radcliffezky
TS
radcliffezky
Dilanjutkannya Baton Estafet Kehidupan oleh Para Mamalia - Part 10: Paleogen

*semua gambar yang tercantum bukan punya ane yak, sumber2nya ane taro di akhir thread

Kalo belum baca part 0-9, disarankan dengan sangat agan2 untuk ngebaca part2 tersebut biar nyambung.emoticon-Angkat Beer

Spoiler for Part2 sebelumnya:


Setelah horornya MEE kelima di akhir Kretaseus aka K-Pg Extinction yang ngeludesin 75% spesies makhluk hidup, termasuk seluruh dinosaurus non-avian, pterosaurus, dan aneka reptil laut, dimulailah halaman kehidupan baru. Sebuah halaman besar lain yang berupa kertas sejarah kosong, yang saking kosongnya, cerita dari goresan2 pena fosil selanjutnya ini bisa terkesan beda banget dari masa sebelumnya.emoticon-Belo

Yak, sama kayak halaman pembuka dimulainya Triasik, masa ini emang udah dimulainya sebuah era baru gan. Dan hmm.. kalimat2 pembuka ini pun kayaknya bisa aja sih copas dari Triasik.emoticon-Shutup

Yah, inti pokoknya.. welcome to the new era. Suatu era lanjutan dari baton estafet flora-fauna yang selamat dari Mesozoikum, di mana kali ini kita juga ikut andil di dalamnya. Be holdagan-agan sekalian.. (sfx: drum sound) Kenozoikum!emoticon-Selamat

Masa pertama dari era terakhir ini dinamai Paleogen gan, yang mulainya dari 66-23 juta tahun yang lalu. Oke, bentar. Buat yang mungkin kelupaan sama pembagian waktu geologi, bisa baca spoiler di bawah dulu.
Dan btw, sekarang zaman prasejarah the series ane singkat aja jadi zpts biar lebih.. ya singkat.

Spoiler for geologic_time_scale_complete_fixbanget:


Paleogen... Ngesampingin dulu terkenalnya periode ini dengan perkembangan pesat mamalia, Paleogen merupakan masa saat bumi paling anget dari pada 2 periode setelahnya gan.emoticon-Belo Yak, jadi Ice Age-nya Manny, Diego, dan Sid masih belum terbentuk sampe akhir periode ini.
Dan btw ane bilang anget di sini itu artinya emang beneran anget banget. Bisa diliat, hampir keseluruhan daratan saat itu beriklim tropis. Gurun jarang, es di kutub pun gk ada.



Pemecahan benua terus berlangsung gan. Kalo diusut dari periode sebelumnya, Australia dan Antartika udah putus, Afrika sama Amerika Selatan udah cerai, dan kumpul kebonya benua2 atas mulai bubar.
Oh iya, ngelanjutin kehangatan yang barusan ane bicarain, sebuah peristiwa di awal Paleogen yang disebut Paleocene-Eocene Thermal Maximum(PETM) terjadi.emoticon-Belo
Sesuai namanya, ada termal2nya gitu, terjadi peningkatan suhu dengan cukup drastis dalam waktu yang 'lumayan' singkat gan. Terukur, kisaran peningkatannya dari 5 sampe 8 derajat selama beberapa puluhan ribu tahun peristiwa ini terjadi. Bahasa modernnya global warming lah.

hehe. Tapi tenang. Pemanasan bumi ini gk separah yang kita buat. Penyebab global warming terburuk masih ada di tangan spesies kita. hehe.

Meanwhile..



Gk kayak kehebatan kita dalam merusak bumi, peningkatan suhu ini malah lebih ke jalur positif gan, yakni ngebuat seluruh daratan punya iklim yang bisa dibilang konsisten nan sama.emoticon-Add Friend (S) Alhasil, daratan2 tersebut secara keseluruhan hampir dipenuhi hutan hujan tropis. Bahkan di kedua daerah kutub, suhunya bisa 23 derajat C (suhu umum kamar agan) dan perairannya 20 derajat C.
Like, woah.emoticon-Amazed
Bayangin dah.. liburan, berenang di pantai tropis Antartika. Trus kalo bosen, bisa neduh masuk ngejelajahin hutan hujan tropis dengan aneka flora-fauna di dalamnya. Mantap dah.emoticon-Belo Time-travelable banget.



Next, let's talk about life.
Hmm.. Btw menurut agan apa aja sih yang paling bisa dikaitin dengan iklim tropis?

Tumbuhan hijau pastinya, kan.

Salah satu contohnya ya hutan hujan tropis di Antartika yang barusan ane bilang.
Iya.
Daerah yang kita kenal sebagai habitat dingin penguin dan beruang kutub aja dipenuhi tumbuhan hijau pada masa ini.emoticon-BeloDan di daerah dingin lainnya, bagian atas2 kayak Arktika, Greenland, dan Kanada, pun ditemuin banyak fosil tumbuhan hijau kayak paku-pakuan, pinus, dan yang di part sebelumnya ane singgung, ginkgo.


Fosil ginkgo di batuan Paleogen


Untuk para fauna, reptil2 alumnus KPg kayak buaya, uler, sama kura2 ikut berkembang dengan sangat baik di iklim ini gan.emoticon-Add Friend (S)

Namun sayangnya, ketenangan dan keindahan daratan Paleogen tidak berlaku sama di lautannya. Emang sih, di bagian kutub perairan anget2 enak layaknya kolam renang jam 3 sore. Tapi semakin ke bagian tengah, air laut bisa sepanas hape pas lagi main mobel lejen. Belum lagi banyaknya gas penyebab global warming aka co2 yang ngebuat air jadi asam.
Alhasil, koral2 yang gk tahan sama asam tersebut banyak yang hilang jejak fosilnya, diikuti juga keluarga pencuri resep kraby patty yang gk tahan air bersuhu segini.emoticon-Berduka (S)

Big F for Paleogene's planktons.

Eittss.. Meski begitu, koral2 di Paleogene bisa digantikan oleh seagrass.
Iyak.
Rumput laut.emoticon-Peace
Ehm. Emang gk sebagus koral sih. Tapi boleh lah. Seenggaknya jibunan rumput laut di laut Paleogen ini bisa jadi hiburan buat agan2 yang diver.emoticon-Peace

Oke, selesai ngebahas kehidupan di masa ini in a nutshell, mari kita mulai aja sesi perkenalan bintang tamu Paleoge-

"Lah, woi, ini mana cerita perkembangan mamalianya?! Nunggu setahun biar tau perkembangan pesat nenek moyang para mamalia, eh malah gk diceritain!!!"



Ampun2.emoticon-Peace
Oke. Sesuai judul, yang bahkan gk usah dikasi tau juga, mamalia2 kecil mantan pejuang Kretaseus berkembang sangat pesat dari periode ini gan.
Sangat2 pesat.emoticon-Add Friend (S)
Kuda, badak, babi, kelelawar, dll2. Dan tentunya juga keluarga besar kita, primata, berkembang dengan sangat2 baik di dataran yang telah lepas dari kuasa para dinosaurus.emoticon-Add Friend (S)Gk cuma itu, lautan pun yang dulunya ditirani oleh bangsa mosa, juga mulai dihidupi oleh para mamalia gan. Bisa nebak kan apa?
Platypus.
hehe.
(digebukin lagi)



Para cetacean bisa berenang dan lompat2 di lautan, bahkan bisa jadi hewan paling gede sepanjang sejarah, karena di masa ini, seekor mamalia imut segede kambing kurban nyoba peruntungan di perairan gan.emoticon-BeloDan ya, tentu aja kekerenan para mamalia perenang ini bakal ane ceritain di thread khusus, bonus part ini.emoticon-Angkat Beer

Oh. Dan berkurangnya para plankton tadi, gk ngebuat kehidupan di lautan bener2 kosong tentunya. Hiu salah satunya dan keluarga cumi2 salah beberapa lainnya masih dengan keukeuh ngisi rantai makanan lautan pasca KPg.emoticon-Add Friend (S)

Kemudian tak lupa juga penguasa angkasa. Yang bukan lagi reptil terbang kayak Pteranodon dan Quetzalcoatlus, melainkan para nenek moyang burung kuntul dan burung pentet lah yang mulai terbang di atmosfer Paleogen. Diikuti juga wakil dari mamalia, You-Know-Who (apaan dah, kayak voldemot aja), mulai ikut mengepakkan sayap di udara.emoticon-Belo
Yaps, kelelawar/kalong/apalah.

Hmm.. oke. Cukup lah ya trailer-nya. Mari kita bahas secara intens guest-star2 hangat di masa hangat ini.

1. Otodus
Spoiler for hiu purba is bacc:


Tradisi hiu purba sebagai angka pembuka ane lestariin lagi nih.emoticon-Malu (S)Hmm, but..
Rupanya tradisi para hiu purba unik nan gokil berhenti gan. Terakhir si gigi gerinda Helicoprion di Permian.emoticon-Berduka (S) Mulai masuk Meso sampe sekarang, hiu2 makin normal aja dah.

Back to the laptop. Kehebatan hiu yang sebelumnya sampe bisa berkompetisi sama preman2 reptil laut, kayak si Mosa, masih berlanjut gan. Ditambah dengan masih bertahannya hiu dari KPg jelas2 ngebuktiin kalo keluarga besar ikan ini emang super dah.emoticon-Add Friend (S)

Di awal2 Paleogen, lautan bisa dibilang masih sepi banget gan, kayak shaf masjid pas subuh. Dan kekosongan ini dimanfaatin dengan baik oleh para survivor, yang salah satunya Otodus. Dengan ukuran sampe 9 meter dan gigi hampir dua kalinya hiu putih, laut bagaikan prasmanan dah bagi hiu ini.emoticon-Takut (S)

Tapi......... Menjelang akhir Paleogen, kuasa Otodus perlahan kendor juga. Yak, pastinya karena adanya saingan yang lebih superior yang tidak lain sepupunya sendiri yang lebi-
Eh, keceplosan.emoticon-Shutup
Hmm, lanjut nomer 2.

2. Enchodus
Spoiler for ikan saber:


Ukurannya cukup mini sih kalo dibandingin sama Otodus dan eyang2nya di Kretaseus. Tapi jangan salah gan, Enchodus merupakan salah satu alumnus Kretaseus yang masih hidup sampe pertengahan Paleogen.emoticon-Belo
Keliatan jelas di gambar, hal unik yang jadi andalan Enchodus yakni salah dua giginya yang ngebuat ikan ini punya julukan.. Ikan saber-tooth.

Gigi ini spesialis buat nangkep mangsa sekali serang gan, sesuai namanya yang punya arti gigi tombak. Yah, meski dengan ukuran segini dia masih jadi santapan ikan2 gede di Kretaseus, beralih ke Paleogen awal pangkatnya naik jadi predator atasan.emoticon-Add Friend (S)

3. Boverisuchus
Spoiler for buaya pecicilan:


Gk kayak si Otodus yang ngelanjutin jalur buyut2nya dengan ukuran bongsor, Boverisuchus aka Pristichampus (nama lamanya) ngecilin ukurannya gan. Bandingin dah sama para supercroc Meso, si Sarco dan Deinosuchus. Jauh.emoticon-Belo

Dan gk cuma dalam hal ukuran. Boverisuchus ini bisa dibilang.. salah satu rebel di klan buaya. Sepenuhnya hidup di darat, coba deh liat baik2 lagi gambarnya gan. Boverisuchus punya kaki cukup panjang dengan kaki belakang yang lebih panjang dari depannya, dan keduanya ini bisa berdiri tegak dengan dasar.. kuku (hooves), yang umumnya cuma ada di mamalia kayak kuda dan sapi.



Jadi layaknya kuda dan sapi juga, kedua kaki si Boveri ini dimungkinkan buat lari kenceng. Yah.. meski nyeleneh, tetep serem juga sih ngebayangin buaya bisa lari sekenceng kuda.emoticon-Takut (S)
Dan ada lagi. Gigi Boverisuchus juga gk kayak buaya pada umumnya. Kalo buaya biasa mengerucut tajem aja (buat nyengkram mangsa terus dibawa ke air), gigi2 Boverisuchus tajemnya lebih kayak hiu, tipis (buat ngelukai mangsa). Wah, boleh nih. Nihilnya kenyelenehan hiu purba digantikan sama buaya purba.emoticon-Ngakak (S)

4. Carbonemys
Spoiler for sesepuh asli tmnt:


Masih dengan reptil, klan bercangkang juga masih ngelanjutin ukuran gedenya gan. Meski gk segede moyang Kretaseusnya yang hidup di laut, si Archelon, Carbonemys setidaknya masih bisa membanggakan dengan rahang kuatnya.
Yak, saking kuatnya, Carbonemys sangat mungkin jadi karnivora gan. Bahkan mangsanya bisa para buaya 1-2 meteran.emoticon-Takut (S)

5. Titanoboa
Spoiler for aktor tulen pelem Anaconda:


Ehm. Oke. Salah satu yang cukup terkenal nih.emoticon-Add Friend (S)
Di awal2 ane bilang beberapa kali kalo iklim di Paleogen itu anget. Nah, keangetan ini tentunya ngebuat hewan ektoterm kayak reptil darat, apalagi saat itu makhluk darat cuma tersisa beberapa persen aja, kembali nemuin sinarnya.emoticon-BeloSalah satunya ya si Carbonemys tadi yang bisa segede itu.emoticon-Amazed

Dan yang satu lainnya ini sinarnya terang banget. Be hold! Ular terbesar sepanjang sejarah, Titanoboa.emoticon-Belo



Lagi2 gk bosen2nya ane ngomong, rantai makanan yang sepi ditinggalin para dino ngebuat predator Paleogen jadi super dah gan.emoticon-BeloBersama Gigantophis yang hidupnya lebih belakangan, ular tipe constrictor (tukang lilit) jadi makmur nan obesitas di masa ini.
Cara makan sampe struktur tubuh Titanoboa 11 12 sama anakonda dan piton,.11 11,5 malah. Bedanya cuma ukuran yang bikin geleng2 kepala.emoticon-Amazed 13 meter! Mangsanya pun jadi beraneka banget, bahkan termasuk si Carbonemys.emoticon-Takut (S)

Ngelebihin limitemoticon-Nohope
Lanjutannya di bawah yak
si.matamalaikatdellesologypratamaazani
pratamaazani dan 31 lainnya memberi reputasi
32
16.7K
78
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.