• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Isu Palu Arit Di Gerbang Tol Madiun, Bikin Heboh Netizen. Awas Adu Domba Gan!

c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Isu Palu Arit Di Gerbang Tol Madiun, Bikin Heboh Netizen. Awas Adu Domba Gan!




Nampaknya Indonesia tak pernah lepas dari isu-isu politik yang di sengaja memecah belah masyarakat, agar kisruh di arus bawah. Hanya sebuah tugu, patung atau apakah itu, langsung menyita perhatian hingga akhirnya menjadi polemik yang panas.

Sebuah tugu di Gerbang Tol Madiun memang menyita perhatian khalayak ramai apalagi para pendekar media sosial. Mereka menganggap tugu itu seperti palu dan arit bentuknya, seperti kita tahu lambang tersebut identik dengan PKI di Indonesia, atau hal-hal yang berbau komunis.





Maka tak ayal mereka menginginkan tugu tersebut dibongkar saja, karena mengingatkan masyarakat pada pemberontakan PKI di Madiun. Di tahun 1948 memang menjadi kisah kelam ketika perjanjian Renville di nilai gagal oleh sebagian pemuda Indonesia, maka mereka pun mendirikan organisasi yang bernama Front Demokrasi Rakyat (FDR) dibawah pimpinan Amir Sjarifuddin serta PKI yang di pimpin oleh Musso mereka menginduk ke Rusia yang dahulu disebut Uni Soviet.

Sedangkan Hatta tak tertarik antara blok Soviet dan Amerika, maka saat itu Hatta dinilai memperlemah kinerja dari PKI dan mereka menunjuk Hatta memprovokasi atas terbunuhnya Kolonel Soetarto komandan Divisi IV yang di ubah namanya menjadi Komando Pertempuran Panembahan Senopati, pelakunya sendiri dialamatkan pada Divisi Siliwangi yang hijrah dari Jawa Barat ke Solo.





Ketegangan antara dua divisi antara Senopati dan Siliwangi pun semakin panas, ketegangan memuncak tatkala tuduhan Senopati kepada Siliwangi perihal terbunuhnya dua tokoh PKI Solo dan juga enam perwiranya.

Disamping itu terjadi juga permusuhan antara FDR dan Gerakan Revolusi Rakyat (GRR) yang nantinya akan melebur menjadi Partai Murba pimpinan Tan Malaka. Hingga adanya pembunuhan terhada dr Muwardi pemimpin sayap militer GRR mereka menuding FDR dibalik itu semua.





Ketegangan dari Solo ini akhirnya merembet hingga Madiun, dimana tersebar isu pasukan Siliwangi akan melucuti pasukan FDR di Madiun, hal tersebut pun sampai di telinga Soemarsono, sebagai komandan pasukan Brigade 29 yang pro-PKI. Maka 18 September 1948, dengan 1.500 orang pasukan mereka mendahului isu tersebut, 350 pasukan Siliwangi dilucuti dan juga di tawan bersama Brigade Mobil CPM (Corps Polisi Militer). 

Hal ini membuat masyarakat pun panik, maka saat itu Madiun pun dikuasai oleh pasukan FDR, dan Madiun pun dijadikan Pemerintahan Front Nasional. Hal ini sampai ke Yogya maka bahkan disinyalir PKI dan aliansinya pasukan FDR ingin mendirikan republik Soviet di Indonesia. Maka pasukan Siliwangi segera membalas dan melucuti kekuatan mereka di Yogya setelah itu membalas apa yang mereka lakukan di Madiun hingga Musso pun Tewas serta ada sebelas pemimpin puncak PKI yang dieksekusi mati.



Tentu saja hal yang berbau PKI di Madiun akan membangkitkan luka lama. Tapi yang membuat resah adalah statement orang politik seperti Fadli Zon yang mempermasalahkan tugu itu, maka pihak PT Jasa Marga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) langsung membantah anggapan tersebut. Bahwa tugu tersebut adalah lambang dari perusahaan mereka, namun setelah tugu tersebut menjadi viral apakah harus di bongkar? Bahkan menurut saya itu seperti lambang bulan sabit dan huruf Alif.

Terlalu banyak energi sia-sia, setelah di bangun lalu di bongkar. Untuk apa membangun tugu kalau akhirnya hanya untuk di bongkar kembali. Entahlah terkadang cuitan netizen di media sosial memang sangat benar, bisa saja hal-hal seperti ini di politisasi hingga akhirnya membuat Indonesia kembali gaduh, hasilnya dari sejak zaman kemerdekaan kita ini tak pernah akur para elite politiknya hingga menyebabkan banyak terjadi perang saudara.





Duh masa sih ga kapok dan cape apa, isu yang di lempar politikus itu rata-rata busuk. Biar saling bantai di masyarakat bawah, ujungnya seperti kasus Bu Risma, ketika masuk penjara langsung dah mewek minta maaf.

Salam lur, saya c4punk see u next thread





emoticon-I Love Indonesia

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
referensi : klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star





GIF




Diubah oleh c4punk1950... 13-02-2020 12:03
sebelahblog4iinchtien212700
tien212700 dan 37 lainnya memberi reputasi
38
13.2K
191
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.