Papa.T.BobAvatar border
TS
Papa.T.Bob
Entah Aku Nanti Jadi Apa
Quote:


bookdepository.com

*****

Bertahun-tahun menuntut ilmu biar segera lulus. Giliran udah lulus, bingung.

Ikut prosesi wisuda, dapet ijazah, selebrasi, terus pulang. Besoknya bangun, makan, ngecek hape, tiduran, eh ketiduran. Besoknya lagi, gitu lagi.

Seminggu, dua minggu berlalu. Orang sekitar, tetangga, dan fansmulai aware. Di batinnya "Ini bocah keliatan kek orang bingung". Banyak orang mulai ikut campur. Dan bikin agan panik. Tujuannya sih baik, biar agan segera gerak. Gak cuma rebahan di zona nyaman.

*****


[URL=https://comics.ha.com/itm/originalS E N S O Ric-art/complete-story/robert-crumb-zapS E N S O Rix-7-r-crumb-presents-r-crumbS E N S O Rplete-3-page-story-original-art-print-mint-/a/7141-92024.s]comics.ha.com[/URL]

Makin lama makin merembet lagi, ke ortu yang mulai senewen. Kupingnya panas denger omongan tetangga. Lalu kasih masukan, suruh ngelamar kerja. "Coba ngelamar di sini, ada koneksinya Bapak. Pasti keterima."

Tiba-tiba tetangga kirim WA lowongan pekerjaan. "Coba aja dulu. Dulu ponakan saya pake ijazah S1 Sastra Nuklir, keterima. Ada jenjang karirnya juga."

Main ke rumah temen. Lalu dia nyeletuk, "Kerja anu aja, dari awal ane lihat ente ada bakat di situ."

Gak sengaja ketemu dosen. "Kamu harus coba ambil S2, ada banyak beasiswa di universitas A, B, C. Syaratnya gini, gini, gitu."

Lah ini yang ngejalanin ente atau mereka sih. Kok jadi mereka yang ngatur-ngatur gitu.

*****

Saran ane, jangan panik. Jangan diambil pusing. Intinya mereka sebenernya peduli.

Tapi biar mereka gak ikut campur ke level yang lebih menyebalkan lagi, mending agan segera ambil sikap.

Pertanyaannya apakah agan kerja karena keinginan agan sendiri, atau kerja hanya untuk menyenangkan orang lain. Atau yang paling parah, karena ingin kelihatan sibuk aja.

*****


[URL=https://comics.ha.com/itm/originalS E N S O Ric-art/illustrations/robert-crumb-the-bestS E N S O Rics-of-the-decade-1-back-cover-illustration-self-portrait-original-art/a/7169-93253.s]comics.ha.com[/URL]

Dari poin-poin itu, ada 3 kemungkinan sikap yang akhirnya agan ambil: 1) nurutin rekomendasi orang lain; 2) punya cita-cita sendiri, dan mau gak mau harus buktiin ke orang-orang; 3) bingung.

*****

1. Nurutin rekomendasi orang lain

Apapun tujuan agan dengan menuruti apa yang orang lain pilihkan, entah karena memang benar-benar cocok dengan keinginan agan, atau karena agan ingin menyenangkan mereka, atau hanya agar agan terlihat sibuk dan tidak menganggur. Alasan apapun itu sah-sah saja.

Tapi setelah agan tengah menjalani pilihan itu, agan harus konsekuen. Artinya agan tidak boleh menyesalinya. Jika ternyata pekerjaan yang agan jalani tidak sesuai dengan keinginan agan, jangan salahkan orang yang merekomendasikan perkerjaan itu. Salahkan diri agan.

*****

2. Ngejalanin cita-cita agan sendiri

Apapun cita-cita agan, orang pasti menghargai pilihan agan. Apalagi jika ternyata agan berhasil mewujudkannya.

Tidak ada yang mudah di awal. Tapi yakinlah bahwa cita-cita agan layak diperjuangkan. Buktikan bahwa apa yang selama ini agan cita-citakan itu benar adanya. Berat sih berat. Tapi sekalinya agan diakui, semua akan berjalan normal kembali. Paruh waktu, penuh waktu, gaji kecil, gaji gede, apapun itu, semua sah-sah saja.

*****

3. Bingung dan stuck

Nah ini. Buat yang bingung, saran ane segera bergeraklah. Terlalu lama menganggur bisa menjadi habit. Ente tau sendiri kan, sesuatu yang sudah menjadi habit akan sulit untuk diubah.

Dan, ini nyata, makin berumur, waktu terasa makin cepat. Setahun rasanya seperti sebulan. Belum apa-apa kita udah mati duluan. Mengerikan.

Kalaupun agan bingung, sebenarnya agan bingung bukan karena tidak tau mau jadi apa. Ente udah pasti tau cita-cita ente sendiri. Ente pasti punya cita-cita kan, angan-angan jadi pengusaha kaki lima kek, atau pemain band kek, kerja kantoran kek. Nah!

Ente hanya dibingungkan oleh tuntutan orang lain. Padahal ini hidup ente, bukan hidup orang lain.

Sederhananya, apapun pilihan ente, segera putuskanlah. Mau nurut orang tua kek, atau ngewujudin cita-cita sendiri, apapun itu sah-sah saja.

Kalian sudah dewasa. Berlatihlah untuk memutuskan. Dan jangan takut akan konsekusensinya.

Kata Chrisye, "selama kamu masih muda, terbentang segala kemungkinan, semua terserah pada dirimu". Kalo kata Slank "jadi apa saja, terserah".
Terserah diri kita, bukan terserah orang lain.

*****

Spoiler for :


Sekedar saran, agar ada sedikit gambaran. Buatlah suatu purpose, atau alasan, atau tujuan dari agan bekerja. Sebagai motivasi. Biar kerja gak sekedar untuk kelihatan sibuk.

Misalnya "ane kerja biar kaya raya", "kerja pansos biar terkenal", "kerja jujur biar masuk surga". Apapun itu sah-sah saja, yang jelas agan harus punya tujuan.

Hidup cuma sekali. Jangan habiskan waktu agan untuk bingung. Pilihannya cuma: sekarang atau menua di persimpangan.

*****

Sekian dari ane Bre & Sis.
Super sekali kibul-kibul ane emoticon-Big Grin
Salam dan sampai jumpa di threadCipt. Papa.T.Bob selanjutnya.
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Toast
Diubah oleh Papa.T.Bob 07-02-2020 14:49
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 51 lainnya memberi reputasi
52
9.2K
106
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.