News
Batal
KATEGORI
link has been copied
100
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e41846ef0bdb27e4320e3a3/mengenal-dpr-lembaga-negara-yang-citra-nya-memburuk-di-masyarakat
Gak tahu kenapa, masyarakat bener-bener kritis atau suzon atau apa. tapi DPR bener-bener terlihat buruk gan. sedih seh, padahal masyarakat juga bergantung ke DPR. DPR oh DPR, citramu kini.
Lapor Hansip
10-02-2020 23:27

Mengenal DPR, Lembaga Negara yang Citra nya Memburuk di Masyarakat

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Hi There, selamat datang di Thread. hari ini pengen bahas DPR dan juga membahas secara rinci beberapa hal yang mungkin kita nggak tahu soal DPR. kayaknya Ini bakal panjang, tapi gue usahain biar jadi pendek sependek sumbu netizen yang mudah koar-koar di kolom komen sosial media.

Mengenal DPR, Lembaga Negara yang Citra nya Memburuk di Masyarakat

DPR, sebuah instansi legislatif negara yang cukup tidak dipercaya oleh masyarakatnya. namun uniknya instansi ini tetap ada dari periode ke periode. terlepas dari itu semua apa kita udah tahu DPR dan sejarahnya. ya gue tahu lu gak suka sejarah, tapi tak kenal maka tak sayang tapi DPR udah dikenal masih gak disayang, jadi mari kita kelupas lah apa sih DPR, sejarah, fungsinya, dan rekam jejaknya.

DPR
DPR adalah instansi negara yang berfungsi sebagai wadah yang menampung suara rakyat atau mereka juga disebut perwakilan rakyat. tapi juga diisi oleh anggota partai politik yang dipilih melalui pemilihan umum (pemilu)


Sejarah DPR secara ringkas

pada awal kemerdekaan DPR itu belum ada, dan yang ada tuh Komisi Nasional Indonesia Pusat (KNIP) yang dibentuk berdasarkan sebuah sidang (tak perlu disebut, fokus kita ke DPR). kita sebut aja KNIP ini bapaknya lembaga legislatif di Indonesia.
karena you know, negara baru lahir, mau gak mau harus ada lembaga yang ngurusin banyak hal dan KNIP ini yang ditunjuk untuk bantu-bantu presiden di jaman itu.
lah DPR mana ? yah KNIP merupakan bentuk awal dari DPR gan, KNIP saat awal kemerdekaan itu juga mendapat hak legislatif DPR karena DPR belum ada. dan juga hari dibentuknya KNIP ini juga disebut sebagai hari lahirnya DPR RI yakni tanggal 29 Agustus 1945.
anyway KNIP cuma ada di awal kemerdekaan sampai 1950. dari 1950 itu udah jadi DPR. karena tugas KNIP waktu itu sebagai DPR sementara dan karena DPR dah lahir maka tugas KNIP kelar.
singkatnya KNIP ini adalah DPR 1.0, nah yang sekarang DPR 2.0 versi jadi.
kalo mau lebih lengkap sejarah DPR

Tugas DPR(gue coba singkat)

dalam bidang legislatif mereka menyusun, dan membentuk RUU yang dirancang sendiri maupun yang diajukkan oleh DPD atau Presiden. singkatnya mereka yang ngatur masalah Undang-undang boleh lolos atau nggak.

dalam masalah anggaran mereka yang memberi persetujuan mengenai RUU tentang APBN baik dari presiden maupun pertimbangan DPD. dan juga menindaklanjuti laporan keuangan oleh BPK. 
singkat cerita DPR itu orang yang ngecek laporan keuangan, atau orang yang bisa ngomong "anda terlalu boros nih. kurangi anggarannya". yah seperti itu lah

dan yang terakhir mereka mengawasi pelaksanaan  UU, APBN dan kebijakan pemerintah dan membahas sekaligus menindaklanjuti laporan pengawasan DPD.
singkat cerita mereka pengawas negara.
kalo mau ribetnya klik dimari  fungsi DPR

Rekam Jejak Kinerja DPR

Bagaimana sih rekam jejak DPR dalam dan perannnya pemerintah Indonesia, baik dalam bentuk KNIP sampai sekarang. check it out 
Kinerja DPR itu dibagi beberapa periode, yaitu orde lama, orde baru dan era reformasi. mari deh kita rincikan dibawah ini ditiap periode.

orde lama (1945-1965)
Periode lama


Quote:di sini DPR beberapa kali gonta-ganti gan maklum baru merdeka. masih banyak pengaruh dari luar kayak Belanda yang pengen menguasai lagi, dan juga PKI. tapi tetep fokus kita ke DPR itu yah.


orde baru (1966-1998)
Orde Baru


Era Reformasi (1998-sekarang)
Reformasi


Quote:gak tahu kenapa, masyarakat bener-bener kritis atau suzon atau apa. tapi DPR bener-bener terlihat buruk gan. sedih seh, padahal masyarakat juga bergantung ke DPR. DPR oh DPR, citramu kini.


Sekian Gan dari ane. Moga dengan ini kita bisa lebih mengenal DPR kita, walaupun masih ada buruk-buruknya dan menjadi lembaga yang belum dipercaya, semoga aja ada titik terangnya di mana mereka bisa bekerja maksimal tanpa mentingin kepentingan partai. 
dan jika ada yang kurang dari ane lengkapi aja ya gan, ane juga gak paham-paham amat soal DPR ini, research pun modal google.
thank you udah mau nyimak 
Diubah oleh dirawan09
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ariebetadine dan 11 lainnya memberi reputasi
10
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 5
Mengenal DPR, Lembaga Negara yang Citra nya Memburuk di Masyarakat
11-02-2020 14:00
dari dulu sampe sekarang ane gak pernah merasa dpr sama mpr otu wakil rakyat di mata ane itu mereka cuman cari kerjaan yg enak yg gaji sama tunjangannya gede , bahkan dpr yg skrg atau sebelum yg skrg kesannya cuman mentingin diri sendiri , meski ga tertutup kemungkinan ada orang baiknya juga , cuman kalau yg baik bisa dihitung vs yg kurang baik lebih banyak , maka suara yg baik tengelam imagenya yg kurang baik yang terangkat ...
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal DPR, Lembaga Negara yang Citra nya Memburuk di Masyarakat
11-02-2020 14:00
Wakil rakyat seharusnya merakyat emoticon-Kaskus Radio
profile-picture
profile-picture
dynamid13 dan nowbitool memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal DPR, Lembaga Negara yang Citra nya Memburuk di Masyarakat
11-02-2020 14:00
LEMBAGA SAMPAH TAK GUNA PENGHABIS UANG NEGARA(RAKYAT).
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Mengenal DPR, Lembaga Negara yang Citra nya Memburuk di Masyarakat
11-02-2020 14:07
memburuk. berarti yg tadinya baik menjadi buruk. emang kapan nih gerombolan sampah citranya baik??
0 0
0
Mengenal DPR, Lembaga Negara yang Citra nya Memburuk di Masyarakat
11-02-2020 14:09
yah memang bgtu adanya DPR emoticon-thumbdown emoticon-thumbdown emoticon-thumbdown
0 0
0
Mengenal DPR, Lembaga Negara yang Citra nya Memburuk di Masyarakat
11-02-2020 14:10
Quote:Original Posted By silent.stalker
memburuk. berarti yg tadinya baik menjadi buruk. emang kapan nih gerombolan sampah citranya baik??


Dari buruk menjadi lebih buruk mungkin 😅
0 0
0
Mengenal DPR, Lembaga Negara yang Citra nya Memburuk di Masyarakat
11-02-2020 14:12
Semenjak amandemen terakhir 2002, DPR RI menurut w bener2 lembaga tertinggi (superbody?) , klo ada mahkamah konstitusi balik ke DPR RI...
Klo dlu lembaga tertinggi MPR sekarang fungsi MPR cuman buat lantik presiden... Komposisi MPR bahkan orang2 DPR...

Presiden juga gak bisa bertindak tanpa persetujuan...

Lo yg sering nyalahin kowi, salah... Karena kowi cuman ngejalanin apa yg di setujuin orang2 DPR...

emoticon-Cape d...
Jangan salahkan klo banyak warga negara dan masyarakat Indonesia geram sama orang2 DPR...
profile-picture
dirawan09 memberi reputasi
1 0
1
Mengenal DPR, Lembaga Negara yang Citra nya Memburuk di Masyarakat
11-02-2020 14:21
Quote:Original Posted By yandirgaa
Njir sarkasnya


Lha kok sarkas? emoticon-Nyepi

Begitu kan kenyataannya.
0 0
0
Mengenal DPR, Lembaga Negara yang Citra nya Memburuk di Masyarakat
11-02-2020 14:21
ya gimna lagi itu kenyataan, yng mereka kejar hanyal jabatan. g ada yang bener mau bela hak rakyar ny
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
1 0
1
Mengenal DPR, Lembaga Negara yang Citra nya Memburuk di Masyarakat
11-02-2020 14:22
Citranya memburuk atau terburuk? Dari komen2 di mari kayanya emang trust ke DPR udah kecil banget
0 0
0
Mengenal DPR, Lembaga Negara yang Citra nya Memburuk di Masyarakat
11-02-2020 14:26
Yang katanya baik sekarang malah kelihatan memburuk emoticon-Sorry
0 0
0
Mengenal DPR, Lembaga Negara yang Citra nya Memburuk di Masyarakat
11-02-2020 14:26
Quote:Original Posted By nowbitool
MPR udah gak ada... Kewenangan tertinggi mereka udah di cabut setelah amandemen tahun 2002

Sekarang lembaga superbodi yah DPR


Kwkwkkwkw ane baru tahu gan ga ada MPR kwkwkkwkw tq tq wah ane parah kwkwkkwkwkwkw maklum males ikutin politik ampe ga tahu ga ada MPR lagi
Diubah oleh doktorlaptop
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal DPR, Lembaga Negara yang Citra nya Memburuk di Masyarakat
11-02-2020 14:57
Saat pemilu, byk masyarakat yg tdk mengetahui profile calon DPR. Kebanyakan pemilih tsb korban iklan / janji kampanye. Selesai kampanye, masa bodo sama pemilih yg penting pencitraan tinggi gaji mulus
profile-picture
dirawan09 memberi reputasi
1 0
1
Mengenal DPR, Lembaga Negara yang Citra nya Memburuk di Masyarakat
11-02-2020 15:12
Yang ane tau, gaji nya gedong, tunjangannya gedong..
Jadi rumah produksi terakhir bagi artis2 yang kurang produktif.
0 0
0
Mengenal DPR, Lembaga Negara yang Citra nya Memburuk di Masyarakat
11-02-2020 15:16
ngantukan yak orang² yg disana
emoticon-Shutup
0 0
0
Mengenal DPR, Lembaga Negara yang Citra nya Memburuk di Masyarakat
11-02-2020 15:19
kumpulan bullshit
0 0
0
Mengenal DPR, Lembaga Negara yang Citra nya Memburuk di Masyarakat
11-02-2020 15:25
Quote:Original Posted By ryosaebasama
Saat pemilu, byk masyarakat yg tdk mengetahui profile calon DPR. Kebanyakan pemilih tsb korban iklan / janji kampanye. Selesai kampanye, masa bodo sama pemilih yg penting pencitraan tinggi gaji mulus


kita udah gak bisa berharap ama janji nya gan, yang di teriakin janji doang, tapi mah kita gak tahu track recordnya, atau apa yang mereka udah lakukan buat rakyat. Kayak beberapa artis gitu, tiba tiba nongol aja, lah jasa mereka apa buat rakyat sebelumnya, kok pengen jadi dpr.
Yah singkatnya calon anggota dpr harus ada jasa jasa dulu buat rakyat, jangan dekat pemilu baru buat jasa.
profile-picture
ryosaebasama memberi reputasi
1 0
1
Mengenal DPR, Lembaga Negara yang Citra nya Memburuk di Masyarakat
11-02-2020 15:31
wakilll rakyat, seharusnya merakyaatt #sambilnyanyi...

btw bokap ane wakil rakyat gan emoticon-Malu
profile-picture
dirawan09 memberi reputasi
1 0
1
Mengenal DPR, Lembaga Negara yang Citra nya Memburuk di Masyarakat
11-02-2020 15:33
DPD = Dari Pada Diem
DPR = Dari Pada Runyam
emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow
0 0
0
Halaman 2 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia