• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ummahatul Mukminin (Para Istri Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam)

wildanhaAvatar border
TS
wildanha
Ummahatul Mukminin (Para Istri Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam)

Sumber Gambar: muslim.okezone.com


Ummahatul Mukminin (Para Istri Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam adalah manusia mulia yang menjadi teladan bagi umat muslim di bumi.

Beliau dianugerahi usia oleh Allah selama 63 tahun. Lahir dengan status yatim dan menjadi yatim piatu pada usia 8 tahun, Muhammad kecil tidak kekurangan kasih sayang dalam didikan kakek dan pamannya. Sebagaimana dengan kebiasaan pada masa itu, anak kecil diajari untuk menggembalakan hewan ternak dan diikutkan dalam kegiatan berdagang sejak kecil.

Dalam berbagai kisah biografi Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam yang pernah dituliskan, diketahui bahwa Muhammad menikah pertama pada usia 25 tahun. Berikut adalah nama-nama istri Muhammad beserta urutannya.

1. Khadijah binti Khuwailid al-Quraisyiah al-Asadiyah
Istri beliau yang pertama dan dinikahi sebelum kenabian. Pada waktu itu umurnya sudah 40 tahun, sedangkan Rasulullah berumur 25 tahun. Rasulullah tidak menikah lagi sampai Khadijah meninggal. Semua keturunan Rasulullah berasal dari Khadijah, kecuali Ibrahim. Khadijah yang menguatkan diri Nabi SAW. Dalam menerima kenabian, berjuang bersama beliau dan membantu beliau dengan harta dan jiwa. Allah dan malaikat Jibril mengirim salam kepadanya. Ini adalah kekhususan yang tidak dimiliki wanita lain. Khadijah sendiri meninggal tiga tahun sebelum hijrah.

2. Saudah binti Zam'ah al-Quraisyiah
Beberapa hari setelah Khadijah meninggal, Rasulullah menikah lagi. Dia adalah salah satu istri Rasulullah yang memberikan jatah gilirannya kepada Aisyah.

3. Ummu Abdillah, Aisyah binti Abu Bakar ash-Shiddiq
Dia adalah wanita yang terbebas dari tuduhan langsung dari langit ketujuh. Kekasih Rasulullah adalah Aisyah binti Abu Bakar. Allah sendiri yang menunjukkan Aisyah kepada Nabi SAW. Untuk dinikahia. Dia berfirman, "Ini adalah istrimu." Rasulullah menikah dengan Aisyah pada bulan Syawal. Waktu itu usia Aisyah 6 tahun. Kemudian Rasulullah berumah tangga dengan Aisyah pada saat usianya 9 tahun.

Aisyah adalah istri Rasulullah yang paling berilmu dan paham agama. Bahkan, tidak bisa dipungkiri bahwa Aisyah paling paham agama di antara seluruh wanita umat Islam. Hal ini terbukti bahwa para pembesar sahabat selalu meminta fatwa darinya.

4. Hafshah binti Umar bin Khaththab
Abu Dawud menyebutkan bahwa beliau menceraikannya, kemudian merujuknya.

5. Zainab binti Khuzaimah bin Harits al-Qaisiyah
Dia adalah keturunan Hilal bin Amir. Ia meninggal di sisi Nabis SAW. Setelah berumah tangga dengan beliau selama dua bulan.

6. Ummu Salamah, Hindun binti Abu Umayyah al-Quraisyiah al-Makhzumiyah
Nam asli Abu Umayyah sendiri adalah Huzaifah bin Mugirah. Ummu Salamah adalah istri Nabi SAW yang paling terakhir wafatnya.

7. Zainab binti Jahsy
Dia dari keturunan Bani Asad bin Huzaimah. Zainab sendiri meninggal pada awal kepemimpinan Umar bin Khaththab.

8. Juwariyah binti Harits bin Abi Dhirar al-Musthaliqiyah
Pada mulanya dia adalah tawanan Perang Bani Musthaliq. Kemudian dia mendatangi Nabi SAW. Atas nama 90 tawanan lainnya yang menjadi budak untuk dimerdekakan. Rasulullah pun memenuhi keinginannya dan menikahinya.

9. Ummu Habibah, Ramlah binti Abu Sufyan Shahr bin Harab al-Quraisyiah al-Umawiyyah.
Ada pendapat lain yang menyebutkan bahwa namanya adalah Hindun. Rasulullah menikahinya saat ia berada di negeri hijrah, yaitu Habasyah dengan mahar 400 dinar. Ummu Habibah meninggal pada masa pemerintahan saudaranya, Muawiyah.

10. Shafiyah binti Huyay bin Akhtab
Ia adalah pemuka Bani an-Nadhir dari keturunan Harun bin Imran, saudara Musa.

11. Maimunah binti Harits al-Hilaliyah
Maimunah adalah wanita terakhir yang dinikahi Nabi SAW. Pendapat yang shahih mengatakan bahwa Maimunah dinikahu Rasulullah SAW di Makkah setelah umrah qadha, yakni setelah beliau tahallul.

Referensi: Buku Sirah Rasulullah: Perjalanan Hidup Manusia Mulia
Syekh Mahmud al-Mishri

Itu adalah para istri Nabi Muhammad SAW yang bisa saya tuliskan di thread ini. Untuk kesalahan penulisan dan kurangnya ilmu saya tentang para istri Rasulullah saya mohon maaf dan mohon beritahu kebenarannya, terimakasih wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Diubah oleh wildanha 28-01-2020 19:54
sebelahblog
4iinch
tien212700
tien212700 dan 13 lainnya memberi reputasi
12
4.3K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.