• Beranda
  • ...
  • Kekoreaan
  • Kuliner: Hal Wajib Yang Gak Bisa Dipisahkan Dari Film Dan Drama Korea

l13ska
TS
l13ska
Kuliner: Hal Wajib Yang Gak Bisa Dipisahkan Dari Film Dan Drama Korea


Berbicara tentang Korea memang gak ada habisnya Gan Sis. Bener gak?

Mulai dari budaya, film korea beserta deretan aktor dan artis tampan yang begitu dipuja. Tak ketinggalan kuliner yang mendunia dan banyak dicari pecinta rasa. Tak terhitung banyak sekali kuliner asli Korea yang riwa-riwi di beberapa scene drama ataupun film. Mulai dari Kimchi, kimbab, tobboki dan lain-lain.



Picture: indozone.id


Tak bisa dipungkiri, dunia perfilman Korea memang sangat erat sekali hubungannya dengan kuliner. Keduanya seolah menjadi satu kesatuan tak terpisahkan. Hingga menjadi ciri khas tersendiri yang menjadi bukti intelektualitas sineas Korea dalam meramu karya.

Kuliner sendiri memang telah jadi menu wajib yang harus dipromosikan dalam drama maupun film. Para sineas drakor begitu jeli menyisipkan kuliner dalam karya mereka.


Salah satu scene drakor Jewel in Pallace aka Jang Geum yang banyak memperlihatkan kuliner Korea (Picture: genmuda.com)

Bagi pecinta drama korea pasti sangat akrab dengan menu yang sudah saya sebutkan diatas bukan? Selain tampilan yang menggugah selera serta didukung akting para artis yang mumpuni, membuat Kuliner Korea begitu cepat mendunia.

Setidaknya dalam sebuah drama Korea ada tiga hingga lima jenis makanan yang riwa-riwi dalam beberapa kali penayangan. Jadi secara tak langsung drama ataupun film korea jd media promosi kuliner negeri ginseng tersebut. Saya pun tak heran jika dalam waktu yang singkat kuliner Korea telah punya tempat tersendiri di hati para pecinta drakor khususnya di Indonesia.


Picture: fimela.com


Bahkan ada beberapa judul drakor yang memang mengusung tema kuliner seperti Let's Eat 1 dan 2 yang ngajak penontonnya buat makan. Ditahun 2000an ada drama kolosal yang begitu populer yakni Jewel in The Pallace, berkisah tentang perjuangan koki istana hingga jadi seorang tabib yang handal. Ada pula drama percintaan para koki yang populer dan sempat diputar dilayar kaca Indonesia yakni Pasta dan beberapa drama lain.
referensi.

Spoiler for Drama Bertema Makanan:


Dalam waktu singkat dunia kuliner di Indonesia pun mulai dibanjiri dengan kuliner negeri ginseng tersebut. Tak hanya hadir dalam mall-mall dalam bentuk mie instan, beberapa frenchise menjajakan makanan ala Korea untuk menarik lidah pecinta kuliner.

Uniknya, sebagai pecinta drakor saya pun seolah terbius degan bagusnya visualisasi kuliner yang disajikan dalam beberapa drakor yang saya tonton. Alhasil, ketika ke supermaket tak lupa mie instan rasa Bulgogi selalu masuk dalam keranjang belanja.


Picture: bukalapak.com


Hanya saja sampai saat ini belum sempat berburu kuliner Korea dan menikmati rasa asli bukan dari sebungkus mie. Padahal nih Gan Sis, di Malang sendiri udah banyak sekali resto maupun kafe berkonsep Korea yang sudah pasti meramaikan dunia kuliner Malang dan sekitar. Menu yang ditawarkan pun beragam. Sayangnya sumber yang saya peroleh tidak menyertakan harga halomalang.com

Kalau Agan Sista gimana? Udah ada yg tahu belum nikmatnya Ramyon atau enaknya Bulgogi? Bagi dikolom komentar yah... emoticon-Malu

Lihat penampakan macam gini aja udah bikin ngiler nih šŸ˜‹



Picture: halomalang.com


Yah, inilah kerennya perfilman Korea selalu berhasil menyisipkan budaya dan kuliner dalam berbagai kesempatan. Hingga para sineas Indonesia pun mengadaptasi cara beriklan para sineas Korea dalam film atau drama.


Namun, masih sangat disayangkan meski memakai cara yang sama Sineas negeri tercinta ini bisa dibilang kurang handal dalam meramu karya. Yah mungkin juga faktor pendanaan Gan Sis. Kita maklumi saja. Faktanya, tak hanya Indonesia yang terdampak Korean Fever namun udah melanda seluruh jagat.

Harus diakui, sineas dan pekerja seni Korea memang punya totalitas dalam berkarya bahkan gak tanggung-tanggung alias emandalam menggelontorkan dana. Tak heran jika karya mereka bisa dibilang bukan lagi kelas lokal atau Asia tapi sudah kelas internasional. Hingga mengantarkan para artis atau aktor tersukses Korea menjadi sukses di kancah dunia.

Oke, sampai disini dulu thread saya kali ini. Semoga bermanfaat buat kita semua.
Khamsa Hamida emoticon-Kiss



tulip.putihkudanil.laMahbubah127
Mahbubah127 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2K
36
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kekoreaan
Kekoreaan
10.8KThreadā€¢2.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
Ā© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.