Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
134
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2819135cf6c4596d45e021/mengapa-jalan-tol-harus-bayar-apakah-bisa-gratis
Sebagai salah satu bagian dari percepatan pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah beberapa tahun terakhir ini, jalan tol di Indonesia memiliki peran yang cukup vital. Dengan dibangunnya jalan tol, akses dari suatu tempat menuju ke tempat lainnya dapat lebih mudah dicapai.
Lapor Hansip
22-01-2020 16:42

Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
Foto: gridoto.com

Sebagai salah satu bagian dari percepatan pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah beberapa tahun terakhir ini, jalan tol di Indonesia memiliki peran yang cukup vital. Dengan dibangunnya jalan tol, akses dari suatu tempat menuju ke tempat lainnya dapat lebih mudah dicapai. Utamanya, jalan tol dapat mengefisiensikan waktu yang harus di tempuh dalam sebuah perjalanan jika dibandingkan lewat jalan non-tol yang rata-rata memiliki segudang permasalahan seperti macet, jalanan berlubang, dan lain sebagainya. Namun, pernahkah kita penasaran mengapa jalan tol menerapkan tarif bagi para penggunanya?Apakah mungkin bagi kita untuk melewati jalan tol tanpa mengeluarkan uang?

Jawabannya adalah karena pemerintah berhutang untuk membangun jalan tol tersebut. Dana yang dibutuhkan juga cukup besar dan jika sangat sulit apabila hanya mengandalkan pajak untuk membangun infrastruktur seperti jalan tol. Oleh karena itu, biasanya pemerintah menjalin kerjasama dengan para investor untuk melaksanakan pembangunan jalan tol tersebut.

Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
Foto: cnnindonesia.com

Setelah pembangunan jalan tol telah rampung, pemerintah akan diberi waktu untuk mengembalikan uang yang dipinjamkan oleh investor. Pemberian waktu tersebut disebut dengan masa konsesi. Biasanya, jalan tol di Indonesia memiliki masa konsesi selama 50 tahun. Jadi, selama 50 tahun tersebut, pemerintah harus dapat mengembalikan uang investor plus dengan bunganya. Oleh karena itulah, jalan tol memiliki tarif masuk bagi pengendara yang hendak menggunakannya.
 

Kemudian, apakah pemakaian jalan tol bisa gratis? Jawabannya tentu saja bisa. Ketika masa konsesi telah habis, jalan tol akan sepenuhnya dipegang pemerintah. Selanjutnya, hanya pemerintah yang bisa memutuskan, akan tetap menerapkan tarif pagi pengguna atau tidak alias digratiskan. Tapi biasanya, di Indonesia sendiri tarif jalan tol akan tetap diterapkan untuk membantu pendanaan pemerintah guna membangun jalan tol baru.


Sumber:
Pemikiran TS 
dan
https://www.indopress.id/article/nas...is-jalan-tol 

Sumber Gambar:
Google Image 
Diubah oleh kulitkacang10
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samc01 dan 21 lainnya memberi reputasi
22
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 6
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 21:04
Karna duitnya hasil ngutang dari cokin nguik emoticon-Betty
0 0
0
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 21:07
Ooo ternyata gitu ya...
Apa berarti tol suramadu itu udah habis masa konsesinya ya? Kan sekarang udah gratis tuh
0 0
0
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 21:09


Quote:Original Posted By salmino
ehh busett baru tau ane utang+bunganya aja bru hbs selama 50 tahun wkwkkw ane tak sanggup membayangkan emoticon-Cape deeehh

Kalo selama itu wajar ya kalo harus bayar terus.. Ya namanya ada fasilitas yang memadai pasti juga ada yang harus sesuatu yang sepadan kan, kalo ga mau bayar ya lewat jalan biasa, kalo mau cepet lewat tol tapi bayar ya gan
0 0
0
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 21:10


Quote:Original Posted By sekar2ahayu
oalah, begitu rupanya. wah, nais trit gan. lagian juga buat kemudahan kita itu tol. kalo gak mau bayar, ya, bisa pake jalan biasa.

Ada plus minusnya ya sis...
Sebenernya ya worth juga ga sih kalo harus bayar
0 0
0
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 21:13
ooh jadi alurnya begitu tohh
ane baru tahu gan ehhehe
tapi sekalipun sudah 50 tahun, pasti tarif akan tetap dicanangkan deh, uangnya akan lari dialokasikan ke mana gitu mungkin
jadi gak bisa murni total gratis
0 0
0
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 21:14
di Indonesia juga baru jawa sih ya gan yang tolnya udah mulai merata tapi ya gak semua2 harus dikasih tol sih. liat2daerahnya gimana juga
0 0
0
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 21:23
Apakah klo sudah konsesi, harga tol bisa diturunkan sesuai perawatan, biaya operasional, dll ?
0 0
0
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 21:37
Quote:Original Posted By donisgh
Sok tau tp salah hahaha
Itungan darimana 3-4 tahun udah balik modal? Ente tau brp biaya bangun tol? Rata2 100 milyar per km. Itu hanya biaya konstruksi aja, bukan termasuk pembebasan lahan. Ente tau BUJT bayar bunga pinjaman buat bangun tol berapa milyar? Bunga aja gak termasuk pokok pinjaman.
Kalau 3-4 tahun balik modal, BUJT kaya - kaya semua gan. Dapet konsesi 35 tahun, 30 tahun udh nikmati hasilnya.


Kalo salah ya maaf mohon diluruskan. Kebetulan lagi kurang data.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 21:52
yeeyy selamat ya boskuh, nice info BTW emoticon-Ultah
0 0
0
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 22:00
Tapi masa konsesi jalan tol emang lama banget ya 50 tahun emoticon-Matabelo. Soalnya pembangunan jalan tol juga enggak murah. Apalagi kalau harus ada pembebasan lahan emoticon-Matabelo
0 0
0
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 22:18
akhirnya ada trit yg edukational . bosen sama trit2 ht skarang yg notaben nya cuma cari viewer dengan konten yg receh .
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0 0
0
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 22:27
lewat jalan tol pun masih mau gratisemoticon-Cape deeehh
0 0
0
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 22:45

Ijin Menambahkan

Disini ada 2 pertanyaan utama, yaitu:
1. Mengapa jalan tol harus bayar?

Dari asalnya, tol itu adalah kepanjangan dari Tax On Location (disingkat TOL).

TOL di sini berarti pengendara kendaraan yang menggunakan jalan tertentu dikenakan pajak di tempat saat melewati atau menggunakannya, hal ini disebabkan karena pengendara/pemakai jalan tersebut telah menerima benefit dari dia melintas di jalan tol yang tidak diterima pada jalan umum. (Misalnya travel time yg lebih singkat, kenyamanan permukaan jalan, dsb).

2. Apa bisa tol itu gratis?
Bisa, jika pengelola atau investor mampu dan mau menanggung biaya investasi yg ada.


Sy coba menambahkan dr yg telah disampaikan TS bahwa skema yg dimana pemerintah memberi hutang kpd investor tol dsb sampai dia mengelola dan mengembalikan ke pemerintah dr biaya tol, itu benar dan salah satu skema yg pernah dilaksanakan, khususnya pada masa lalu.

Pada saat ini, pemerintah sudah tidak memiliki banyak dana untuk peningkatan jumlah ruas tol, namun dihadapkan dengan kebutuhan dan kebijakan pembangunan tol yg semakin banyak demi konektivitas dan aksesibilitas yg semakin baik. Untuk itulah beberapa tahun dibuka kesempatan seluas luasnya kepada investor dalam hal ini swasta untuk ikut berinvestasi dlm jalan tol. Skema ini disebut Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) jalan tol, dimana regulasinya telah disiapkan jauh sebelumnya pada era presiden SBY.

Dalam pelaksanaan skema ini, pemerintah diwakili oleh BPJT (Badan Pengelola Jalan Tol) bekerjasama dengan BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) yang tertuang dalam sebuah PPJT (Perjanjian Pengelolaan Jalan Tol). Perjanjian ini bisa dilakukan dlm konsesi 30-50 tahun, dimana setelah itu dapat diserahkan kembali kepada pemerintah. Adapun break even point investasi jalan tol cukup lama, sekitar 20-25 tahun tergantung ketercapaian lalu lintas harian yg direncanakan.

Pd skema ini pemerintah hanya berperan sebagai pengawas dan regulator, serta tentunya menyediakan lahan untuk trase tol. BUJT dalam hal ini sebagai investor memiliki kendali penuh dalam menentukan pelaksana, yaitu dapat menunjuk pelaksana konstruksi (kontraktor), supplier, tim supervisi teknis, hingga menunjuk pengelola jalan tol saat sudah jadi. BUJT memperoleh dana dari sindikasi bank & penjaminan dana konstruksi dari PT SMI serta penjaminan.

Tol bisa gratis asalkan ada regulasi dr pemerintah tentunya dengan konsekuensi apabila investasi tdk tercapai, maka biaya tersebut akan ditagihkan BUJT ke pemerintah kembali.

CMIIW
profile-picture
kulitkacang10 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 22:52
sebenernya kata dosen ane udah bisa gratis sekarang buat rute tertentu, tapi ane bingung kok ga gratis2
0 0
0
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 23:08
bisa bgt mah kalo tol gratis.. di eropa sana tol kebanyakan gratis, bahkan tolnya pun udah lintas negara.. ya itu krn mayoritas jg negara maju sih, trus pembangunannya jg gk semasif di indo dan jg gk ditanggung oleh satu negara tp bbrp negara yg terlintas.. jd biayanya gk semahal itu.. intinya sih bener ama yg dikatakan ts, kalo biaya pembangunannya udah bisa tertutupi mah gratis bukan hal yg sulit..
0 0
0
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
23-01-2020 23:31
Klo jasa Raharja itu salah satu investornya bukan si gan
0 0
0
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
24-01-2020 00:12
Kalo gratis brrti pemerintah subsidi full... mana kuat
0 0
0
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
24-01-2020 00:18
tol gratis cuma ada di gta san andreas ama gta v
0 0
0
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
24-01-2020 00:18
biar balik modal aja
0 0
0
Halaman 5 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia