c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Viral, Kenapa Langit Berwarna Biru?




Banyak kisah yang diembel-embeli viral namun tidak ada manfaat bagi pembaca atau penikmat kisahnya, kisah-kisah retjeh itu sering kita nikmati baik itu dengan visual maupun non visual. Dan ternyata penikmatnya super banyak juga sih, nah bagaimana kalau di thread ini pakai embel-embel viral tapi ada manfaatnya buat kamu yang tadinya tidak tahu menjadi tahu.

Pernahkah terbersit dalam pikiran agan ketika melihat ke langit nampak warnanya biru? Kenapa? Di thread ini akan dijelaskan secara sederhana agar lebih mudah di pahami dan di mengerti.





Jadi gini gan sebenarnya langit itu tidak berwarna. Duh kok gitu terus warna biru itu darimana? Titik kuncinya ada pada cahaya matahari, ingat ya pelajaran sekolah bahwa sinar matahari memiliki banyak warna seperti pelangi, jadi warna sinar matahari itu bukan putih atau kuning seperti gambar anak sekolah SD ya gan.

Kemudian, ketika cahaya yang berasal dari matahari menembus lapisan atmosfer, maka cahaya itupun akan bertabrakan dengan molekul yang berada di udara. Ketika cahaya itu bertabrakan, maka warna-warna yang berbeda dari cahaya itu akan berdampak pada panjang gelombang cahaya dengan jumlah yang berbeda-beda di masing-masing warna cahaya.



Maka yang terjadi selanjutnya cahaya biru (yang memiliki panjang gelombang lebih pendek) akan tersebar lebih banyak dari pada cahaya warna yang lain (yang memiliki panjang gelombang lebih panjang).

Ketika matahari berada di atas kepala kita, akan terlihat jelas warna biru yang menyebar karena proses itu tadi gan. Maka itulah yang menyebabkan langit berwarna biru, namun sebelum sempat matahari berada di atas kepala warna langit akan terlihat orange kemerahan kenapa?



Seperti penjelasan yang tadi matahari yang baru terbit atau terbenam panjang gelombang warna biru tidak menyebar secara sempurna, itu dikarenakan posisi matahari yang lebih rendah maka warna cahaya lain yang lebih dominan.

Bagaimana sudah mengertikan kenapa langit berwarna biru? Lalu bagaimana dengan air laut mengapa juga berwarna biru?

Air laut juga tidak berwarna, layaknya air tawar pada umumnya namun terjadi efek pantulan cahaya dari langit nah bila air laut itu berwarna biru tua maka airnya itu dipastikan dalam namun ada juga yang berwarna hijau atau merah bisa disebabkan karena tumbuhan yang berada di dasar laut yang airnya dangkal. Atau ada sejenis plankton yang menyebabkan warna air laut berubah.



Itulah kisah viral kali ini, semoga ada manfaatnya ya gan.

Salam lur, saya c4punk see u next thread.




emoticon-I Love Indonesia

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2019
referensi : klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star





GIF





Diubah oleh c4punk1950... 31-01-2020 23:39
sebelahblog4iinchnona212
nona212 dan 48 lainnya memberi reputasi
47
9.1K
107
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.