Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
6
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e436f60b840880a882aabb0/setelah-toss-pln-punya-joss
KONTAN.CO.ID - Mataram. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menambah upaya untuk membantu pemerintah daerah mengatasi masalah sampah. Terbaru, PLN bersama anak usaha PT Indonesia Power mengembangkan penggunaan pelet sampah di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jeranjang berkapasitas 3 x 25 Megawatt (MW) yang berlokasi di Desa Taman Ayu, Lombok Barat. PLTU ini memiliki program JOSS untuk memanfaa
Lapor Hansip
12-02-2020 10:22

Setelah TOSS, PLN punya JOSS


Quote:KONTAN.CO.ID - Mataram. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menambah upaya untuk membantu pemerintah daerah mengatasi masalah sampah. Terbaru, PLN bersama anak usaha PT Indonesia Power mengembangkan penggunaan pelet sampah di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jeranjang berkapasitas 3 x 25 Megawatt (MW) yang berlokasi di Desa Taman Ayu, Lombok Barat.

PLTU ini memiliki program JOSS untuk memanfaatkan sampah organik sebagai salah satu bahan bakar pembangkit. JOSS merupakan kepanjangan dari Jeranjang Olah Sampah Setempat. 

Sebelumnya,  Pembangkit Listrik Tenaga Diesel dan Gas (PLTDG) Pesanggaran di Bali yang juga dikelola Indonesia Power sudah lebih dulu menjalankan program tersebut sejak pertengahan tahun 2019. Program itu bertajuk TOSS, Tempat Olah Sampah Setempat.

PLH Manager PLTU Jeranjang, Nandang Safrudin, menjelaskan sudah uji coba penggunaan pelet sampah sejak tahun lalu. Uji coba berhasil tanpa efek negatif apapun. "Paling optimal, pelet sampah sebagai campuran untuk bahan bakar pembangkit, dengan komposisi 3%, sedangkan 97% tetap batubara," ucap Nandang saat pemaparan kepada wartawan, Selasa (11/2).

Dalam satu jam kondisi maksimal, PLTU Jeranjang membutuhkan 200 ton batubara sebagai bahan bakar. Dengan substitusi sebesar 3%, maka kebutuhan pelet sampah per jam mencapai 600 kilogram.
PLN telah bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi NTB melakukan pendampingan kepada pengelola Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kebon Kongok untuk mengubah sampah menjadi pelet. Nantinya PLN akan membeli pelet tersebut. Di Bali, harga pelet sebesar Rp 300 per kilogram (kg)




Coba Program ini di intergrasikan dengan beberapa perusahaanya ( bukan bermaksud untuk menciptakan monopoly ) tetapi PLN bisa kerjasama dengan TPA bantar gebang,  dan TPA lainnya ....  dan hasil listriknya dapat digunakan untuk penerangan lampu dan sebagainya .. sangat di sarankan untuk membuat gudang untuk menampung listrik dalam jumlah besar sehingga jika terjadi keadaan darurat listrik dapat tetap digunakan walaupun  tempat mepbuatan listrik bermasalah .... 

bahkan beberapa tempat yang membuat sumber listrik sendiri juga harus bekerjasama dengan PLN sehingga kelebihan daya yang tersisa dapat disimpan dan digunakan untuk masyarakat lainnya .. sehingga listrik menjadi semakin murah dan mudah digunakan.. 


Samuel L 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Setelah TOSS, PLN punya JOSS
12-02-2020 10:26
Nyimak dulu dagh..
0 0
0
Setelah TOSS, PLN punya JOSS
12-02-2020 10:37
setuju ama TS , keknya indonesia perlu sistem buat recycle semua sampah
dari organik jadi pelet sampah / pupuk / apapun itu
dari plastik di recycle
dari besi di buat jadi bibit buat diolah lagi

kalo punya itu dari bisnis to bisnis nya juga ada banget , pengelolaan sampahnya juga jadi lebih bagus dan ngga ada tuh waste yang dibuang ke laut
0 0
0
Setelah TOSS, PLN punya JOSS
12-02-2020 11:20
PLN tolong buktikan hasilnya, jangan hanya rencana2 doang.. emoticon-Big Grin
Permasalahan sampah sudah sangat kritis skrg di Indonesia... emoticon-Big Grin

Kalau beneran bisa berhasil, seluruh warga pasti salut.. emoticon-thumbsup

Kalau hanya rencana doang utk pencitraan, ya nggak lebih dr wacana planga plongo doang.. emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Setelah TOSS, PLN punya JOSS
12-02-2020 21:48
besok dua program ini dimerger dibawah 1 manajemen dengan nama JOTOSS emoticon-Ngakak
0 0
0
Setelah TOSS, PLN punya JOSS
13-02-2020 13:02
Waltawan taik, joss itu apa, toss itu apa ga dikacih tau.
emoticon-Baby Boy
0 0
0
Setelah TOSS, PLN punya JOSS
23-02-2020 14:17
josss!
profile-picture
rindudihati memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia