Kkunyuk
TS
Kkunyuk
Diusir, Ternyata Ada 15 Turis Muslim China Yg Ingin Rasakan Nuansa Religius Sumbar



Subuh tadi, saya dibangunkan oleh suara azan yang sempurna. “Inilah suara azan paling lega yang pernah saya dengar,” ujar Xing, 39 tahun satu dari 15 muslim di rombongan turis Kunming China dengan flight langsug ke BIM Sumbar, Senin 27/1.

Datang di saat yang tidak tepat kala virus corona merebak di Wuhan, sekalipun rombongan sudah melewati pemeriksaan berstandar WHO saat keberamgkatan hingga kedatangan, disambut karena kebetulan oleh Gubernur Sumbar Irwan Pryitno, dijamu Wako Pariaman Genius Umar.

Tapi apalah daya, di bagian lain Sumatera Barat turis itu ditolak, didemo pula, di Bukittingi mereka dilarang keluar hotel. Tanah Datar malah membatalkan kehadiran mereka.

Padahal 15 turis satu akidah dengan masyarakat Sumbar yang mayoritas Islam, hanya rindu dengan saudara se imannya di sini.

Mungkin mereka datang khusus ke Sumbar untuk berwisata sekaligus ingin melihat langsung suasana reliigius Sunbar yang terkenal itu.

“Kami datang karena rindu pada saudara sesama muslim di Indonesia. Kami mendengar nama negeri ini sejak pandai mengaji duli. Ada saudara kami di sebelah laut, pemeluk Islam yang taat. Akan kuceritakan pada ibu dan nenek nanti di rumah,”ujar Xing lewat penterjemah, Senin 27/1 di sela-sela makan malam di Padang.



Meski jauh di Kuming China ternyata di daerah itu banyak juga beragama Islam dan hidup juga toleran dengan penganut agama lain.

15 turis muslim dan muslimah di rombongan itu ternyata orang berada juga di Kuming. Mereka biasanya suka berwisata  ke negara-negara Islam, jika tak ke negeri-negeri Magribi ya ke Indonesia.

“Pak, pak jangan lupa berhenti, saya mau jamak,” kata si turis ditranslet oleh Robin, Guide rombongan, bus berhenti, ia pun bergegas menunaikan shalat.

“Doanya apa tadi?,” tanya pemandu wisata. “Doa agar bisa melihat negeri-negeri orang,”ujar Xing.

Robin sang Guide mengatakan kalau rombongan turis Kunming ke Sumbar kalangan berada, bahkan di daerah asalnya termasuk warga kelas atas. Jadi paket yang mereka pilih pun yang destinasinya lebih banyak.

“Karena turis muslim itu benar-benar penasaran dengan kehidupan warga muslim di Indonesia atau Sumbar, seperti apa, apakah sama dengan mereka di China,”ujar Robin.

Malah, meski tidak banyak destinasi dikunjungi, respon mereka sangat bagus untuk Sumbar ini  apalagi saat melihat begitu banyak saudara muslimnya yang taat sekali dalam beragama.

“Soal makanan mereka melihat unik dan enak, terutama rendang padang,”ujar Robin.
Sedangkan untuk kunjungan ke Masjid Raya mamang mengundang antusias turis muslim di rombongan itu.


“Rencana ada dan pastinya kita akan berikan waktu buat wisatawan muslim kita untuk menjalankan sholat di Masjid Raya, masjid terbesar di Sumbar ini,”ujar Robin

Ukhuwah

Islamiyah

Nah sekarang antum sekalian sdh bisa merasakan sendiri kan indahnya suasana religius di sana ya akhi China ya ukhti China

Ngoa hak hak hak emoticon-Wakaka

Nanti kalau mau mereka mau sholat tolong didemo ditolak takutnya menyebarkan virus corona, jngn lupa tadi sholat dimana karpetnya dicuci pk alkohol ya akhi ya ukhti

 

emoticon-Christmas
sebelahblog4iinchbukan.bomat
bukan.bomat dan 28 lainnya memberi reputasi
27
6.6K
122
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.