Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
747
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e26aced337f934c4c5f633e/antara-jongkong-lengko-bongko-lemet-ternyata-satu-nama-semua-olahan-dari-singkong
Gan Sist pernah makan lengko? Ini baru makanan Nusantara tanpa bahan pengawet, beneran! Pembuatannya pun masih sangat sederhana. Ternyata makanan ini mempunyai nama yang berbeda-beda ada yang menyebutnyaJongkong, lemet, lengko dan bongko, entah kalau Gan Sist nyebutnya apa? Yang jelas bahan dasar utamanya adalah singkong.
Lapor Hansip
21-01-2020 14:49

Antara Jongkong, Lengko, Bongko, Lemet Ternyata Satu Nama, Semua Olahan dari Singkong

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Cemilan berbahan dasar singkong yang memiliki beberapa nama
Antara Jongkong, Lengko, Bongko, Lemet Ternyata Satu Nama, Semua Olahan dari Singkong


Antara Jongkong, Lengko, Bongko, Lemet Ternyata Satu Nama, Semua Olahan dari Singkong

Antara Jongkong, Lengko, Bongko, Lemet Ternyata Satu Nama, Semua Olahan dari Singkong


Hai ... Hallo apa kabar Agan Sista diseluruh Nusantara, semoga di hari yang masih saja diguyur hujan ini tetap dalam keadaan sehat, tetap semangat bahagia selamanya.

Kalau musim hujan nggak tahu perut bawaannya lapar mulu, bener nggak Gan Sist? Apalagi kalau pas ujan nggak ada cemilan duh jadi kayak jones deh, jomlo ngenes banget. Hihihi.

Gan sist tahu nggak cemilan yang bahan dasarnya adalah singkong. Betul cemilan kali ini didominasi oleh umbi hasil tanaman Pak Tani.

Antara Jongkong, Lengko, Bongko, Lemet Ternyata Satu Nama, Semua Olahan dari Singkong


Singkong dikala musim hujan, bisa menjadi makanan yang istimewa. Gan Sist tahu makanan yang dibuat mirip arem-arem atau lontong. Rasanya enak kenyal- kenyal di mulut. Hmmm apalagi kalau bukan lengko.

Antara Jongkong, Lengko, Bongko, Lemet Ternyata Satu Nama, Semua Olahan dari Singkong


Gan Sist pernah makan lengko? Ini baru makanan Nusantara tanpa bahan pengawet, beneran! Pembuatannya pun masih sangat sederhana. Ternyata makanan ini mempunyai nama yang berbeda-beda ada yang menyebutnyaJongkong, lemet, lengko dan bongko, entah kalau Gan Sist nyebutnya apa? Yang jelas bahan dasar utamanya adalah singkong.

Antara Jongkong, Lengko, Bongko, Lemet Ternyata Satu Nama, Semua Olahan dari Singkong


Kalau yang ini dibungkusnya tidak seperti lontong tapi seperti pasung, makanan yang terbuat dari beras.
Gaimana Gan Sis pernah nyobain makanan ndeso ini, kalau mengesekusinya bisa, pasti deh rasanya bikin nagih.

Gimana sih cara membuat, Jongkong alias lengko, alias lemet, alian bongko ini, Ayo buruan cap cus deh;

Antara Jongkong, Lengko, Bongko, Lemet Ternyata Satu Nama, Semua Olahan dari Singkong



1.Pilih singkong 500 gram yang tidak pahit , kupas cuci bersih lalu parut 

2. Kelapa parut 100 gram

3. 200 gram Gula merah, iris 

4.  200 gram Gula pasir 

5. 1 sdmTepung sagu / tapioka 

6. 1 sdm Garam 

Cara membuatnya adalah sebagai berikut;

Campur bahan jadi satu, uleni, Kemudian bentuk mirip lontong, sematkan dengan lidi, kukus kurang lebih 45 menit agar tanak dan tidak mudah basi.


Ctatan;
Daun pisang, untuk membungkus. Untuk membungkus gunakan daun pisang kepok atau daun pisang kluthuk. Daun pisang ini menjadikan bentuk tampilan jajanan menjadi menarik

Demikianlah Thread ane kali ini semoga bermanfaat, mari bersama kita ngemil dengan cemilan tradisional, entah namanya, jongkong, lengko,bongko, lemet yang penting bahan utamanya tetep singkong hihihi. Dan soal rasa pastinya hmmm Yummy deh.

Jangan lupa rate, komen dan cendolnya ya. Bye ... bye...



Opini pribadi
Foto doc.pri dan google
Diubah oleh trifatoyah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lianasari993 dan 85 lainnya memberi reputasi
84
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 29
Antara Jongkong, Lengko, Bongko, Lemet Ternyata Satu Nama, Semua Olahan dari Singkong
25-01-2020 08:31
Quote:Original Posted By trifatoyah
Di sini masih banyak yang jual


Dimana tuh?
profile-picture
profile-picture
srusuut dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Antara Jongkong, Lengko, Bongko, Lemet Ternyata Satu Nama, Semua Olahan dari Singkong
25-01-2020 08:33
gak terlalu enak tapi bikin kenyang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Antara Jongkong, Lengko, Bongko, Lemet Ternyata Satu Nama, Semua Olahan dari Singkong
25-01-2020 08:36
Ais auto mupeng liat gambarnya. Langdung bunyi perut emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Antara Jongkong, Lengko, Bongko, Lemet Ternyata Satu Nama, Semua Olahan dari Singkong
25-01-2020 08:36
Quote:Original Posted By trifatoyah
Ada nama lagi ternyata Utri, selain nama-nama di atas😁

Utri bukannya dari tepung beras ya sist? Bukan singkong?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Antara Jongkong, Lengko, Bongko, Lemet Ternyata Satu Nama, Semua Olahan dari Singkong
25-01-2020 08:39
kalau di jogja namanya lemet sih
hehehe
kadang makanan tradisional itu beda penyebutan sajaa
tapi aslinya samaaa bahkan bahan dasarnya pun sama hehhe
singkong emang paling bisa diolah apapun deh yaaaemoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh
profile-picture
profile-picture
srusuut dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Antara Jongkong, Lengko, Bongko, Lemet Ternyata Satu Nama, Semua Olahan dari Singkong
25-01-2020 08:41
Di Padang namanya, Lapek Ubi. 😅
profile-picture
profile-picture
srusuut dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Antara Jongkong, Lengko, Bongko, Lemet Ternyata Satu Nama, Semua Olahan dari Singkong
25-01-2020 08:42
makasih ya gannn
threadnya menarik dan bermanfaat
olahan singkong yang beraneka ragamm dan membuat pecinta kuliner jatuh hati pada singkongggg yeyeyeyyeye
profile-picture
profile-picture
srusuut dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Antara Jongkong, Lengko, Bongko, Lemet Ternyata Satu Nama, Semua Olahan dari Singkong
25-01-2020 08:43
lengko... ane sering makan dulu waktu kecil
penjualnya sering lewat depan rumah ane...
yang jual nenek-nenek udah tua gitu, lengkonya enak banget
sayang anaknya enggak nerusin usaha lengkonya, padahal enak lho ... beda rasanya kek yang di beli dipasar-pasar gitu
lengko ini juga uda termasuk jajanan tradisional yang uda susah dijumpai
btw kalau di tempat ane tu sebenere bukan lengko namane, cuma ane lupa namane tu apa wkwkwk emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
srusuut dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Antara Jongkong, Lengko, Bongko, Lemet Ternyata Satu Nama, Semua Olahan dari Singkong
25-01-2020 08:45
makasih info.
kapan2 nyoba ah
profile-picture
profile-picture
srusuut dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Antara Jongkong, Lengko, Bongko, Lemet Ternyata Satu Nama, Semua Olahan dari Singkong
25-01-2020 08:49
Quote:Original Posted By b4perman
iyaa utri kayaknya tepung beras dehh
setau ane sih juga utriee begitu
di jogja juga namanya utrii hahaha
asli dari mana gann??

Kalo utri gue demen bgt nih, tapi kalo lemet gaksuka hehe
Gue sista gan, di medan nih hehe
profile-picture
profile-picture
srusuut dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Antara Jongkong, Lengko, Bongko, Lemet Ternyata Satu Nama, Semua Olahan dari Singkong
25-01-2020 08:50
kalau di tempat ane Lemet itu terbuat dari tepung beras dan isinya kelapa manis,
biasanya buat hantaran lamaran.
profile-picture
profile-picture
srusuut dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Antara Jongkong, Lengko, Bongko, Lemet Ternyata Satu Nama, Semua Olahan dari Singkong
25-01-2020 08:58
favorit banget ini, cuma sayang udah jarang yg ketemu yg jual di sini
profile-picture
profile-picture
srusuut dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Antara Jongkong, Lengko, Bongko, Lemet Ternyata Satu Nama, Semua Olahan dari Singkong
25-01-2020 08:59
mari lestarikan makanan tradisional kearifan lokal emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
srusuut dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Antara Jongkong, Lengko, Bongko, Lemet Ternyata Satu Nama, Semua Olahan dari Singkong
25-01-2020 09:10
suka banget kue ini 😍😍
enak 🤤
profile-picture
profile-picture
srusuut dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Antara Jongkong, Lengko, Bongko, Lemet Ternyata Satu Nama, Semua Olahan dari Singkong
25-01-2020 09:16
lebih kenyang dari nasi
profile-picture
profile-picture
srusuut dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Antara Jongkong, Lengko, Bongko, Lemet Ternyata Satu Nama, Semua Olahan dari Singkong
25-01-2020 09:25
Ada nama makanan dari.singkong selain yang tersebut diatasAntara Jongkong, Lengko, Bongko, Lemet Ternyata Satu Nama, Semua Olahan dari Singkong gethuk lindri, gethuk abul, cenil, geblèg, klanting, thiwuk, gathot....gethuk gorèng Sukaraja.....dé èl èl.... emoticon-cystg
profile-picture
profile-picture
srusuut dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Antara Jongkong, Lengko, Bongko, Lemet Ternyata Satu Nama, Semua Olahan dari Singkong
25-01-2020 09:29
Didaerah saya namanya jajan Jongkong
Legit lengket manis emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
srusuut dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Antara Jongkong, Lengko, Bongko, Lemet Ternyata Satu Nama, Semua Olahan dari Singkong
25-01-2020 09:29
Emak ane orang bangka, sering banget bikin jongkong. Dr yg ane liat, bikinnya pake tepubg beras untuk adonan putih, lalu pandan dan suji untuk adonan hijau. Tambah gula merah untuk saus. Kagak ada singkongnya gan
profile-picture
profile-picture
srusuut dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Antara Jongkong, Lengko, Bongko, Lemet Ternyata Satu Nama, Semua Olahan dari Singkong
25-01-2020 09:30
disini lemet, kalo dikasih pisang ganti nama nogosari
profile-picture
profile-picture
srusuut dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Halaman 7 dari 29
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia