Erick.MoeldokoAvatar border
TS
Erick.Moeldoko
Wisma Atlet Kemayoran Kini: Sepi bak 'Kota Mati'


Jakarta -
Sepi, lengang, dan tak berpenghuni. Begitu riwayat Wisma Atlet Kemayoran sekarang. Deretan hunian tinggi menjulang ini telah dibiarkan kosong selama setahun lebih.

Awalnya hunian ini dibangun untuk menampung para atlet dalam gelaran olah raga akbar se-Asia, Asian Games dan Asian Para Games medio 2018 lalu. Kompetisi selesai, Wisma Atlet Kemayoran ditinggal para penghuninya.

Hasil pantauan detikcom langsung di lokasi pada Minggu (26/1/2020) dari luar Wisma Atlet bagaikan kota mati. Jalan-jalan setapak yang dulunya ramai lalu lalang para atlet kini kosong melompong. Petugas keamanan pun tak banyak berjaga.


Gerbang masuk areal Wisma Atlet pun tertutup rapat, lengkap dengan gembok. Hanya ada satu gerbang yang terlihat dibuka, dan dijaga oleh seorang petugas keamanan. 

Tower-towernya pun dari luar kelihatan tidak digunakan berkegiatan sama sekali. Hanya beberapa lampu di koridor yang terlihat dibiarkan menyala. Dilihat dari luar, bangunan tower tampak tetap kokoh berdiri, hanya saja di beberapa tower catnya sudah mulai kusam.

Lingkungan di dalam areal Wisma Atlet pun terjaga dan terawat. Tidak banyak sampah berserakan, rumput dan kebun pun terlihat rapih. Meski begitu, kesan tempat kosong yang ditinggalkan tetap melekat di lingkungan Wisma Atlet.

Sayangnya, saat mencoba izin untuk masuk lebih dalam detikcom ditahan oleh petugas keamanan, alasannya untuk masuk harus ada izin masuk dari Kementerian PUPR. 


Akhirnya, detikcom berbincang sebentar dengan si petugas keamanan. Dari penuturannya memang Wisma Atlet sudah kosong sejak Asian Games selesai. Kini, menurutnya gedung sering dipinjamkan ke beberapa pihak.

"Memang kosong dari zaman Asian Games selesai. Belum lama dipakai sih, sama Polri ada musyawarah gitu, partai juga pernah. Saya jaga disini dari Asian Games baru mulai sampai selesai, dan lanjut sampai sekarang," ungkap petugas keamanan yang tidak ingin disebut namanya kepada detikcom.

Spoiler for link:



Belum Dihuni, Wisma Atlet Kemayoran Batal Jadi Rumah Dinas PNS?



Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan sampai saat ini penggunaan Wisma Atlet Kemayoran masih belum diputuskan peruntukannya. Peruntukannya sendiri akan diputuskan ke Sekretariat Negara (Setneg) selaku pemilik aset.

Spoiler for link:



Quote:

frosterGO
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 2 lainnya memberi reputasi
1
1.6K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.