others
Batal
link has been copied
162
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e448bc5c9518b0a4b4ab754/coc-regional-kebudayaan-adat-lampung-sebambangan-tradisi-larian-bukan-kimpoi-lari
Assallamuallaikum warahmatullahi wabarakaatuh Tabik pun, selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua. Buat yang belum kenal perkenalkan nama saya Nurkholis Putera Seno, sang Mekhanai Lampung. Asal Tulang Bawang Barat, Lampung. Sebelum saya menceritakan sebuah adat kebudayaan Lampung yang menjadi kontroversi dan perbincangan di kalangan Nasional, saya mau izin terlebih dahulu kepada Empu Kask
Lapor Hansip
13-02-2020 06:35

[COC Regional: Kebudayaan]Adat Lampung Sebambangan Tradisi Larian, Bukan kimpoi Lari!

icon-verified-thread
[COC Regional: Kebudayaan] Adat Lampung Sebambangan Tradisi Larian, Bukan kimpoi Lari!


Assallamuallaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Tabik pun, selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.
Buat yang belum kenal perkenalkan nama saya Nurkholis Putera Seno, sang Mekhanai Lampung.
Asal Tulang Bawang Barat, Lampung.

Sebelum saya menceritakan sebuah adat kebudayaan Lampung yang menjadi kontroversi dan perbincangan di kalangan Nasional, saya mau izin terlebih dahulu kepada Empu Kaskus Regional Lampung.
Izin untuk sedikit mengulas adat kebudayaan kita warga Lampung yang sering dipandang dan dianggap negative. Adat dan kebudayaan apa?
Oke langsung saja kita ulas bersama!


[COC Regional: Kebudayaan] Adat Lampung Sebambangan Tradisi Larian, Bukan kimpoi Lari!


Lampung, adalah Provinsi yang terletak paling selatan di dataran Pulau Sumatera, Indonesia. Beribukotakan Bandar Lampung dengan mempunyai wilayah 15 kabupaten, 2 kota, 234 kecamatan dan 2086 desa.

Mungkin banyak Agan dan Sista di sini yang sudah mengenal daerah Lampung, karena saat berkunjung ke seluruh daerah di Sumatera melalui jalur darat dan laut, maka pasti akan melewati provinsi kami.

Menjadi orang yang lahir dan besar di Lampung. Meski pun bukan bersuku asli Lampung, saya cukup bangga dan merasa istimewa.
Sebab kami menjunjung tinggi Piil Pesengiri (pandangan hidup) yang berlaku di daerah Lampung.
Bagi kami harga diri dan peraturan hidup adalah hal yang harus dipegang teguh, demi sebuah gelar kehormatan.

Adat dan Budaya bagi kami adalah ruh yang harus selalu dijaga serta dilestarikan, dan kali ini saya akan membahas sebuah tradisi dari adat dan kebudayaan Lampung yang sering disalah artikan.


SEBAMBANGAN
[COC Regional: Kebudayaan] Adat Lampung Sebambangan Tradisi Larian, Bukan kimpoi Lari!

Sumber gambar: di sini


Tradisi Sebambangan adalah tradisi yang berhubungan dengan pernikahan. Atau sering disebut sebagai "kimpoi lari".Karena itu lah adat kebudayaan ini sering dinilai negative oleh mereka yang belum tahu akan kebenaran dari tradisi dari adat kebudayaan Lampung ini.

Untuk merubah persepsi mereka yang berpandangan negative akan tradisi sebambangan, maka langsung saja kita ulas lebih lengkap tentang sebambangan itu sendiri.

Sebambangan bukan kimpoi lari, itu yang perlu digaris bawahi.
Karena memang sebambangan adalah sebuah prosesi dari sebuah tradisi sebelum diadakan pernikahan resmi.

Ada pun alasan dari seseorang melakukan Sebambangan adalah:
1. Gadis tidak diizinkan menikah oleh kedua orang tua
2. Orang tua tidak menerima lamaran dari pihak laki-laki
3. Perekonomian si bujang yang kurang seimbang dengan keluarga gadis
4. Gadis ingin menikah namun masi mempunyai kakak yang belum menikah
5. Gadis telah bertunangan dengan lelaki yang tidak disukai.


Quote:Catatan:
Sebambangan atas persetujuan gadis disebut cakak lakai
Sebambangan gadis diajak lari karena paksaan disebut Tunggang terkena hukum denda.


Arti Sebambangan yang sebenarnya yaitu larian bujang gadis Lampung. Di mana seorang bujang atau Mekhanai melarikan gadis atau Muli Lampung, untuk dibawa ke keluarga laki-laki. Saat melakukan larian ini, gadis meninggalkan surat, berisi nama laki-laki yang membawa lari, alamat, keluarga, akan dijadikan istri keberapa serta meninggalkan uang jujur atau bandi lunik yang tidak ditentukan besarannya (tengepik).

Setelah sang gadis dibawa ke rumah sang laki-laki,maka keluarga laki-laki harus melapor kepada kepala adat, memberitahukan bahwa anak laki-lakinya telah membawa kabur anak gadis orang.

Selanjutnya kepala adat mendatangi keluarga perempuan dan kepala adat dari keluarga perempuan, untuk meminta maaf dan mencari mufakat atas masalah tersebut dengan menyerahkan sebilah keris atau badik yang berarti ungkapan rasa bersalah (Ngattak Pengunduran Senjato). Kemudian kepala adat laki-laki akan meminta izin untuk menikahkan muli meghanai yang telah melakukan sebambangan.

Biasanya keluarga perempuan akan menyetujui dengan beberapa persyaratan yang harus ditepati.
Mulai dari hantaran dan "tebusan" (uang panai).
Proses sebambangan hingga Ngattak Pengunduran Senjato biasanya berkisar waktu 1×24 jam - 3×24jam.
Jika pihak perempuan setuju dan sepakat untuk menikahkan anak mereka, maka mereka akan mengembalikan senjata keris tersebut ke kepala adat laki-laki.

Setelah prosesi Sebambangan dan Ngattak pengunduran senjato, kemudian bertahap lagi ke Bepadu atau Bebalah.

Bepadu atau Bebalah adalah proses atau tahapan pihak bujang datang ke pihak gadis dengan menyerahkan bahan makanan, minuman, dan hewan sembelihan.
Setelah itu pihak perempuan menerima semua apa yang telah diberikan dan meminta agar pihak bujang mengajak sang bujang untuk berkenalan dan sungkeman kepada pihak keluarga perempuan.
Prosesi bujang berkenalan dengan pihak gadis dan sungkeman ini bernama Manjau Mengiyan dan Sujut.


[COC Regional: Kebudayaan] Adat Lampung Sebambangan Tradisi Larian, Bukan kimpoi Lari!

Sumber gambar: di sini


Setelah proses sebambangan di atas terpenuhi hingga Manjau Mengiyan dan Sujut.
Maka proses terakhir yang paling membahagiakan bagi bujang gadis, yaitu Peggadew Rasan dan Cuak Mengan.
Peggadew rasan adalah mengakhiri pekerjaan dan melakukan akad nikah. Sedangkan Cuak mengan adalah makan bersama, baik keluarga laki-laki atau perempuan yaitu kedua mempelai.

Tradisi sebambangan ini dilakukan sejak zaman nenek moyang terdahulu, baik oleh masyarakat Saibatin atau Pepadun (dua suku besar Lampung).
Namun saat ini mulai jarang yang menggunakan tradisi sebambangan ini, dan kami lebih memilih menggunakan cara Nyakak atau Matudau yang lebih mudah prosesnya.
Nyakak ini adalah menikah dengan proses pada umumnya menikah, ada tahap dan proses lamaran.
Saat ini yang masih sering menggunakan adat ini adalah suku Lampung Pepadun.

Bagaimana sikap keluarga perempuan dan laki-laki menanggapi kedua mempelai setelah menikah resmi dan tuntas dari sebambangan?
Tentu mereka akan melupakan segala masalah yang sebelumnya ada, mereka akan menganggap bujang dan gadis tersebut menjadi anak menantu, dan rasa sayang mereka sama dengan menyanyangi anak kandung mereka sendiri.

Wah, lumayan rumit ya GanSis tradisi adat kebudayaan menikah sebambangan ini.
Meski pun rumit kami sangat memegang teguh adat dan kebudayaan ini. Jika tidak ada cara ini, mungkin banyak muli meghanai yang harus patah hati karena cintanya tidak disetujui atau terhalang restu orang tua.
Dengan adanya tradisi ini, cinta mereka akan menemukan keindahan dengan cara yang benar dan tidak melanggar aturan.

Menurut saya pribadi sebagai Mekhanai Lampung, cara ini sangat baik. Di tengah masa modern yang banyak remaja menikah muda karena terhalang restu dan hamil duluan, tentu lebih baik menggunakan tradisi sebambangan, pernikahan tetap terjaga kesucian dan kesakralannya.

Oke, sudah pahamkan tentang adat kebudayaan Sebambangan yang penuh kontroversi dan sering dianggap sebagai kimpoi lari?
Ini lah fakta yang harus diketahui.
Semoga dengan paham tentang sebambangan yang sebenarnya, tidak ada lagi persepsi dan pandangan negative akan kata Sebambangan.

Terima kasih sudah mampir di thread Agan TS, jangan lupa komen dan sharenya ya GanSis!


Quote:
Santri Muli dan Meghanai Lampung

[COC Regional: Kebudayaan] Adat Lampung Sebambangan Tradisi Larian, Bukan kimpoi Lari!

Sumber gambar: Dokpri


[COC Regional: Kebudayaan] Adat Lampung Sebambangan Tradisi Larian, Bukan kimpoi Lari!

Sumber gambar: Dokpri


[COC Regional: Kebudayaan] Adat Lampung Sebambangan Tradisi Larian, Bukan kimpoi Lari!


Penulis: @masnukho
Referensi
di sini dan di sini
Diubah oleh masnukho
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Alya917 dan 90 lainnya memberi reputasi
89
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 8
[COC Regional: Kebudayaan] Adat Lampung Sebambangan Tradisi Larian, Bukan kimpoi Lari!
13-02-2020 09:33
Quote:Original Posted By masnukho

emoticon-Matabelo iya, tapi nanti pasti diikhlaskan. Karena jodoh kan takdir, jadi gak bisa ditolak


Untungnya ane bukan kakak, jadi nggak takut bakal dilangkahin. Tapi mulia sih itu si kakak, demi adeknya mau didahuluin.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
novikikirizkia dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
[COC Regional: Kebudayaan] Adat Lampung Sebambangan Tradisi Larian, Bukan kimpoi Lari!
13-02-2020 10:26
Quote:Original Posted By masnukho
emoticon-Matabelo ternyata ada kemiripan ya



Iya Gan gak memberatkan, kalau si lelaki tidak asli suku Lampung bisa gunain cara menikah yang bukan sebambangan Gan. Jadi ada proses lamaran kayak nikah biasa 😁


mirip tp lebih ringan kayaknya ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
novikikirizkia dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
[COC Regional: Kebudayaan] Adat Lampung Sebambangan Tradisi Larian, Bukan kimpoi Lari!
13-02-2020 10:29
Owhh..
Tritmu tah mysen?
Kirain punya siapa.
Habis'y di promosiin orang.
emoticon-Ngakak


Mirip adat palembang dan kalimantan yah?
Ada seserahan gtuh..
Anak asli lampunh tuh hidung'y mancung2 dan manis.
emoticon-Genit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
novikikirizkia dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
[COC Regional: Kebudayaan] Adat Lampung Sebambangan Tradisi Larian, Bukan kimpoi Lari!
13-02-2020 10:40
Quote:Original Posted By masnukho
emoticon-I Love Indonesia Lampung punya adat dan kebudayaan


Padahal jumlah share dah banyak ya om
profile-picture
profile-picture
profile-picture
novikikirizkia dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
[COC Regional: Kebudayaan] Adat Lampung Sebambangan Tradisi Larian, Bukan kimpoi Lari!
13-02-2020 10:42
Quote:Original Posted By marsetee
Untungnya ane bukan kakak, jadi nggak takut bakal dilangkahin. Tapi mulia sih itu si kakak, demi adeknya mau didahuluin.

emoticon-Matabelo iya Mbak, jodoh datangnya duluan siapa kan gak tau

Quote:Original Posted By triwinarti
mirip tp lebih ringan kayaknya ya

emoticon-Jempol iya bener Bun

Quote:Original Posted By indahmami
Owhh..
Tritmu tah mysen?
Kirain punya siapa.
Habis'y di promosiin orang.
emoticon-Ngakak


Mirip adat palembang dan kalimantan yah?
Ada seserahan gtuh..
Anak asli lampunh tuh hidung'y mancung2 dan manis.
emoticon-Genit

emoticon-Ngakak iya, punya Ane Mi
Ane sayangnya bukan asli Lampung, jadi gak terlalu mancung

Quote:Original Posted By samerin12
Padahal jumlah share dah banyak ya om


emoticon-Mewek iya Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
novikikirizkia dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
[COC Regional: Kebudayaan] Adat Lampung Sebambangan Tradisi Larian, Bukan kimpoi Lari!
13-02-2020 11:12
Quote:Original Posted By masnukho
Nikahnya pakai adat apa Mbak? 😂 ribet pasti kalau pakai adat kami


Pakek adat Jawa 😀
profile-picture
profile-picture
profile-picture
novikikirizkia dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
[COC Regional: Kebudayaan] Adat Lampung Sebambangan Tradisi Larian, Bukan kimpoi Lari!
13-02-2020 11:38
Quote:Original Posted By mbak.far
Pakek adat Jawa 😀


Owh pakai adat Jawa😁 agak ringan kalau gitu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
novikikirizkia dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
[COC Regional: Kebudayaan] Adat Lampung Sebambangan Tradisi Larian, Bukan kimpoi Lari!
13-02-2020 11:43
Baru tahu di lampung ada sebambangan sebagai tradisi ya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
novikikirizkia dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
[COC Regional: Kebudayaan] Adat Lampung Sebambangan Tradisi Larian, Bukan kimpoi Lari!
13-02-2020 11:44
Quote:Original Posted By janeeta97
Baru tahu di lampung ada sebambangan sebagai tradisi ya?


Iya Mbak, tradisi dari adat dan kebudayaan Lampung😁
profile-picture
profile-picture
profile-picture
novikikirizkia dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
[COC Regional: Kebudayaan] Adat Lampung Sebambangan Tradisi Larian, Bukan kimpoi Lari!
13-02-2020 11:53
Izin tag Bang @amboeradul emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
novikikirizkia dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
[COC Regional: Kebudayaan] Adat Lampung Sebambangan Tradisi Larian, Bukan kimpoi Lari!
13-02-2020 12:29
Panjang juga ya prosesnya 😅
Keren budaya Lampung ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
novikikirizkia dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
[COC Regional: Kebudayaan] Adat Lampung Sebambangan Tradisi Larian, Bukan kimpoi Lari!
13-02-2020 12:30
Quote:Original Posted By rifada23
Panjang juga ya prosesnya 😅
Keren budaya Lampung ini


Iya Gan, lumayan panjang
emoticon-Jempol sip makasih pujiannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
novikikirizkia dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
[COC Regional: Kebudayaan] Adat Lampung Sebambangan Tradisi Larian, Bukan kimpoi Lari!
13-02-2020 12:36
Quote:Original Posted By masnukho
Iya Gan, lumayan panjang
emoticon-Jempol sip makasih pujiannya


Sipp, Gan. Semoga tetap lestari kebudayaan yang bagus seperti ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
novikikirizkia dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
[COC Regional: Kebudayaan] Adat Lampung Sebambangan Tradisi Larian, Bukan kimpoi Lari!
13-02-2020 12:57
Quote:Original Posted By rifada23
Sipp, Gan. Semoga tetap lestari kebudayaan yang bagus seperti ini


Aamiin, semoga saja Gan emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
novikikirizkia dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
[COC Regional: Kebudayaan] Adat Lampung Sebambangan Tradisi Larian, Bukan kimpoi Lari!
13-02-2020 14:55
lampuuuuuung, emoticon-Big Kiss emoticon-Big Kiss
meski baru sampe bakauheni
profile-picture
profile-picture
profile-picture
novikikirizkia dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
[COC Regional: Kebudayaan] Adat Lampung Sebambangan Tradisi Larian, Bukan kimpoi Lari!
13-02-2020 15:18
emoticon-Matabelo

Ini yang ane cari2 soal adat kimpoi yang katanya kimpoi lari. Ternyata eh ternyata....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
novikikirizkia dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
[COC Regional: Kebudayaan] Adat Lampung Sebambangan Tradisi Larian, Bukan kimpoi Lari!
13-02-2020 15:20
Quote:Original Posted By DianAhmadKaskus
lampuuuuuung, emoticon-Big Kiss emoticon-Big Kiss
meski baru sampe bakauheni

Udah pernah ke Bakauheni? emoticon-Jempol

Quote:Original Posted By wulandamayasari
emoticon-Matabelo

Ini yang ane cari2 soal adat kimpoi yang katanya kimpoi lari. Ternyata eh ternyata....


Iya ini faktanya Sis, nomer WA dah ane kasih di thread tanya jaeab tadi ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
novikikirizkia dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
[COC Regional: Kebudayaan] Adat Lampung Sebambangan Tradisi Larian, Bukan kimpoi Lari!
13-02-2020 15:56
Quote:Original Posted By indahmami
Kata'y kotabumi tuh pelosok yah?
emoticon-Bingung


Bahkan yg cewe wajah'y mirip2 orang arab gtuh..
emoticon-Belo


Kota Bumi ya lumayan ke dalam, iya antara arab sama chinaemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
novikikirizkia dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
[COC Regional: Kebudayaan] Adat Lampung Sebambangan Tradisi Larian, Bukan kimpoi Lari!
13-02-2020 16:02
Quote:Original Posted By indahmami
Heleh!!
Blasteran emang mantep2.
emoticon-Ngakak


Wkwk Jawa juga cantik-cantik, anggun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
novikikirizkia dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
[COC Regional: Kebudayaan] Adat Lampung Sebambangan Tradisi Larian, Bukan kimpoi Lari!
13-02-2020 16:04
Quote:Original Posted By indahmami
Jawa yg mana dulu, mysen?
Kan banyak.
emoticon-Malu


Semua lah😍 Sunda salah satunya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
novikikirizkia dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Halaman 3 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia