Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
93
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e269162b41d3045503cc8c2/makan-sebelum-lapar-berhenti-sebelum-kenyang
Ungkapan “makan sebelum lapar, berhenti sebelum kenyang” telah menjadi fenomena dalam lingkungan muslim. Saya katakan ungkapan, karena bila dikatakan hadits, hadits ini adalah dhaif atau palsu menurut beberapa kalangan yang ahli di bidangnya.
Lapor Hansip
21-01-2020 12:51

Makan Sebelum Lapar, Berhenti Sebelum Kenyang

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Makan Sebelum Lapar, Berhenti Sebelum Kenyang
sumber ilustrasi
    
Ungkapan “makan sebelum lapar, berhenti sebelum kenyang” telah menjadi fenomena dalam lingkungan muslim. Saya katakan ungkapan, karena bila dikatakan hadits, hadits ini adalah dhaif atau palsu menurut beberapa kalangan yang ahli di bidangnya. Tapi saya tidak ingin membahas peroalan hadits. Saya hanya ingin mengemukakan betapa makna ungkapan ini begitu berarti bagi kemaslahatan kita.

Mari kita simak makna kalimat pertama; makan sebelum lapar (ketika jadwal perut harus diisi atau 3 kali sehari). Apa jadinya kalau kita makan setelah lapar?

Ada beberapa efek samping kalau kita makan setelah lapar.

1.Nafsu

Nafsu orang yang kelaparan tentu berbeda dengan orang yang belum lapar. Apa saja tiba-tiba terpikir nikmat. Bahkan saat perut lapar, yakinlah emosi meningkat. Misalnya ingin makanan cepat terhidang di meja makan. Ingin mendapat jatah lebih. Intinya, orang lapar terkadang akan kehilangan akal sehat. Ketika sedang lapar “hukum rimba” sepertinya akan terjadi, siapa yang kuat dia yang dapat makanan lebih banyak. Mungkin kamu pernah mengalami emosi labil ini ketika buka puasa di restoran.

2.Lapar mata

Yakinlah, bahwa saat kita lapar, maka bukan hanya perut, mata juga ikutan lapar. Pokoknya apa yang kita lihat dapat menimbulkan selera, langsung dibeli. Ingatlah ketika saat berpuasa, mata lapar akan membuat kita membeli apa saja. Bahkan saking penuhnya makanan di meja, tak ada lagi yang namanya ruang kosong. Tapi apa yang terjadi ketika kita sudah buka, paling-paling kita hanya kuat memakan beberapa jenis makanan, selebihnya kita menyerah.

3.Gemuk

Saat kita makan setelah lapar, yang terjadi daya kontrol kita akan berkurang. Akhirnya jatah sepiring, membuat kita bisa menghabiskan dua atau tiga piring nasi. Program diet tak terkontrol. Awas, resiko penyakit gula darah mulai mengintai.

4.Sakit maag
Bila kamu terus-terusan selalu makan setelah lapar sekali (kecuali sedang puasa) karena terlalu asyik mengurusi carut-marut pekerjaan, selain perut kembung, waspadalah sakit maag akan mengintai.

Lalu, efek samping apa pula kalau kita belum berhenti makan setelah kenyang?

1.Malas

Rasa malas dan mengantuk akan muncul ketika kita makan terlalu kenyang. Aktivitas berikutnya tak jarang akan kita lakukan dengan tidak maksimal. Padahal apakah kita tahu guna makan itu adalah agar membuat tubuh kita tegak alias tidak lesu untuk melaksanakan ibadah (karena aktivitas hidup juga ibadah). Alih-alih akan mencharge semangat, makan karena kenyang malahan membuat kita lesu.

2.Selera

Kata orang Palembang, kalau makan itu jangan sampai malak atau bosan. Jadi ketika kita belum kenyang, tapi sudah berhenti makan, secara tak langsung kita tetap merawat selera makan kita. Bagaimana kalau kita kekenyangan, maka yakinlah ketika tiba waktu makan berikutnya, kita akan bosan untuk memakan makanan yang setipe. Akhirnya kita harus mencari makanan baru yang sesuai selera. Coba saja kalau kita berhenti sebelum kenyang. Meski menunya itu-itu juga, kita tetap akan dapat menikmatinya karena makan sebelumnya kita tak kekenyangan saat menikmatinya.

3.Perut buncit

Bila kita baru berhenti makan setelah kenyang, dan dilakukan secara terus-menerus, tentulah perut kita lambat laun berubah , karena dia memosisikan diri sesuai porsi yang kita makan. Lingkar perut normal untuk wanita Asia batasannya 80 cm dan pria 90 cm. Waspadalah bila lingkar perut kamu melewati batasan itu, karena penyakit akn mengintai.

Menurut doktersehat, makan kekenyangan itu beresiko karena akan menyebabkan; obesitas, mengantuk, bersendawa terus-terusan, nyeri sendi, perut terasa panas, gangguan mental, mengganggu kondisi organ lain, memeranguhi jam tidur, dan memperlambat proses pencernaan.

Jadi memang sebaiknya kita makan sebelum lapar (makan terjadwal), dan berhenti sebelum kenyang. Salam…

Sumber : dari berbagai sumber


Diubah oleh RifanNazhif
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lina.wh dan 16 lainnya memberi reputasi
17
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 4
Makan Sebelum Lapar, Berhenti Sebelum Kenyang
29-01-2020 21:34
waduuhhh kalo ane makan pas udah laper banget, berhenti juga pas udah kenyang bangetemoticon-Frown
0 0
0
Makan Sebelum Lapar, Berhenti Sebelum Kenyang
29-01-2020 21:34
Quote:Original Posted By kecatriatamvan
Makan Sebelum Lapar, Berhenti Sebelum Kenyang
Makan bang emoticon-Toast


Laahh enakk tuh bang kue pancong keju susu setengah mateng, minumnua ovaltine susu wkwkwkwk
0 0
0
Makan Sebelum Lapar, Berhenti Sebelum Kenyang
29-01-2020 21:39
aasiaaap gaan, kalo kekenyangan juga bikin perut begah sakit
0 0
0
Makan Sebelum Lapar, Berhenti Sebelum Kenyang
29-01-2020 21:50
Dan sesuatu yg berlebiha itu tidak baik
0 0
0
Makan Sebelum Lapar, Berhenti Sebelum Kenyang
29-01-2020 23:08
Setuju sih gan, tapi agak sulit juga diterapkan kalo emang udah ada jadwal fix tiap harinya kaya kerja atau bahkan kalo lagi di jalan sih menurut ane
0 0
0
Makan Sebelum Lapar, Berhenti Sebelum Kenyang
30-01-2020 00:40
ane sengaja nunggu laper dulu br makan. nikmat bree.. badan gak naik2 bree..
0 0
0
Makan Sebelum Lapar, Berhenti Sebelum Kenyang
30-01-2020 03:29
Ane paling gabisa nahan lapar mata sama nafsu ahahaha😭😭😭 makanya ane ga kurus kurus nih🙂🙂
0 0
0
Makan Sebelum Lapar, Berhenti Sebelum Kenyang
30-01-2020 03:30
Tapi ane udah berusaha sih makan berhenti sebelum kenyang... cuma masih sering kebablasan aja sampe kekenyangan wkekek😭😅😅
0 0
0
Makan Sebelum Lapar, Berhenti Sebelum Kenyang
30-01-2020 03:31


Quote:Original Posted By go2alpa
ane sengaja nunggu laper dulu br makan. nikmat bree.. badan gak naik2 bree..


Kuat jugaaa ya gaaan ente kalo begitu kalo lihat makanan menggodaa. Ane sering bangeet belum laper tapi udah kegoda sampe makanan yang keliatan enak dan menarik huhu.
0 0
0
Makan Sebelum Lapar, Berhenti Sebelum Kenyang
30-01-2020 14:37
wahh bener banget nih laper mata sama nafsu makan yang membuat kita gabisa mengkontrol apa saja yang kita makan
0 0
0
Makan Sebelum Lapar, Berhenti Sebelum Kenyang
30-01-2020 14:37
Quote:Original Posted By deejren29
Kuat jugaaa ya gaaan ente kalo begitu kalo lihat makanan menggodaa. Ane sering bangeet belum laper tapi udah kegoda sampe makanan yang keliatan enak dan menarik huhu.


Rasanya pengen makan terus ya gan?? Wkwk
profile-picture
RifanNazhif memberi reputasi
1 0
1
Makan Sebelum Lapar, Berhenti Sebelum Kenyang
30-01-2020 14:38
btw makasih infonya gan jadi makin wajib ngetatin rasa kenyang dan lapar wkwk
profile-picture
RifanNazhif memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Makan Sebelum Lapar, Berhenti Sebelum Kenyang
30-01-2020 16:28
Ini prinsip makan yang sangat relevan nih dan baik buat kesehatan
0 0
0
Makan Sebelum Lapar, Berhenti Sebelum Kenyang
30-01-2020 19:41
Setuju dengan yang satu ini, pernah ane makan dalam kondisi yang sangat laper karena udah lewat beberapa jam dari jadwal makan, dan hasilnya porsi makan bertambah banyak dan itupun masih ditambah dengan beberapa camilan, baru ngerasa kenyang.
0 0
0
Makan Sebelum Lapar, Berhenti Sebelum Kenyang
30-01-2020 23:43
wkwkwkw waduhh kalo ane kebalikannya, makan sesudah laper berhenti sesudah kenyang.
profile-picture
RifanNazhif memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Makan Sebelum Lapar, Berhenti Sebelum Kenyang
31-01-2020 17:53


Quote:Original Posted By harbingert
Rasanya pengen makan terus ya gan?? Wkwk


Iya gaaan asliii gaada remnha nih nafsu ane ke makanan wkwkwk pusing.
0 0
0
Makan Sebelum Lapar, Berhenti Sebelum Kenyang
04-02-2020 16:35
Quote:Original Posted By RifanNazhif
Maksud ungkapan itu mungkin ketika jadwal makan sudah tiba, jangan tunggu lapar dulu baru makan. Karena resiko tunggu lapar dulu, laparnya itu sudah masuk angin, dan kalau keterusan bisa maag. Mungkin sih, heee.


Ohhh iyaa bener jugaa gan wkwkkwk tp ane kadang laper ga laper langsung makan aja kok hahahaha
0 0
0
Halaman 4 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia