Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
333
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e292e1697751323de1904d0/terjaring-razia-sim-mati-stnk-mati-siap-siaplah-untuk-tertawa
Saat ini di daerah gw sangat sering dilakukan razia motor. Mungkin di daerah lain juga sama. Tujuannya memang bagus, yaitu untuk menertibkan pemilik motor dan kelengkapan motor itu sendiri.
Lapor Hansip
23-01-2020 12:24

Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa

Past Hot Thread
icon-verified-thread

Saat ini di daerah gw sangat sering dilakukan razia motor. Mungkin di daerah lain juga sama. Tujuannya memang bagus, yaitu untuk menertibkan pemilik motor dan kelengkapan motor itu sendiri.

Pemelik motor pada waktu mengendarai motor harus memakai helm dan punya SIM. SIM tersebut harus hidup, masih berlaku alias tidak mati. Motor yang dikendarai suratnya juga harus lengkap. Minimal membawa STNK, dan STNK tersebut juga harus hidup. Sama seperti SIM, tidak boleh mati. Jika SIM dan STNK hidup maka tidak perlu khawatir walau setiap hari masuk di jalur razia. Pasti aman dan bebas. Tapi jika dua-duanya mati, atau salah satunya mati, maka siap-siaplah untuk menangis.

Selain untuk penertiban itu, razia juga dimaksudkan untuk mencari motor yang pernah dicuri. Motor hasil curian pasti tidak memiliki STNK. Pemilik motor yang tidak memiliki STNK tidak mungkin bisa mengelak. Walau benar dia membeli, tetap saja dia salah. Dia akan dianggap sebagai penadah barang hasil curian. Pecuri atau penadah sama-sama mendapat hukuman.

Penertiban dan mencari motor curian. Benerkah tujuannya hanya itu?

Temen gw baru saja terjaring razia. Dia punya motor butut. Usia motornya hampir sepuluh tahun. STNK-nya mati hampir empat tahun. Hal ini diperparah dengan SIM-nya. SIM-nya juga mati. Siapapun pasti tidak akan bisa mengelak. Pasti akan kena tilang.

Temen gw sadar akan hal itu. Selama empat tahun itu dia belum pernah terjaring razia. Dia sangat hati-hati dan tidak mau melintas di jalur yang biasa ada razia. Tapi hari itu dia benar-benar apes. Dia masuk di jalur razia. Hasilnya motornya pun kena tilang. Motornya di gelandang ke polres bersama puluhan motor lainnya.

Untuk bisa mengeluarkan motornya dia harus siapkan uang kurang lebih lima ratus ribu. Dia bukan orang kaya. Waktu itu dia tidak punya uang sebesar itu. Terpaksa dia utang ke tetangga. Motornya pun akhirnya bisa ke luar dan dibawa pulang.

Temen gw cerita ke gw dengan kesal. Terus gw bilang, "Salah sendiri kenapa SIM ama STNK sampai mati. Kenapa gak dihidupin?"

Terus dia jawab, "Kalau duitnya ada kenapa juga gak gw hidupin. Masalahnya duitnya yang gak ada."

Gw pikir benar juga. Boro-boro untuk ngidupin SIM sama STNK, untuk makan di rumah saja kadang susah. Rokok saja kadang juga minta. Inilah yang menjadi pokok persoalan. Biasanya mereka yang kena tilang, SIM mati, STNK mati adalah mereka yang tidak mempunyai uang lebih. Mereka rata-rata punya penghasilan pas-pasan. Ketika kena tilang, mereka terpaksa utang ke sana- ke mari untuk mengeluarkan motornya tersebut. Dan pasti ada rasa kesal, kecewa ketika menyerahkan uang tersebut. Istilah temen gw, "Kayak habis kena rampok."

Setiap tahun STNK memang perlu dihidupi. Menghidupi STNK sama halnya dengan membayar pajak kendaraan bermotor. Pajak tersebut diantaranya dipergunakan untuk membangun dan memperbaiki jalan. Jalan yang kita pakai setiap hari lama kelamaan pasti akan rusak dan perlu perbaikan. Itu sebabnya pajak kendaraan bermotor bisa dibilang wajib.

Tapi ketika pajak sampai, uang tidak ada, apakah tidak ada solusi lain?

Ketika pengendara kena tilang, mau tidak mau mereka harus mengeluarkan uang untuk mengambil motornya. SIM yang mati harus dihidupi. STNK yang mati juga harus dihidupi. Jika tidak maka dikemudian hari ada kemungkinan akan kena tilang lagi.

Kembali ke awal, jika polisi memang bener-benar ingin melakukan penertiban, ketika seseorang kena tilang, kenapa tidak dikasih saja SIM baru bagi meraka yg SIM-nya mati. Atau memberikan semacam surat rekomendasi ke SAMSAT agar STNK-nya yang mati bisa dihidupkan dengan gratis, dengan catatan motornya adalah motor butut yang usianya di atas sepuluh tahun. Toh dia juga sudah mengeluarkan uang tilang. Anggap saja uang tilang tersebut untuk menghidupi SIM dan STNK yang mati.

Dengan demikian gw yakin mereka akan tetap senang mengerluarkan uang meski harus utang ke sana-ke mari. Mereka akan pulang dengan tertawa. Tidak cemberut seperti sekarang ini. Seperti kata temen gw, "Kayak habis kena rampok."

Atau mungkin ada tujuan lain?

"SIM mati, STNK mati hari ini kena tilang. Terserah. Jika tidak dihidupi lain waktu akan kena tilang lagi. Bayar lagi. Lain waktu kena tilang lagi. Bayar lagi. Lain waktu ...... " begitulah seterunya. Dan uang tilang akan terus masuk.

Duh, kasian.

Terjaring Razia, SIM mati, STNK mati, siap-siaplah untuk tertawa. Hahahaaha....
Diubah oleh kelayan00
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 46 lainnya memberi reputasi
29
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 13
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
24-01-2020 19:15
Sebenernya klo SIM sampe mati itu kebangetan banget. Perpanjang SIM itu 5th sekali,biayanya juga g lebih dr 150rb,kita nabung slama 5th jg bisa kok..
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
24-01-2020 19:15
Karena tilang itu sifatnya denda/hukuman karena lalai menghidupi sim dan stnk.. Kalau misal habis kena tilang uang denda nya dianggap biaya menghidupi sim dan stnk mending semua org ga perpanjang sim dan stnk toh nanti pas apes ketilang sim n stnk auto idup.. Makin lama ga ketangkap makin beruntung bahkan bisa2 ga perlu bayar perpanjangan seumur umur..

Dan banyak yg ga perpanjang sim/stnk simply because they are too lazy..
profile-picture
profile-picture
kelayan00 dan Gailham memberi reputasi
2 0
2
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
24-01-2020 19:17
motor grand 91 ane pajaknya cuman 76 rebu. emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
kelayan00 dan cipokan.yuk memberi reputasi
2 0
2
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
24-01-2020 19:18
kalo kata ane sih ya konsekuensi punya kendaraan pribadi ya gitu emang gan, tiap tahun pajak, blm lagi perpanjang sim juga kan. harusnya waktu beli udah tau aturan ini dong, ya gak bisa nyalahin polisi juga hehehe coba deh dibuat tertib, ya namanya rejeki nanti juga ada kalo diniatin mah hehehe
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
24-01-2020 19:18
Gk bisa semua semua gratis bapak. Pajak itu jg salah satu sumber pendapatan negara. Kalau digratiskan dengan syarat kyk yg bapak sebutkan akan ada celah untuk oknum yg mengincar pajak dan sim gratis. Tp bisa diterapkan asal uang tilangnya dinaikkan senilai harga bayar pajak dan membuat sim. Bagi yg gk punya duit utk perpanjang sim? Naik angkutan umum pak. Kalau kata ahok. kita gk bisa menyenangkan semua org. Sim itu surat izin mengemudi. Artinya org yg sudah punya izin/mengantongi syarat kelayakan. Baik secara finansial maupun fisik dan psikis
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
24-01-2020 19:18
emoticon-Leh Uga baru kena tilang kmren
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
24-01-2020 19:19
Kalo bayar bikin sim sama stnk pake surat keterangan tidak mampu bisa gak sih gan sebenernya wkwk
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
24-01-2020 19:20
cara agar tidak kena razia kendaraan bermotor ???

simpel... Jalan kaki emoticon-Cool
Diubah oleh artesia666
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
24-01-2020 19:20
Quote:Original Posted By Surobledhek746
polisi musuh bebuyutanemoticon-Hansipemoticon-Hansipemoticon-Hansip


Besok2 kalau butuh bantuan dari kejahatan, hubungi kriminal aja gan. jgn polisi klo musuh bebuyutan emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
kelayan00 dan Gailham memberi reputasi
2 0
2
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
24-01-2020 19:20
Jangan sampai deh, ntar ribet ngurusnya emoticon-Big Grin
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
24-01-2020 19:24
Gw pikir benar juga. Boro-boro untuk ngidupin SIM sama STNK, untuk makan di rumah saja kadang susah. Rokok saja kadang juga minta. Inilah yang menjadi pokok persoalan. Biasanya mereka yang kena tilang, SIM mati, STNK mati adalah mereka yang tidak mempunyai uang lebih.

Teman kau suruh jalan kaki saja.
Mau miskin atapun kaya, nggak ada alasan buat ngelanggar aturan.

Kau makai jalan raya, kau sepakat dengan aturannyaemoticon-shakehand

Jangan kek-kek PKL cengeng yang jualan di Trotoar karna alasan sewa mahal lah, dan nggak punya duit lah, nggak ada tempat lah, trus dijadiin alasan buat ngebenarin tindakkannya yang udah melanggar aturan, karna Trotoar bukan untuk pedagang.

Untuk teman ente, motor butut 10 tahun lalu, berapa sih besaran pajaknya ampe 500 Ribu, kan nggak ?
Lagian pajak dibayar sekali setahun, bukan sekali sebulan, nah kan bisa di tabung juga duitnya .. 1000 perhari pun udah berapa jumlahnya emoticon-Big Grin
Dan untuk Sim ? Ini juga sekali lima tahun, dan biayanya ? emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
kelayan00 dan Gailham memberi reputasi
2 0
2
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
24-01-2020 19:24
wah kebakaran
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
24-01-2020 19:25
Solusinya ya naek kendaraan umum atau jalan kaki. Jaman skrg Indo kemana2 udah kebiasaan naik motor/mobil bahkan ke tempat yg dekat pun. emoticon-Cape d... (S)emoticon-Mad (S)
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
24-01-2020 19:25
Klo dikasi gratis pst byk antri buat ditilang dong... Ane jg biar mampu mending gk usah perpanjang biar ditilang aja... Itulah resiko punya kendaraan bermotor... Harus dipikir baik2 dan perhitungkan pengeluaran2 rutin yg akan ada selama punya kendaraan bermotor... Jgn hanya gampang tergiur sm DP ringan langsung ambil motor emoticon-Nohope
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
24-01-2020 19:28
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa

Ane hajar aja polisnye emoticon-Cool
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
24-01-2020 19:29
Harus nya negara sekelas indonesia ga ada pajak kendaraan,kalaupun ada harusnya kecil dan tidak diuber2 kaya perampok..
wong negara ini SDA nya super super melimpah..
1 dari 2 penghasil aspal terbesar di dunia tapi kenyataan nya?
Mineral melimpah
Tanah subur
Lautan luas dengan segala isinya..


hihihi
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
24-01-2020 19:30
kaya gak tau aja lagi danusan gblg
profile-picture
profile-picture
kelayan00 dan Michaelwise memberi reputasi
2 0
2
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
24-01-2020 19:30
Quote:Original Posted By kelayan00


Gw pikir benar juga. Boro-boro untuk ngidupin SIM sama STNK, untuk makan di rumah saja kadang susah. Rokok saja kadang juga minta. Inilah yang menjadi pokok persoalan. Biasanya mereka yang kena tilang, SIM mati, STNK mati adalah mereka yang tidak mempunyai uang lebih. Mereka rata-rata punya penghasilan pas-pasan. Ketika kena tilang, mereka terpaksa utang ke sana- ke mari untuk mengeluarkan motornya tersebut. Dan pasti ada rasa kesal, kecewa ketika menyerahkan uang tersebut. Istilah temen gw, "Kayak habis kena rampok."


Bilangin temen lo, udah tau miskin jangan pake kendaraan, jalan aja kaya orang baduy. emoticon-Ngakak
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
24-01-2020 19:31
Klo gak punya duit untuk perpanjang sim atau stnk ya jangan menggunakan kendaraan pribadi pake aja kendaraan umum, kalau mau menggunakan kendaraan pribadi tinggal bayar pajak sim atau stnk nya, kalau masih bilang gak ada duit juga ya kerja lebih keras lagi agar ada duit, misal cari sampingan kayak jualan online, dropshipper, narik ojol atau buka jasa sesuai dengan keahlian yg dimiliki dll, rezeki seseorang akan berubah sesuai dengan usaha orang tersebut.

Rezeki itu ibaratnya pesawat terbang, untuk mendaratkan pesawat tersebut dibutuhkan landasan pacu, maka yg harus dilakukan persiapkanlah landasan pacu tersebut sebaik mungkin, dan kalau ingin mendaratkan pesawat terbang yang lebih besar lagi ya bikin lah landasan pacu yang lebih besar juga. IMHO emoticon-Big Grin
Diubah oleh LavieNovarian
profile-picture
profile-picture
kelayan00 dan Gailham memberi reputasi
2 0
2
Terjaring Razia, SIM Mati STNK mati, Siap-Siaplah Untuk Tertawa
24-01-2020 19:33
stnk bayar aja pada ribut jalanan macet, mau gratis lagi emoticon-Big Grin
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 4 dari 13
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia