cintadine
TS
cintadine
Melihat Kembali Deretan Super Sentai Yang Pernah Tayang di TV Indonesia
Serial tokusatsu Jepang yang terkenal di Indonesia adalah series Kamen Rider dan Ultraman buatan Tsuburaya. Selain itu ada juga seri tokusatsu Super Sentai produksi Toei yang juga sangat populer meski di Indonesia kita lebih mengenal Power Rangers yang merupakan adaptasi versi Amerika. Super Sentai sendiri merupakan seri tokusatsu paling awet karena dari seri pertamanya sejak 1975 hingga sekarang Super Sentai tak pernah vakum seperti Kamer Rider atau Ultraman. Meski saat ini sudah ada lebih dari 40 seri Super Sentai, namun hanya ada beberapa saja yang pernah tayang di tv Indonesia karena kalah populer dari Power Rangers.


Nah, berikut ini adalah deretan series Super Sentai yang pernah tayang di tv Indonesia.

1. Kousoku Sentai Turboranger (RCTI)

Diketahui Super Sentai yang pertama beredar di Indonesia adalah Dao Sentai Goggle V yang beredar lewat media kaset betamax dan terkenal di kalangan anak-anak generasi 80an. Namun diketahui juga salah satu Sentai yang pertama kali tayang di tv adalah Kousoku Sentai Turboranger atau dengan lokalisasi judul Pasukan Turbo. Tayang di RCTI sekitar tahun 1994 setiap sore hari. Turboranger sendiri pertama kali tayang di Jepang pada 1989 dan merupakan seri Sentai pertama di era Heisei.

2. Gosei Sentai Dairanger (RCTI)

Dairanger adalah seriel Sentai ke 17 dan tayang pertama kali di Jepang pada 1993 namun baru tayang di Indonesia sekitar tahun 2001 dengan judul Star Ranger yang mana lagu pembukanya juga disulih menjadi Bahasa Indonesia. Dairanger ini menggunakan tema beladiri China di mana cara bertarung mereka juga mempunyai ciri khas yang kuat dan setiap anggota disimbolkan dari nama hewan seperti Naga dan Singa. Dairanger diadaptasi sebagai musim kedua Mighty Morphin Power Rangers produksi Saban. Oh iya, Dairanger dulu tayangnya di RCTI setiap Minggu pagi.

3. Ninja Sentai Kakuranger (RCTI)

Sama seperti Dairanger, Ninja Sentai Kakuranger juga pernah tayang di RCTI setiap Minggu pagi dengan judul Ninja Ranger. Kakuranger pertama tayang di Jepang pada 1994 dan merupakan Sentai pertama yang bertema ninja. Openingnya juga menggunakan Bahasa Indonesia saat tayang di RCTI dan anak-anak kelahiran 1990an saat itu gemar ikut bernyanyi saat Ninja Ranger acaranya mulai tayang. Seri ini juga diadaptasi sebagai musim ketiga dari Mighty Morphin Power Rangers.

4. Chouriki Sentai Ohranger (RCTI)

Merupakan seri Sentai ke 18 dan lagi-lagi RCTI yang menayangkannya di Indonesia sekitar tahun 2002 sedangkan di Jepangnya tayang pada 1995. Ohranger memiliki tema legenda Mesir kuno dan punya jalan cerita yang cukup seru. Ohranger diadaptasi menjadi Power Rangers Zeo oleh Saban dan menjadi seri keempat Power Rangers dan ceritanya masih berhubungan dari sebelumnya.

5. Gekisou Sentai Carranger (RCTI)

Nah, seri Sentai yang satu ini memiliki tema otomotif alias mobil-mobilan. Tayang di Jepang pertama kali pada 1996 dan di Indonesia ditayangkan oleh RCTI sekitar tahun 2003 dengan judul Car Ranger, judul yang tidak terlalu jauh berbeda, hanya palai spasi saja. Sedangkan untuk veri Saban serial ini diadaptasi menjadi Power Rangers Turbo yang tayang di Indosiar.

6. Denji Sentai Megaranger (RCTI)

Masih di RCTI dan tayang sekitar tahun 2004 dan sejauh ini menjadi Super Sentai yang terakhir tayang di RCTI. Bertema luar angkasa, Megaranger menjadi seri Sentai ke-21 dan rilis pertama kali di Jepang pada 1997. Ane dulu suka sama yang jadi Megapink alias Miku gan, soalnya cakep dan bening gitu emoticon-Big Grin. Nah, seri ini diadaptasi menjadi Power Rangers in Space yang lucunya tayang lebih dulu di Indosiar.

7. Chikyuu Sentai Fiveman (Indosiar)

Indosiar sekitar tahun 2001 memilih menayangkan seri Sentai yang lebih lawas yaitu Chikyuu Sentai Fiveman di mana seri ini merupakan seri Sentai ke 14 keluaran tahun 1990. Anggota Fiveman adalah lima kakak beradik berprofesi sebagai guru sekolah dan merangkap menjadi Fiveman untuk menumpas monster-monster jahat. Seri ini tidak diadaptasi oleh Saban.

8. Choujin Sentai Jetman (Indosiar)

Inilah seri yang sering disebut sebagai salah satu Sentai terbaik karena ceritanya cukup berat dan sedikit kelam, bahkan terbilang kurang ramah untuk anak-anak terutama pada plot persaingan antara Black Condor dan Red Hawk. Jetman sempat tayang di Indosiar. Seri ini menjadi seri yang terakhir yang tidak diadaptasi menjadi Power Rangers karena Sentai yang berikutnya, yaitu Zyuranger diangkat oleh Saban menjadi Mighty Morphin Power Rangers.

9. Seijuu Sentai Gingaman (Indosiar)

Pada 2006 Indosiar menayangkan Seijuu Sentai Gingaman dengan judul Cosmic Ranger. Sedangkan untuk versi Saban adalah Power Rangerd Lost Galaxy yang juga tayang lebih dulu di Indosiar. Beranggotakan lima muda-mudi yang bertugas untuk melindungi bumi.

10. Uchuu Sentai Kyuuranger (RTV)

Setelah sekian lama tidak ada Super Sentai yang tayang di Indonesia, akhirnya pada 2019 RTV berinisiatif menayangkan Super Sentai yang masih terhitung baru, yaitu Uchuu Sentai Kyuuranger yang bertemakan luar angkasa. Sentai yang satu ini suka main keroyokan gan, anggotanya berjumlah sembilan orang emoticon-Ngakak

Nah, ada yang kelewat enggak gan? emoticon-Big Grin

Quote:


lina.whnowbitoolwisudajuni
wisudajuni dan 35 lainnya memberi reputasi
34
22.5K
174
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Anime & Manga Haven
Anime & Manga Haven
icon
6.5KThread8.5KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.