Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
131
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3f922c349d0f057949cce0/lebih-mematikan-dari-corona-7-wabah-penyakit-paling-mengerikan-sepanjang-sejarah
Akhir akhir ini sedang marak munculnya wabah virus Corona yang membuat geger negara-negara di seluruh dunia. Sejak kemunculan pertamanya di provinsi Wuhan- China, virus corona terus menginveksi populasi manusia.
Lapor Hansip
09-02-2020 12:01

Lebih Mematikan Dari Corona! 7 Wabah Penyakit Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Hai... agan agan semua, berjumpa kembali dengan saya.emoticon-Hai 

Akhir akhir ini sedang marak munculnya wabah virus Corona yang membuat geger negara-negara di seluruh dunia. Sejak kemunculan pertamanya di provinsi Wuhan- China, virus corona terus menginveksi populasi manusia. Tercatat hingga saat ini sudah sekitar 774 orang meninggal dan 8.098 orang terinveksi virus mengerikan ini. Jumlah ini pastinya akan terus naik, sebab penyebaran virus ini sangat cepat dan orang akan mudah terinveksi karena virus menyebar lewat udara. Selain virus corona yang mematiakn ini, sejarah mencatat dunia pernah dihantam beberapa kali oleh wabah mengerikan. Apa saja wabah mengerikan tersebut ? emoticon-Thinking Biar tidak penasaran, langsung saja berikut daftarnya.


1. Black Death
Quote:Lebih Mematikan Dari Corona! 7 Wabah Penyakit Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah


Maut hitam atau yang lebih dikenal dengan nama Black Death, merupakan pandemi dahsyat yang pernah menerjang Eropa pada abad ke-14. Wabah mengerikan ini telah membunuh sekitar 60% populasi Eropa saat itu. Wabah Maut Hitam disebabkan oleh bakteri Yersinia Pestis yang menumpang lewat tikus dan kutu, kemudian ditularkan kepada manusia. Persebaran wabah sangat cepat, asal usul wabah ini juga masih simpang siur, tapi beberapa sumber berpendapat bahwa wabah ini berasal dari asia tengah yang terbawa ke Eropa melalui jalur sutra. Sistem sanitasi penduduk Eropa yang buruk saat itu kian memperparah penyebaran maut hitam. Mayat bergelempangan di jalan dan memperburuk kondisi sosial masyarakat saat itu.

2. Wabah Justinian
Quote:Lebih Mematikan Dari Corona! 7 Wabah Penyakit Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah


Jauh sebelum Maut Hitam menyerang Eropa, pada abad ke-6 wabah Justinian telah terlebih dahulu meluluhlantahkan wilayah Eropa dan kawasan Mediterania. Wabah yang juga disebabkan oleh virus Yersinia Pestis ini, telah merenggut sekitar 50 juta jiwa atau sekitar 26% dari populasi dunia saat itu. Wabah ini diduga berasal dari China, kemudian terbawa oleh para pedagang Konstantinopel dan akhirnya tersebar ke belahan dunia barat. Di Konstatinopel sendiri 10.000 orang setiap harinya meninggal karena wabah ini. Bahkan sang kaisar sendiri pernah tertular wabah ini, namun bisa bertahan. 

3. Flu Spanyol
Quote:Lebih Mematikan Dari Corona! 7 Wabah Penyakit Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah


Flu Spanyol merupakan pandemi Influenza yang pernah mengguncang dunia pada tahun 1918. Seusai perang besar di Eropa wabah mematikan ini muncul, menyebar dengan sangat cepat hingga Asia dan Amerika Utara. Menginfeksi hingga 500 juta orang dan mengakibatkan kematian sekitar 50-100 juta orang. Meskipun dinamai dengan Flu Spanyol, wabah tersebut sama sekali tidak berasal dari Spanyol. Asal muasal penyebaran wabah flu spanyol masih menjadi perdebatan, tapi ada beberapa sumber yang mengatakan wabah ini berasal dari kamp tentara di Perancis. Karena peralatan dan perawatan medis yang kurang saat itu, korban yang terinfeksi flu spanyol dipastikan akan meninggal.

4. Pandemi Ketiga
Quote:


Penamaan wabah pes ini didasarkan pada kemunculannya setelah wabah besar Maut Hitam dan Justinian. Wabah yang menyerang Cina pada tahun 1850-an ini, telah merenggut sekitar 12 juta jiwa di kawasan Cina dan India, dengan perkiraan sekitar 60.000 orang meninggal setiap minggunya. Wabah ini semakin menyebar ke seluruh dunia termasuk Amerika, karena terbawa oleh arus perdagangan dan pertukaran yang sedang ramai kala itu. Pandemi ini masih terus aktif hingga tahun 1959, dan diperkirakan minimal ada 200 korban jiwa setiap tahunnya. Selain korban jiwa, wabah ini juga mengakibatkan pergolakan politik di india koloni.

5. Kolera
Quote:Lebih Mematikan Dari Corona! 7 Wabah Penyakit Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah



Wabah besar kolera pertama kali muncul di India pada tahun 1816. Wabah ganas ini mengakibatkan sekitar 40 juta orang meninggal sampai wabah berakhir tahun 1960. Wabah kolera disebabkan karena makanan dan air yang telah terkontaminasi oleh bakteri jenis Vibrio Colerae. Orang yang sudah terinveksi bakteri kolera akan sering sakit perut (diare) disertai dengan muntah muntah. Bakteri kolera akan memproduksi racun yang dapat menggangu usus kecil, akibatnya usus akan dipenuhi dengan air dan mengakibatkan orang tersebut mudah dehidrasi, jika terus terjadi maka pasien kolera dapat dipastikan meninggal.

6. Cacar
Quote:Lebih Mematikan Dari Corona! 7 Wabah Penyakit Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah



Meskipun di zaman modern ini penyakit cacar mungkin tidak rerlalu menakutkan, tapi di zaman dahulu ketika teknologi dan pengetahuan akan kesehatan masih sangat minim, cacar menimbulkan wabah penyakit yang mengakibatkan ratusan juta orang meninggal dunia. Bermula di pesisir timur Amerika pada tahun 1775  ketika terjadi perang revolusioner, cacar mulai menggrogoti para pasukan tanpa disadari. Orang yang terkena penyakit cacar akan mengalami demam dan sakit kepala, kemudian akan muncul benjolan kecil berisi cairan diseluruh tubuh.

7. SARS

Quote:Lebih Mematikan Dari Corona! 7 Wabah Penyakit Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah




Sebelum wabah virus Corona yang mulai booming akhir akhir ini, China juga pernah dilanda wabah virus SARS pada tahun 2003 silam. Sama halnya dengan corona, SARS juga menyerang sistem pernapasan manusia. Wabah SARS dimulai dari provinsi Guandong dan dengan cepat menyebar keseluruh dataran Cina hingga akhirnya keseluruh dunia. Wabah ini telah menginveksi sekitar 8.000 orang diseluruh dunia, dengan total kematian sebanyak 775 orang. SARS ditularkan melalui melalui hewan mamalia seperti kelelawar dan musang.


Di atas adalah beberapa wabah mengerikan yang pernah terjadi sepanjang sejarah. Wabah penyakit bisa terjadi kapan saja, oleh sebab itu kita tentunya harus selalu menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh maupun lingkungan sekitar. Membiasakan hal hal kecil seperti menjaga kebersihan makanan, kebersihan tubuh dan tempat tinggal, dapat menjauhkan kita dari berbagai macam penyakit berbahaya.emoticon-thumbsupemoticon-thumbsup


Sumber: http://www.tahupedia.com/

Terimakasih atas kunjungannya, emoticon-Jempol

profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 45 lainnya memberi reputasi
42
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 7
Lebih Mematikan Dari Corona! 7 Wabah Penyakit Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah
10-02-2020 15:53
virus Yersinia Pestis itu masih ada sampe sekarang? apa udah ada antivirus nya?
0 0
0
Lebih Mematikan Dari Corona! 7 Wabah Penyakit Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah
10-02-2020 16:29
Black Death yang paling sangar. 60 persen penduduk Eropa tewas. penduduk dunia berkurang sampai hampir 30 persen akibat wabah itu.
penyebab begitu banyak korban pertama karena sistem sanitasi yang buruk. Kedua karena wabah ini ditangani secara salah. Ketiga wabah ini dikaitkan dengan ilmu hitam atau sihir
0 0
0
Lebih Mematikan Dari Corona! 7 Wabah Penyakit Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah
10-02-2020 16:33
coba kolorna ada di jaman dulu2an, bakal bisa kaya black plague ga ya?
0 0
0
Lebih Mematikan Dari Corona! 7 Wabah Penyakit Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah
10-02-2020 17:26
masih inget banget dulu waktu SARS booming, kayak kemana2 takut
0 0
0
Lebih Mematikan Dari Corona! 7 Wabah Penyakit Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah
10-02-2020 18:15
How To Fix QuickBooks Runtime Error 429 ? We are here to help just contact on this given number: 18004168574
https://www.intuitquickbooks.co/fix-...ime-error-429/
0 0
0
Lebih Mematikan Dari Corona! 7 Wabah Penyakit Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah
10-02-2020 18:37
dulu waktu SARS sampe takut mau pergi2
0 0
0
Lebih Mematikan Dari Corona! 7 Wabah Penyakit Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah
10-02-2020 19:37
Ternyata wabah justinian itu masih sama ya penyebabnya kayak black death emoticon-Takut

ngeri gak bisa bayangin jaman dulu mayat pada gelimpangan emoticon-Takut
0 0
0
Lebih Mematikan Dari Corona! 7 Wabah Penyakit Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah
10-02-2020 19:41
black death pandemy

emoticon-Cool
0 0
0
Lebih Mematikan Dari Corona! 7 Wabah Penyakit Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah
10-02-2020 20:05
baru tahu ane kalau cacar dulu penyakit menakutkan. padahal jaman sekarang udah biasa aja orang kena cacar.
0 0
0
Lebih Mematikan Dari Corona! 7 Wabah Penyakit Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah
10-02-2020 20:42
SARS bukannya awalnya dari Arab gan emoticon-Bingung
0 0
0
Lebih Mematikan Dari Corona! 7 Wabah Penyakit Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah
10-02-2020 21:19
Yang disebutkan itu memang wabah mematikan di zamannya, terutama Black Death; puluhan juta meninggal. Tapi sekarang ini sudah hampir tidak ditemukan penyakit itu karena perkembangan ilmu pengetahuan di bidang medis.

Untuk sekarang masih banyak penyakit yg belum teratasi bahkan yg berpotensi jadi "pandemic", antara lain HIV, TBC, Malaria, Ebola, Zika, Influenza (termasuk Avian Flu) dan Coronavirus (di dalamnya termasuk SARS-CoV, MERS-CoV, 2019-nCoV) dan Pneumonia.

Penyakit yg belum teratasi tersebut banyak hambatannya, bisa karena belum ditemukan obatnya bahkan ada yg tingkat kekebalan obatnya tinggi seperti TBC.

Mungkin terlalu panjang kalau ditulis disini tapi bisa googling gimana beratnya penyakit diatas, berapa angka kematiannya, berapa kasus barunya dll. Yah itu sedikit gambaran aja kalau ternyata masalahnya bisa jauh lebih besar dari bayangan kita.

Bersyukur aja sama Tuhan kalau sampai detik ini kita masih diberi kesehatan dan jangan lupa untuk jaga kesehatan juga.
0 0
0
Lebih Mematikan Dari Corona! 7 Wabah Penyakit Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah
10-02-2020 21:57
Ebola nggak masuk ya, gan? Serem banget padahal lho..
0 0
0
Lebih Mematikan Dari Corona! 7 Wabah Penyakit Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah
10-02-2020 22:13
polio skrg lg nyerang venezuela en nyampe eropa lewat para pencari suaka asal negara itu. ada 7 yg dicurigai bawa itu en kita rawat di deket (5 jam terbang dari) north pole
0 0
0
Lebih Mematikan Dari Corona! 7 Wabah Penyakit Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah
10-02-2020 22:29
china sering juga ya mungkin cuaca disana gampang terjangkit virus
0 0
0
Lebih Mematikan Dari Corona! 7 Wabah Penyakit Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah
11-02-2020 00:12
sebenernya banyak wabah penyakit yg ditularkan lewat virus di muka bumi ini yg blm teridentifikasi oleh WHO
0 0
0
Lebih Mematikan Dari Corona! 7 Wabah Penyakit Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah
11-02-2020 00:44
yah namanya jaman dulu pasti belum ada obatnya. gw yakin di masa depan virus corona udah setara masuk angin..
0 0
0
Lebih Mematikan Dari Corona! 7 Wabah Penyakit Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah
11-02-2020 02:01
ebola masuk virus gak sih
0 0
0
Lebih Mematikan Dari Corona! 7 Wabah Penyakit Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah
11-02-2020 05:00
Bencana Sering Terjadi, Bagaimana Kita Mencari Jejak Langkah Tuhan
Menurut laporan, virus corona di Wuhan telah menyebabkan banyak kota di Tiongkok ditutup, dan jumlah kematian semakin meningkat. Saat ini, banyak negara telah berhasil mendeteksi kasus infeksi yang dikonfirmasi. Penyebaran wabah sangat cepat dan sedang menyebar luas. Selain virus corona di Wuhan, bencana lain juga semakin banyak, seperti kebakaran di Australia, letusan gunung berapi di Filipina, dan bencana belalang di India. Dalam menghadapi bencana yang kerap terjadi, banyak orang percaya tahu bahwa ini persis menggenapi nubuatan Alkitab, akhir zaman sudah tiba dan kemungkinan besar Tuhan Yesus telah kembali. Jadi bagaimana kita seharusnya mencari jejak langkah Tuhan dan melihat penampakan Tuhan?

Tuhan berfirman: "Oleh karena inilah, berhubung kita sedang mencari jejak langkah Tuhan, maka kita pun harus mencari kehendak Tuhan, firman Tuhan , perkataan Tuhan—sebab, di mana pun ada firman baru yang diucapkan Tuhan, suara Tuhan ada di sana, dan di mana pun ada langkah kaki Tuhan, perbuatan Tuhan juga ada di sana. Di mana pun ada pengungkapan Tuhan, di sanalah Tuhan menampakkan diri, dan di mana pun Tuhan menampakkan diri, di situlah kebenaran , dan jalan, dan hidup ada."

"Belajar Alkitab "
Diubah oleh NilamSudiati
0 0
0
Lebih Mematikan Dari Corona! 7 Wabah Penyakit Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah
11-02-2020 11:17
Ebola gada yaak gan emoticon-Takut
0 0
0
Lebih Mematikan Dari Corona! 7 Wabah Penyakit Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah
11-02-2020 12:26
semoga virus yg ada bisa diselesaikan
0 0
0
Halaman 5 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Teror Virus Corona!
teror-virus-corona
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia