News
Batal
KATEGORI
link has been copied
203
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2949f288b3cb04c6621722/parto-patrio-dan-denny-cagur-dituduh-hina-profesi-satpam
Komedian Parto Patrio dan Denny Cagur dianggap telah menghina dan merendahkan profesi satuan pengamanan atau satpam dalam acara Opera Van Java edisi 17 Januari lalu.
Lapor Hansip
23-01-2020 14:23

Parto Patrio dan Denny Cagur Dituduh Hina Profesi Satpam

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Parto Patrio dan Denny Cagur Dituduh Hina Profesi Satpam


Quote:
Namun belum jelas apakah Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJPI) akan melaporkan Parto Patrio dan Denny Cagur ke polisi.


Suara.com - Komedian Parto Patrio dan Denny Cagur dianggap telah menghina dan merendahkan profesi satuan pengamanan atau satpam dalam acara Opera Van Java edisi 17 Januari lalu. Hal itu pun disampaikan langsung oleh Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJPI).

"Akhirnya itu kami teliti, kami lihat tayangannya. Menurut kami tidak sesuai lah dengan apa yang digambarkan terkait dengan profesi satpam itu sendiri," kata Ketua Biro Advokasi Satpam Indonesia, Bonny Andalanta Tarigan saat menggelar jumpa peres di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (22/1/2020).

Kemudian, Bonny selaku tim kuasa hukum menuturkan bahwa Parto dan Denny Cagur dinyatakan bersalah atas perbuatannya yang menjelekan profesi petugas keamanan.

"Ini tidak bisa dibiarkan, ini harus kami sampaikan langkah hukum kepada pihak-pihak yang terkait. Kami melihat ada suatu pelanggaran terhadap profesi satpam," ujar Bonny Andalanta Tarigan.

"Pelanggaran apa itu, ya berbentuk bisa dikatakan penghinaan, bisa dikatakan pencemaran nama baik atau merendahkan martabat. Jadi sekali lagi kami fokusnya untuk menghambat kebebasan berpendapat itu sendiri tetapi kita prihatin dengan kondisi ini, dimanfaatkan. Ini profesi yang sangat serius menurut kita," tambahnya.

Menurut Bonny, profesi satpam adalah pekerja yang masih dalam lindungan Polri, di mana tak sembarang pihak lain dapat menghina seenaknya pekerjan tersebut.

"Kami di asosiasi ini sangat bekerja keras untuk menaikkan martabat profesi satpam. Tapi disisi lain ada pihak-pihak tertentu yang menghambat kinerja itu. Jadi itu kami mau sampaikan ke mereka dan langkah hukum yang kami ambil sangat persuasif saya rasa," jelasnya.

SUMBER:
https://www.suara.com/entertainment/...profesi-satpam

KOMEN TS:
Terlalu sensitif ah males.

Gw yakin pasti tujuan tuh artis gak mungkin untuk menghina, pure untuk menghibur. Jangan terlalu serius lah hidup tuh.

Unsur penghinaan emang subjektif, makanya dibutuhkan sikap dewasa dan bijaksana biar tuh unsur gak gampang digunakan di setiap kondisi.

Kalau emang tujuan tuh orang menghina, gw yakin OVJ udah bungkus dari lama banget karena konsep atau tema berbagai episode di acara mereka suka mencirikan sesuatu. Misalnya kerajaan, dan lain-lain. Kebayang gak tuh kalau semuanya pada tersinggung gara-gara dikit-dikit disebut menghina, pasti dunia gak bakal asik lagi.

Profesi satpam emang mulia, i agreed with that. Tapi kita bisa kok mencontoh dari masyarakat negara maju dalam hal menyikapi sesuatu dengan sikap yang dewasa. Contoh paling gampang di Amerika Serikat deh. Disana Donald Trump yang notabene orang nomor satu di negara adidaya aja sering banget dijadiin bahan bercandaan. Bahkan artis-artis tenar disana sering banget impersonate Donald Trump buat lucu-lucuan. Gokilnya lagi malah bercandaannya agak ofensif. Tapi ya karena sikap mature masyarakatnya tersebutlah yang bikin orang-orang gak parno buat bercandain sesuatu. Telaah lagi kata-kata gw, “bercandaan”, bukan ditujukan untuk menghina.

Selain itu, masyarakat kita kadang juga salah menargetkan seseorang dalam mencamkan sikap. Kalau emang banyak orang gak suka Parto dan Denny Cagur dengan tingkah yang dianggap menghina profesi satpam tersebut, kan bisa tuh ngegasin produser atau kreatif dari acara tersebut. Karena konsep acara yang ada di televisi itu kan gak semaunya talent aja, ada banyak orang dibalik layar yang perannya sangat besar dalam mengarahkan talent. Ya, itu emang capeknya sih jadi public figure, harus bisa terima konsekuensi kemarahan instan masyarakat.

Sekarang, coba kita beralih ke pasal penghinaan yang tertuang di Pasal 310 dibawah ini:
(1) Barang siapa sengaja menyerang kehormatan atau nama baik seseorang dengan menuduhkan sesuatu hal, yang maksudnya terang supaya hal itu diketahui umum, diancam karena pencemaran dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.

(2) Jika hal itu dilakukan dengan tulisan atau gambaran yang disiarkan, dipertunjukkan atau ditempelkan di muka umum, maka diancam karena pencemaran tertulis dengan pidana penjara paling lama satu tahun empat bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.

(3) Tidak merupakan pencemaran atau pencemaran tertulis, jika perbuatan jelas dilakukan demi kepentingan umum atau karena terpaksa untuk membela diri.


Percaya deh sama gw, gak mungkin ada orang waras yang mau ngehina profesi orang lain melalui media yang bisa dilihat publik secara luas. Gak mungkin ada. Apalagi dilakukan oleh public figure yang notabene ordinary people.

Last but not least, gak penting sebenernya ini kasus untuk dibesar-besarkan. Kecuali emang untuk nyari panggung doang. Gw rasa kita harus lebih bersikap dewasa lagi. Jangan dikit-dikit pake hati nyikapin suatu hal. Cobalah buat ngelawan sikap yang gampang tersinggung dengan pola pikir yang sudah matang dan rapi. Dijamin jalan hidup lo gak akan ribet mulu di kemudian hari.

Itu aja sih opini gw.

#AgreeToDisagree
Diubah oleh VolkswagenPutih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hantumasam dan 39 lainnya memberi reputasi
38
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 11
Parto Patrio dan Denny Cagur Dituduh Hina Profesi Satpam
23-01-2020 17:22
baperan amat sih?? padahal kan emang acara lawak emoticon-Cape d...
0 0
0
Lihat 1 balasan
Parto Patrio dan Denny Cagur Dituduh Hina Profesi Satpam
23-01-2020 17:28
namanya juga komedi, itu asosiasi isinya onta semua atau gimana sih
0 0
0
Parto Patrio dan Denny Cagur Dituduh Hina Profesi Satpam
Lapor Hansip
23-01-2020 17:28
Balasan post mibmobz
Quote:Original Posted By mibmobz
satpam khan biasa nya dari pengangguran gak bisa cari makan, lalu suruh jaga poskamling deket kentongan. klo ada apa2 langsung kentong.
pengen lebih terhormat yak jadi bodyguard, jelas status nya. duid nya jg lebih gedhe, cuman bisa masup apa kagak kriteria nya emoticon-Leh Uga


wait wait, setau ane profesi bodyguard juga termasuk salah satu divisi yg bernaung dlm BUJP juga kan ?
Personel2nya ya anggota satpam juga (mungkin diseleksi lagi + ada tambahan pelatihan khusus diluar pendidikan satpam reguler...walaupun ada jg satpam biasa yg dikasih pendidikan tambahan tergantung instansi tempat dia bertugas, misalnya kursus menembak)

trus kalo yg agan maksud penjaga2 poskamling/komplek perumahan itu mah kemungkinan warga sekitar yg "dipakein" seragam satpam, blm tentu punya KTA maupun ikut pendidikan bahkan tingkat yg paling dasar sekalipun.. seandainya ada sweeping dari aparat & gak bisa nunjukin KTA, mereka bakal disuruh copotin atribut2 kepolisian yg ada di seragam mereka (ane pernah baca beritanya tp lupa di mana emoticon-Big Grin )

*kebetulan dulu pernah kenal anggota satpam BUJP yg kadang dapet job jadi bodyguard...emang cocok sih, secara dia mantan prajurit emoticon-Big Grin
0 0
0
Parto Patrio dan Denny Cagur Dituduh Hina Profesi Satpam
23-01-2020 17:31
klo ovj sekarang gpp dah... udh kebablasan semenjak geng facebook menyerang...
0 0
0
Parto Patrio dan Denny Cagur Dituduh Hina Profesi Satpam
23-01-2020 17:40
ngakak aja, kemarin juga ada yg dianggap hina ojol eh malah geruduk" , org" model ginian kalo gk nganggur ya emang kerjaan nya minta duit lewat ginian. masyarakat cacad.
0 0
0
Parto Patrio dan Denny Cagur Dituduh Hina Profesi Satpam
23-01-2020 18:03
namany jg media selalu melebih2kan sesuatu . kalo gk gtu gk makan emoticon-Ngakak
0 0
0
Parto Patrio dan Denny Cagur Dituduh Hina Profesi Satpam
23-01-2020 18:07
lawak yang berlebihan
0 0
0
Parto Patrio dan Denny Cagur Dituduh Hina Profesi Satpam
23-01-2020 18:19
terlepas dr itu semua, komedian kita mayoritas emang mengarah ke body shaming, statust shaming, job shaming etc... sesekali emang harus dikasih pelajaran ... gue ngga pernah nonton OVJ ...lawakan kelas rendahan...
buat yg ngga ngerti profesi satpam, Satpam itu ada sekolah & sertifikasinya & sebagian adalah eks Tentara-Polisi ...
bukan profesi remeh temeh, byk di antara mereka yg gugur ditembak perampok sampai gugur krn berani mencegah teroris (Sarinah & Surabaya) ..
emoticon-Cool
profile-picture
sapiberjanggut memberi reputasi
1 0
1
Parto Patrio dan Denny Cagur Dituduh Hina Profesi Satpam
23-01-2020 18:21
Bahan lawakan yg baik itu dari diri sendiri. Jadi orang lain gak tersinggung. Kira2 begitu dari buku yg pernah gue baca. emoticon-Big Grin
profile-picture
seperduaratus memberi reputasi
1 0
1
Parto Patrio dan Denny Cagur Dituduh Hina Profesi Satpam
Lapor Hansip
23-01-2020 18:22
Balasan post dickyb21
Quote:Original Posted By dickyb21
Diluar case diatas,
kek ane ngerasa sekarang semuanya itu serba berlebihan gak sih
Gila hormat, gila dihargai, dikit dikit tersinggung
Lembek lah pokoknya emoticon-Big Grin


Ane dlu sempet pernah kena masalah di media sosial, gegara sebuah komen ane ke temen ane di sebuah postingan



jadi ada postingan tentang ciri-ciri orang sukses gitu di IG,
nah klo di IG kan misal ada temen yg komen tuh muncul tuh paling atas, kebetulan ane liat temen ane komen "Gua banget tuh"

Nah, kenyataannya adalah temen ane ini memang aktif di organisasi pecinta alam,
Tp cuma sekedar ikut2an aja gitu, buat cari temen nongkrong.,
ini bocah males nya udah tingkat kronis. padahal temen2 organisasinya ya rajin rajin aja
malah pas ane jemput ni bocah, temennya ada yg lagi belajar gitu
Doi juga klo di kelas itu kek kosong gitu pandangannya, ngantuk mulu, tiap ditanyain ga pernah bisa jawab
tiap hari kerjaannya cuma nongkrong sampe pagi, bahkan kadang sampe bolos kelas cma buat nongkrong doang


Tulis lah ane komentar "Wah iya, lu banget tuh, lu kan tiap hari nongkrong di depan sekre mapala, siapa tau bisa jadi satpam sukses lu"



eeeeeh, rame dong emoticon-Big Grin
Pada ngatain ane ga menghargai profesi seorang satpam emoticon-Big Grin



Padahal kalo dipikir lebih pinteran dikit, justru netizen itu sendiri lah yang ga menghargai profesi seorang satpam., bukan gua.,


Dari awal ane ga pernah bilang profesi satpam itu buruk, bahkan ane pun bilang satpam sekalipun bisa sukses.
Netizen sendiri yang menyimpulkan bahwa dengan ane ngomong gitu, seolah-olah ane berkata bahwa profesi satpam itu adalah sebuah hinaan


Ane sempet jelasin yang ane jelasin di atas itu,
tp ga lama ane sadar.,
tau sendiri lah, bahkan dimata netizen +62 tuhan sekalipun bisa salah emoticon-Big Grin


Nah kan.
Sebenernya mau gak mau profesi jadi satpam tuh emang bukan opsi utama orang untuk berkarir. Percaya dah sama gw, kalo dikasih pilihan antara pilih jadi satpam atau karyawan pasti pada milih jadi karyawan.

Realistis aja gaksi, gak perlu munafik.

Bukannya merendahkan profesi satpam, satpam juga punya peran penting dalam penjagaan lingkungan. Tapi ya gak perlu baper juga. Cek realita aja..

Sekarang ente pasti jadi parnoan kan kalau mau bercanda apapun kan gan? Itulah efeknya, jadi gak seru sekarang society kite emoticon-Najis (S)
profile-picture
kingoftki memberi reputasi
1 0
1
Parto Patrio dan Denny Cagur Dituduh Hina Profesi Satpam
23-01-2020 18:37
ane jadi inget slogan warkop dki

tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
profile-picture
VolkswagenPutih memberi reputasi
1 0
1
Parto Patrio dan Denny Cagur Dituduh Hina Profesi Satpam
23-01-2020 18:37
orang indonesia udah mulai lupa cara ketawa emoticon-sad
profile-picture
Siinaga memberi reputasi
1 0
1
Parto Patrio dan Denny Cagur Dituduh Hina Profesi Satpam
23-01-2020 18:37
penasaran dengan videonya...
0 0
0
Parto Patrio dan Denny Cagur Dituduh Hina Profesi Satpam
23-01-2020 18:44
bakal demo lagi buat minta maaf kah? njir demo cuma buat minta maaf doangemoticon-Big Grin
Emang ngomong ape sih tuh pelawak?
0 0
0
Parto Patrio dan Denny Cagur Dituduh Hina Profesi Satpam
23-01-2020 18:47
Kalo menghina sih mungkin enggak. Tapi kalo mutu becandaan di tipi melulu dangkal emang cenderung iya. Jujur, gw sih gak mau ngevaluasi perkara etika becandanya; gw cuma kurang sreg aja sama unsur pentingnya sebuah konten ala-ala Denny Cagur dan OVJ kini.
0 0
0
Parto Patrio dan Denny Cagur Dituduh Hina Profesi Satpam
23-01-2020 18:49
Quote:Original Posted By punin
OVJ ? halah isinya juga cuma komedian-komedian tolol.

Dengan jokes-jokes garing yang memaksa emoticon-Busa

Terlepas dari isi berita, OVJ itu juga tayangan Overated,tidak bermutu .. Dan siapapun yang menontonnya cuma buang-buang waktu emoticon-Busa

Mending nonton Berita, disitu banyak kasus-kasus yang bisa jadiin lelucon

Pencabulan, pembunuhan atau betapa tololnya hukum negri ini, dan itu natural.


Sekarang malah lebih lucu nonton beritaemoticon-Ngakak
0 0
0
Parto Patrio dan Denny Cagur Dituduh Hina Profesi Satpam
23-01-2020 18:55
Sensitip sekali
0 0
0
Parto Patrio dan Denny Cagur Dituduh Hina Profesi Satpam
23-01-2020 18:56
Quote:Original Posted By jamie76
klitoris aja gak se sensi itu emoticon-Cool



You got that right
0 0
0
Parto Patrio dan Denny Cagur Dituduh Hina Profesi Satpam
23-01-2020 18:58
Quote:Original Posted By infinitecrismon
wait wait, setau ane profesi bodyguard juga termasuk salah satu divisi yg bernaung dlm BUJP juga kan ?
Personel2nya ya anggota satpam juga (mungkin diseleksi lagi + ada tambahan pelatihan khusus diluar pendidikan satpam reguler...walaupun ada jg satpam biasa yg dikasih pendidikan tambahan tergantung instansi tempat dia bertugas, misalnya kursus menembak)

trus kalo yg agan maksud penjaga2 poskamling/komplek perumahan itu mah kemungkinan warga sekitar yg "dipakein" seragam satpam, blm tentu punya KTA maupun ikut pendidikan bahkan tingkat yg paling dasar sekalipun.. seandainya ada sweeping dari aparat & gak bisa nunjukin KTA, mereka bakal disuruh copotin atribut2 kepolisian yg ada di seragam mereka (ane pernah baca beritanya tp lupa di mana emoticon-Big Grin )

*kebetulan dulu pernah kenal anggota satpam BUJP yg kadang dapet job jadi bodyguard...emang cocok sih, secara dia mantan prajurit emoticon-Big Grin


Iya betul sekali..satpam itu harus ikut diksar dulu selama 21 hari dan bayar sekitar 5jt..baru keluar Sertifikat ama KTA..baru berhak memakai atribut polri..
profile-picture
infinitecrismon memberi reputasi
1 0
1
Parto Patrio dan Denny Cagur Dituduh Hina Profesi Satpam
23-01-2020 18:59
Gue pernah ketikung gan, cwr yg gue suka diambil satpam 🤣🤣
0 0
0
Halaman 7 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia