hansiphoax
TS
hansiphoax
Penumpang Meninggal di Bandara Soetta Dikabarkan karena Virus Corona? Ini Faktanya!
Quote:


Virus corona yang berasal dari kota Wuhan, China, kini semakin menjalar ke berbagai negara lainnya. Melansir dari situs Kompas.com, hingga Selasa, 28 Januari 2020 pukul 10:25 WIB telah terdapat 16 negara yang mengonfirmasi terinfeksi virus corona. Hingga artikel ini ditulis, total sudah ada 106 orang yang meninggal akibat terdampak virus tersebut.

Hingga saat ini, Indonesia memang tidak terkonfirmasi menjadi salah satu negara yang terinfeksi virus corona. Namun, sebuah narasi berkembang di media sosial jika ada penumpang yang meninggal di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta akibat virus corona. Informasi tersebut berawal dari tangkapan layar sebuah pesan WhatsApp yang berbunyi, “Virus Corona udah sampe T3 Inter, be safe guys.”


Dalam tangkapan layar tersebut terdapat sejumlah foto-foto yang memperlihatkan sejumlah pria berompi kuning yang sedang mengerumuni sesuatu di pintu masuk sebuah pesawat. Adapun foto lainnya memperlihatkan sejumlah wanita berseragam pramugari sebuah maskapai penerbangan yang sedang berjongkok mengerumuni seseorang berpakaian kuning.


Foto-foto tersebut pun dibagikan oleh akun Twitter bernama @FaniFiola pada Senin, 27 Januari 2020. Akun ini juga menyisipkan caption yang berbunyi, “Serius kagak sih di T3. Aku di domestik T3 GA aman aja sih #INA_CoronaVirusAlert.

Narasi tersebut lantas menjadi polemik warganet, lantas bagaimana kebenaran informasinya?

PEMERIKSAAN FAKTA

Melansir dari Tempo.co yang mengutip Kompas.com, didapatkan sebuah konfirmasi dari Senior Manager of Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta PT Angkasa Pura II, Febri Toga Simatupang, membantah bahwa foto-foto yang beredar itu merupakan foto-foto penumpang yang terkena virus corona.

Pada Minggu, 26 Januari 2020 lalu Fevri menuturkan memang ada penumpang yang meninggal di Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno-Hatta. Namun, penyebab dari penumpang yang meninggal tersebut bukanlah karena virus corona, akan tetapi karena gagal jantung.

Diketahui jika penumpang yang meninggal tersebut berinisial RR dan berumur 76 tahun. RR merupakan eks penumpang pesawat Garuda Indonesia GA-79 rute Bandar Lampung-Jakarta. Penumpang asal Lampung tersebut akan melanjutkan perjalanan ke Jeddah, Arab Saudi menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines SV-823. Namun, saat ingin menuju boarding lounge Gate 2 bersama keluarganya, penumpang tersebut lemas dan terjatuh di depan eskalator hingga tak sadarkan diri.

Berdasarkan hasil koordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Soekarno-Hatta, dinyatakan jika penumpang yang telah lanjut usia tersebut meninggal karena gagal jantung. Bukan karena penyakit menular, apalagi karena virus corona.

KESIMPULAN

Berdasarkan fakta-fakta yang dikumpulkan Hansip Hoax tersebut, dapat disimpulkan bahwa foto-foto unggahan yang beredar di media sosial dengan narasi bahwa ada penumpang yang meninggal di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta karena virus corona adalah informasi yang salah alias hoax. Fakta sebenarnya adalah penumpang yang telah lanjut usia tersebut meninggal karena gagal jantung.

Sebarkan ya informasi dan klarifikasi ini ke rekan dan keluarga kalian agar terhindar dari hoax yang menyesatkan.

SUMBER



Diubah oleh hansiphoax 28-01-2020 08:41
sebelahblog4iinchjunleon
junleon dan 47 lainnya memberi reputasi
46
19.5K
164
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.