cintadine
TS
cintadine
5 Alasan Sebaiknya Agan Jangan Gonta Ganti Smartphone Terlalu Cepat, No 4 Masuk Akal
Berapa kali agan mengganti gadget atau smartphome agan dengan yang baru? Setahun sekali? Dua tahun sekali atau sangat sering hingga beberapa bulan sekali? Perkembangan teknologi dan industri smartphone memang cukup cepat dalam satu dekade belakangan ini. Dari waktu ke waktu para vendor smartphone dari seluruh dunia terus mengeluarkan produk terbarunya yang lebih canggih seiring harga komponen yang semakin murah. Contohnya dulu untuk mendapatkan spesifikasi seperti Samsung Galaxy S3 saja membutuhkan budget hingga lebih dari lima juta rupiah. Namun untuk sekarang spek seperti Galaxy S3 sudah merupakan smartphone kelas entry level.

Nah, kembali lagi ke pertanyaan di atas. Seberapa sering sih orang berganti smartphone? Sebenarnya ada alasan kenapa kita tidak perlu terlalu sering atau terlalu cepar berganti-ganti smartphone dan berikut adalah ulasan singkatnya.

1. Mengikuti Tren Terbaru Tidak Akan Ada Habisnya


Alasan yang pertama adalah tren smartphone tidak akan ada habisnya dan selalu ada yang terbaru dari waktu ke waktu bahkan dalam jarak yang cukup singkat. Apalagi untuk smartphone kelas entry level yang setiap serinya bisa muncul hanya dalam beberapa bulan sekali dan tidak sampai setahun. Bahkan untuk kelas flagship saja jika kita berganti device setahun sekali itu terlalu cepat. Seperti yang kita ketahui seri flagship baru biasanya keluar setahun sekali dan begitulah seterusnya.

2. Beli Smartphone Harus Secara Berjenjang

Yang dimaksud di sini adalah jika ingin membeli smartphone baru maka smartphone yang baru kelasnya harus berada di atas smartphone yang lama. Misalnya kita punya smartphone kelas low end maka usahakan jika beli yang baru kita membeli yang kelas mid end. Hal ini agar kita tidak stuck dan terus menerus membeli smartphone di kelas low end karena akan cepat bosan dan akan cepat menjadi "tidak layak". Jadi lebih baik bersabar untuk menabung dulu daripada gonta-ganti hape setiap bulan di kelas yang sama.

3. Selama Masih Bisa Digunakan, Kenapa Harus Ganti?

Ketika kita punya smartphone lama tapi masih bisa digunakan dengan baik dan masih support banyak aplikasi kenapa harus repot-repot ganti kan gan. Apakah hanya karena bosan kita mengganti smartphone kita? Atau karena alasan yang lebih masuk akal seperti sudah rusak, fungsinya sudah banyak yang minus atau terlalu usang seperti sudah banyak aplikasi yang tidak support maka itu bisa dimaklumi.

4. Bukan Reviewer
Seorang reviewer smartphone di Youtube sangat wajar jika mereka berganti-ganti smartphone tiap bulan atau bahkan setiap Minggu karena pekerjaan mereka adalah membeli dan mengulas smartphone keluaran terbaru dan mereka punya budget lebih serta bayaran yang banyak dari adsense. Mereka juga bertugas untuk memberikan informasi melalui ulasan kepada calon pembeli. Tak bijak rasanya kita sebagai user mereka meniru mereka dengan berganti-ganti smartphone terlalu sering. Ya kecuali kalau agan reviewer profesional juga. emoticon-Big Grin

5. Alasan-alasan Lainnya
Berbagai alasan lainnya adalah mulai dari ribet karena harus mentransfer data terlalu sering, lebih baik dana dipakai untuk keperluan yang lebih penting, hingga harus menentukan kapan kita sebaiknya ganti smartphone. Idealnya adalah dua atau tiga tahun sekali atau bahkan sampai smartphone benar-benar rusak dan tidak bisa digunakan.

Nah, segitu saja thread singkar dari ane gan. Menurut agan, berapa waktu sekali kita sebaiknya ganti smartphone? emoticon-Big Grin

Quote:

seabiscuitNadarNadztien212700
tien212700 dan 39 lainnya memberi reputasi
36
17.5K
208
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet
icon
10.7KThread8.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.