nevertalkAvatar border
TS
nevertalk
Membongkar Mitos Pakai Handphone di SPBU Bikin Meledak


Nyaris di semua SPBU di Indonesia tertempel stiker handphone dicoret. Apa iya menggunakan handphone saat mengisi bahan bakar bisa menimbulkan ledakan?

Rasanya semua orang di Indonesia pernah melihat larangan tersebut di SPBU. Gambar handphone dicoret umumnya bersanding dengan larangan merokok dan juga larangan menggambil gambar menggunakan kamera yang dilengkapi flash.


Sudah terlanjur menjadi anggapan umum di publik, mengisi bahan bakar di SPBU bisa menimbulkan kebakaran atau ledakan. Di banyak forum internet, grup-grup whatsapp, sampai video yang beredar viral bagaimana kebakaran bisa disebabkan oleh penggunaan handphone di SPBU.

Katanya, ledakan bisa terjadi karena radiasi elektromagnetik. Mitos yang lain menyebut ledakan bisa terjadi karena baterai handphone memanas bisa memicu percikan api.

Padahal penelitian membuktikan tidak ada kaitan antara peggunaan handphone dengan ancaman kebakaran atau ledakan.

"Larangan mengaktifkan ponsel saat mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU bukan karena bisa meledak seperti yang dipikirkan," kata Peneliti utama Electromagnetic Design Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian LIPI, Harry Arjadi, dikutip dari halaman resmi LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).


Kemungkinan terjadinya ledakan sangat kecil, bahkan nyaris nol. Soalnya,, radiasi elektromagnetik yang ditimbulkan oleh telepon genggam sudah tercampur dan terurai dengan komponen di udara.

Lalu kenapa banyak SPBU melarang penggunakan handphone saat pengisian bahan bakar?



"Kerugian sebenarnya ada pada si konsumen pengguna telepon selular itu sendiri. Sebenarnya, larangan tersebut ditujukan untuk melindungi akurasi takaran mesin elektrik pompa BBM," jelasnya.

Gelombang elektromagnetik yang dikeluarkan oleh handphone dapat mempengaruhi kinerja mesin elektrik pompa BBM. Atas alasan yang sama, penggunaan hanphone dilarang di ruang ICU saat alat pacu-jantung tengah digunakan. Dikhawatirkan gelombang elektromagnet handphone bisa mengganggu ritme kerja alat pacu-jantung tersebut.

Bantahan terhadap mitos handphone bisa menyebabkan ledakan di SPBU juga dikuatkan oleh program MythBuster yang tayang di Discovery Channel.

Sementara situs hotcars menyebut larangan penggunaan handphone di SPBU sebenarnya demi masalah keamanan semata. Dikhawatirkan, pemilik kendaraan kehilangan konsentrasi saat mengisi bahan bakar sambil memakai handphon. Yang pada akhirnya berpotensi memunculkan kecelakaan.



https://oto.detik.com/rona-roda/d-48...13.1541780864

YANG GA BOLEH ITU MASUKIN KOREK API NYALA KE LUBANG TANGKI
Diubah oleh nevertalk 04-02-2020 05:40
strangekl
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 29 lainnya memberi reputasi
30
12.3K
135
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.