News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
265
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e461e09337f937cb1079523/omnibus-law-cipta-kerja-jokowi-hapus-upah-bagi-buruh-sakit
Dalam draf ruu yang didapat CNNIndonesia, buruh atau pekerja yang tidak melakukan pekerjaan karena berhalangan, melakukan pekerjaan lain di luar pekerjaannya dan telah mendapatkan persetujuan pengusaha atau karena menjalankan hal waktu istirahat atau cuti memang masih diberi hak untuk mendapatkan upah dari pengusaha.
Lapor Hansip
14-02-2020 11:11

Omnibus Law Cipta Kerja, Jokowi Hapus Upah Bagi Buruh Sakit

Past Hot Thread
 Omnibus Law Cipta Kerja, Jokowi Hapus Upah Bagi Buruh Sakit

Jokowi menghilangkan aturan upah bagi pekerja yang berhalangan kerja karena sakit. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo memutuskan untuk menghapus aturan soal upah yang seharusnya diterima buruh atau pekerja bila berhalangan tidak masuk kerja. Penghapusan tersebut tertuang dalam Omnibus Law Rancangan Undang-undang Cipta Kerja yang Rabu (12/2) kemarin drafnya sudah diserahkan kepada DPR.

Dalam draf ruu yang didapat CNNIndonesia, buruh atau pekerja yang tidak melakukan pekerjaan karena berhalangan, melakukan pekerjaan lain di luar pekerjaannya dan telah mendapatkan persetujuan pengusaha atau karena menjalankan hal waktu istirahat atau cuti memang masih diberi hak untuk mendapatkan upah dari pengusaha.

Tapi, besaran upah yang diterima tidak diatur dalam ruu tersebut. Besaran upah nantinya akan diatur dalam peraturan pemerintah.


Hal tersebut berbeda jika dibandingkan dengan UU Ketenagakerjaan yang berlaku saat ini. Dalam beleid tersebut, bila pekerja berhalangan sehingga tidak bisa bekerja mereka akan mendapatkan upah.

Bagi yang berhalangan karena sakit upah terbagi dalam beberapa besaran. Untuk empat bulan pertama, bayaran yang diterima buruh sebesar 100 persen dari upah.

Untuk empat bulan kedua, bayaran sebesar 75 persen dari upah. Untuk empat bulan ketiga, bayaran sebesar 50 persen dari upah.

Bila pekerja tersebut sampai empat bulan ketiga belum juga bisa bekerja, ia masih diberi hak untuk menerima pembayaran sebesar 25 persen dari upah sebelum pemutusan hubungan kerja dilakukan pengusaha.


Untuk pekerja yang tidak masuk karena menikah, menikahkan anaknya, mengkhitankan anaknya, membaptis anaknya, mendampingi istri melahirkan atau mengalami keguguran, mereka bisa mendapatkan upah untuk dua hari.

Selain menghapus aturan upah untuk pekerja yang berhalangan, Jokowi melalui beleid tersebut juga menghilangkan peran dewan pengupahan dalam penentuan upah minimum. Dalam draf ruu tersebut, kewenangan penentuan upah minimum dilimpahkan Jokowi ke gubernur.

Gubernur diberikan formula penentuan upah. Rumusnya, upah minimum dihitung dengan menjumlahkan upah minimum tahun berjalan dengan hasil kali upah minimum tahun berjalan dengan persentase pertumbuhan ekonomi tahun berjalan.

CNNIndonesia mencoba meminta penjelasan dari Sekretaris Menko Perekonomian Susiwijono atas kebenaran isi draf ruu tersebut. Tapi, sampai berita diturunkan, yang bersangkutan belum memberikan responsnya.

Sebagai informasi, pemerintah memang berencana menerbitkan Omnibus Law UU Cipta Lapangan Kerja. Klaim pemerintah, aturan tersebut diterbitkan untuk memacu investasi. Namun, rencana tersebut mendapatkan tentangan dari buruh. Mereka khawatir keberadaan UU Cipta Kerja tersebut nantinya akan mengganggu hak buruh.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal beberapa waktu lalu mengatakan hak buruh yang berpotensi diganggu melalui penerbitan beleid tersebut adalah pesangon dan upah.

"Pengenalan upah per jam akan mengakibatkan upah minimum bakal terdegradasi bahkan hilang. Buruh akan dihitung per jam dalam jam kerjanya. Kalau dia bekerja dalam satu bukan hanya 2 minggu, maka dapat dipastikan upahnya hanya sepertiga atau paling tinggi setengah dari nilai upah minimum yang berlaku di satu daerah tertentu," kata dia, Senin (20/1).

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi...gi-buruh-sakit

emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 21 lainnya memberi reputasi
18
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 7
Omnibus Law Cipta Kerja, Jokowi Hapus Upah Bagi Buruh Sakit
14-02-2020 17:17
Quote:Original Posted By n3verBorn
Tapi perusahaan tersebut kan berdomisili di Indonesia gan.
Lagian ane percaya kok BUMN juga masih bagus masalah benefit kesehatan.
Ini masalahnya lebih ke perusahaan anggep karyawan partner kerja atau budak, itu sih.


Iya mksud tu law buat patokan aja. Kan tergantung tiap prusahaan. Kalo tu perusahaan kapitalis ya jgn arep ajah. Tapi kalo mereka masi punya hati kan gampang. Tetep ga di bayar, tapi di kasih bingkisan karena sakit. Apa lagi kalo sampe ke rumah sakit. Ni law itu buat mempermudah perusahaan kecil. Biar bisa bangkit. Toh kalo uda besar, perusaan bakal malu kalo sampe ketahuan pihak luar jika tu kariawan ga di sejahterain.
0 0
0
Omnibus Law Cipta Kerja, Jokowi Hapus Upah Bagi Buruh Sakit
14-02-2020 17:19
ane setuju aja , ga ada jam kebuang sia sia , besaran upah perjam bisa dikondisikan emoticon-Cool

mau bulanan gede ya banyakin lembur emoticon-Cool

hard work = big earn emoticon-Cool
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Omnibus Law Cipta Kerja, Jokowi Hapus Upah Bagi Buruh Sakit
14-02-2020 17:20
Quote:Original Posted By zeref162534
Iya mksud tu law buat patokan aja. Kan tergantung tiap prusahaan. Kalo tu perusahaan kapitalis ya jgn arep ajah. Tapi kalo mereka masi punya hati kan gampang. Tetep ga di bayar, tapi di kasih bingkisan karena sakit. Apa lagi kalo sampe ke rumah sakit. Ni law itu buat mempermudah perusahaan kecil. Biar bisa bangkit. Toh kalo uda besar, perusaan bakal malu kalo sampe ketahuan pihak luar jika tu kariawan ga di sejahterain.


Kalo mau ya buat regulasi ga sampe spesifik "ketika sakit ga perlu diupah". Itu pak kuncinya. Bikin aja regulasi dg narasi ditengah, sisanya biarkan perusahaan jalan dengan keaanggupan. Bukannya memfasilitasi dg regulasi dengan standard binatang.
0 0
0
Omnibus Law Cipta Kerja, Jokowi Hapus Upah Bagi Buruh Sakit
14-02-2020 17:30
Quote:Original Posted By n3verBorn
Kalo mau ya buat regulasi ga sampe spesifik "ketika sakit ga perlu diupah". Itu pak kuncinya. Bikin aja regulasi dg narasi ditengah, sisanya biarkan perusahaan jalan dengan keaanggupan. Bukannya memfasilitasi dg regulasi dengan standard binatang.


emoticon-Wkwkwk posisiin diri lo di pengusaha kecil bro. Jangan egois dan milikirin diri sendiri emoticon-Leh Uga kan di dalam aturan upah juga nanti bakal diubah. Tunjangan sakit lo bakal di masukin bayaran perjam itu.
0 0
0
Omnibus Law Cipta Kerja, Jokowi Hapus Upah Bagi Buruh Sakit
14-02-2020 17:32
Quote:Original Posted By zeref162534
emoticon-Wkwkwk posisiin diri lo di pengusaha kecil bro. Jangan egois dan milikirin diri sendiri emoticon-Leh Uga kan di dalam aturan upah juga nanti bakal diubah. Tunjangan sakit lo bakal di masukin bayaran perjam itu.


Ane memposisikan kok, baca aja postingan ane, klo pemerintah bisa buat narasi, sedikit aja pake otak, minimal masing2 perusahaan bisa berjalan sesuai kapasitasnya. Klo ada narasi bodoh itu kan perusahaan mapan juga bisa keseret jadi perusahaan bergaya miskin, wong disupport ama regulasi 'pro rakyat'
profile-picture
lonelyboy13 memberi reputasi
1 0
1
Omnibus Law Cipta Kerja, Jokowi Hapus Upah Bagi Buruh Sakit
14-02-2020 17:35
nyimak ajeemoticon-Toast
0 0
0
Omnibus Law Cipta Kerja, Jokowi Hapus Upah Bagi Buruh Sakit
14-02-2020 17:41
Quote:Original Posted By blezzernet
fair lah kenapa harus repot? gak mandang yang kerja mati2an apa?? HAH!!! :beerL


Orang pengenya sih kerja bray... Cuma kan yg namanya musibah siapa yg tau... Coba lu pas berangkat kerja nah pas mo berangkat baru di halaman lu kejatuhan tai kelelawar terus elu kena korona,sakit berjam jam gk bisa kerja... Terus gk di bayar... emoticon-Cool gmana pendapat mu
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan Santri.Santuy memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Omnibus Law Cipta Kerja, Jokowi Hapus Upah Bagi Buruh Sakit
14-02-2020 17:50
Quote:Original Posted By mblong88
cant agree more...gw dulu kerja di perusahaan korea, temen gw sakit parah ampai lumpuh 3 bulan digaji trus.bahkan di bayarin dong perawatannya, habis 80jt lho itu, penyakit langka. habis itu klaim BPJS nya cair dan tetep itu duit kagak diminta, buat pengobatan selanjutnya di rumah kata perusahaan...


Di astra kan keg gitu juga bray... Sakit di obatin tetep di gaji... Temen ane aja dulu ampe 60jt an biaya berobatnya... Gaji normal
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Omnibus Law Cipta Kerja, Jokowi Hapus Upah Bagi Buruh Sakit
14-02-2020 17:50
Namanya pencegahan itu sebenar benarnya obat. Berawal dari nafsu yg tdk terkontrol, klo sdh sakit mengobatinya akan lebih susah dan mahal. Makanya ada rambu rambu sbg upaya preventif menghindari kemungkinan paling buruk.
0 0
0
Omnibus Law Cipta Kerja, Jokowi Hapus Upah Bagi Buruh Sakit
14-02-2020 17:51
Quote:Original Posted By Melodica.offici
@mblong88 Cebong tuh emang goblok.
Disiksa ama junjungannya tetep cinta mati.
emoticon-DP


Sepupu gw kerjanya buruh dan dia cebong. Gw yang bukan buruh aja baca berita begini ngelus dada sambil cengar cengir
emoticon-Ngakak

Saat gw tanya, "bro merasa salah pilih nggak, lu? Doi jawab: "nggak lah ini kan demi negara, utk pembangunan"
emoticon-Takut
Diubah oleh maverick4ever
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Omnibus Law Cipta Kerja, Jokowi Hapus Upah Bagi Buruh Sakit
14-02-2020 18:02
Quote:Original Posted By pskopat
Lah tolol, dari dulu juga kalau ga masuk karena sakit emang ga dibayar cokemoticon-Lempar Bata


Siapa bilang nggak dibayar..dari dulu juga dibayar tapi cuma gaji pokok...tunjangan lain enggak..dan yg kerja time 12 yg dibayar cuma 8 jam yg 4 jam lagi nggak..karena dihitung over time.
saya dari tahun 2004 -2019 jadi Security kalu sakit gaji pokok tetap dibayar.
Diubah oleh tonytrg
profile-picture
jkwselalub3n4r memberi reputasi
1 0
1
Omnibus Law Cipta Kerja, Jokowi Hapus Upah Bagi Buruh Sakit
14-02-2020 18:10
Quote:Original Posted By Melodica.offici
Nih omnibus law berlaku ke semua karyawan, bukan cuman buruh doang.
Karyawan swasta tuh itungannya buruh juga keles, cuman kerjaannya aja beda.


klo gw baca berdasarkan TS ini masuk draft dan belom disahkan, berarti sebelumnya udah gitu apa belum?
0 0
0
Lihat 6 balasan
Memuat data ..
Omnibus Law Cipta Kerja, Jokowi Hapus Upah Bagi Buruh Sakit
14-02-2020 18:22
Bagoosss mantap... asal ada hitungan standar saja.. min upah UMR atau UMK

Gue mah udh biasa kerja dibayar perjam tinggal kerjannya apa sesuai kesulitan.. pernah ada temen kerja $250/jam benerin website besar.. org luar
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Omnibus Law Cipta Kerja, Jokowi Hapus Upah Bagi Buruh Sakit
14-02-2020 18:25
lagian ga usah heran lah klo ada kebijakan2 pemerintah yang lebih pro pengusaha.. PDIP gitu lhooooo

lupa kelean undang2 outsource itu lahir dijaman siapa ? titip salam ya ke mamak banteng emoticon-Wkwkwk

nih partai slogan doank partai wong cilik , belaga nangis2 waktu bbm naek pas jadi oposisi ..

pas jadi penguasa ya keliatan aslinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ..
Omnibus Law Cipta Kerja, Jokowi Hapus Upah Bagi Buruh Sakit
14-02-2020 18:48
Quote:Original Posted By n3verBorn
Setidaknya pak, ada kesempatan kita bisa bekerja di perusahaan yg mikirin kesehatan kita. Nah klo dari govenrment nya aja udah kasih signal "anggap aja karyawan anda babu", perusahaan yang tadinya bagus pun bisa mikir ulang "lah wong government nya aja ga peduli"


Iya buat hemat cost emoticon-Ngakak
0 0
0
Omnibus Law Cipta Kerja, Jokowi Hapus Upah Bagi Buruh Sakit
14-02-2020 18:54
Impact nya buruh dan karyawan akan bekerja sekedarnya...

Sebisa mungkin menghindari kerja overtime yg bisa bikin lelah dan sakit...

Menghindari segala pekerjaan diluar job desc mereka yg sering diminta oleh para atasan...

Ujung ujungnya malah kontraproduktif juga...

Yiiihaa

emoticon-Ngacir
profile-picture
chenzahendratan memberi reputasi
1 0
1
Omnibus Law Cipta Kerja, Jokowi Hapus Upah Bagi Buruh Sakit
14-02-2020 19:03
Siapa sih yg kepingin sakit???
Ga manusiawi banget kalau izin sakit ga dapat gaji
profile-picture
Santri.Santuy memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Omnibus Law Cipta Kerja, Jokowi Hapus Upah Bagi Buruh Sakit
14-02-2020 19:22
Quote:Original Posted By Melodica.offici
Gw karyawan swasta, tp gw tw yg begini2 kenanya bukan cuman buruh
2014 salah pilih nyesel, kmaren golput aja.
Dua-duanya sama aja
emoticon-DP


Gw mah ogah datang ke TPS, tangan gw kotor
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelyboy13 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Omnibus Law Cipta Kerja, Jokowi Hapus Upah Bagi Buruh Sakit
14-02-2020 19:23
BODO AMAT. gue kontrak harian udah 5 tahun, sakit emang gak di bayar
Syukuri aja masih banyak yg nganggur emoticon-Matabelo
0 0
0
Omnibus Law Cipta Kerja, Jokowi Hapus Upah Bagi Buruh Sakit
14-02-2020 19:26
Quote:Original Posted By Melodica.offici
Ntr kalo disahkan dan dikritik sana-sini mulai dah tuh kadrun-kadrunin orang kayak pas revisi uu kpk.
Lempar isu kadrun, isu toleransi.
KPK disusupi kadrun lah, ichiban.
Ntar buruh apa? disusupi hydra?
emoticon-Leh Uga


Mereka lupa kalau junjungannya juga kadrun
emoticon-Cape d...
Diubah oleh maverick4ever
profile-picture
Santri.Santuy memberi reputasi
1 0
1
Halaman 5 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia