News
Batal
KATEGORI
link has been copied
31
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2f6f40337f934049075048/ngeri-corona-bisa-bikin-krisis-ekonomi-global-ini-sederet-faktanya
Wabah Virus Corona tidak hanya mematikan serta mengancam China saja, melainkan bagi dunia. Pekan lalu, The New York Times menuliskan jika ancaman Virus Corona ini bisa berujung pada krisis ekonomi global. Kenapa bisa sampai sedemikian hebat dampaknya? Sebelum lebih lanjut, mari simak berita yang diluncurkan oleh CNBC Indonesia tentang Sederet Fakta Tentang Virus Mematikan Corona. Muat versi laman
Lapor Hansip
28-01-2020 06:16

Ngeri! Corona Bisa Bikin Krisis Ekonomi Global, Ini Sederet Faktanya!

icon-verified-thread
Virus Corona


Wabah Virus Corona tidak hanya mematikan serta mengancam China saja, melainkan bagi dunia. Pekan lalu, The New York Times menuliskan jika ancaman Virus Corona ini bisa berujung pada krisis ekonomi global.

Kenapa bisa sampai sedemikian hebat dampaknya? Sebelum lebih lanjut, mari simak berita yang diluncurkan oleh CNBC Indonesia tentang Sederet Fakta Tentang Virus Mematikan Corona.


Muat versi laman resmi di sini.

Berita dari; CNBC Indonesia


Jakarta, CNBC Indonesia- Nama virus corona bisa jadi merupakan sumber kengerian bagi banyak orang di dunia saat ini. Virus asal kota Wuhan China, yang mirip Server Acute Respiratory Syndrome (SARS), itu telah menewaskan 81 orang di China pada Senin (27/1/2020).

Meski baru ditemukan pada Desember lalu, virus corona telah menjangkiti lebih dari 2.700 orang. Ia pun menyebar ke 13 negara, mulai dari Thailand, Singapura, hingga Perancis dan Amerika Serikat (AS).

Selain fakta-fakta di atas, berikut sederet hal lainnya yang perlu diketahui tentang virus bernama Novel 201 Coronavirus (2019-nCoV) itu, sebagaimana dilaporkan Reuters.

1. Masa inkubasi virus yang dapat dengan mudah menyebar sebelum memunculkan gejala ini, disebut dapat berkisar dari satu hingga 14 hari.

2. Berbeda dari SARS, yang juga berasal dari China, virus corona dapat menyebar selama masa inkubasi. Hal ini disampaikan Menteri Komisi Kesehatan Nasional China Ma Xiaowei pada hari Minggu.

3. Virus corona telah berevolusi, di mana penyebarannya menjadi relatif lebih cepat dan telah memasuki periode yang lebih parah dan rumit, kata Xiaowei. Parahnya, pihak berwenang hanya memiliki pengetahuan yang terbatas tentang virus yang diduga berasal dari hewan liar itu. Hal ini membuat mereka sulit mengetahui risiko yang ditimbulkan oleh mutasinya.

4. Meski berbahaya dan telah menyebar ke banyak negara, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) hanya melabeli wabah virus corona sebagai keadaan darurat bagi China. Bukan darurat global. Lembaga ini diberitahu tentang beberapa kasus pneumonia di Kota Wuhan pada 31 Desember dan 7 Januari.

5. Infeksi coronavirus memiliki berbagai gejala, termasuk flu, demam, batuk, sesak napas dan kesulitan bernafas. Kasus yang parah dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, hingga kematian.

6. Sebagian besar korban yang meninggal akibat virus corona adalah orang tua (usia lanjut) dan mereka yang memiliki riwayat penyakit/kondisi medis tertentu, kata pihak berwenang China.

7. Seperti virus yang menyebabkan SARS dan Sindrom Pernafasan Timur Tengah (MERS), corona adalah virus RNA (ribonucleic acid). Ini berarti virus ini menjadikan RNA sebagai materi genetiknya, bukan DNA. Ini juga berarti virus corona menyatu dengan DNA inangnya, dan dapat bermutasi dengan cepat.

8. Jumlah total kasus yang dikonfirmasi di China naik sekitar 30% menjadi 2.744 pada Senin. Jumlah itu sekitar setengahnya berada di provinsi pusat Hubei, di mana Wuhan adalah ibu kotanya.

9. Kasus coronavirus dilaporkan sudah sampai ke Hong Kong, Makau, Taiwan, Thailand, Amerika Serikat, Australia, Kanada, Prancis, Jepang, Malaysia, Nepal, Singapura, Korea Selatan, dan Vietnam. Namun, tidak ada kematian yang dilaporkan terjadi di luar China.

10. Virus ini diyakini muncul akhir tahun lalu di sebuah pasar makanan di Wuhan yang secara ilegal menjual satwa liar. Peneliti China menduga virus corona yang ditularkan ke manusia berasal dari ular hingga kelelawar. Kedua binatang itu dijual di Pasar Makanan Laut Huanan (Huanan Seafood Market).


Artikel berjudul How China's Virus Outbreak Could Threaten the Global Economy, yang telah dipublikasikan Minggu lalu, mengungkap jatuhnya pasar keuangan dunia. Inilah yang jadi sinyal merah akan ketakutan krisi global yang kemungkinan bisa benar-benar terjadi.

Setidaknya kita bisa menyimpulkan, Gan-Sis, dari data korban tewas pun sudah mencapai 80 orang karena terjangkit oleh virus Corona tersebut. Tanda ini membuktikan jika tingkat keparahan virus ini makin menggila.

Video tentang kondisi kota Wuhan sudah santer beredar di Youtube—di mana, membuktikan bahwa kondisi kota tersebut benar-benar sepi, sebagai tanda bahwa masyarakat sana memang ketakutan akan wabah Virus tersebut. Dan Pemerintah China sendiri sudah mengambil tindakan untuk mengisolasi kota yang disinyalir sebagai tempat awal terindikasinya virus tersebut, agar korban jatuh lebih banyak bisa dicegah.

Penyebaran Virus ini pun, banyak mengubah rancangan oleh masyarakat di China. Pasalnya, virus tersebut menyebar tepat saat liburan Tahun Baru Imlek yang seringnya memang mendorong aksi belanja, jalan-jalan dan saling memberi hadiah. Tentu saja banyak rencana bersenang-senang yang gagal total. Bahkan kondisi stasiun kereta api serta bandara pun jauh dari kata ramai. Orang normal dan waras pasti memilih tinggal di rumah demi kesehatan dan keamanan hidup mereka.

Mengambil dari CNBC Indonesia juga, tentunya, pertanyaan ini telah muncul di benak banyak orang di China; Apakah virus ini akan merusak seperti epidemi SARS pada Tahun 2003 yang menewaskan hingga 800 korban jiwa?

Kita bisa sejenak berpikir, Gan-Sis, bagaimana nantinya nasib ekonomi di negara tersebut, di negara-negara tetangga dan negara lainnya yang sudah terjangkit. Terlebih, ekonomi China telah bertahun-tahun menjadi salah satu mesin pertumbuhan terkuat di dunia. Tentu saja efek kehancuran Tiongkok akan memberi dampak buruk pertumbuhan di tempat lainnya.

Setelah tersungkur pada 2003 oleh SARS, China kembali berjaya dengan membangun banyak perusahaan global dan gencar melakukan ekspor barang. Dan, kini? Meski sudah jauh lebih maju daripada sat itu, lagi, China kembali alami perlambatan pertumbuhan bahkan paling buruk selama tiga dekade terakhir. Apalagi setelah adanya perang dagang dengan AS dan desakkan Pemerintah soal ketergantungan perusahaan lokal pada pinjaman.

Kita boleh bernafas sedikit lega sebab dampaknya belum cukup jelas. Ini juga terkait para Pihak berwenang yang merespons lebih cepat ketimbang saat wabah SARS di tahun 2003, dan China pun langsung bertindak menghapus apa saja yang dikira membelok dari naskah resmi.

Kesimpulan yang didapat dari jumlah korban, virus Corona ini memang sulit dideteksi, namun tidak mengalahkan keganasan SARS dalam kasus mematikannya. Lebih lanjut, Eswar Prasad, mengungkapkan, "Penyebaran yang lebih luas dari penyakit ini memiliki potensi untuk mengganggu perjalanan, perdagangan, dan rantai pasokan di seluruh Asia, dengan efek knock-on pada ekonomi dunia, karena Asia sekarang merupakan pendorong utama pertumbuhan global."


Dan semuanya juga berbalik pada kesadaran kita masing-masing, Gan-Sis, terlebih selama vaksin untuk virus ini belum tersedia. Ada kalanya mengikuti imbauan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan dinas kesehatan untuk melakukan pencegahan, seperti; memakai masker, menjaga kebersihan, makan daging yang sudah dimasak, dll. Kalian bisa lebih kritis untuk ini dengan membaca banyak-banyak berita. Tidak ada yang bertanggungjawab begitu besar atas diri kita kalau bukan kita sendiri. Berlanjut, Tuhan yang menentukan takdir. Semoga kita semua senantiasa dilindungi. Aamiin.




Sumber:
- Dua Sumber Berita Utama
1. CNBC Indonesia 1
2. CNBC Indonesia 2
- Opini TS dan Penulisan Ulang Sesuai Data Berita.
Diubah oleh iselfiawrds
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 2 lainnya memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Ngeri! Corona Bisa Bikin Krisis Ekonomi Global, Ini Sederet Faktanya!
28-01-2020 06:19
Ngeri! Corona Bisa Bikin Krisis Ekonomi Global, Ini Sederet Faktanya!
0 0
0
Ngeri! Corona Bisa Bikin Krisis Ekonomi Global, Ini Sederet Faktanya!
28-01-2020 06:27
Ya waspada. Waspada dengan adanya virus corona, waspada juga dengan ancaman krisis ekonomi.
profile-picture
iselfiawrds memberi reputasi
1 0
1
Ngeri! Corona Bisa Bikin Krisis Ekonomi Global, Ini Sederet Faktanya!
28-01-2020 06:35
Kata babi-babi belakang rumah saya, virus corona itu gak berbahaya, itu cuma sentimen untuk menolak orang cina.

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ngeri! Corona Bisa Bikin Krisis Ekonomi Global, Ini Sederet Faktanya!
28-01-2020 06:42
Memang who itu bayaran kok




emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Ngeri! Corona Bisa Bikin Krisis Ekonomi Global, Ini Sederet Faktanya!
28-01-2020 06:44
iya, kemungkinan semua pada naik

cina, salah satu negara penyedia apa-apa murah
profile-picture
iselfiawrds memberi reputasi
1 0
1
Ngeri! Corona Bisa Bikin Krisis Ekonomi Global, Ini Sederet Faktanya!
28-01-2020 06:45
Kurang mewabah emoticon-Bingung
Klo sudah menyerang seluruh cina, saat nya Indonesah mengibarkan bendera perang melawan cina. emoticon-Ngakak
Menyerah ato mati emoticon-Marah
Cina adl jajahan Indonesah emoticon-Cool sejarah akan mengukir nama kitak.
Benar2 djantan dan gagah berani, negara kecil menundukkan negara adidaya.
profile-picture
profile-picture
riezazura dan iselfiawrds memberi reputasi
2 0
2
Ngeri! Corona Bisa Bikin Krisis Ekonomi Global, Ini Sederet Faktanya!
28-01-2020 06:48
Krisis global gmn ya? Kalau cm darurat di cina ya kayaknya efeknya ga sampai dunia. Kalaupun ada ga besar sampai krisis dunia sih menurut saya
profile-picture
profile-picture
tukangbeling7 dan iselfiawrds memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ngeri! Corona Bisa Bikin Krisis Ekonomi Global, Ini Sederet Faktanya!
28-01-2020 07:02
semoga cepat di temukan obatnya
profile-picture
iselfiawrds memberi reputasi
1 0
1
Ngeri! Corona Bisa Bikin Krisis Ekonomi Global, Ini Sederet Faktanya!
28-01-2020 07:03
Wah.. ngeri gan.
profile-picture
iselfiawrds memberi reputasi
1 0
1
Ngeri! Corona Bisa Bikin Krisis Ekonomi Global, Ini Sederet Faktanya!
28-01-2020 07:16
Quote:Original Posted By Aparatkaskus
Krisis global gmn ya? Kalau cm darurat di cina ya kayaknya efeknya ga sampai dunia. Kalaupun ada ga besar sampai krisis dunia sih menurut saya


Ya bisa lah, seandainya tuh virus masuk negara" lain tanpa terdeteksi yah sama aja emoticon-Embarrassment dikarantina aja masih ada kasus" diluaran
profile-picture
iselfiawrds memberi reputasi
1 0
1
Ngeri! Corona Bisa Bikin Krisis Ekonomi Global, Ini Sederet Faktanya!
28-01-2020 07:19
Ya kan ada asumsi ini memag perang dagang kotor

https://parstoday.com/id/news/world-i78000-politisi_rusia_pandemik_virus_corona_di_cina_rekayasa_as
profile-picture
profile-picture
tukangbeling7 dan iselfiawrds memberi reputasi
2 0
2
Ngeri! Corona Bisa Bikin Krisis Ekonomi Global, Ini Sederet Faktanya!
28-01-2020 07:22
Quote:Original Posted By tujuh.tahun
Kata babi-babi belakang rumah saya, virus corona itu gak berbahaya, itu cuma sentimen untuk menolak orang cina.

emoticon-Traveller

Babi bisa ngomong?
Bakal viral tuh. emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By bajier
Memang who itu bayaran kok




emoticon-Traveller

Terus?
Quote:Original Posted By mibmobz
Kurang mewabah emoticon-Bingung
Klo sudah menyerang seluruh cina, saat nya Indonesah mengibarkan bendera perang melawan cina. emoticon-Ngakak
Menyerah ato mati emoticon-Marah
Cina adl jajahan Indonesah emoticon-Cool sejarah akan mengukir nama kitak.
Benar2 djantan dan gagah berani, negara kecil menundukkan negara adidaya.

What?
Quote:Original Posted By Aparatkaskus
Krisis global gmn ya? Kalau cm darurat di cina ya kayaknya efeknya ga sampai dunia. Kalaupun ada ga besar sampai krisis dunia sih menurut saya

Baca beritanya mpe selesai to, Gan.., Gan..,
emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ngeri! Corona Bisa Bikin Krisis Ekonomi Global, Ini Sederet Faktanya!
28-01-2020 07:23
Quote:Original Posted By leonard21
semoga cepat di temukan obatnya

Aamiin.
Quote:Original Posted By bani.bahlool
Ya kan ada asumsi ini memag perang dagang kotor

https://parstoday.com/id/news/world-...na_rekayasa_as

Kenapa harus gitu.
Cara licik.
😩
0 0
0
Ngeri! Corona Bisa Bikin Krisis Ekonomi Global, Ini Sederet Faktanya!
28-01-2020 07:29
kok namanya bisa corona?
profile-picture
iselfiawrds memberi reputasi
1 0
1
Ngeri! Corona Bisa Bikin Krisis Ekonomi Global, Ini Sederet Faktanya!
28-01-2020 07:49
Ngeri! Corona Bisa Bikin Krisis Ekonomi Global, Ini Sederet Faktanya!
profile-picture
profile-picture
budi.susanto. dan iselfiawrds memberi reputasi
2 0
2
Ngeri! Corona Bisa Bikin Krisis Ekonomi Global, Ini Sederet Faktanya!
28-01-2020 07:59
Quote:Original Posted By Aparatkaskus
Framingnya cnbc kan tau arahnya kemana..kalau cina dianggap gagal nanti kan masuk amerika dan sekutu..kayak ga tau aja..setergantung apapun suatu negara dgn cina, masih bisa kok diatasi, apalagi indonesia punya banyak kekayaan alam.

Hmm..,

Betul juga.
emoticon-Ultah
Quote:Original Posted By MrJeffBezos
kok namanya bisa corona?

Seharusnya tadi dikasih pemanasan gini, ya; Corona sendiri berasal dari bahasa.., yang artinya..,
😁
0 0
0
Ngeri! Corona Bisa Bikin Krisis Ekonomi Global, Ini Sederet Faktanya!
28-01-2020 08:09
hoo begitu yak
profile-picture
iselfiawrds memberi reputasi
1 0
1
Ngeri! Corona Bisa Bikin Krisis Ekonomi Global, Ini Sederet Faktanya!
28-01-2020 08:21
kayak film 48 hours later, pemerintah udah putus asa mengurung isolasi kota zombie, akhirnya kirim pesawat tempur jatuhkan bom nuklir ke kota itu
film alien vs predator juga sama solusinya, di nuklir tuh kota yg udah penuh sama alien

profile-picture
iselfiawrds memberi reputasi
1 0
1
Ngeri! Corona Bisa Bikin Krisis Ekonomi Global, Ini Sederet Faktanya!
28-01-2020 09:01
Biasanya ilmuwan suka melakukan percobaan mutasi virus pada hewan.

Hewan lepas.

Masuk Pasar.

Dimakan.

profile-picture
iselfiawrds memberi reputasi
1 0
1
Ngeri! Corona Bisa Bikin Krisis Ekonomi Global, Ini Sederet Faktanya!
28-01-2020 09:17
Quote:Original Posted By widya poetra
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi


Efek dominonya, gan

kalau negara dunia ketiga macem negara2 underdeveloped di Afrika yang kena sih gak akan terlalu ngefek ke dunia kalau gak nyebar. Tapi ini Cina, salah satu kekuatan besar perekonomian dunia. Kalau Cinanya jatuh ketiban tangga ya otomatis negara lain bakal ngrasain dampaknya.

Kemaren perang dagang, kemudian disusul TimTeng memanas, sekarang ditambah 2019-nCov,
sepertinya tahun ini perekonomian bakal lebih berat dibanding tahun lalu.
emoticon-Nohope

Betul ini.
emoticon-Turut Berduka
Quote:Original Posted By marvelrt
Biasanya ilmuwan suka melakukan percobaan mutasi virus pada hewan.

Hewan lepas.

Masuk Pasar.

Dimakan.

Ha?
Nggaklah. Terlalu ceroboh kalau iya.
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Teror Virus Corona!
teror-virus-corona
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia