mamaproduktif
TS
mamaproduktif
Pentingnya Peran Suami saat Istri Melahirkan, Buktinya Menteri Jepang Ambil Cuti Ayah
Cuti Ayah, Pentingkah?

Quote:


Seorang ibu melahirkan anak merupakan suatu anugerah yang luar biasa Allah berikan kepadanya.

Dibalik rasa haru dan bahagia tersebut ada hal-hal dimana mood nya seperti jet lag setelah melahirkan dikarenakan hormon estrogen dan progesteron yang menurun pula.

Oleh sebab itu, terkadang tidak sedikit ibu-ibu baru yang telah melahirkan anak mengalami baby blues syndrom atau lebih parahnya depresi post partum.

Quote:


Disitulah peran seorang suami maupun orang-orang terdekat diperlukan untuk menemani seorang ibu beserta bayinya yang masih bingung dengan apa yang terjadi dalam melakukan aktivitas baru tersebut.

Spoiler for Foto Shinjiro:


Oleh karena pentingnya peran seorang suami baru-baru ini seorang Menteri Lingkungan negara Jepang yang bernama Shinjiro Koizumi mengajukan cuti paternity leave selama 2 minggu atau bahkan sampai 3 bulan.

Pak menteri yang baru memiliki anak pertama ini mengatakan bahwa beliau akan tetap melakukan tugas kenegaraannya.

Tujuan beliau mengambil cuti tersebut agar menjadi contoh para suami diluar sana akan pentingnya sebuah keluarga dan peran seorang suami dalam mendampingi istri setelah melahirkan.

Tindakan bapak yang berusia 38 tahun tersebut menuai pro dan kontra. Pasalnya hanya 6% pria di Jepang mengambil cuti parental leave dari 17 sampai 20 minggu cuti berbayar.

Dimana hal itu diatur dalam laporan unicef seorang suami diperbolehkan mengambil cuti selama 2 minggu untuk menemani sang istri.

Berbeda dengan aturan Undang-undang yang berlaku di Indonesia diatur dalam UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dimana suami diperbolehkan cuti dalam masa istri melahirkan hanya 2 hari saja.

Sedangkan wanita yang melahirkan diperbolehkan mengambil cuti selama 3 bulan yaitu 1,5 bulan sebelum dan 1,5 bulan sesudah melahirkan.

Berikut cuplikan video saat konferensi pers pengambilan cuti:

Spoiler for Video Menteri Shinjiro Koizumi cuti:


Salut deh buat bapak menteri yang berani melakukan cuti di sela-sela tugas kenegaraan yang padat tapi tetap menomor satukan keluarga ya karena keluarga tidak bisa digantikan dengan uang atau apapun.

Sebagai seorang istri pasti merasa dihargai dan disayangi yah sista kalau suami bela-belain cuti gitu. So sweet dah. The real suami siaga. Buat emak-emak jangan pada ngiri yah.

Cuti ayah memang jarang diambil oleh kebanyakan pria karena kekurangannya adalah jam kerja saat cuti tersebut tidak dibayar oleh perusahaan.

Bagaimana dengan agan-agan disini? Berapa lama nih ambil cuti saat istri melahirkan? Pentingnya gak sih suami cuti lama? Yuk diskusi di kolom komentar.

Sekian thread ane kali ini. Semoga bermanfaat buat hidup kaskuser yang sudah penat ini. Jika dirasa thread ini bermanfaat dan menghibur dishare di media sosial gansis.

Apapun aktivitas agan dan sista hari ini, tetep terus nongkrong di thread ane yah. Biar ane semangat terus ngethread jangan lupa tinggalin jejak cendol, komentar dan rate 5 nya, karena kaskuser bijak selalu ninggalin jejak. Terimakasih telah membaca dan belajar bersama bisa.

Penulis: mamaproduktif
Referensi: 1, 2, 3

GIF
nite.himeushirotacheria021
cheria021 dan 27 lainnya memberi reputasi
28
8.1K
112
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & Family
icon
8.8KThread9.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.