ajiqueenAvatar border
TS
ajiqueen
Kuliner Durian Bakar yang Siap Menggoyang Lidah, Sungguh Menggiurkan!
sumber gambar

Asaalamualaikum... Semoga kita selalu berada di dalam lindunganNya.

Wonosalam berasal dari kata Wono yang berarti hutan, dan Salam yang berarti selamat. Wonosalam merupakan salah satu desa yang berada di daerah Jawa Timur. Kearifan lokal yang beraneka ragam, tak terkecuali dengan bermacam-macam buah yang di hasilkan di daerah tersebut.

Berbagai macam tanaman yang dapat di hasilkan oleh daerah ini, tidak lain adalah kopi, cengkeh, coklat, durian, dan masih banyak yang lainnya. Kenapa saya bisa tau? Karena saya merupakan orang asli dari Wonosalam, hehehe

Durian. Ada banyak rasa yang dapat dihasilkan dari buah ini. Ada yang berasa manis, manis pahit dan rasa-rasa yang lain yang perlu Agan Sista coba. Buah ini sangatlah mudah untuk di kenali oleh banyak masyarakat. Dari kulitnya yang berduri sangat tajam, baunya yang sangat menyengat, rasanya yang sangatlah berbeda, serta efek samping yang juga bisa di timbulkan jika terlalu banyak mengkomsumsi buah ini.

Banyak orang yang memakan langsung buah durian ini, tapi tak sedikit juga orang yang mengolah buah ini menjadi kolak. Terlebih lagi bagi masyarakat daerah Wonosalam sendiri. Namun, kali ini ada olahan berbeda yang akan di hasilkan oleh salah seorang warga Wonosalam. Tepatnya berada di Dusun Sumber, Desa Wonosalam.

Durian ini tidaklah di makan secara langsung, ataupun di buat olahan kolak durian. Tapi, durian itu dibakar terlebih dahulu sebelum di makan. Penasaran kan cara buatnya bagaimana? Agan Ts juga belum pernah coba buat sih.

Tapi di lansir dari mbah google, cara membuat Durian Bakar ini yaitu dengan membakar durian beserta kulitnya di atas arang dengan menggunakan alat pembakar daging ( bisa menggunakan pembakar daging sate ). Setelah di bakar, durian tersebut di berikan toping ketan putih, ketan hitam serta kelapa Muda, ditambah lagi potongan buah naga, buah jeruk, dan daun mint.

Wadahnya pun tidak di suguhkan menggunakan mangkok biasa loh, melainkan menggunakan kulit durian yang di rangkai seperti mangkok, sehingga nuansa durian masih tetap tercium dan terasa.

Untuk biaya? Tenang saja, biaya yang di keluarkan tidak sampai menguras kantong kok. Hanya cukup menghabiskan uang sebesar 25k saja, kalian bisa melahap habis durian bakar tersebut. Ngomong-ngomong, harga sesuai dengan besarnya durian ya, semakin besar durian, maka harga yang di keluarkan pun juga semakin besar.

Agan penasaran? Yuk capcus berangkat ke Jawa Timur, tepatnya di Dusun Wonosalam, Desa. Wonosalam, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang. Sampai jumpa di thread aku yang lain, see you again. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


emoticon-Kissemoticon-Jempolemoticon-Angel
Diubah oleh ajiqueen 28-01-2020 14:22
ceuhetty
nurulnadlifa
nona212
nona212 dan 19 lainnya memberi reputasi
18
2.1K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread12.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.