pickachoose
TS
pickachoose
Waduh, Candi Borobudur Ditempeli Ribuan Permen Karet!


Magelang - 

Candi Borobudur jadi korban vandalisme. Candi Borobudur ditempeli bekas permen karet, jumlahnya pun ribuan! Balai Konservasi Borobudur (BKB), menemukan noda permen karet yang menempel di bebatuan Candi Borobudur mencapai 3.000 permen karet. Noda permen karet yang menempel tersebut secara berangsur dibersihkan.

Kepala BKB, Tri Hartono mengatakan, vandalisme yang ditemukan berdasarkan pengamatan yakni permen karet. Kemudian, noda permen karet yang menempel tersebut dibersihkan.

"Itu dari vandalisme pengunjungnya yang di pengamatan kita dan selalu kita lakukan pembersihan. Ada semua, teras stupa," kata Tri kepada wartawan di kantornya, Kamis (13/2/2020).




Sementara itu, Staf BKB Bagian Keamanan, Hari Setyawan mengatakan, Candi Borobudur sudah dilengkapi dengan perangkat hardware dan software, melakukan pengawasan, namun ada kegiatan-kegiatan vandalisme. Kegiatan vandalisme tersebut yang tidak terdeteksi salah satunya permen karet.

"Salah satunya vandalisme corat-coret yang sudah menurun untuk di tahun 2019 dari 2018 itu dari jumlah vandalisme 5 turun menjadi 2 untuk grafiti sehingga tidak banyak. Vandalisme yang sulit kita kontrol saat ini adalah permen karet," kata Hari.

Menurut Hari, jika pengunjung memperhatikan secara detail para teras atau stupa, kemudian di lantai 7,8, 9 dan 10 ada noda putih-putih yang berbentuk bulat. Noda putih tersebut adalah permen karet.

"Apabila bapak ibu memperhatikan secara detail pada lantai, pada stupanya akan ada noda putih-putih, berbentuk bulat, itu adalah noda-noda permen karet yang dihasilkan oleh pengunjung. Tentu saja susah kita kontrol. Kita tidak mungkin kan orang masuk sini,'mas mulutnya dibuka mas, ada permen karetnya tidak", itulah yang sulit kita kontrol," katanya. 

"Petugas yang berjaga di lapangan tentu saja mungkin bisa mengendalikan, tapi mungkin juga banyak yang sulit untuk terdeteksi sehingga sampai detik ini pada seluruh Candi Borobudur ada sekitar 3.000 noda permen karet. Noda ini yang secara berangsur-angsur kita hilangkan. Itu terakumulasi sejak Borobudur dibuka untuk kunjungan. Yang paling banyak volumenya tentu ada di lantai 7,8,9 dan 10. Nah tentu saja ini menjadi keprihatinan kita," ujar dia.

Untuk itu, kebijakan yang dilakukan BKB saat ini dengan membatasi kunjungan wisatawan hingga sampai di lantai 8.

"Dan mungkin kebijakan yang ada saat ini adalah membatasi, bukan menutup. Membatasi kunjungan di lantai 9 dan 10. Akan kita tindaklanjuti juga dari pemeliharaan mungkin dengan menghilangkan noda permen karet. Karena tidak bisa langsung digosok gitu tidak akan hilang karena noda itu sudah terjadi mungkin puluhan tahun atau bahkan lebih dari satu tahun noda itu menempel," tuturnya.

SUMBER : DETIK


Gini loh, tolong kalo otak dan kelakuan masih kampungan, ga usah wisata ke tempat bersejarah seperti candi Borobudur ini, keliatan banget norak dan bodohnya kelakuan mereka. Candi Borobudur itu Kebanggaan Bangsa, Situs Bersejarah yang Dilindungi, tolong kalo sekolah belajar yang bener, biar tahu sejarah Borobudur yg umurnya jauh lebih tua dibanding engkong lo, mbah lo... paham ya njing? Jangan lagi buang sampah sembarang di candi Borobudur! jangan coret2 Candi Borobudur! Jangan merusak Candi Borobudur!
Diubah oleh pickachoose 14-02-2020 09:45
cewekn4rsissebelahblog4iinch
4iinch dan 26 lainnya memberi reputasi
27
6.4K
106
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.