ceritanyaw.id
TS
ceritanyaw.id
Lensa Mantap Harga Bersahabat Bokeh Sedap..!!!
Sebelum ane sharing-sharing ane mau mendoakan agan dan sista sekalian agar sehat selalu dan semua doanya bisa cepat terwujud..

Amin...

:terimakasih





Udah beberapa bulan ini ane jarang ngaskus karena padetnya kerjaan ane. Kangen rasanya buat sharing-sharing lagi di mari. Dan Hari ini ane mau sharing lensa baru ane yang ane udah pake di beberapa job weddingan ane.

Sebenernya ane gak mau beli lensa lagi karena ayang mbeb udah mencak-mencak karena doi rasa lensa ane udah banyak dan emang kalo di perhatiin kalo ane ngejob ane jarang banget ganti lensa karena ane pake dua body dan bisa seharian lensanya ya cuma itu-itu aja. Tapi karena secondary kamera ane nex7 yang autofocusnya kaya keong dan ane juga butuh lensa dengan focal range di atas 20mm dan dibawah 30mm jadi ane memutuskan untuk cari-cari lensa yang sekiranya cocok sama ane dan kantong ane. Di awal pilihannya adalah sigma 30mm f1.4 dan sony zeiss 24mm tapi karena bajet terbatas dan kalau ane pake lensa auto bakal percuma juga karena bakal di tandemin sama nex7 ya ane cari-cari lensa manual. Kemudian ane kepincut sama 7artisans dan meike tapi ane rasa tanggung aja gitu f1.8 coba nyari yang f1.4 dan ketemulah dengan kamlan ini.

Lensa murah meriah yang ane gak nyangka hasilnya bisa cetar banget.!! 
Punya merek yang agak unik yaitu Kamlan lensa ini berkesan banget buat ane, karena dari ane mutusin buat beli sampe barangnya dateng ane skeptis banget sama lensa ini, tapi karena ada yang jual dengan harga menarik ane jadi tetep beli karena ane pikir nanti kalo gak cocok bisa di  jual tapi gak rugi-rugi banget lah. Yang bikin ane skeptis sama ini lensa karena, pertama nama ini lensa udah enggak banget, "Kamlan" jadi inget ane punya pakdeh yang namanya Ramlan, dan ane jadi mikir ini lensa pasti yang bikin orang jawa emoticon-Nohope



Yang kedua packaging yang, asli, enggak banget, dengan warna abu-abu yang lebih mirip bungkus mainan dan gambar yang ada di packaging juga bukan gambar lensanya melainkan lensa tipe lain dari kamlan. Tapi ane masih mengapresiasi kamlan untuk usahanya yang masih menyertakan bahsa inggris di packagingnya jadi ane bisa ngerti lah sedikit-dikit hehehe ketimbang beberapa kawan-kawan lensa sebangsanya kamlan yang di packagingnya cuma berisi tulisan cina yang bikin puyeng, karena ane gak ngerti hehehehe. Dan FYI aja itu gambar bungkus dari gugel karena dari ane unbox itu lensa ane langsung fokus sama lensanya dan bungkusnya ane langsung buang emoticon-Wink



Oke lanjut, dari sini ane bakal bahas build quality dari lensa ini, dan serius ini lensa badek banget dan rasa beratnya bisa di bilang mirip atau bahkan lebih berat dari sigma 16mm f1.4 ane. Berat dari lensa ini yang bikin ane lupa sama packaging yang buluk itu, pertama ane angkat ini lensa dari boxnya kaya, anjay berat juga ni lensa, sektika gue inget sama lensa buatan cina lainnya yang udah pernah gue coba macem 7Artisans atau meike gak ada yang build qualitynya kaya gini. Dan ane tau di benak agan dan sista sekalian pasti mikir, ini TS dari tadi bandingnya sama 7artisans atau meike yang harganya gak sampe sejuta sedangkan lensa ini kalau di cek di merchant online harganya 2jutaan. Fyi aja ane dapet ini lensa dengan harga 1.550 di toko ijo dengan kondisi baru dan ini linknya. Ane gak tau masih ada apa enggak, agan dan sista sekalian bisa langsung cek aja ya hehehe. 

Keluhan ane untuk build quality cuma ada di hood dan lens cap'nya, berasa murah banget, dan juga hoodnya kalo di kencengin kliknya gak berasa jadi kadang agak bingung ini hood udah kenceng apa belom, tapi ini mungkin cuma ane doang yang dapet. Karena kalau di lihat lis untuk hoodnya ada pola alur penguncinya jadi kalau agan dan sista juga dapet yang kaya ane mungkin bisa coba beli hood baru dari merek lain dengan diameter yang sama, tapi ane tetep pakai hood bawaanya karena males nyari-nyari lagi hehehe. 



Ring fokus di lensa kamlan ini juga nikmat dan akurat, berasa lembut banget dan presisi banget. Untuk ring aperturenya bisa dibilang plus bisa di bilang minus tergantung penggunanya si. Untuk pengguna yang aktif menggunakan lensa ini untuk keperluan video jelas ini adalah nilai plus karena tidak ada klik stop di ring aperture lensa ini. Jadi bisa memanfaatkannya untuk transisi terang gelap lebih lembut di footage videonya. Namun untuk sebagian pengguna yang lebih aktif menggunakan lensa ini untuk foto akan merasakan bahwa hal ini adalah hal minus karena akan sering menyentuh tidak sengaja ring aperturenya dan menyebabkan settingan aperturenya tergeser. Walaupun ring aperture lebih berat untuk di putar ketimbang ring fokus tetap saja tanpa adanya klik stop untuk ring aperture pasti akan sering tergeser secara tidak sengaja.



Untuk jarak putar ring fokus ane ngerasa sudah cukup pas tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat juga jarak putarnya. Pengoprasian fokus dengan teknik infinity to close untuk mengikuti subjek yang bergerak tidak terlalu cepat bisa dilakukan dengan cepat dan cukup akurat di beberapa kondisi. Namun agak di sayangkan salah satu kekurangan lensa-lensa murah seperti ini adalah lensa bergerak maju mundur saat di oprasikan dan juga dengan mendorong lensa tampa memutar ringnya bisa membuat fokus berubah. Seperti ane yang memeiliki kebiasaan untuk meletakan jari telunjuk di hood dan memberikan tekanan kebelakang untuk menahan beban lensa dan untuk tetap bisa stabil saat memegang kamera membuat fokus sering kali meleset karena lensa mendapatkan tekanan dari depan kebelakang. Jadi untuk agan dan sista sekalian harap hati-hati saat mengoprasikan lensa ini untuk tetap bisa mendapatkan hasil gambar yang tajam.



Untuk performa lensa sendiri bisa dibilang sangat tajam, terlebih jika kita menempatkan subjek di tengan frame. Namun utuk subjek yang berada di pinggir hasilnya akan mengalami penurunan ketajaman dan cendrung terlalu soft jika kita tidak mendapatkan fokus yang benar-benar pas. Performa lensa ini di kondisi backlight juga masih bisa diandalkan bahkan dalam posisi aperture terbuka lebar'pun lensa ini masih sangat bisa di andalkan, tinggal kitanya saja pintar-pintar untuk menyesusaikan settingan di kamera kita. Flare yang di hasilkan juga tidak terlalu ganas dan masih bisa di kontrol dengan hoodnya. Untuk warna yang di hasilkan dengan nex7 kalau ane perhatikan cendrung ke arah magenta dimana arah warna seperti ini bisa bikin kulit akan terlihat lebih natural namun warna dari ambiance menjadi agak lebih merah.

Berikut hasil gambar dari Nex7 menggunakan lensa Kamlan 28mm f1





























Walaupun udah masuk IG ane, tapi hasil di atas itu gak banyak ane edit, paling cuma crop aja baut ngelempengin gambarnya hehehe. Buat yang file Original ada di bawah ya.. 

 










Jangan Lupa Bahagia..!!!  emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

Diubah oleh ceritanyaw.id 02-02-2020 06:55
rykenpblina.whnona212
nona212 dan 18 lainnya memberi reputasi
17
9K
98
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Photography
Photography
icon
14.2KThread4.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.