News
Batal
KATEGORI
link has been copied
45
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5de260865cf6c427af629ecb/sri-mulyani-tak-nyangka-dana-bos-masih-bisa-dikorupsi
Sri Mulyani Tak Nyangka Dana BOS Masih Bisa Dikorupsi JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku tak mengira bisa terjadi korupsi dalam penyaluran dana bantuan operasional sekolah (BOS). Padahal, menurut dia sistem penyaluran dana tersebut sudah tepat sasaran dan diatur ketat. BOS merupakan program penyaluran dana bagi sekolah SD, SMP, hingga SMA/SMK baik negeri maupun swasta di selu
Lapor Hansip
30-11-2019 19:28

Sri Mulyani Tak Nyangka Dana BOS Masih Bisa Dikorupsi

Sri Mulyani Tak Nyangka Dana BOS Masih Bisa Dikorupsi

Sri Mulyani Tak Nyangka Dana BOS Masih Bisa Dikorupsi

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku tak mengira bisa terjadi korupsi dalam penyaluran dana bantuan operasional sekolah (BOS). Padahal, menurut dia sistem penyaluran dana tersebut sudah tepat sasaran dan diatur ketat.

BOS merupakan program penyaluran dana bagi sekolah SD, SMP, hingga SMA/SMK baik negeri maupun swasta di seluruh provinsi di Indonesia. Besaran biaya satuan BOS yang diterima dihitung berdasarkan jumlah siswa di sekolah tersebut.

"Sekolah diberi BOS, itu dari pemerintah pusat diberikan ke APBD dan langsung ke sekolah by name, by address. Tadinya saya pikir di situ enggak mungkin ada korupsi, ternyata tetap ada korupsi," ujar Sri Mulyani dalam Konferensi Pendidikan Indonesia di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Sabtu (30/11/2019).

Bendahara Umum Negara tersebut menjelaskan, tiap tahunnya pemerintah menganggarkan 20% dari alokasi belanja negara dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk pendidikan. Tahun ini saja anggarannya sebesar Rp492,5 triliun.

Sri Mulyani Tak Nyangka Dana BOS Masih Bisa Dikorupsi

Anggaran pendidikan itu dialokasikan melalui APBD untuk kebutuhan gaji guru, tunjangan profesi guru, sertifikasi guru, serta BOS. Di mana sebesar Rp200 triliun anggaran tersebut sudah terpakai untuk gaji guru saja.

Terkait dana BOS, lanjut Sri Mulyani, umumnya korupsi terjadi karena adanya permintaan pembagian dana tersebut dari oknum yang bertugas menyalurkan dana BOS. "By name by address, tapi sampai di-address diminta sama yang di atas. 'Kamu kan udah terima, minta dong setorannya' itu yang terjadi kayak begitu (korupsi)," katanya.

Sekedar diketahui, alokasi anggaran pendidikan dalam lima tahun terakhir terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2015, pemerintah mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar Rp390,3 triliun, 2016 sebesar Rp370,8 triliun, 2017 menjadi sebesar Rp406 triliun, 2018 menjadi Rp435 triliun, 2019 sebesar Rp492,5 triliun, serta di tahun 2020 menjadi Rp508 triliun.

Sumber : okezone
profile-picture
profile-picture
4iinch dan sebelahblog memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 3
Sri Mulyani Tak Nyangka Dana BOS Masih Bisa Dikorupsi
31-01-2020 14:57
sedikit ane ingin kasih tau berapa dan gimana dan untuk apa dana BOS itu gan

Besaran Dana BOS per-tahunnya itu =
SD : 800.000 x jumlah siswa
SMP-SMA-SMK : 1.000.000 x jumlah siswa

Penyalurannya sendiri terbagi menjadi 4 termin (4 triwulan)
1 Triwulan = 3 bulan
Triwulan I : Jan s.d Maret
Triwulan II : April s.d. Juni
Triwulan III : Juli s.d. September
Triwulan IV : Oktober s.d. Desember

Untuk Alokasi rutin penganggarannya
Triwulan I : 20% (dr jumlah total dana BOS per-tahun)
Triwulan II : 40%
Triwulan III : 20%
Triwulan IV : 20%

Penggunaan BOS itu sendiri sudah diatur penggunaannya yang tertuang di dalam juknis BOS.
Adapun rincian penggunaannya adalah :
1. Belanja pegawai (gaji guru honorer/gtt/ptt) di SD negeri maksimal 15% dan SD swasta maksimal 50% dari jumlah dana bos tiap tahun.
2. Belanja modal/aset 20% yang disalurkan di triwulan II + anggaran rutin 20%, yang digunakan untuk belanja buku-buku teks wajib, buku pendamping, media pembelajaran, alat peraga dan sebagainya.
3. Belanja Jasa dan Kantor (ini belanja2 rutin kegiatan di sekolah gan)

Kalo di daerah ane, yg jadi permasalahan dana BOS itu waktu penyalurannya.
Penyaluran dana BOS di daerah ane ini sering mengalami keterlambatan.
Dana BOS baru masuk transfer ke lembaga sekolah biasanya di akhir2 triwulan.
Bulan maret, bulan juni, september, desember.. bahkan sudah mendekati tanggal2 akhir bulannya.
sementara selama kurun waktu tiap triwulan tsb itu banyak sekali kegiatan2 yang menyerap anggaran yang besar.
contoh...
yang pasti rutin dan wajib dibayarkan = GAJI PEGAWAI GURU HONORER/PTT/PUSTAKAWAN
belum lagi kebutuhan2 rutin seperti belanja ATK, pemeliharaan kantor, penerimaan peserta didik baru, Ujian-ujian, ekstrakurikuler dan masih banyak kegiatan2 lain yang menyerap anggaran sangat-sangat tidak sedikit.

Tidak sedikit (bahkan hampir seluruh sekolah2 SD negeri di daerah ane) mengalami minus jutaan hingga puluhan juta buat mencukupi keuangan tsb.
lembaga sekolah pun harus pontang-panting nyari utangan kesana-kemari.
Bahkan, Pembayaran gaji guru honorer pun tersendat terpaksa dibayarkan hanya tiap 3 bulan sekali, yang notabene gaji mereka hanya kisaran 150-200rb/bulannya (miris.)

Yang timbul dibenak saya sampe detik ini...
Sebenernya penyaluran dana BOS mulai dr tingkat birokrasi paling tinggi (pusat), sampai ke paling bawah (lembaga2 sekolah) itu apa memang mengalami keterlambatan seperti itu.? ato keterlambatan nya ada di birokrasi tingkat daerah.?
0 0
0
Sri Mulyani Tak Nyangka Dana BOS Masih Bisa Dikorupsi
31-01-2020 19:51
kalo ane sih bilang masih bisa lah bu selama yg dikorupsi itu bentuknya uang. nih kudu dicari nih yg doyan korupsi siapa trus dihukum yg berat ya bu
0 0
0
Halaman 3 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia