MasUzzan
TS
MasUzzan
Seberapa Besar sih Gaji Seorang Pengisi Suara Anime







Kembali lagi di trit #SeiyuuCorner yang kedua, kalau kalian kelewatan yang sebelumnya bisa langsung cek di sini. Pengennya sih ane jelasin industri seiyuu secara total, tapi ternyata udah ada yang bikin emoticon-Ngakak (S)kalau mau cek bisa cek di sini. Langsung saja deh, berapa sih gajinya?



Lonjakan permintaan anime yang sangat besar belakangan ini tentu saja berimbas pada peningkatan permintaan akan seiyuu atau pengisi suara. Selain karena permintaan yang besar, gaji yang ditawarkan di industri ini terbilang cukup besar. Tidak heran banyak orang yang berkeinginan untuk menjadi seorang seiyuu meskipun hanya 1 dari 1000 orang yang nantinya bakal menjadi profesional.

Seorang seiyuu di Jepang dibedakan berdasarkan tingkatan, mulai dari paling bawah F (Pemula) hingga A (Profesional), dan untuk kasus tertentu ada beberapa seiyuu yang tidak memiliki tingkatan atau biasa disebut “No Rank”. Tingkatan ini ditentukan oleh Japan Actor Union (Nippairen) yang didasarkan pada pengalaman dan kepopuleran seorang seiyuu.



Seorang seiyuu pemula biasanya mendapat bayaran sebesar ¥ 15.000 atau sekitar Rp. 1,8 juta* per episode tidak peduli banyaknya dialog yang dia suarakan. Sedangkan seiyuu tingkat A dibayar ¥ 45.000 atau sekitar Rp. 5,5 juta per episodenya. Untuk kasus seiyuu “No Rank”, agensi dari seiyuu tersebut akan mematok sendiri harga untuk setiap episodenya.

Bayaran tersebut juga tidak berpengaruh meskipun seiyuu tersebut mendapat peran utama ataupun peran pendukung. Jadi anggap saja seiyuu tingkat F mendapatkan peran utama, sedangkan seiyuu tingkat A mendapatkan peran pendukung. Bayaran yang akan diterima seiyuu tingkat F tetaplah ¥ 15.000 per episode, sedangkan seiyuu tingkat A tetaplah ¥ 45.000 per episode. Meskipun si seiyuu kelas F mendapat ratusan dialog sedangkan si seiyuu kelas A hanya mendapat 3-4 dialog. Namun seiyuu yang mendapatkan peran utama memiliki keuntungan tersendiri, yaitu mendapat banyak tawaran event, acara TV, radio, dan live streaming sehingga mampu menaikkan popularitasnya dan penghasilan tambahan.



Sebut saja Ai Kayano, seorang seiyuu yang memulai debutnya di tahun 2010. Hanya berselang setahun semenjak debutnya, ia memenangkan audisi untuk memerankan tokoh utama perempuan Meiko Honma (Menma) di anime AnoHana. Semenjak itu kepopuleran Kayano meroket walau saat itu ia masih berada ditingkat F (Pemula). Tidak lama setelah tampil di AnoHana, Kayano pun langsung mendapatkan penghargaan di Seiyuu Award ke-6 sebagai Best New Actress. Tidak hanya itu, dia juga mendapatkan penghargaan MIP New Seiyuu dalam Nikkan Anime Grand Prix pertama. Hingga saat ini Kayano sudah mengisi setidaknya 155 karakter di berbagai anime.

Selain menyuarakan karakter anime, seorang seiyuu juga bisa menambah penghasilan mereka dengan mengisi suara karakter game, pachinko, dan film barat.



Mengisi suara karakter game memiliki bayaran lebih tinggi karena agensi seiyuu bisa mematok harga sendiri per kata yang disuarakan. Meski memiliki bayaran yang lebih tinggi, mengisi suara karakter game dan pachinko tetap tidak dapat dijadikan target utama, sebab game dan pachinko tidak sewaktu-waktu ada dan jumlahnya tidak sebanyak anime.

Tidak berhenti sampai di situ, seorang seiyuu juga bisa menambah penghasilan mereka lewat media lain, mulai dari model majalah sampai masuk ke dunia tarik suara.



Sora Amamiya contohnya, pengisi suara yang beberapa tahun lalu sukses menyuarakan Dewi Sableng Aqua ini selain menjadi pengisi suara ternyata dia juga sukses di dunia tarik suara. Sudah 2 album solo dan 10 single telah ia luncurkan semenjak dia debut pada 2012 silam.



Selain solo, Sora juga tergabung dalam grup TrySail yang beranggotakan 3 orang pengisi suara termasuk dirinya. TrySail sendiri sudah merilis 3 album dan 12 single, sejak dibentuk pada akhir 2014. Kebanyakan lagu yang ia nyanyikan sering dijadikan lagu pembuka atau penutup suatu anime yang biasanya ia bintangi sendiri seperti singlenya yang berjudul Regeneration yang dijadikan lagu penutup anime Nanatsu no Taizai: Kamigami no Gekirin, di mana Sora menyuarakan Elizabeth Liones pada anime tersebut.

Berikut ini terdapat gambaran kasar penghasilan di industri anime yang diproyeksikan oleh karakter pada anime Shirobako.

Dalam Dollar Amerika per tahun

Perlu digaris bawahi bahwa grafik ini belum dikonfirmasi secara resmi, namun bisa menjadi patokan kasar seberapa jauh perbedaan penghasilan seorang animator dan seiyuu tingkat A.

Sampai di sini dulu trit #SeiyuuCorner kali ini, sampai juga di trit #SeiyuuCorner yang akan datang. Kalau ada kesalahan ataupun kekurangan silakan tulis di kolom komentar.

Spoiler for Catatan:


Referensi:
1. Seiyuuplus
2. Zakitakubu
3. Animeproductionblog
4. Reddit



#SeiyuuCorner #NoTipes
Diubah oleh MasUzzan 21-01-2020 14:54
beenstata604lina.wh
lina.wh dan 28 lainnya memberi reputasi
27
20.9K
117
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Anime & Manga Haven
Anime & Manga Haven
icon
6.5KThread8.5KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.