yogapranata0008Avatar border
TS
yogapranata0008
Jangan Dibuang! Inilah Tips Mengolah Nasi Sisa Menjadi Makanan Yang Lezat

Sumber: https://beritagar.id

Apakah yang akan agan lakukan ketika mendapati sisa nasi di meja makan ? Apakah agan akan membuangnya ?, atau memberikan sisa sisa nasi agan untuk pakan ternak atau unggas ? Daripada dibuang alangkah baiknya jika agan dapat mengolah sisa nasi yang masih bisa dikonsumsi menjadi makanan yang tetap enak. Apa bisa ?, tentu saja bisa, dengan cara cara yang mudah berikut ini agan dapat mengolah sisa nasi menjadi makanan yang enak. Berikut ini adalah tipsnya.

1. Kerupuk

Sumber: https://www.hipwee.com

Salah satu alternatif mudah mengolah nasi sisa adalah dengan membuatnya menjadi kerupuk. Caranya sangat mudah sekali, agan bisa merendam nasi sisa dengan air panas selama kurang lebih lima menit, lalu tiriskan. Haluskan bawang putih dan garam, lalu campurkan dengan nasi sisa yang sudah direndam tadi. Ulek sampai halus, tambahkan tepung aci, dan aduk sampai kalis. Setelah itu, agan bisa membentuknya menjadi bentuk lonjong besar, lalu kukus. Setelah matang, iris tipis adonan tadi dan jemur sampai kering. Untuk jadi kerupuk, agan tinggal menggorengnya saja sampai garing dan berwarna kecoklatan.

2. Bola-Bola Nasi

Sumber: https://www.hipwee.com

Cara berikutnya untuk mengolah nasi sisa menjadi camilan yang enak adalah dengan membuat bola bola nasi. Bola bola nasi dengan aneka toping bisa menjadi camilan yang menggiurkan dan mengenyangkan. Selain rasanya nikmat, cara membuatnya juga sangat mudah. Agan hanya tinggal membuat bola-bola nasi yang diisi dengan daging, sayuran atau keju. Setelah itu, celupkan ke dalam kocokan telur dan gulingkan pada tepung panir. Kemudian goreng sampai matang.

3. Burger

Sumber: https://club.iyaa.com

Nasi sisa yang agan punya ternyata juga bisa diolah menjadi pengganti roti burger  lho! Selain karena rasanya yang enak,burger nasi juga lebih mengenyangkan, jika dilihat dari kebiasaan orang Indonesia yang 'belum makan kalau tidak makan nasi' pasti akan sangat cocok dengan makanan ini. Cara membuatnya juga mirip dengan burger umumnya. Bentuklah nasi sisa menjadi bentuk bulat, lalu pipihkan. Setelah itu, agan bisa mengolesnya dengan mentega dan panggang sebentar. Agan bisa mengisi burger nasi tersebut dengan smoked beef, telur mata sapi, tomat, keju slice atau bahan lain sesuai selera.

4. Bubur

Sumber: https://www.hipwee.com

Jika agan bosan makan nasi putih, mungkin agan bisa mencoba membuat bubur dari nasi sisa. Caranya membuatnya sama dengan pembuatan bubur pada umumnya. Agan hanya perlu memasukkan nasi sisa tersebut ke dalam panci dengan menambahkan air kaldu atau santan. Masak sampai nasi tersebut berubah menjadi bubur. Hidangkan dengan topping sesuai selera, seperti abon, kecap, dan kerupuk. Jangan lupa tambahkan cekap asin untuk memperkaya cita rasa. 

5. Pudding


Sumber: https://cookpad.com


Siapa bilang nasi sisa hanya bisa diolah menjadi kudapan asin? Jika agan termasuk penyuka makanan manis, maka agan juga bisa mengolah nasi sisa di rumah menjadi rice pudding. Pudding dari nasi sisa tak kalah enak dari makanan manis lainnya dan cara pembuatannya juga cukup simpel. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat rice pudding juga sangat sederhana. Agan hanya perlu menambahkan susu, telur, dan gula pada nasi. Setelah itu, masak hingga mendidih dan mengental. Lalu masukkan adonan dalam cetakan puding dan siap disajikan ketika dingin.

Di atas adalah beberapa tips mengolah nasi sisa yang masih bisa dikonsumsi menjadi makanan yang enak. Daripada membuang nasi sisa lebih baik mengolahnya kembali, selain menjadi makanan atau camilan yang en dan tentu saja lebih hemat, mengolah nasi sisa juga dapat mengurangi sampah makanan dan supaya makanan tersebut tidak mubazir tentunya.emoticon-thumbsupemoticon-thumbsup

Sumber: https://resepkoki.id 
swatoke
nona212
tien212700
tien212700 dan 16 lainnya memberi reputasi
15
2.8K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread12.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.