Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
151
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3c5058f4d69551a3119f92/kenapa-indonesia-akrab-dengan-macet-mari-kita-bahas-kuy
Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat bermasalah mengenai kemacetan, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, dan lain sebagainya. Menurut Bank Dunia, seperti yang dilansir oleh banyak media cetak dan elektronik, kemacetan di Indonesia tidak hanya merugikan dari segi waktu tempuh yang semakin melar.
Lapor Hansip
07-02-2020 00:43

Kenapa Indonesia Akrab dengan Macet? Mari Kita Bahas Kuy!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat bermasalah mengenai kemacetan, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, dan lain sebagainya. Menurut Bank Dunia, seperti yang dilansir oleh banyak media cetak dan elektronik, kemacetan di Indonesia tidak hanya merugikan dari segi waktu tempuh yang semakin melar, namun juga mengakibatkan kerugian finansial sebesar 56 triliun rupiah dalam satu tahun. Kerugian tersebut diakibatkan oleh masifnya masyarakat yang hijrah dari daerah kecil menuju perkotaan besar sehingga menimbulkan penumpukan populasi di satu tempat dan beban perekonomian disana.

Kenapa Indonesia Akrab dengan Macet? Mari Kita Bahas Kuy!
Foto: dapurtraffic.wordpress.com

Dengan berbagai macam dampak yang dapat diakibatkan oleh kemacetan, tak ayal topik ini selalu hangat dan seru untuk dibahas. Terlebih, para pihak terkait masih belum bisa untuk mengatasi kemacetan yang terjadi secara efektif dan efisien dari segi waktu dan sumber daya. Masih banyak hal yang harus dibenahi untuk menyelesaikan permasalahan tahunan ini. Untuk itu, pembahasan mengenai solusi dari masalah ini dirasa sangat diperlukan terutama dari segi teknis yang berperan langsung mengurai kemacetan. Untuk hal-hal non-teknis seperti kebijakan terkait, pada dasarnya merupakan keputusan lanjutan dari faktor-faktor teknis yang berperan sebagai resolusi kemacetan.

Berikut ini, beberapa analisis sederhana mengenai permasalahan-permasalahan penyebab kemacetan dan kemungkinan resolusi yang dapat diambil:

Quote:
1.     Sistem Transportasi Massal yang Belum Terintegrasi

Di banyak negara maju di dunia, sistem transportasi yang terintegrasi satu sama lain merupakan salah satu tulang punggung penggerak kehidupan masyarakat. Banyak masyarakat dunia yang negaranya sudah memiliki sistem transportasi yang terintegrasi daya hidupnya meningkat akibat kemudahan dalam mobilisasi.

Kenapa Indonesia Akrab dengan Macet? Mari Kita Bahas Kuy!
Foto: wikipedia.org

Di Indonesia sendiri, banyak sekali kota-kota yang belum memiliki sistem transportasi yang baik dan terintegrasi satu sama lain. Salah satu kota yang paling visioner mengenai masalah ini baru Jakarta dengan salah satu programnya yaitu Jak Lingko. Dengan adanya program tersebut, masyarakat menjadi dimudahkan dalam mobilisasi karena dapat menaiki banyak jenis transportasi dalam satu periode keberangkatan. 

Namun, sistem ini masih belum merata ada di kota-kota lain. Sangat baik sekali apabila kita dapat menaiki kereta, kemudian melanjutkan dengan bus, lalu terakhir dengan angkot dalam satu kali bayar. Sistem seperti itulah yang kedepannya harus dikembangkan dengan lebih baik lagi.


Quote:
2.     Sistem Pembayaran per Kilometer bagi Angkot

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa terkadang, angkot yang mencari penumpang di sisi badan jalan cukup mengganggu dan menghambat arus lalu lintas. Bahkan tak jarang, angkot yang sedang mencari penumpang berhenti ketika lampu lalu lintas sudah menyala hijau.

Kenapa Indonesia Akrab dengan Macet? Mari Kita Bahas Kuy!
Foto: wikipedia.org

Apabila angkot sudah terintegrasi dengan jenis transportasi massal yang lain kemudian dikenakan tarif per kilometer seperti sistem argo yang ada pada taksi, dapat sangat mungkin kemacetan berkurang akibat tidak adanya angkot yang berhenti di pinggir jalan untuk menunggu penumpang. Namun untuk sistem seperti ini, diperlukan kerjasama dengan pemerintah agar sistem pembayaran dapat ditangani dengan baik. Pemerintah mungkin dapat menerapkan aplikasi untuk mencatat jarak tempuh dari angkot yang bersangkutan kemudian memberikan bayaran berdasarkan jarak tersebut.


Quote:
3.     Kurangnya Fokus dan Perhatian Ketika Berkendara

Dalam salah satu ilmu transport, reaksi normal orang Indonesia ketika berkendara adalah tiga detik, selisih satu detik jika dibandingkan reaksi orang luar yang ada di angka dua detik. Hal itu dapat dikatakan bahwa orang Indonesia memiliki rekasi yang lebih lambat dari orang luar negeri. Tak jarang, hal-hal sesederhana itu justru adalah penyebab utama kemacetan.

Kenapa Indonesia Akrab dengan Macet? Mari Kita Bahas Kuy!
Foto: idntimes.com

Sering sekali ketika lampu lalu lintas menyala hijau, kita sebagai orang Indonesia terlambat bereaksi sehingga membuang beberapa detik yang penting untuk melewati satu lampu merah. Hal itu tampak simple, namun sebenarnya sangat berpengaruh khususnya pada reaksi berantai ke kendaraan di belakang. Banyak kendaraan yang mengantri justru malah gagal melewati lampu hijau karena keterlambatan reaksi dan lambatnya pengendara di depan untuk melaju.

Selain itu, fokus pengendara juga harus menjadi perhatian penting. Banyak sekali kejadian pengendara menghambat lalu lintas dibelakangnya karena berjalan tidak sesuai dengan kecematan yang semestinya walau jalanan di hadapannya kosong. Rata-rata mereka tidak memfokuskan sepenuhnya pikiran mereka pada jalanan sehingga justru melambat.

Penting sekali untuk kita dapat lebih mempelajari teknik-teknik dasar dalam mengemudi agar dapat mengurangi presentase kemacetan yang terjadi di kota-kota besar di Indonesia.


Quote:
4.     Kurangnya Pemahaman Mengenai RHK

Masih banyak yang belum mengetahui bahwa daerah bercat merah di bagian paling depan lampu merah adalah RHK (Ruang Henti Khusus) yang diperuntukan untuk pengendara motor. Kendaraan roda dua ditempatkan pada zona itu karena dapat bergerak lebih lincah dari pada mobil. Fungsi dari RHK sendiri adalah untuk mengurangi handicap sehingga dapat bereaksi lebih cepat ketika lampu sudah hijau.

Kenapa Indonesia Akrab dengan Macet? Mari Kita Bahas Kuy!
Foto: moladin.com

Namun untuk saat ini, masih banyak yang belum paham akan hal itu. Sudah sepatutnya masyarakat lebih peduli lagi mengenai regulasi semacam itu agar kemacetan di jalanan dapat berkurang.


Quote:
5.     Kurangnya Pemahaman Mengenai Regulasi

Setiap jalan yang ada di kota telah di kelompokan berdasarkan beberapa faktor. Berdasarkna fungsinya, jalan dapat dibagi menjadi empat golongan yaitu jalan arteri, jalan kolektor, jalan lokal, dan jalan lingkungan. Jalan-jalan yang ada di pusat kota atau jalan-jalan protokol kota umumnya termasuk ke dalam jalan kolektor atau arteri. Dalam peraturan sendiri, jalan kolektor atau arteri merupakan jalan yang harus dilalui dengan kecepatan sedang-tinggi atau sekitar 40 km/jam - 60 km/jam. Oleh karena itu, Seharusnya pengendara yang melewati jalan ini tidak diperkenankan untuk pelan.

Kenapa Indonesia Akrab dengan Macet? Mari Kita Bahas Kuy!
Foto: tribunnews.com

Lambatnya seseorang dalam melewati salah satu dari jalan kolektor atau jalan arteri tentu saja dapat menyebabkan kemacetan. Maka dari itu, pemahaman mengenai regulasi yang berlaku harus segera ditingkatkan.


Sumber:
https://www.liputan6.com/bisnis/read...jalanan-macet
https://id.wikipedia.org/wiki/Jak_Lingko
https://id.wikibooks.org/wiki/Penera...a/Kelas_Jalan
Pemikiran TS

Sumber Gambar:
Google Image
Diubah oleh kulitkacang10
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zeusbattery dan 15 lainnya memberi reputasi
16
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 7
Kenapa Indonesia Akrab dengan Macet? Mari Kita Bahas Kuy!
09-02-2020 18:47
menurut ane sih karena disiplin masyarakat dan saling menghargai sesama pengguna jalan masih rendah.
0 0
0
Kenapa Indonesia Akrab dengan Macet? Mari Kita Bahas Kuy!
09-02-2020 20:13
Kalau di daerah masih enak gan, macet hanya sewaktu mau lebaran aja, selebihnya lancar dan tanpa kendala, maklum jumlah kendaraan masih relatif sedikit, dan belum seperti daerah perkotaan yang begitu padat.
0 0
0
Kenapa Indonesia Akrab dengan Macet? Mari Kita Bahas Kuy!
09-02-2020 21:05
karena makin banyak orang yang punya kendaraan dan transportasi umum belum maksimal
0 0
0
Kenapa Indonesia Akrab dengan Macet? Mari Kita Bahas Kuy!
09-02-2020 21:13
bener banget gan, sistem transportasi, keamanan juga masih belum menjamin
jadinya orang enggan buat naik transportasi umum
apalagi ditambah pembelian kendaraan bermotor pribadi yang menurut ane sangat mudah
0 0
0
Kenapa Indonesia Akrab dengan Macet? Mari Kita Bahas Kuy!
09-02-2020 21:47
Quote:Original Posted By kulitkacang10
Yoi gan emoticon-Berduka (S)


Iya nih, terlalu mudah untuk dapet mobil


Yoi gan, itu salah satu faktor mainstream yg mau gamau memang bikn macet


Betul gan, harusnya regulasi biar bisa beli mobil diatur lagi si supaya nggak kebanyakan mobil
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Kenapa Indonesia Akrab dengan Macet? Mari Kita Bahas Kuy!
09-02-2020 23:35
Quote:Original Posted By ronin8oy
Stop kredit kendaraan pasti gk akan macet tuh

yoi tuh, pembuat kebijakan harus turun tangan disini

Quote:Original Posted By andora11
kurang trotoar juga jadi orang2 males jalan, deket aja pake kendaraan. udah gitu harga kendaraan murah jadi banyak yang beli dan punya lebih dari satu

apalagi trotoar sekarang malah elevasinya sama kaya badan jalan karena di cor cor terus jalannya emoticon-Berduka (S)

Quote:Original Posted By indrastrid
menurut ane sih karena disiplin masyarakat dan saling menghargai sesama pengguna jalan masih rendah.

yoi tuh gan emoticon-Big Grin
0 0
0
Kenapa Indonesia Akrab dengan Macet? Mari Kita Bahas Kuy!
09-02-2020 23:36
Quote:Original Posted By spidcom_2000
Kalau di daerah masih enak gan, macet hanya sewaktu mau lebaran aja, selebihnya lancar dan tanpa kendala, maklum jumlah kendaraan masih relatif sedikit, dan belum seperti daerah perkotaan yang begitu padat.

iya gan, terus banyak juga warga yang urbanisasi ke kota jadi ga seramai di kota

Quote:Original Posted By arimbii11
karena makin banyak orang yang punya kendaraan dan transportasi umum belum maksimal

yoi gan

Quote:Original Posted By roeang15
bener banget gan, sistem transportasi, keamanan juga masih belum menjamin
jadinya orang enggan buat naik transportasi umum
apalagi ditambah pembelian kendaraan bermotor pribadi yang menurut ane sangat mudah

iya tuh, salah satu faktor yang penting ya transportasi massal
0 0
0
Kenapa Indonesia Akrab dengan Macet? Mari Kita Bahas Kuy!
10-02-2020 00:37
6. karena cowok jelek yg pingin cewek cantik harus punya mobil
0 0
0
Kenapa Indonesia Akrab dengan Macet? Mari Kita Bahas Kuy!
10-02-2020 00:43
pemerintah kaya yang ngemudahin banget warganya buat dapet kendaraan pribadi sih, palagi motor yang udah jadi kendaraan pokok, orang pasti bakal pilih punya motor ketimbang make iphone 2jtan

Gue jadi inget dibangkok liat motor bisa diitung ga lebih dari 5 jari, coba disini dipelosok pun motor ratusan, dikota palagi rebutan space sama mobil yang didalemnya cuma ada sebiji orang menuhin jalan aja, mana penduduknya overload lagi.
Diubah oleh sfcloud9
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Kenapa Indonesia Akrab dengan Macet? Mari Kita Bahas Kuy!
10-02-2020 08:22
Quote:Original Posted By dhikapradana
Lagi lagi gengsi ya sis emoticon-Frown
Iya banget, contohnya aturan ganjil genap deh, eh malh orang orang beli 2 mobil ganjil genap.. Pdahal niatnya buat meminimalisir kendaraan pribadi


Nah ini nih benerrrr, padahal niatnya biar penggunaan mobil berkurang. Eeeeeh ini malah jadi dua kali lipat yak
profile-picture
dhikapradana memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Indonesia Akrab dengan Macet? Mari Kita Bahas Kuy!
10-02-2020 08:24
Quote:Original Posted By kulitkacang10
nahh disini harusnya ada peran dari pembuat kebijakan, memang kita harus bekerja sama dengan seluruh stekholder sihh


Betul betullll, dan emang dari masyarakat juga harus sadar jugaaaa, itu yg susah -___-
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Kenapa Indonesia Akrab dengan Macet? Mari Kita Bahas Kuy!
10-02-2020 17:38
faktor badan jalan juga kurang memadai karena tidak bisa mengikuti pertumbuhan otomotif saat ini
0 0
0
Kenapa Indonesia Akrab dengan Macet? Mari Kita Bahas Kuy!
10-02-2020 17:58
selain itu kayaknya karena makin banyak orang yang beli kendaraan gak cuma 1
0 0
0
Kenapa Indonesia Akrab dengan Macet? Mari Kita Bahas Kuy!
11-02-2020 06:43
Quote:Original Posted By sfcloud9
pemerintah kaya yang ngemudahin banget warganya buat dapet kendaraan pribadi sih, palagi motor yang udah jadi kendaraan pokok, orang pasti bakal pilih punya motor ketimbang make iphone 2jtan

Gue jadi inget dibangkok liat motor bisa diitung ga lebih dari 5 jari, coba disini dipelosok pun motor ratusan, dikota palagi rebutan space sama mobil yang didalemnya cuma ada sebiji orang menuhin jalan aja, mana penduduknya overload lagi.

Yoi ganemoticon-Frown

Quote:Original Posted By fitria1994


Nah ini nih benerrrr, padahal niatnya biar penggunaan mobil berkurang. Eeeeeh ini malah jadi dua kali lipat yak

Nah ituemoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By fitria1994


Betul betullll, dan emang dari masyarakat juga harus sadar jugaaaa, itu yg susah -___-

Yoi gan
0 0
0
Kenapa Indonesia Akrab dengan Macet? Mari Kita Bahas Kuy!
11-02-2020 06:45
Quote:Original Posted By isu152
faktor badan jalan juga kurang memadai karena tidak bisa mengikuti pertumbuhan otomotif saat ini

Nah itu diaaemoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By unoo11
selain itu kayaknya karena makin banyak orang yang beli kendaraan gak cuma 1

Bikin padet sihh
profile-picture
isu152 memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Indonesia Akrab dengan Macet? Mari Kita Bahas Kuy!
11-02-2020 23:48
Kebanyakan pengen pake kendaraan pribadi
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Kenapa Indonesia Akrab dengan Macet? Mari Kita Bahas Kuy!
13-02-2020 08:33


Quote:Original Posted By galigulagalu
Nah emang harusnya ada aturan gitu gan jadi orang mau beli kendaraan juga mikir2. Hahahaha iya dijepang kalo mobil udah kadaluarsa masih nekat dipake bakal kena denda, makanya banyak yg dibuang kehutan kalo gak salah gan heheheheh

Iya bener bener...
Ya ternyata penting juga ya, cuma mungkin jadi problem buat yang suka koleksi mobil kuno sih gimana.. Mungkin ada kriterianya.
Selain ke hutan malah ada yang dijual di negara lain kalo ga salah haha
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Halaman 6 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia