joko.win
TS
joko.win
Pengamat tak Habis Pikir Anies Habiskan 350 M Bebaskan Lahan di Kemang, Akan Sia-Sia!
Pengamat Kebijakan Publik, Agus Pambagio mengaku heran dengan kebijakan Gubernur Anies Baswedan membebaskan lahan di Jalan Kemang Timur, Jakarta Selatan yang bakal menghamburkan dana APBD DKI cukup besar mencapai 350 miliar.

"Ya sekarang kenapa harus ada pembebasan lahan dengan biaya yang cukup tinggi, kenapa tidak fokus saja dengan program normalisasi sungai karena di daerah tersebutkan ada sungai," kata Agus dalam keterangannya, Senin (3/2).

Baca Juga:

Pemprov DKI Jakarta Susun Pergub Perbolehkan PKL Jualan di Trotoar

Rencana pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) itu juga mendapat sorotan. Apakah memang sudah solusi terbaik atau harus ada studi terlebih dahulu sebelum mengambil sebuah kebijakan apalagi anggaran yang cukup besar.

"350 Miliar itu paling hanya untuk pembebasan lahan saja, belum lagi anggaran untuk pembangunan itu sendiri. Maka dari itu, lebih baik dilakukan studi dulu, kajian yang matang baru mengambil keputusan mana yang terbaik untuk penangan banjir ini," lanjut Agus.



Lahan di Jalan Kemang Timur V itu sudah ada di dataran yang cukup rendah dan sering langganan banjir akibat kali krukut disebelahnya sering meluap, sehingga tidak akan bisa menjadi area resapan ditambah di daerah tersebut merupakan daerah pemukiman yang padat penduduk.

Seharusnya, jika mau dibangun RTH lebih baik penyebaran di setiap daerah di Jakarta karena anggaran yang begitu besar itu lebih baik dialokasikan untuk beberapa titik dan distribusi merata.

"Saya jadi mempertanyakan apakah memang sudah ada studi yang mengkaji alternatif-alternatif untuk program penanganan banjir tersebut, jangan sampai mengambil keputusan kebijakan tetapi akhirnya tidak memberikan solusi," kata Agus.

Baca Juga:

PSI Soroti Kebijakan Pemprov DKI Legalkan PKL Jualan di Trotoar

Terakhir, Agus menengaskan untuk dibuat studi kajiannya agar bisa menjelaskan kenapa program itu dilakukan karena menurutnya lebih baik fokus untuk normalisasi sungai.


Seperti diketahui, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta telah melakukan pengukuran dan proses penilaian harga untuk pembebasan tanah lokasi eks lapangan golf driving range milik PT Viniland International Property seluas 2.4 ha senilai 350 Miliar. (Asp)

https://www.google.com/amp/s/merahpu...ahan-di-kemang
Diubah oleh joko.win 04-02-2020 01:49
riwidysebelahblog4iinch
4iinch dan 16 lainnya memberi reputasi
15
8.2K
97
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.