alexfernando88
TS
alexfernando88
10 MAKAN KHAS INDRAMAYU YANG MANTAP DAN SANGAT DI REKOMENDASIKAN


Di jawa barat terdapat sebuah kabupaten yang disebut indramayu. Kabupaten tersebut merupakan salah satu wilayah yang terkenal dengan kelezatan dan buah mangganya. Selain mangga ada banyak makanan lain yang juga sangat lezat di indramayu. Jika anda penasaran dengan makanan khas dari kabupaten tersebut maka bisa datang langsung ke indramayu.

Disana anda bisa mencicipi makanan khas indramayu secara langsung Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai 10 makanan khas yang bisa ditemukan di wilayah indramayu

emoticon-Selamatemoticon-Selamatemoticon-Selamatemoticon-Selamat


1. Pindang gombyang manyung



Pindang gombyang manyung menjadi makanan khas dari wilayah kabupaten indramayu pertama yang sebaiknya anda icipi. Makanan ini sangat terkenal di wilayah indramayu dan sekitarnya. Kuliner ini sangat mirip dengan gulai karena memiliki kuah kuning yang gurih. Makanan ini terbuat dari bahan kepala ikan atau bahkan ikan utuh. Jenis ikan yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah manyung. Anda yang penasaran dengan rasanya maka bisa langsung saja datang ke indramayu untuk menikmati kelezatannya. Bumbu yang digunakan untuk membuat kuliner ini adalah rempah khas seperti kunyit, lengkuas, jahe dan rempah indonesia lainnya. Kuliner ini juga semakin segar karena diberi tambahan belimbing wuluh.

2. Nasi lengko



Makanan khas kabupaten indramayu yang kedua adalah nasi lengko. Makanan yang satu ini sangat terkenal karena memiliki rasa yang lezat dan juga memiliki penyajian yang menggoda. Nasi ini terbuat dari bahan nasi biasa namun akan ada tambahan lauk lain yang menjadikan makanan ini khas dan juga menarik. Dalam satu porsi nasi lengko, anda akan menemukan nasi dengan tahu goreng iris, tempe goreng, sayuran yang terdiri dari toge, mentimun, kucai dan yang lainnya. Makanan ini kemudian disiram dengan bumbu pecel atau bumbu rujak sehingga rasanya akan semakin gurih dan manis. Di bagian atas nasi lengko akan diberi taburan bawang goreng yang sangat gurih.

3. Rumbah  indramayu



Rumbah indramayu juga merupakan salah satu makanan khas dari kabupaten indramayu yang wajib anda cicipi jika berkunjung kesana. Makanan ini sangat mirip dengan gado, gado, lotek dan makanan sejenisnya. Isian dalam satu porsi rumbah adalah sayuran yang beragam, dan kemudian disiram dengan bumbu kacang. Hal yang membuat makanan ini mirip dengan loket, gado-gado dan pecel adalah dari bumbu kacang dan juga sayuran yang ada. Namun ada hal yang membedakan rumah dengan makanan seperti lotek yakni sambal asem dan juga air petis yang disiramkan.

4.Pedesan entog



Pedesan entog masuk sebagai salah satu makanan khas yang juga sangat terkenal dan memiliki rasa yang sangat lezat. Makanan ini terbuat dari bahan daging entol yang tebal dan juga lebih kenyal karena mirip dengan bebek. Aroma amis pada entok juga lebih tinggi namun setelah dimasak menjadi pedesan entog, bau Amis tidak akan tercium. Bahkan tekstur a lot atau keras padaging entog juga akan berubah menjadi lebih empuk. Makanan ini dimasak dengan banyak merica sehingga rasanya pedas dan hangat saat sampai ke perut.

5. Kue koci



Kue koci juga menjadi salah satu makanan khas yang sangat layak untuk anda coba. Kui ini sudah ada sejak lama dan mirip sekali dengan kue bugis. Jika anda ingin merasakan jajanan khas dari indramayu maka kue ini sebaiknya anda coba rasakan. Harga dari kue koci sangat terjangkau dan biasanya dijual bersama dengan kue nagasari. Bahan yang digunakan untuk membuat kue ini adalah tepung ketan yang kemudian dibentuk menjadi prisma. Selanjutnya dalam adonan akan diberi isi parutan kelapa yang sudah dimasak dengan gula merah sehingga rasanya sangat manis dan gurih.

6. Blendung



Blendung juga merupakan makanan khas indramayu yang sangat terkenal. Bahan dari blendung adalah dari jagung yang kemudian di reteli. Setelah itu direbus hingga daging jagung matang. Jika sudah matang maka akan diberi parutan kelapa yang gurih. Makanan ini memang terkesan sederhana dan sangat tradisional namun masyarakat di indramayu begitu menyukainya. Perpaduan jagung yang manis dengan kelapa yang gurih akan menjadikan anda merasa senang menikmati makanan ini apalagi ketika jagung masih hangat.

7. Blengep


Blengep adalah makanan khas dari indramayu yang terbuat dari bahan singkong yang kemudian diolah sedemikian rupa. Makanan ini biasanya akan dijadikan cemilan oleh masyarakat disana. Singkong yang sudah dimasak kemudian akan diberi taburan kelapa yang sudah disangrai atau digoreng. Rasa dari makanan ini sangat unik dan juga terkesan gurih sedap.

8.Emping tike


Emping tike juga tidak kalah menarik untuk anda coba karena makanan ini merupakan kreasi dari masyarakat indramayu. Bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah dari rumput teki. Rumput liat disekitar indramayu ternyata bisa menjadi makanan yang enak dan banyak disukai oleh masyarakat. Bagian rumput yang digunakan untuk membuat emping ini adalah bagian umbi dari rumput teki yang diproses seperti membuat emping melinjo.

9.Cimplo



Kue Cimplo sendiri sangat Khas keberadaaya di Indramayu,dikerenakan kue yang terbuat dari tepung beras dan ragi tersebut hanya muncul sekali saban tahun yaitu di bulan Safar.
Sudah begitu lama tradisi tersebut di percaya sebagai implementasi masyarakat indramayu untuk menolak bala atau menolak bencana dan musibah.

Bagi penduduk asli indramayu,yang begitu menjunjung tinggi nilai tradisi yang sudah diwariskan rupanya sangat menjaga betul warisan Kue cimplo iti di buktikan sampai sekarang Kue cimplo tidak punah.

Hampir di pastikan kita tidak akan terlewat dengan makanan yang satu ini ketika bulan safar,kita akan melihat para ibu ibu di sibukan membuat kue cimplo banyak secara gantian,dan berbondong bondong Rerewang (Membantu) untuk di bagikan kepada para tetangga,Sahabat,keluarga dan Kolega secara gratis.

Kue cimplo ini biasanya di hidangkan dengan Gula merah cair yang sudah di masak di campur parutan kleapa dan daun jeruk yang begitu wangi.

Gimana Sahabat? sudah dapat Kiriman kue cimplo belum di bulan ini,semoga Bulan safar ini menjadi bulan yang berkah ya sahabat karena kehadiran kue Cimplo


10.AMPO


Ampo merupakan makanan khas dari Indaramayu selanjutnya. Bahan baku menu ini dari olahan tanah liat tanpa campuran apapun. Biasanya dikonsumsi sebagai camilan, terutama untuk ibu hamil.

Kebiasaan makan lempung atau tanah liat dikenal dengan geofagi yang juga dilakukan oleh berbagai lapisan masyarakat dunia, salah satunya oleh penduduk di daerah beriklim tropis dan hangat.





Demikian informasi mengenai rekomendasi makanan khas Indramayu yang mantap Sebener nya masih banyak lagi gan makan khas Indramayu yang super lezat. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda saat berkunjung ke kota mangga ini.
Selamat mencoba




 
#WongReang

emoticon-Nyepi




Diubah oleh alexfernando88 27-01-2020 07:44
ceuhettynurulnadlifanona212
nona212 dan 36 lainnya memberi reputasi
37
13.6K
403
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread11.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.