News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
36
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3ec1e9af7e931c471549a6/sikap-presiden-jokowi-menolak-kepulangan-wni-eks-isis-sudah-tepat
Ketegasan sikap Presiden Jokowi Untuk menolak kepulangan mantan simpatisan ISIS dinilai sudah tepat. Selain melanggar hukum, eks simpatisan ISIS ini juga dianggap telah memilih jalan hidupnya sendiri. Termasuk membakar paspor bekal kepulangan mereka ke Tanah Air. Sikap tegas Jokowi menolak kepulangan WNI eks kombatan ISIS dinilai sudah tepat. Saya pribadi-pun setuju atas hal ini. Membayangkan saja
Lapor Hansip
08-02-2020 21:12

Sikap Presiden Jokowi Menolak Kepulangan WNI eks ISIS Sudah Tepat

Ketegasan sikap Presiden Jokowi Untuk menolak kepulangan mantan simpatisan ISIS dinilai sudah tepat. Selain melanggar hukum, eks simpatisan ISIS ini juga dianggap telah memilih jalan hidupnya sendiri. Termasuk membakar paspor bekal kepulangan mereka ke Tanah Air.
Sikap tegas Jokowi menolak kepulangan WNI eks kombatan ISIS dinilai sudah tepat. Saya pribadi-pun setuju atas hal ini. Membayangkan saja sudah bikin ngeri. Itupun jika jumlahnya sedikit, lha ini 600 an orang, tentunya bukan angka yang main-main. Jika mereka tiba-tiba "kambuh", siapa yang akan menjamin keselamatan dan keamanan warga lainnya. Selain itu masih ada kekhawatiran jika mantan kombatan ini justru akan mempengaruhi lingkungan tempat ia tinggal. Mengingat, kebiasaan hidup mereka dengan kelompok ISIS begitu ekstrim.
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak setuju jika warga negara Indonesia (WNI) yang pernah bergabung dengan kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) akan dipulangkan ke Tanah Air. Sikap Jokowi ini dianggap sudah tepat.
Pengamat terorisme yang juga Pendiri Yayasan Prasasti Perdamaian, Noor Huda Ismail menyatakan bahwa sikap Presiden ini sebetulnya sudah benar. Terkait kepulangan WNI ini menurut Noor Huda, ada hal-hal yang harus diperhitungkan pemerintah secara serius. Pertama, Indonesia adalah merupakan bagian dari Geneva Convention. Jika Indonesia melindungi eks kombatan ini tentunya bertentangan dengan isi perjanjian Geneva tersebut.
Dia menuturkan WNI eks ISIS tersebut memang telah mengambil sikap, melepaskan kewarganegaraannya dan memilih hijrah ke Negara Suriah. Namun di sana, nyatanya mereka tinggal di daerah yang tak bertuan dan bukan menjadi warga negara resmi Suriah. Kendati telah melepas warga negaranya (WNI), namun mereka juga pernah menjadi warga Indonesia meskipun pernah keluar dengan bermacam alasan, termasuk membakar paspor milik mereka.
Menurut Noor Huda ini adalah momen Presiden Jokowi untuk menunjukkan kepada warganya bahwa keputusan hijrah dengan ISIS memiliki dampak yang sangat buruk. Ia menambahkan, bahwa eks kombatan ISIS ini telah memutuskan untuk menolak NKRI dan memilih meninggalkan Indonesia demi ISIS.
Noor Huda juga berpendapat para WNI eks ISIS telah memilih jalan hidupnya. Jika mereka sampai dipulangkan, para penganut paham radikal yang lain tentunya malah akan mempermainkan status kewarganegaraan seperti yang dilakukan WNI eks kombatan ISIS.
Presiden dengan tegas mengutarakan pendapat pribadinya menolak, hal ini untuk menunjukan jika akan bertindak, memutuskan untuk bergabung dengan ISIS, tentu akan ada konsekuensinya. Sehingga tak bisa main-main. Jika eks kombatan ISIS dengan mudah diterima lagi, nanti dengan mudah radikalisme-radikalisme itu tetap terus berkembang. Bukankah hal ini sama mengerikannya.
Jadi nantinya tidak ada efek jera terhadap mereka yang memusuhi negara kita jikalau kepulangan mereka diterima lagi. Kekhawatiran lain yang diungkapkan Noor Huda ialah, potensi mereka akan membangun kekuatan lagi ketika pulang, dan menebar teror serta kekerasan lagi. Hal ini tak bisa dibiarkan.
Noor Huda yakin Jokowi telah memperhitungkan segala efek dari sikapnya yang mengutarakan pendapat pribadi tersebut. Dia menganggap ini adalah peringatan keras Jokowi terhadap para WNI penganut paham radikalisme dan juga terorisme. Mengingat, segala tindakan harus ada konsekuensinya. Semacam efek jera, agar pemerintah juga tak disepelekan.
Dengan menolak mereka kembali diharapkan benih-benih radikalisme dan terorisme akan rampung. Jika tidak, pastinya malah akan menambah daftar panjang PR bagi pemerintah untuk mengatasinya.
Bukan soal satu dua nyawa, jika sudah begini urusannya menyangkut stabilitas keamanan nasional. Kemungkinan akan ada rehabilitasi atau semacam edukasi bagi eks kombatan ISIS, namun apakah sudah menjamin mereka bakal sembuh dari doktrin-doktrin yang sudah mengakar kala bergabung dengan kelompok berhaluan kiri tersebut. Pasalnya, kebiasaan tak akan mungkin hilang secara instan dan cepat bukan? Salah-salah bukan menekan atau mengembalikan mereka ke jalan yang benar, namun akan membangkitkan jiwa pemusnah mereka di Tanah air.
Selain itu keamanan dan kenyamanan hidup warga lainnya memang perlu diprioritaskan. Tak menampik jika hidup berbarengan dengan mantan simpatisan ISIS ini rasanya sedikit ngeri. Mungkin, setiap manusia punya kesempatan untuk menjadi baik lagi, tapi wajib diingat mengambil keputusan dan bertindak akan selalu ada konsekuensi yang harus dijalani, salah satunya penolakan untuk pulang ke kampung halaman.


Sumber: https://pepnews.com/politik/p-e158b1...is-sudah-tepat

profile-picture
profile-picture
profile-picture
scoffield24 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 2
Sikap Presiden Jokowi Menolak Kepulangan WNI eks ISIS Sudah Tepat
09-02-2020 00:14
Sikap Presiden Jokowi Menolak Kepulangan WNI eks ISIS Sudah Tepat

Sikap Presiden Jokowi Menolak Kepulangan WNI eks ISIS Sudah Tepat
profile-picture
profile-picture
qavir dan ATR42 memberi reputasi
2 0
2
Sikap Presiden Jokowi Menolak Kepulangan WNI eks ISIS Sudah Tepat
09-02-2020 00:38
ISIS boleh balik kalo mau pilpres aja
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Traveller
0 0
0
Sikap Presiden Jokowi Menolak Kepulangan WNI eks ISIS Sudah Tepat
09-02-2020 01:10
awas aja wiwi kalo beneran kasih masuk tuh kadrun2 level sakit jiwa...udah deh gausah drama2an...tolak aja biar jd efek jera
profile-picture
raafirastania26 memberi reputasi
1 0
1
Sikap Presiden Jokowi Menolak Kepulangan WNI eks ISIS Sudah Tepat
09-02-2020 01:17




Setuju sebaiknya jangan dipulangkan.

Tak ada yang bisa menjamin mereka sudah tobat. Kalo nanti lakukan aksi terorisme lagi dan jatuh korban siapa mau tanggung jawab,

Lebih banyak sisi negatif daripada positif nya.

0 0
0
Sikap Presiden Jokowi Menolak Kepulangan WNI eks ISIS Sudah Tepat
09-02-2020 02:35
Quote:Original Posted By longneversee
Kenapa kaga dipulangkan dengan syarat 1 ginjal di ambil pemerintah buat donor.

Lalu pulangnya ga boleh ke indonesia, ambil 1 pulau di gugusan natuna rubah menjadi kamp konsentrasi mreka, lalu bangun pabrik disana, tenaga kerja gratis.

Gaji dengan ransum makan harian kalau kaga kerja kaga dpt makan, tembokin keliling pulaunya, generasi ke 5 baru boleh keluar dri pulau itu.

emoticon-Ultah

emoticon-Jempol


Waduh gan.. mending di kebiri semua aja dong. Hiar abis gen sampah sampe disitu aja.

Kasian cucunya ga salah apa2 emoticon-Mewek
0 0
0
Sikap Presiden Jokowi Menolak Kepulangan WNI eks ISIS Sudah Tepat
09-02-2020 08:32
isas isis lagi, dIST isu korupsi jiwasraya, asabri sedang heboh. lalu tiba2 saja isu isis naik lagi. pengalihan isu..
0 0
0
Sikap Presiden Jokowi Menolak Kepulangan WNI eks ISIS Sudah Tepat
09-02-2020 16:25
Pak presiden sudah tepat, yg gak tepat sebutan bagi mereka ini, buka wni eks isis tapi isis eks wni.
Mereka ini bom waktu, jangan diterima. Coba klo isis masih ada atau bahkan masih kuat, paling jumawa mereka. Ini ibarat susah di sana akhirnya mewek kaya bayi minta pulang.
0 0
0
Sikap Presiden Jokowi Menolak Kepulangan WNI eks ISIS Sudah Tepat
09-02-2020 16:58
Quote:Original Posted By ichachi
Waduh gan.. mending di kebiri semua aja dong. Hiar abis gen sampah sampe disitu aja.

Kasian cucunya ga salah apa2 emoticon-Mewek


Mubazir bro, lebih baik dijadiin pekerja tanpa bayaran (bayaran kupon ransum makanan).

Ada banyak pabrik yg bakal mau investasi disana, dan bantu ekonomi dalam negeri dengan harga barang murah. (Karena harga produksi gaji karyawan udh dipangkas banyak).

Dan ad kemungkinan untuk barang ekspor dengan kondisi geografis natuna dekat jalur perdagangan, grand desain gw ad cuma ya belum kesampean di lirik wuakakak.

emoticon-Leh Uga
0 0
0
Sikap Presiden Jokowi Menolak Kepulangan WNI eks ISIS Sudah Tepat
09-02-2020 16:59
Quote:Original Posted By masfuad2015
Ah ngabisin apbn pake bangun ini itu segala, bakar aja mereka beres, bukan warga negara manapun gk ada yg cariin


Mubazir bro, lebih baik dijadiin pekerja tanpa bayaran (bayaran kupon ransum makanan).

Ada banyak pabrik kasar yg bakal mau investasi disana untuk menghindari UMR tinggi di jawa, dan bantu ekonomi dalam negeri dengan harga barang murah. (Karena harga produksi gaji karyawan udh dipangkas banyak).

Dan ad kemungkinan untuk barang ekspor dengan kondisi geografis natuna dekat jalur perdagangan, grand desain gw ad cuma ya belum kesampean di lirik wuakakak.

emoticon-Leh Uga
0 0
0
Sikap Presiden Jokowi Menolak Kepulangan WNI eks ISIS Sudah Tepat
10-02-2020 13:02
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Pernyataan politis,

kalo hasil kesepakatan akhirnya nerima & kemudian ada yg meleduk, bisa ngelak sebetulnya sudah nolak tapi .......

kalo hasil kesepakatannya nolak, ya berarti sesuai dengan pernyataan awal.
0 0
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia