provokatorbpAvatar border
TS
provokatorbp
Hoaks Presiden China Umumkan Virus Corona Jadi Epidemi dan Memohon Doa Umat Islam


Media Aljazeera (Al Jazeera) diklaim sebagai pihak yang mengabarkan bahwa Xi Jinping memohon agar umat Islam mendoakan China.

Pencarian dengan kata kunci, "al jazeera, china president, coronavirus" di Google Search tidak mengarah ke klaim yang disebutkan akun Facebook Muhsin Labib dan disebarkan akun Facebook bernama Navias Tanjung.

Salah satu hasil pencarian mengarah pada artikel berjudul, China cracks down on wildlife trade amid coronavirus outbreak yang dimuat situs Al Jazeera pada 26 Januari 2020.

Berikut isi artikel tersebut:

The rising death toll and increasingly rapid spread of the new coronavirus has prompted China's President Xi Jinping to declare the outbreak a "grave" situation.

He has also said public safety is the government's top priority.

This comes as more cities lock down public transportation.

Al Jazeera's Scott Heidler reports from Beijing.

Dalam artikel tersebut disebutkan, meningkatnya korban jiwa dan kian cepatnya penyebaran virus korona baru mendorong Presiden China Xi Jinping untuk menyatakan wabah itu sebagai situasi "serius".

Ia juga mengatakan, keselamatan publik menjadi prioritas utama pemerintah.

Pernyataan Xi Jinping mengenai virus korona Wuhan atau novel coronavirus (2019-nCoV) juga dikabarkan dalam video Sky News berikut ini:

Situs Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebut, pada 31 Desember 2019, WHO mendapat laporan mengenai kasus pneumonia di kota Wuhan, Provinsi Hubei China. Dan, pada 7 Januari 2020, aparat berwenang Tiongkok mengonfirmasi telah mengindentifikasi virus corona baru yang untuk sementara disebut 2019-nCoV.

Foto yang Tak Terkait Konteks

Hasil penelusuran Cek fakta Liputan6.com lebih lanjut juga menemukan fakta bahwa foto yang digunakan dalam klaim tersebut sama sekali tak terkait dengan mewabahnya virus korona Wuhan.

Hasil pencarian menggunakan Google Reverse Images mengarah pada pemberitaan sejumlah media yang memajang foto yang sama.



[Cek Fakta] Presiden China Umumkan Virus Corona Sudah Jadi Epidemi dan Minta Doa Umat Islam? (Google Reverse Images)

Salah satunya adalah situs news.cgtn.com dalam artikel berjudul Highlights of Xi's speech at conference marking 40th anniversary of reform and opening-up yang dipublikasikan pada 21 Desember 2018.

"President Xi addresses the celebration of the 40th anniversary of China's reform and opening-up. /CGTN screenshot," demikian keterangan foto tersebut.

Foto itu menggambarkan Presiden China Xi Jinping berpidato dalam peringatan ke-40 reformasi dan keterbukaan China.

Kesimpulan Klaim

Klaim yang disebutkan akun Facebook Muhsin Labib dan disebarkan akun Facebook bernama Navias Tanjung sama sekali tidak berdasar.

Wabah virus corona Wuhan telah terjadi dan dilaporkan ke WHO jauh sebelum pernyataan Xi Jinping. Dan tak ada bukti yang mendukung klaim Presiden China tersebut memohon agar umat Islam mendoakan China.

https://www.liputan6.com/cek-fakta/r...doa-umat-islam
serapionleo
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 8 lainnya memberi reputasi
5
3.5K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.