kreator.artikelAvatar border
TS
kreator.artikel
Penting! 5 Hal Ini Harus Kamu Ajarkan Pada Anak Sejak Usia 5 Tahun

Foto: Unsplash/Paige Codi


Ada beberapa orang tua yang memiliki anggapan bahwa anak usia 5 tahun belum saatnya mengenal nilai-nilai norma sosial. Namun, ternyata hal tersebut salah!







Sebagai orang tua yang bertanggung jawab untuk mendidik anak ke arah yang lebih baik, mengajarkan nilai-nilai norma sosial kepada anak harus dilakukan sejak dini. Pelajaran penting ini bisa kamu mulai ajarkan sejak anak berusia 5 tahun. Karena pada usia tersebut, pemikiran anak masih fresh dan selalu berpikir kritis. Oleh karena itu, sebagai orang tua harus mengajarkan 5 nilai norma berikut ini:



1. Ajarkan Kejujuran


Foto: Unsplash/Paige Codi

Anak usia 5 tahun sangatlah kritis dalam berpikir, ia akan tahu kalau kamu sedang berbohong. Oleh karena itu, cara terbaik untuk mengajarkannya kejujuran adalah dimulai dari diri sendiri. Misalnya, jangan sampai anak mendengar kalau kamu sedang berbohong kepada orang lain. Selain itu, jika anak ketahuan berbohong segaralah di tegur dan katakan kalau hal itu tidak boleh dilakukan.


2. Ajarkan untuk bisa mengerti perasaan orang lain


Foto: Unsplash/Edward Cisneros

Ajarkan anak usia 5 tahun untuk mengerti perasaan orang lain. Hal ini bisa kamu coba dengan perasaanmu sendiri sebagai orang terdekatnya. Misal, jika ia merengek dan membuat kamu repot saat kamu sedang mengerjakan sesuatu, setelah ia reda katakanlah kalau perbuatannya tadi membuat kamu tidak nyaman. Jika hal tersebut kamu lakukan secara terus menerus, maka anak akan belajar untuk mengerti dan memahami perasaan orang lain. Selain itu, anak juga akan lebih mudah dalam memahami perasaannya sendiri.


3. Ajarkan untuk belajar tentang ketabahan


Foto: lifestyle.okezone.com

Ajarkan anak usia 5 tahun untuk belajar tentang ketabahan. Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara tidak berlebihan dalam memuji hasil kerjanya. Apabila ia memang belum bisa melakukan suatu hal dengan baik, jangan memujinya hanya karena alasan untuk membuatnya gembira. Tetapi, semangatilah ia agar mau mengulangnya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Dan berikan pujian sewajarnya jika ia berhasil melakukan sesuatu dengan baik.


4. Ajarkan tentang keadilan


Foto: lifestyle.okezone.com

Ajarkan anak untuk mengerti tentang keadilan sejak dini. Menunjukkan sikap adil kepada anak tidak melulu dengan membagi barang sama rata dengan teman sebayanya. Definisi adil adalah memberikan sesuatu hal yang sesuai dengan porsinya.

Misalnya, jika ia bertengkar dengan saudara sepupunya karena berebut mainan, lalu ia memukul sepupunya hingga menangis. Untuk menunjukkan sikap adil kepadanya, mintalah ia untuk meminta maaf kepada sepupunya atas perbuatannya tersebut. Setelah itu, berikan solusi untuk masalah yang mereka hadapi. Misalnya memberlakukan sistem giliran, masing-masing dari mereka mendapatkan jatah bermain selama 5 menit.


5. Ajarkan anak tentang kasih sayang


Foto: Unsplash/Patricia Prudente

Seorang anak perlu melihat bukti nyata kasih sayang dalam bentuk perbuatan. Kamu bisa mencotohkan seperti mengucapkan selamat ulang tahun kepada saudara, kerabat, atau tetangga. Selain itu, bisa juga mempersilahkan tempat duduk kepada orang yang lebih tua, menghentikan kendaraan saat ada orang yang hendak menyeberang, serta masih banyak lagi contoh lainnya yang bisa kamu tunjukan kepada anak.




Itulah 5 nilai norma yang harus kamu ajarkan kepada anak sejak ia berusia 5 tahun.








Anak Malas Belajar? Jangan Marah, Cobain Deh 7 Tips Ampuh Berikut Ini!




5 Tips Ajak Si Kecil Liburan Ke Taman Rekreasi Agar Tetap Aman Dan Nyaman




[Parenting] Sedini Mungkin, Ajarkan 5 Hal Baik Ini Lebih Dulu Pada Anak!


tata604
Gimi96
nikko.har.pra
nikko.har.pra dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2.2K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & Parenting
icon
4.1KThread4.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.