ilafitAvatar border
TS
ilafit
Berbicara Tak Pantas di Sekitar Anak? Hal yang Harus Dihindari!
Berbicara Buruk di Hadapan Anak? Hal yang Tak Pantas Dilakukan!


Setiap pasangan yang sudah menikah, pastilah memiliki harapan untuk memiliki momongan. Kehadiran anak akan ditunggu-tunggu datangnya. Dengan kehadiran sang buah hati akan menambah rasa cinta pada keduanya (suami-istri).


Mendidik seorang anak memang tak mudah, tetapi disinilah peran kedua orang tua. Kedua orang tua harus mampu mendidik anaknya dengan baik, karena anak itu butuh dididik dan dibimbing. Setiap orang pasti akan mengalami fase dimana pencarian jati diri, nah begitulah anak nantinya.

Berikut hal-hal yang tidak boleh dilakukan disaat ada anak disekeliling:

1. Jangan bertengkar di hadapan anak




Tidak ada yang suka melihat kedua orang tuanya bertengkar apapun permasalahannya. Anak akan lebih suka jika kedua orang tuanya saling damai, saling menyanyangi dan mengayomi. Melihat kedua orang tuanya yang bertengkar, pastilah akan membuat perasaan anak menjadi sedih, ada juga yang bisa membuat trauma, terlebih jika kedua orangtuanya saling memukul ketika bertengkar. Pandangan tiap anak berbeda-beda, ada yang memang anaknya tampak tegar, kuat dalam menghadapi kenyataan. Ada juga anak yang mudah sedih ketika menyikapi suatu permasalahan, dan lain-lain sebagainya.

Alangkah baiknya jika ada permasalahan, lebih baik dibicarakan di tempat yang tidak bisa dijangkau anak, lebih privasi gitu. Agar anak tak mendengar pertengkaran kedua orang tuanya. Selain juga bisa membuat psikis anak terganggu, anak juga akan tetap ingat kejadian yang dialaminya, takutnya anak juga akan meniru di kemudian hari. Tidak ada yang tahu, takdir seseorang kedepannya. Fisik, batin tiap anak berbeda-beda dalam menyikapi suatu hal.

2. Jangan membiasakan mengucapkan kata yang tak pantas di hadapan anak




Sering kali diantara kita pernah mengucapkan kata frontal yang tak mengenakkan. Kata-tak tersebut tidak baik jika diucapkan dihadapan anak. Terlebih jika kata yang keluar adalah kata yang tidak pantas. Apalagi jika yang mendengar anak yang masih di bawah umur. Dimana anak sering meniru perkataan orang lain, juga keadaan di sekitarnya. Hal ini kurang baik jika terus menerus tidak dicegah. Anak bisa saja mengikuti apa yang dikatakannya atau apa yang diucapkannya.

3. Jangan merendahkan orang lain



Perihal ini bukanlah masalah yang sepele. Merendahkan orang lain tidaklah baik dilakukan. Alangkah baiknya harus menghormati, memahami, dan menolong. Jangan sebaliknya. Terlebih jika mengucapkannya atau merendahkan di saat ada anak, baik anak kecil ataupun yang sudah remaja. Karena hal ini bisa jadi ditiru oleh anak nantinya. Kita tak tahu apa yang dipikirkannya, bukan?

"Ohh, iya, kemarin dia bilang gini, jadi aku gak salah dong kalau bilang gitu."

"Gak masalah dong, aku kan meniru dia."

Alangkah baiknya harus menjaga perkataan dengan baik, ya.

Nah seperti itulah, memang masih banyak lainnya yang harus dihindari di hadapan anak. Apa yang didengarkan, apa yang dilihat, apa yang terjadi dapat membentuk sifat anak nantinya. Entah hal yang baik atau sebaliknya. Memang segalanya harus berhati-hati dalam bertindak. Tidak boleh sembarang mengucapkan.





Sumber: opini pribadi, dan hasil pengamatan
Sumber gambar: google

Diubah oleh ilafit 14-10-2020 12:19
081364246972
putrateratai.7
cheria021
cheria021 dan 31 lainnya memberi reputasi
32
12.9K
163
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & Parenting
icon
4.1KThread4.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.