• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Tentang Video Saih Halilintar Yang Viral: Siapakah Yang Harus Berubah?

pog94
TS
pog94
Tentang Video Saih Halilintar Yang Viral: Siapakah Yang Harus Berubah?

pixabay.com


Quote:


Baru hari ini saya kembali main twitter secara aktif, langsung disuguhi issue panas tentang youtuber yang melewati batas wajar dalam membuat konten.

Saiih Halilintar atau saih halilintar apa saaiih halilintar? Wellterserah bagaimana cara penulisannya, gak penting juga, membuat video dengan judul "2 orang kena virus coronna!! Ada 1 orang mau bvnvh dlr! depan mata. S3rem!!"

Bulan Februari satu tahun yang lalu, saya nulis thread tentang perilaku beberapa orang yang sibuk merekam saat ada saudara satu negara yang menyerah dalam hidupnya. Setahun kemudian ada lagi yang bikin konten tentang hal yang sama.

Apakah memang penderitaan dan rasa sakit orang lain hanya dilihat sebagai "konten viral" yang bisa menarik perhatian banyak orang dan mendatangkan banyak uang?

Serius deh, mindset tentang konten viral ini sepertinya sudah masuk tahap yang nggak wajar. Iya kita netizen Indonesia memang nggak bisa ditebak maunya apa. Perkara cara makan bubur saja bisa jadi rame, atau soal cerita pelakor-pelakor juga.

Tapi di lain waktu, ada juga "konten viral" yang memunculkan rasa kemanusiaan. "Konten" dari seorang netizen tentang bapak pengemudi gojek, kemudian netizen yang lain gotong royong menyumbang dan membantu beliau.

Kalau memang masih tersisa rasa kemanusiaan dari netizen Indonesia, kenapa konten video saih halilintar justru masuk trending youtube? Apakah mitos "beda sosmed beda netizen" benar adanya?

Saat thread ini dibuat, sepertinya video saih halilintar sudah dihapus. Entah oleh youtube atau saih nya sendiri, tebakan saya oleh youtube sih, tapi kalau melihat judul videonya kemungkinan oleh saih nya sendiri.

Tapi tribunnews sempat bikin berita tentang hal ini. Silahkan lihat di sini:

Spoiler for berita tribun:


Di situ tribun menuliskan tentang isi video saih halilintar dengan detail. Satu hal yang menarik perhatian saya ada di bagian ini:

Quote:


Coba perhatikan yang saya bold, jika dilihat dari berita tribun dalam video saih bahkan mengira pria misterius yang manjat itu sedang mabuk. Artinya sejak pertama melihatnya, saih nggak kepikiran tentang bunuh diri.

LALU KENAPA PAS DIUNGGAH VIDEONYA JADI ADA TULISAN "BVNVH D1R!"?!!


twitter.com


saya yakin sebelum diunggah, video pasti diedit untuk kerapihan dan biar menarik. Apakah judul klik bait dan kontroversial ini memang direncanakan?

Kalau iya, maaf-maaf nih ya, keluarga mereka, khususnya saih kok jadi mirip orang nggak mampu yang nyari rezeki lewat klik bait?

Maksudnya kekayaan mereka udah milyaran, istilahnya tinggal menikmati hidup lah. Jumlah subscriber semua anggota keluarga itu juga puluhan juta, kok masih sempet bikin judul klik bait.

Padahal dengan kekayaan dan jumlah subscriber mereka di youtube, harusnya nggak perlu mikirin jumlah viewers sih. Mereka bisa lebih bebas menyalurkan kreatifitas dalam membuat video tanpa memikirkan uang.

Kalau seperti ini, saya malah sampai kepada kesimpulan: dunia konten-kontenan itu keras. Uang banyak pun nggak menjamin kualitas konten yang dibuat.

Tapi ya memang nggak semuanya juga, mungkin benar bahwa jika sejak awal terkenal bukan karena karyanya akan kesulitan bertahan. Untuk bertahan akhirnya menyediakan konten sampah, nggak masalah jika orang Indonesia nggak berkembang asal cuan nya gede.

Yang paling parah, di video tersebut ada giveaway dan sponsornya juga. Gila gila gila, parah banget udah ini mah fix!

Satu pertanyaan tersisa: siapa yang harus berubah? Pembuat konten atau penikmatnya?


Karena saya rasa kalau untuk membuat kedua pihak berubah masih terlalu sulit, menurut saya pribadi alangkah lebih baik jika pembuat konten yang berubah.

Iya memang saat ini "konten viral" masih jadi raja, tapi itu karena ada yang menyediakannya. Toh kalau netizen dipaksa "makan" berita yang lain pasti nanti bukan jadi masalah juga.

Cuma sepertinya memang perlu "jembatan" yang pas sih, nggak bisa tiba-tiba berubah begitu saja.

Maju terus jagat per-konten-an Indonesia!!!



Sumber:
Quote:
anasabilasebelahblog4iinch
4iinch dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.6K
22
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.