadi ramai. Terkait usulan untuk merevisi isi Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Sesuai dengan ketentuan yang ada bahwa, SIM adalah bukti legalitas yang diberikan negara kepada warganya, bahwa pemegang SIM itu sudah memiliki kompetensi menggunakan kendaraan di jalan raya dan memahami tentang keselamatan dirinya maupun orang lain.

Artinya siapa pun yang telah memiliki SIM berarti telah memiliki kompetensi kemampuan berkendara di jalan raya. Sekali lagi, yang bersangkutan telah memiliki kompetensi menggunakan kendaraan di jalan raya.

Berbicara tentang kompetensi, maka makna kompetensi sendiri adalah suatu hal yang dikaitkan dengan kemampuan, pengetahuan/wawasan, dan sikap yang dijadikan suatu pedoman dalam melakukan tanggung jawab pekerjaan.

Kalau kompetensi yang dimaksud adalah kompetensi berkendara dalam bahasa sederhanya, pemilik SIM telah mampu menggunakan kendaraannya di jalan umum. Termasuk di antaranya penguasaan terhadap rambu-rambu lalu lintas.

Saya coba membandingkan dengan KTP, padahal mungkin saja penduduk tersebut tetap saja berlaku yang namanya KTP seumur hidup. Padahal bisa saja yang bersangkutan pindah tempat tinggal. Tetap saja KTP berlaku seumur hidup.

Sementara pemegang SIM berkaitan langsung dengan kompetensi, tidak terkait dengan hal lainnya. Mereka yang sudah memiliki sim mengendarai motor, maka motor apa pun boleh dikendarainya di jalan raya.

Ketika menyangkut masalah kompetensi atau kemampuan berkendara seseorang yang telah layak dan dalam kesehariannya adalah mengendarai motor, mungkinkah kompetensi atau kemampuannya lenyap? Sepertinya tidak sama sekali. Jadi alasan memperbaharui SIM setiap 5 tahun adalah untuk mengecek kompetensi pengendaranya mungkin layak dipertanyakan.

Berbeda halnya ketika SIM berpungsi sebagai pajak pemakai, seperti halnya STNK pajak kendaraannya. Kalau SIM adalah bukti bahwa pemengangnya sudah layak mengendarai kendaraan di jalan umum, maka bisa saja diusulkan agar SIM berlaku seumur hidup.

Mumpung wacana Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) akan direvisi, alangkah baiknya kalau SIM berlakunya tidak 5 tahun. Melainkan berlaku seumur hidup.

Untuk memperpanjang SIM yang belum kedaluwarsa sekarang banyak mengalami kemajuan. Memperpanjang SIM sudah bisa dilakukan di Mall kota provinsi dan kotamadya.

Namun untuk pengurusan SIM yang telah kedaluwarsa, prosesnya adalah seperti pembuatan SIM baru dengan serangkaian tes tertulis dan tes kendaraan yang memerlukan waktu yang tidak sebentar. Juga antrian panjang, bagaimana jika SIM berlaku seumur hidup juga dimasukkan dalam revisi nanti.

Namanya juga berharap, jika dipertimbangkan pasti banyak warga masyarakat yang jauh dari kota kabupaten, mereka yang ada di pelosok desa dan kecamatan tidak perlu repot lagi mengurus SIM kendaraan bermotornya. Semoga.***

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 24 lainnya memberi reputasi
21
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 11
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
15-02-2020 17:59
kayaknya ga mungkin soalnya lahan pemasukan mereka
profile-picture
profile-picture
Surobledhek746 dan ciptawan memberi reputasi
2 0
2
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
15-02-2020 18:00
ya kalo bikin sim dibikin seumur hidup gimana nanti orang sembarangan berlalu lintas, mending sim dibatasi, transportasi pribadi dibatasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Surobledhek746 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
15-02-2020 18:02
dari singkatan nya saja berbeda, KTP = Kartu "Tanda" Penduduk, SIM = Surat "Izin" Mengemudi. tidak perlu diperdebatkan lagi harusnya. Emang ada gitu orang ngasih izin seumur hidup? Cukup benahi saja proses penerbitan, tes, perpanjangannya. Bebaskan dari pungli, calo dan orang dalam.
profile-picture
profile-picture
Surobledhek746 dan ciptawan memberi reputasi
2 0
2
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
15-02-2020 18:02
Ane setuju SIM dibikin seumur hidup, tapi dikasih poin buat pelanggaran. kalo udah berapa poin bisa dicabut SIMnya (dan boleh / tidak boleh diperpanjang, tergantung pelanggarannya).

Kalo STNK sih kalo bisa gak usah bawa2, petugas cukup masukin plat nomor di aplikasi, sekalian bisa ngecek misal kendaraan dalam posisi bermasalah.
profile-picture
profile-picture
Surobledhek746 dan ciptawan memberi reputasi
2 0
2
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
15-02-2020 18:03
100% gak mungkin..
ibarat antara langit sama bumi jauhh ehhe
nanti klaau gak bs di perbaharui gak pada makan
lumayan loh buat sim baru
SIM C 700
SIM A 800
SIM B1/B2 1.200
ntuh juga blom di tambah surat dokter gan
ladang gan
profile-picture
profile-picture
Surobledhek746 dan ciptawan memberi reputasi
2 0
2
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
15-02-2020 18:04
Quote:Original Posted By mazgenggonk
Ane setuju SIM dibikin seumur hidup, tapi dikasih poin buat pelanggaran. kalo udah berapa poin bisa dicabut SIMnya (dan boleh / tidak boleh diperpanjang, tergantung pelanggarannya).

Kalo STNK sih kalo bisa gak usah bawa2, petugas cukup masukin plat nomor di aplikasi, sekalian bisa ngecek misal kendaraan dalam posisi bermasalah.


Setujuh gan ane juga
profile-picture
profile-picture
Surobledhek746 dan ciptawan memberi reputasi
2 0
2
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
15-02-2020 18:07
Ternyata masih rencana?
profile-picture
profile-picture
Surobledhek746 dan ciptawan memberi reputasi
2 0
2
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
15-02-2020 18:11
Jangan ah. Ga afdol ntar. Kita ga tau kondisi seseorang, kan bisa berubah2. Contohnya, tiba2 orang itu gila. SIM seumur idup artinya org gila juga bisa ikutan nyetir dong.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
supaksorn dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
15-02-2020 18:30
untung SIM udah International.
jadi kalo kena razia, gak usah khawatir kalo mau bepergian keluar negeri pake montor.
profile-picture
profile-picture
Surobledhek746 dan ciptawan memberi reputasi
2 0
2
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
15-02-2020 18:39
sangat berharap emoticon-Nyepi
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
0 1
-1
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
15-02-2020 18:42
mana mungkin.. penghasilan polisi turun dong emoticon-Leh Uga
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
15-02-2020 18:42
Quote:Original Posted By secondstriker06
Semoga aja sih bisa gitu wkkwk soalnya lumayan ribet ngurus perpanjangan sim


Kalo seumur hidup kan ga perlu ribet lagi mikirin perpanjang ya gan. Emang ribet tuh perpanjang
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
15-02-2020 18:42
Quote:Original Posted By priscillayulia
sangat berharap emoticon-Nyepi


Sangat sangat lah ya lumayan kalo beneran ga perlu ribet lagi perpanjang
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
15-02-2020 18:43
Semoga aja sih bisa seumur hidup soalnya proses perpanjangan sim ngurus nya ribet
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
15-02-2020 18:44
SIM Seumur Hidup?

Ane yg akan pertama menolak.
SIM itu bukti kompetensi. Seiring waktu, kondisi pengendara, teknologi kendaraan dan teknologi lalu lintas berubah. Jadi perlu dilakukan update kompetensi juga buat pengendara.

Kalo ada yg tau, SIM buat pengendara Kapal itu juga wajib di endorse/ divalidasi tiap 5 tahun. Alasannya sama spt diatas.
Diubah oleh aufal42
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
15-02-2020 18:46
Quote:Original Posted By yuhu2000
Sangat sangat lah ya lumayan kalo beneran ga perlu ribet lagi perpanjang


Hu'um sumpah ribet bgt, kalo pake sistem online buat perpanjang mah gpp emoticon-Hansip
0 0
0
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
15-02-2020 18:50
kebangetan sih klo udah diberlakukan seumur hidup tapi masih belom punya sim
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
15-02-2020 18:51
Quote:Original Posted By localfutures
Jadwal ngulang 2 minggu/ 14 hari setelahnya.


Itu tahun berapa gan?
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Setelah Diterbitkan Kemenhub, Mungkinkah SIM Berlaku Seumur Hidup?
15-02-2020 18:53
kalau ane sih mending masih ada perpanjangan tapi jangan 5 th sekali, tapi dibuat 25 th sekali. kenapa? kemampuan seseorang bisa berubah dalam 25 tahun.

emoticon-Shakehand2
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Halaman 5 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia