• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Elon Musk Akan Buat 100 Starship Buat Angkut 1 Juta Orang Ke Mars, Ada Yang Mau Ikut?

awesome.techidAvatar border
TS
awesome.techid
Elon Musk Akan Buat 100 Starship Buat Angkut 1 Juta Orang Ke Mars, Ada Yang Mau Ikut?
Cita-cita manusia untuk bisa mengikuti jejak Neil Amstrong sebentar lagi akan terwujud (sekitar 30 tahun lagi). Hal ini berkat ide gila yang direncanakan oleh Elon Musk. Dimana dia berencanya untuk membuat Starship yang bisa mengangkut manusia ke Mars. Dan direncanakan akan terjadi pada tahun 2030 nanti. Ya walaupun bukan ke bulan, namun sama-sama ke luar angkasa.



Mungkin banyak yang excited dengan ide gila Elon Musk, namun tentu banyak juga yang akan mendaftar di penerbangan itu, termasuk ane.



Rencananya Elon Musk akan membuat 100 Starship setiap tahunnya dan berencana menerbangkan orang-orang hingga tahun 2050. Rinciannya diperkirakan akan ada 100.000 orang yang dikirim ke mars selama 26 bulan.  Dimulai dari tahun 2030 dan berakhir pada tahun 2050. Perkiraan jumlah orang yang akan dibawa ke bulan mencapai 1 juta orang. 



Dengan asumsi, bahan bakar yang berada di Mars bisa digunakan untuk mengirimkan Starship itu kembali ke bumi. 

Namun rencana ini belum mulus 100 persen, Elon Musk masih memiliki masalah yang penting, yaitu perusahaannya, SpaceX, belum siap mampu membuat pesawat yang bisa membawa orang ke bulan. 



Targetnya penerbangan ke bulan pertama bisa terealisasi pada tahun 2030 nanti dengan target 1000 orang. Selain itu rencananya Starship akan diterbangkan ketika orbit antara bumi dan bulan berada di jarak paling dekat. Karena bulan terus berputar maka dipilihlah yang paling dekat dengan orbit bumi.



Namun tinggal di Mars tentu tidak seindah tinggal di Bumi. Ada banyak masalah yang harus diselesaikan agar manusia bisa tinggal di Mars. Seperti suhu yang terlalu rendah dimana suhunya bisa mencapai -80° Fahreinheit, permukaan ozon yang tidak sama dengan yang di bumi dan lain-lain. 

Oleh karena itu bila nantinya manusia tinggal di Mars, mereka harus tinggal di sebuah tempat yang bisa memantulkan sinar UV dan bisa mengatur suhu di dalam ruangan. Dan bila keluar dari ruangan itu manusia masih harus menggunakan pakaian luar angkasa. Belum lagi masalah pangan yang menjadi kebutuhan pokok belum ditemukan. Karena tidak mungkin mengkonsumsi makanan seperti yang dimakan astronot terus menerus.



Belum sumber daya dan infrastruktur yang sangat besar untuk dibangun di Mars.

Setidaknya bila harus menunggu hingga tahun 2050, sepertinya ane masih siap untuk pergi ke Mars. Hanya saja ane belum siap dengan biaya yang harus dikeluarkan.


anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 2 lainnya memberi reputasi
3
872
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.