• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Ternyata Mengubah Motor Konvesional ke Motor Listrik Gampang loh!

GENKBOLAvatar border
TS
GENKBOL
Ternyata Mengubah Motor Konvesional ke Motor Listrik Gampang loh!

Saat ini bisa dibilang kendaraan listrik menjadi salah satu teknologi terbaru di dunia otomotif. Banyak pabrikan motor dan mobil yang berlomba – lomba menghadirkan kendaraan dengan sumber tenaganya berasal dari listrik. Bahkan Indonesia sekarang udah punya lebih dari satu pabrikan motor listrik. Salah satu yang cukup menyita perhatian kala itu adalah Gesits.


Dinilai aman bagi lingkungan, tipe kendaraan seperti ini akan segera dikembangkan di Indonesia. Pemerintah pun sudah membuat aturan tentang ini. PLN selaku perusahaan yang erat kaitannya dengan listrik rencananya juga akan membuat kendaraan berbasis listik.

Tapi, jika ditelusuri lebih dalam lagi, ternyata teknologi kendaraan listrik bukanlah teknologi baru. Ini sudah lama dikembangkan dan teknologinya cukup ringkas. Ini yang bilang anggota Komunitas Motor Listrik Indonesia GanSis, namanya Hendro.

Ia bilang kalau teknologi ini cukup mudah untuk dikuasai dan gak butuh waktu lama. Dan teknlogi ini bukan baru – baru ini dikembangkan tapi udah dari tahun 1920 – an, bahkan sebelum kendaraan bensin dikembangkan.

Yang jadi permasalahan adalah kapasitas baterai yang digunakan GanSis. Dulu perkembangan baterai belum seperti sekarang. Pada awal kemunculan teknologi ini, dengan baterai yang ada, kendaraan hanya bisa menempuh jarak yang sangat singkat dan untuk pengisian ulang, waktunya juga cukup lama.

Namun dengan seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, sekarang udah bisa dibikin baterai dengan kapasitas yang cukup besar dan waktu yang dibutuhkan untuk pengisian ulang juga lebih cepat. Makanya gak heran kalau banyak pabrikan otomotif yang menjual kendaraan listrik, salah satu selling point mereka adalah kapasitas baterai, jarak tempuh, dan fast charging.


Pada kendaraan listrik, khususnya motor, memiliki tiga komponen utama, yakni baterai, controller, dan dinamo. Jika ketiga komponen ini ada, maka Agan dan Sista bisa membangun motor listrik dengan bodi dari motor konvensional. Ini menunjukkan betapa ringkasnya teknologi ini dan cukup mudah untuk dipahami.

Enaknya lagi GanSis, ketiga komponen tadi bisa diperoleh dengan mudah dari toko online atau komunitas – komunitas motor listrik. Nah, beberapa motor listrik yang dimodifikasi dari motor konvensional (motor bensin) sempat dipamerkan di gelaran “pameran modifikasi motor listrik PLN”.




ewaneyla99
nona212
tien212700
tien212700 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.2K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.