News
Batal
KATEGORI
link has been copied
223
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2f8f15b41d3059ad481e7f/mahasiswa-indonesia-di-wuhan-sedih-virus-corona-china-disebut-azab
Hilyatu Millati, Mahasiswa Indonesia di Wuhan Foto: Dok. Hilyatu Millati Dunia sedang digemparkan dengan menyebarnya virus corona yang bersumber dari Kota Wuhan, China. Saat ini pemerintah setempat menutup seluruh transportasi umum di kota industri berpenduduk 11 juta orang itu. Namun ada satu hal yang membuat mahasiswa Indonesia di Wuhan, Hilyatu Millati, resah. Yakni komentar netizen Indonesia y
Lapor Hansip
28-01-2020 08:32

Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab



Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
Hilyatu Millati, Mahasiswa Indonesia di Wuhan Foto: Dok. Hilyatu Millati
Dunia sedang digemparkan dengan menyebarnya virus corona yang bersumber dari Kota Wuhan, China. Saat ini pemerintah setempat menutup seluruh transportasi umum di kota industri berpenduduk 11 juta orang itu.

Namun ada satu hal yang membuat mahasiswa Indonesia di Wuhan, Hilyatu Millati, resah. Yakni komentar netizen Indonesia yang menyebut virus corona adalah azab bagi China.
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
Suasana kota Wuhan, China, Senin (27/1), dilihat dari apartemen Milla. Foto: Dok. Hilyatul Millati
Perempuan yang akrab disapa Milla ini menyayangkan sikap netizen Indonesia yang tidak bersimpati dengan kondisi China dan justru menghujatnya. Sebagai WNI yang telah 7 tahun tinggal di China, terlebih kini ia tinggal di kota yang menjadi sumber menyebarnya virus corona, Milla prihatin.
"Komentar-komentar jahat itu tak ubahnya dengan virus corona. Sama-sama penyakit. Bedanya kalau komentar jahat itu penyakit hati alias benci yang bisa menambah dosa. Sedangkan virus corona itu penyakit jasmani yang bisa mengurangi dosa penderita," kata Milla yang juga diposting di akun Facebooknya. Milla mengizinkan kumparan mengutip tulisannya tersebut.

Milla menyebut, saat Indonesia dilanda banjir, warga China tak ada yang menghujat. Namun begitu virus corona menyebar dari China, netizen Indonesia banyak yang berkomentar menyakitkan.
"Kami butuh doa dan dukungan, bukan nyinyiran. Agama bukan sekadar ritual, tapi nilai-nilai yang harus dihayati. Bijaksanalah dalam berkomentar, hargai perbedaan," imbuh perempuan yang sudah 1,5 tahun tinggal di Wuhan ini.
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
Suasana kota Wuhan, China, senin (27/1) Foto: Dok. Hilyatul Millati
Milla juga menyinggung MERS yang juga bersumber dari virus corona dan berasal dari Arab Saudi. Saat itu orang-orang tidak menyebutnya sebagai azab.
"Kalau Anda bilang wabah virus corona di China saat ini adalah azab, apa Anda juga akan bilang wabah MERS yang sama-sama berasal dari virus corona yang melanda Timur Tengah terutama Arab Saudi yang menelan korban 850 jiwa sebagai azab? Terus banjir Jakarta juga azab?" ujar mahasiswa S3 Business Administration di Universitas Chongqing ini.

Padahal menurut Milla, warga China banyak yang bersimpati saat Indonesia terkena bencana. Bahkan teman-teman Milla di negeri Tirai Bambu itu ikut memberikan donasi bagi para korban bencana di Indonesia.
"Simpati dan empati warga China ke bencana di Indonesia cukup tinggi, seperti dalam kasus gempa di Palu beberapa waktu lalu. Banyak teman-teman China yang menelepon, menanyakan kondisi keluarga saya, dan aktif responsif galang bantuan untuk Indonesia serta banyak warga China ikut menyumbang donasi melalui PPI Tiongkok juga," katanya.
Kota Chongqing tempat kampus Milla berada, berjarak lebih dari 800 km dari Wuhan. Milla tinggal di Wuhan untuk menemani suaminya menempuh pendidikan. Dia biasa bepergian dari Wuhan ke Chongqing.
Perempuan asal Klaten, Jawa Tengah, ini juga menyayangkan beredarnya kabar bahwa virus corona berasal dari kebocoran laboratorium di Wuhan.

"Mana ada negara mengorbankan rakyatnya sendiri. Penutupan (kota) ini saja sudah merugikan China," kata Milla.
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
Hilyatul Millati, Mahasiswa Indonesia di Wuhan Foto: Dok. Hilyatul Millati
Milla menyebut, pasar yang diduga sebagai pusat munculnya virus corona tak jauh dari stasiun yang biasa ia lewati, yakni Stasiun Hankou. Dia mengaku tiap bulan selalu melakukan perjalanan jauh menuju Kota Chongqing, melalui stasiun Hankou.
Selama menetap di China, Milla selama ini merasa baik-baik saja. Situasi juga aman.
"Pusatnya epidemik dekat banget sama stasiun Hankou. Selama ini saya juga sering nginep di bandara dan stasiun kereta api tanpa khawatir, karena selalu aman," kata Milla kepada kumparan lewat telepon, Senin (27/1).
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
Seorang wanita menggunakan pakaian tertutup sambil mengendarai skuter di sepanjang jalan di Wuhan. Foto: AFP/HECTOR RETAMAL
Meski Wuhan sekarang diisolasi, Milla tetap bisa keluar dari apartemen untuk beraktivitas. Hanya saja dia selalu mengenakan masker N95 dua lapis dan mengenakan kaus tangan.

Biasanya Milla mengendarai sepeda listrik atau berjalan kaki karena transportasi umum masih ditutup.

Azab Allah SWT atas penindasan Uighur



ketika negara komunis yg katanya tidak beragama dan tidak bertuhan,

lebih manusiawi dan humanis serta jauh kebencian dari pada negara religius terbesar di dunia emoticon-Najis



Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab

profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 36 lainnya memberi reputasi
35
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 9
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
28-01-2020 12:57
Maklumilah mbak, disini banyak sinophobia tolol yang suka menghujat China, tapi begitu ditelusuri mereka ini banyak pake produk made in China utk kebutuhan sehari2. Gak perlu ente sbg WNI yg ada di China, temen2 ane yg asli sana pun heran, ntah apa yg mereka perbuat ke Indonesia sampai2 rakyatnya byk yg benci sama China.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Theist dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
28-01-2020 13:03
ohh kalo buat adek ya itu namanya cobaan
0 0
0
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
28-01-2020 13:12
Banyak temen2 kadrun saya yg berkomentar seperti itu juga, lihatnya lucu aja sih, mereka menghujat corona sbg azab utk china tp mereka jg berdoa agar virusnya gak sampe d indonesia, disini yg bikin saya plg ngakak gulung2..
profile-picture
lokshin.khushin memberi reputasi
1 0
1
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
28-01-2020 13:13
please netijen bertutur kata yang baik, dan lebih baik mendoakan sesama saudara WNI yang masih disana dan masyarakat sana
harus lebih punya rasa empati
profile-picture
lokshin.khushin memberi reputasi
1 0
1
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
28-01-2020 13:15
bukan warga indonesia sih, lebih tepatnya warga kadrun yg suka ngomong azab azab
profile-picture
lokshin.khushin memberi reputasi
1 0
1
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
28-01-2020 13:20
setuju ama mbak Milla emoticon-Jempol
Emg cardoon dimari kang nyinyir benci setengah idup ama China, palagi statement yg keluar dr congor petinggi cardoon yg asal nyeplak..
0 0
0
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
28-01-2020 13:20
yg nyebut azab itu paling ya cuma geng kadrun
0 0
0
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
28-01-2020 13:21
Quote:Original Posted By hantumasam
setuju ama mbak Milla emoticon-Jempol
Emg cardoon dimari kang nyinyir benci setengah idup ama China, palagi statement yg keluar dr congor petinggi cardoon yg asal nyeplak..


Benci sama china tp pake produk china. Giliran misal ada yg bagi angpao auto halal tuh duit. emoticon-Ngakak
profile-picture
lokshin.khushin memberi reputasi
1 0
1
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
28-01-2020 13:25
Quote:Original Posted By scorpiolama
Inget azab inget Sinetron.



emoticon-Big Grin emoticon-coffee


y itulah tontonan membentuk akal pikiran, makany pilm sains dan teknologi g laku keras kecuali yg bawain pake baju seksi wkkk
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
28-01-2020 13:26
China ga pernah menjajah Indonesia
Rata rata orang China itu ulet , rajin dan tekun
itu yang membuat sebagian besar orang China sukses

Nah biasanya yang nyinyir itu dari kaum yang gagal bersaing sama China

emoticon-Cipok emoticon-Cipok emoticon-Cipok emoticon-Cipok emoticon-Cipok emoticon-Cipok emoticon-Cipok
profile-picture
lokshin.khushin memberi reputasi
1 0
1
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
28-01-2020 13:27
woi rame amat masalah ginian doang emoticon-Kalah
0 0
0
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
28-01-2020 13:36
mba jgn pulang dulu sebelum semua aman terkendali , kalo nekat , cemplungin ke laut

kalo udah adzab yg ga berdosa juga ikutan kena bray emoticon-Leh Uga
0 0
0
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
28-01-2020 13:37
kan kaum sumbu pendek demennya mentokin ke azab2 terus. ada banjir yang disalahin miras tp kelakuannya tiap hari buang sampah sembarangan. bingung gk lu?emoticon-Wakaka
profile-picture
lokshin.khushin memberi reputasi
1 0
1
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
28-01-2020 13:38
Segera pergi dari sana ya ughty sebelum mokad sama virus azzab, dan jgn ikut2 berak sembarangan ya disana....
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab

Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut AzabMahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut AzabMahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab

Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab

Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
0 0
0
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
28-01-2020 13:38
profile-picture
lokshin.khushin memberi reputasi
1 0
1
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
28-01-2020 13:39
emoticon-Cendol Ganemoticon-Big Kissemoticon-Ngamukemoticon-Keep Posting Ganemoticon-Hansipemoticon-Lempar Bata
0 0
0
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
28-01-2020 13:39
emoticon-Jangan ribut disiniemoticon-Cape deeehhemoticon-Bukan IGOemoticon-Kaskus Bangetemoticon-Sundul Upemoticon-Kemana TSnya?emoticon-Repostemoticon-Thread Kacauemoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Repostrepost2emoticon-Bettyemoticon-I Love Kaskusemoticon-Sundulemoticon-I Love Indonesiaemoticon-Najisemoticon-Kissemoticon-Ngakakemoticon-Malu
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
28-01-2020 13:39


Quote:Original Posted By MrJeffBezos
Milla menyebut, saat Indonesia dilanda banjir, warga China tak ada yang menghujat. Namun begitu virus corona menyebar dari China, netizen Indonesia banyak yang berkomentar menyakitkan.
"Kami butuh doa dan dukungan, bukan nyinyiran

manusia negara berflower +62 memang begituemoticon-Ngakak (S)


om bejo piye sih???? banjir kan china ga kena dampaknya , kalo beijing kebanjiran gara gara indo ngirim aer ya ngamuk lah mereka emoticon-Cool

ini kan virus bukan cina doang yg bisa kena dampaknya om , piye toh wajar diamuk seluruh dunia emoticon-Leh Uga
0 0
0
Mahasiswa Indonesia di Wuhan Sedih Virus Corona China Disebut Azab
28-01-2020 13:49
Quote:Original Posted By khafidz99
Setuju gan!
Yang ngebangga-banggain negara lain, Amerika kek, Cina kek, Arab kek, Turkiye kek, tapi masih makan dan berak di Indonesia, adalah semunafik-munafiknya manusia emoticon-angry


Yg muna kaum situ juga, yg berkerudung jadi pembunuh suami dimana takut dosa? Yg pake ayat anti riba nipu dana umat gak dosa ya?
0 0
0
Halaman 5 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Teror Virus Corona!
teror-virus-corona
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia